Cara Pakai Find My iPhone

Cara Pakai Find My iPhone
Cara Pakai Find My iPhone

Bagaimana cara pakai find my iPhone? Apa saja hal hal yang dibutuhkan untuk bisa menggunakan find my iPhone? Apa itu Find my iPhone?

Bicara tentang aplikasi find my iphone, mungkin hal ini masih menjadi sebuah hal yang cukup asing untuk para pengguna iPhone terutama.

Read More

Karena kebanyakan dari mereka para pengguna iPhone hanya menggunakan ponsel untuk memenuhi kebutuhan mereka saja, baik dari urusan multimedia, chat melalui sosial media, pekerjaan, atau yang lainnya.

Namun tak sedikit juga dari mereka yang tak mengetahui mengenai Find my iPhone yang sebenarnya sudah terpasang atau menjadi salah satu aplikasi bawaan (default) pada tiap iPhone

Apa itu Find My iPhone?

Sedikit penjelasan mengenai find my iphone, aplikasi ini merupakan salah satu fitur bawaan yang ada di tiap iPhone, yang berguna untuk melacak atau mengetahui lokasi terakhir dari ponsel iPhone yang digunakan.

Tentu saja, fitur find my iPhone ini juga bisa kita temukan pada smartphone android dengan nama Find My Device.

Untuk cara kerja dari aplikasi find my iphone sendiri masih sama dengan find my device android, yang mana fitur ini akan memanfaatkan fitur GPS atau Global Positionin System, untuk melacak ataupun mengetahui lokasi dari ponsel yang dimiliki pengguna.

Cara login nya juga hamir mirip dengan yang ada di android. Jika pada perangkat android kamu harus menggunakan email, maka pada perangkat iPhone kamu memerlukan login kedalam apple id.

Selain itu, find my iphone juga bisa kamu gunakan untuk me-lock atau mengunci ponsel kamu ketika hilang, atau tertinggal di suatu tempat.

Terkait:  Cara Cek Garansi iPhone

Dengan begitu, siapa saja yang menemukan ponselmu tidak akan bisa menggunakan iphone kalian karena harus terlebih dahulu memasukkan id apple untuk bisa masuk ke dalamnya.

Cara Pakai Find my iPhone

Cara Pakai Find My iPhone
Cara Pakai Find My iPhone

Walaupun fitur ini menjadi salah satu bawaan dari perangkat iphone, pada faktanya tidak semua pengguna iPhone mengerti tentang cara pakai find my iPhone di perangkat mereka. Padahal, hal ini bisa menjadi alternatif ketika mungkin ponsel iphone kalian hilang dan ingin mengetahui lokasi terakhir dari perangkat tersebut.

Dan berikut ini mimin sudah siapkan beberapa cara yang bisa kamu pakai untuk menggunakan find my iPhone, seperti

Cara 1: Masuk ke Pengaturan

Langkah pertama adalah kamu bisa masuk terlebih dahulu ke bagian pengaturan ponsel iphone kalian. Buat yang belum tau, pengaturan atau settings dari iPhone sendiri biasanya sudah ada di halaman home screen pada layar iPhone, dengan icon berupa roda gigi atau gear berwarna abu-abu.

Cara 2: Masuk ke Bagian iCloud

Setelah masuk ke bagian settings, kamu akan langsung menemukan beragam pilihan menu pengaturan yang bisa kamu klik. Namun untuk bisa masuk ke fitur find my iPhone, kamu perlu memilih menu iCloud yang ada di pengaturan.

Selain menggunakan cara ini, kamu juga bisa mengklik pada bagian profile kamu yang sudah ter-sign in ke dalam perangkat iphone.

Cara 3: Pilih layanan Find my iPhone

Pada bagian iCloud, kamu bisa menemukan beragam pilihan menu lain, salah satunay adalah find my iPhone. Nah, langsung saja klik pada menu tersebut, dan secara otomatis kamu akan di arahkan ke laman find my iPhone

Terkait:  Cara Premium Spotify iPhone

Cara 4: Hidupkan Berbagi Lokasi Terakhir

Pada bagian find my iPhone, kamu bisa mengubah toogle pada berbagi lokasi terakhir yang mana cara ini berguna untuk iphone akan memberikan sinyal kepada find my iPhone, untuk lokasi terakhir ponsel ketika daya baterai sudah masuk dalam status critical atau hampir ter shut down.

