Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100

Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100 Persen

PindahLubang.com | Bagaimana cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 persen? Pengguna iPhone hampir sering mengeluh bahwa kualitas daya baterainya mengalami penurunan secara drastis. Kondisi ini tidak serta merta terjadi begitu saja, di mana kesehatannya menurun diakibatkan hal-hal tertentu.

Jika kamu masih menggunakan iPhone versi lawas, masalah ini bisa dibilang kerap terjadi. Pasalnya, para pengguna iPhone sistem operasi iOS 13 ke atas, mulai dari iPhone 6s sampai iPhone 13 Pro Max sangat jarang mengeluhkan masalah tersebut.

Secara umum tipe-tipe iPhone tersebut sudah mempunyai fitur Battery Health, di mana kamu bisa meminimalisir kerusakan yang mengakibatkan kesehatan baterainya menurun. Namun, tidak menutup kemungkinan baterai iPhone terbaru bisa cepat habis dan rusak. Kami akan beritahu cara kembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 persen melalui artikel ini.

Penyebab Kesehatan Baterai iPhone Menurun

Kamu harus tahu bahwa kesehatan baterai iPhone semakin menurun biasanya disebabkan oleh masa penggunaannya yang sudah cukup lama. Pasalnya, kemampuan zat kimia yang berada dalam baterai akan menurun seiring dengan usia pemakaian perangkatnya.

Terkait:  Cara Melihat Baterai Health iPhone dengan Benar (Terjamin!)

Penyebab selanjutnya yang perlu kamu tahu adalah kesalahan dalam menggunakan iPhone itu sendiri. Jika kamu memakainya sembarangan, tak menutup kemungkinan salah satu komponen pertama yang rentan mengalami kerusakan adalah baterainya.

Tips Agar Baterai iPhone Tetap Awet

Jika kamu sudah mengetahui penyebab kesehatan baterai iPhone menurun, alangkah baiknya mengikuti tips-tips sederhana supaya baterainya bisa lebih awet dan tahan lama sebagai berikut:

  • Menurunkan tingkat kecerahan layar saat akan menghemat baterai.
  • Menggunakan fitur low power mode jika dibutuhkan.
  • Mematikan GPS dan Bluetooth.
  • Menggunakan dark mode untuk iOS maupun aplikasi yang mendukung.
  • Mematikan Background App Refresh untuk beberapa aplikasi yang tidak memerlukannya.
  • Memanfaatkan fitur Optimized Battery Charging.

Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100

Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100
Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100

Cara kembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 persen bukan sesuatu yang sulit dilakukan. Kamu bisa meningkatkan kualitasnya agar perangkat tidak cepat low battery saat sedang digunakan untuk bekerja atau belajar.

Kami akan membantu semua pengguna iPhone, supaya kesehatan baterai ponselnya normal kembali. Selain itu, kamu tidak perlu mengunduh aplikasi apapun untuk melakukannya lho. Kamu dapat menghentikan beberapa kebiasaan yang membuat baterainya rusak, hingga kalibrasi.

Langkah 1: Buka Aplikasi Pengaturan

Cara kembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 persen yang pertama adalah membuka aplikasi Pengaturan atau Setting. Kamu bisa menemukan aplikasinya dengan logo roda gerigi pada halaman utama perangkat masing-masing.

Langkah 2: Pilih Menu Umum

Jika kamu sudah masuk ke halaman Pengaturan, langkah berikutnya adalah memilih menu Umum atau General. Opsi ini akan menampilkan semua setelan yang bisa kamu kelola dalam memaksimalkan penggunaan iPhone.

Langkah 3: Klik Transfer atau Atur Ulang

Pada halaman Umum, cara kembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 persen berikutnya adalah menekan tombol Transfer atau Atur Ulang. Fungsinya agar kamu dapat melakukan setelan pabrik di iPhone yang sedang digunakan.

Terkait:  Cara Bersihkan Cache di iPhone Agar Tidak Lemot

Langkah 4: Pilih Menu Atur Ulang iPhone

Cara kembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 persen selanjutnya adalah memilih menu Atur Ulang iPhone atau Reset iPhone. Jika tombolnya sudah ditekan, tunggu beberapa saat sampai proses reset ke setelan pabrik dimulai.

