Cara Screen Mirroring iPhone ke TV

Cara Screen Mirroring iPhone ke TV

Bagaimana cara screen mirorring iphone ke tv? Apa saja yang dibutuhkan untuk bisa melakukan screen mirroring dari iphone ke tv? Apa saja langkah-langkahnya?

Bicara tentang screen mirorring, tentu saja hal ini menjadi salah satu kegiatan atau aktivitas yang kerap dilakukan para pengguna smartphone untuk bisa melihat tampilan dari ponsel mereka, ke perangkat lain, baik itu komputer, laptop, atau bahkan smart tv.

Kegiatan ini sendiri memang menjadi salah satu fitur yang saat ini bisa kamu temukan pada perangkat smartphone mulai dari android, sampai iPhone dengan versi paling baru tentunya.

Hal ini juga bisa menjadi alternatif ketika pengguna ingin melakukan nobar atau nonton bareng bersama teman, keluarga, ataupun sekedar menyaksikan film dari smartphone di layar smart tv mereka.

Adapun cara kerja dari screen mirorring ini sendiri tak jauh beda dengan bagaimana smartphone memproyeksikan tampilan pada ponsel mereka ke perangkat lain, dengan dimensi tampilan yang jauh lebih besar.

Selain untuk menonton, cara ini juga bisa menjadi alternatif untuk melakukan presentasi ketika mungkin file yang hendak di presentasikan memang berada di smartphone, tanpa harus membawa komputer ataupun laptop untuk memproyeksikannya.

Itulah mengapa, screen mirorring ini memang menjadi solusi bagi sebagian pengguna smartphone, terlebih di tengah perkembangan teknologi dan juga internet seperti saat ini.

Selain itu, fitur screen mirorring ini juga kadang memang bisa kita temukan pada beberapa perangkat, yang menjadi fitur bawaan dari smartphone yang memudahkan pengguna untuk melakukan screen mirroring pada ponsel mereka.

Cara Screen Mirroring iPhone ke TV

Cara Screen Mirroring iPhone ke TV
Cara Screen Mirroring iPhone ke TV

Kendati demikian, faktanya tidak semua ponsel sudah support dengan fitur screen mirorring bawaan, salah satunya adalah iPhone. Itulah mengapa, saat ini banyak sekali para pengguna iPhone yang mencarai cara screen mirroring dari iphone ke tv, yang biasa digunakan untuk memproyeksikan layar ponsel mereka ke dimensi smart tv yang lebih besar.

Terkait:  Cara Cek Memori Iphone

Walaupun begitu, faktanya kamu masih bisa melakukan screen mirroring dari iphone kamu, dengan beberapa cara dan juga metode yang sudah mimin rangkum untuk kalian, seperti.

Cara Screen Mirorring iPhone ke TV lewat AirPlay

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah kamu bisa memanfaatkan fitur AirPlay yang ada di perangkat iPhone, khususnya untuk tipe terbaru. Karena memang untuk beberapa tipe atau versi dari iPhone seri lama, belum bisa mendapatkan fitur AirPlay ini.

AirPlay sendiri merupakan sebuah fitur dari iPhone, yang bisa membantu kamu untuk melakukan pemutaran atau memproyeksikan layar ponsel kamu secara nirkabel, ke layar smart tv yang kamu miliki.

Dan untuk caranya

  1. Nyalakan TV atau smart tv kamu
  2. Setelah itu, masuk ke bagian pengaturan, dan silakan hidupkan layanan AirPlay
  3. Kemudian, kamu bisa langsung memeriksa ponsel iPhone kalian, dan masuk ke bagian control center atau pengaturan cepat
  4. Swipe dari bagian bawah layar ke atas atau dari atas status bar ke bawah lalu cari menu AirPlay
  5. Setelah ketemu, kamu bisa menunggu beberapa saat sampai smart tv atau tv kalian terdeteksi
  6. Barulah jika nama perangkat atau nama tv mu sudah muncul, langsung saja tap pada nama perangkat tadi, lalu tunggu sampai prosesnya terhubung.

Pada proses ini, biasanya tampilan smart tv kamu akan menampilkan kode yang menjadi verifikasi atau gate untuk menghubungkan layar ponsel iphone ke smart tv kalian

Masukkan kode tersebut, dan secara otomatis, layar iphone kamu akan terproyeksi ke dalam smart tv yang kamu miliki.