Cara 5: Cek Lokasi Terakhir

Jika cara ke-empat sudah dilakukan, kamu bisa langsung mengecek lokasi terakhirmu apakah sudah terlacak atau belum dengan masuk ke bagian home screen, lalu klik pada aplikasi Find iPhone dan kemudian mengecek device mana yang terhubung dengan perangkatmu.

Jika lokasinya sudah akurat, maka find my iphone sudah berhasil di aktifkan dan bisa digunakan di belakang layar selama GPS iPhone kalian hidup.

Cara Pakai Find my iPhone di Perangkat Lain

Selain menggunakan perangkatmu sendiri, kamu juga bisa menggunakan perangkat iphone lain untuk melacak ponselmu yang mungkin saja hilang atau tertinggal di suatu tempat.

Cara ini sering kali menjadi alternatif para pengguna ketika mereka kehilangan perangkat, dan ingin melacak lokasi terakhir atau lokasi dari ponsel mereka.

Caranya juga hampir sama kok dengan yang sebelumnya.

  1. Pada perangkat lain, usahakan untuk me-logout akun atau id apple yang sudah ter sign in terlebih dahulu
  2. Kemudian kamu bisa membuka aplikasi Find iPhone di perangkat lain dan login dengan menggunakan apple id yang terhubung dengan perangkatmu
  3. JIka sudah, kamu bisa langsung menunggu proses sign in nya dan tunggu sampai device mu terdeteksi
  4. Apabila sudah terdeteksi, kamu bisa langsung klik pada nama perangkat, lalu klik pada tombol Action
  5. Pada tombol action ini, kamu bisa melakukan beragam hal dari perangkat lain, seperti
    – Play Sound: Untuk iPhone memplay suara yang begitu keras dan bisa terdengar (dalam jangkauan yang tidak terlalu jauh)
    – Lost Mode: Berguna untuk kamu bisa mengirimkan pesan, dan mengatur sandi sehingga perangkat tak dapat di buka. Kamu juga bisa mengirimkan messanges atau pesan untuk mengembalikan ponsel atau hubungi nomor kamu, ketika orang lain menemukan perangkatmu
    – Erase iPhone: Berguna untuk kamu yang ingin menghapus atau reset iPhone sehingga perangkat yang kamu gunakan tidak dapat diakses oleh orang yang menemukan, dan harus login dengan menggunakan apple id yang kamu miliki
  6. Selain itu pada tampilan Find iPhone juga kamu bisa melihat maps atau lokasi dari perangkat yang kamu miliki ketika hendak di lacak atau ingin diketahui lokasi terakhirnya
  7. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui di mana perangkatmu berada.
Terkait:  Cara Cari iPhone Hilang dalam Keadaan Offline dan Online

Selain menggunakan perangkat lain seperti cara di atas tadi, kamu juga bisa kok menggunakan bantuan situs iCloud.com yang bisa kamu akses melalui perangkat komputer ataupun laptop. Dan untuk caranya juga masih sama saja seperti yang sebelumnya, hanya saja untuk tampilannya akan berbeda sedikit.

Namun terlepas dari bagaimana cara penggunaan find my iPhone di atas, penting sekali bagi kita untuk menjaga dan memperhatikan barang barang yang kita bawa, termasuk iPhone kita. Pastikan juga untuk selalu mengaktifkan layanan GPS walaupun menguras baterai, namun hal ini bisa menjadi alternatif yang baik.

Jangan lupa untuk menggunakan passcode atau pin atau kata sandi yang sekiranya aman, sehingga ketika ponselmu tertinggal atau hilang, orang yang menemukan tidak dapat mengakses perangkat kamu sembarangan.

Dan itulah tadi beberapa langkah mudah mengenai cara pakai find my iPhone yang bisa kamu coba. Dari beberapa cara di atas, kamu bisa menyesuaikan dengan cara yang menurutmu paling mudah. Baik unutk cara mengaktifkannya, dan juga penggunaannya melalui perangkat lain. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Related posts