Langkah 5: Factory Reset Selesai

Cara kembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 persen yang terakhir adalah memastikan bahwa proses factory reset selesai. Kalau iPhone sudah menyala kembali, biasanya semua data dan file akan terhapus, baterainya pun akan bekerja normal dan tidak cepat habis saat kamu gunakan.

Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100 Persen dengan Ganti Baterai

Jika fitur Battery Health pada iPhone kamu sudah menunjukkan angka kurang dari 80% dan menunjukkan beragam ciri-ciri seperti cepat panas dan habis baterai, kemungkinan besar komponen tersebut harus segera diganti.

Jika baterainya tak kunjung diganti dengan yang baru, dikhawatirkan akan meninggalkan dampak buruk terhadap komponen internal lainnya. Kamu bisa mendatangi service center Apple di kota masing-masing, atau kunjungi tempat service terpercaya untuk mengganti baterainya.

Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100 Persen dengan Pakai Charger Ori

Tak bisa dimungkiri banyak orang atau kamu sendiri masih membiasakan diri untuk menggunakan charger palsu alias kw. Siapa sangka perangkat tersebut justru dapat mengalibatkan kesehatan baterai iPhone semakin menurun, bahkan cepat habis.

Kebiasaan ini akan menimbulkan risiko seperti arus yang masuk menjadi tidak stabil. Selain itu, tidak menutup kemungkinan kalau durasi pengisian daya akan membutuhkan waktu lebih lama karena kamu menggunakan charger palsu yang dibeli dengan harga murah.

Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100 Persen dengan Kalibrasi

Kalibrasi merupakan suatu proses yang bertujuan untuk memastikan kapasitas baterai dapat terbaca oleh sistem iPhone secara akurat dan tepat. Selain itu, hal ini pun dapat mengembalikan kesehatan baterai iPhone seperti semula. Simak cara kalibrasi baterai iPhone yang benar dan mudah di bawah ini:

  • Pertama, isi ulang baterai iPhone sampai penuh alias 100%.
  • Gunakan iPhone sampai baterainya benar-benar habis, biarkan mati secara otomatis.
  • Charger kembali sampai penuh dan jangan dipakai terlebih dulu.
  • Kemudian, ulangi langkah sebelumnya seperti biasa.
  • Jika sudah dilakukan, proses kalibrasi sudah selesai.
Terkait:  Cara Kalibrasi Baterai iPhone Update Januari 2024

Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100 Persen dengan Hindari Suhu Tinggi

Pengguna smartphone mana pun sangat tidak dianjurkan untuk meletakkan perangkat di dekat suatu objek, bahkan tempat yang punya suhu sangat tinggi. Jangan pernah melatakkan iPhone di dekat barang dengan suhu di atas 30 derajat celcius.

Kondisi ini akan membuat kesehatan baterai menurun secara cepat lho. Selain itu, iPhone kamu akan rusak dan tidak bisa digunakan dengan normal. Tak menutup kemungkinan kalau kamu dapat mengisi ulang dayanya berulang kali dalam sehari saja.

Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100 Persen dengan Lepas Case

Kalau iPhone kamu menggunakan karet pelindung alias case, sebaiknya benda tersebut dilepas saat perangkat sedang dalam keadaan charging. Hal ini dikarenakan pengisian daya yang dilakukan dengan kondisi ponsel tertutup justru membuat suhu panas semakin menumpuk lho.

Jangan heran kalau kesehatan baterai iPhone akan menurun dengan cepat, meskipun sering diisi ulang setiap hari. Kini, kamu dapat menghentikan kebiasaan tersebut agar baterainya tidak mudah habis dan rusak.

Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100 Persen dengan Hindari Full Charge

Cara kembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 persen terakhir yang dapat kamu lakukan adalah menghindari pengisian ulang daya secara penuh. Pasalnya, kondisi tersebut bukannya membuat baterainya awet, melainkan cepat rusak.

Kalau iPhone hampir sering digunakan secara intens, sebaiknya charging sampai kapasitas 80 persen saja. Tujuannya supaya kamu bisa menyimpan perangkat dalam waktu yang lama, iPhone pun tidak akan cepat lowbat meski dipakai komunikasi tanpa henti.

Demikian panduan tentang cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 persen dengan kalibrasi sampai factory resey yang bisa kamu coba. Semoga membantu!

Similar Posts