Cara Screen Mirorring iPhone ke TV Samsung

Untuk cara yang kedua, kamu juga bisa melakukan pemroyeksian layar dari iphone ke tv ataupun smart tv Samsung, yang biasa kita temukan di beberapa tempat, seperti hotel, apartemen, atau bahkan milik pribadi.

Terkait:  Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100 Persen

Fitur screen mirorring ini juga memang sudah ada dan menjadi fitur terbaik untuk kalangan smart tv seri samsung. Dan untuk caranya juga terbilang mudah kok

  1. Masuk ke bagian pengaturan dari smart tv samsung kalian
  2. Setelah itu cari pada opsi AirPlay iPhone/AirPlay Apple
  3. Dan jika sudah, kamu bisa melakukan setup jika diperlukan, atau kamu bisa membiarkan pengaturan default dari TV Samsung yang kamu miliki
  4. Buka iPhone kamu dan pastikan dalam kondisi daya baterai yang prima
  5. Swipe up untuk membuka pusat kontrol atau control center, lalu cari fitur AirPlay
  6. Tap sekali pada opsi tersebut, dan biarkan iphone mendeteksi perangkat yang support dengan AirPlay
  7. Setelah perangkat terdeteksi, kamu bisa langsung mengkonekkan perangkat tadi, untuk melakukan screen mirroring.

Gimana, gampang banget kan?

Cara Screen Mirorring iPhone ke TV LG

Kemudian untuk cara yang selanjutnya, bagi kamu para pemilik tv atau smart tv LG, kamu juga bisa loh melakukan screen mirroring dari perangkat iPhone, agar terlihat atau terproyeksikan dengan jelas di smart tv kamu.

Caranya juga gampang banget

  1. Pastikan Smart TV dan iPhone kalian terhubung dengan koneksi atau jaringan WiFi yang sama
  2. Setelah itu, silakan masuk ke bagian pengaturan dari smart TV, dan cari pada AirPlay iPhone/Apple
  3. Jika sudah ketemu, ikuti semua instruksi yang diberikan baik dari cara menghubungkan, pengaturan kode, atau bahkan yang lainnya
  4. Lalu, kembali ke iPhone kamu dan masuk ke pengaturan ponsel dan cari pada fitur AirPlay dan pastikan tooglenya sudah mengarah ke bagian ON
  5. Untuk mengaktifkan AirPlay ini, kamu bisa melakukan swipe up dari bagian bawah layar, dan tap pada icon AirPlay
  6. Tunggu beberapa saat, sampai iPhone kamu mendeteksi perangkat Smart TV LG yang sudah diaktifkan fitur AirPlay nya
  7. Kemudian, kamu bisa klik pada device smart tv tadi, dan masukkan kode yang muncul pada layar smart tv
  8. Setelah itu, secara otomatis tampilan ponsel kamu akan muncul di layar smart tv yang sudah terhubung
  9. Gampang banget kan?
Terkait:  Cara Menghubungkan iPhone ke TV Tanpa Kabel dengan AnyCast

Cara Screen Mirorring iPhone ke TV lewat Aplikasi

Langkah terakhir yang bisa kamu gunakan ketika iPhonemu tidak memiliki fitur AirPlay atau mengalami masalah dengan AirPlay adalah kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi yang bernama Reflector

Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis ataupun berbayar (untuk menikmati full fitur) dari App Store, dan cara penggunannya juga mudah.

  1. Kamu bisa membuka app store di iPhone kalian dan cari pada aplikasi Reflector
  2. Kemudian jika sudah silakan install seperti biasa hingga selesai
  3. Jalankan aplikasi Reflector yang sudah kamu install tadi dan ikuti seluruh instruksinya
  4. Jangan lupa untuk mengaktifkan fitur AirPlay dari smart tv kalian ya.

Selain melakukan screen mirroring dengan menggunakan aplikasi Reflector, aplikasi ini juga sudah mendukung hingga 60 FPS dan juga perekaman layar. Sehingga, kamu bisa merekam tiap aktivitas yang kamu lakukan ketika sedang melakukan screen mirroring dari iPhone ke tv.

Nah itulah dia beberapa cara screen mirroring dari iphone ke tv yang bisa kamu coba. Silakan sesuaikan dengan cara yang menurutmu paling mudah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Similar Posts