Cara Scan Barcode di Realme

Cara Scan Barcode di Realme

Bagaimana cara scan barcode di Realme? Pertanyaan ini mungkin muncul bagi kamu yang belum mengetahui scan barcode di hp Realme bisa menggunakan cara apa saja.

Saat ini, pengguna hp dengan merek Realme sudah cukup banyak di Indonesia. Namun, tidak semua pengguna hp Realme mengetahui fitur apa saja yang ada di dalamnya, khususnya fitur scan barcode.

Barcode saat ini kehadirannya cukup penting. Untuk kebutuhan sehari-hari banyak yang menggunakan barcode agar menjadi lebih mudah. Contohnya seperti menggunakan barcode untuk pembayaran non tunai, membagikan barcode untuk berbagi nomor WhatsApp, dan lain sebagainya.

Tentu dengan adanya barcode bisa jadi lebih mudah untuk mendapatkan suatu informasi. Kamu hanya tinggal scan atau pindai barcode kemudian akan keluar informasi dari barcode yang kamu scan tersebut.

Sama dengan hp merek lainnya, Realme juga dibekali dengan fitur scan atau pemindai barcode bawaan. Hal ini tentunya bisa memudahkan penggunanya, sehingga tidak perlu repot mengunduh aplikasi pihak ketiga lagi.

Bahkan apabila kamera hp kmau sedang rusak, kamu masih bisa melakukan scan barcode tanpa harus mengunduh aplikasi lagi juga. Yuk silakan disimak cara scan barcode untuk hp Realme pada artikel ini.

Cara Scan Barcode di Realme

Cara Scan Barcode di Realme
Cara Scan Barcode di Realme

Cara scan barcode di Realme cukuplah mudah. Mimin akan menjelaskan beberapa cara di bawah ini yang bisa kamu ikuti langkah-langkahnya.

Namun perlu diketahui sebelumnya, apa itu barcode? Barcode atau yang juga dikenal dengan Kode QR ini merupakan suatu kode yang berbentuk gambar tertentu di mana di dalam bercode  tersebut terdapat informasi atau data.

Terkait:  Harga Realme Q Terbaru

Cara Scan Barcode di Realme Menggunakan Fitur Scan Bawaan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk scan barcode di hp Realme adalah dengan menggunakan fitur scan bawaan dari Realme, sehingga kamu tidak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga lagi.

Khusus bagi kamu pengguna baru hp Realme mungkin masih belum mengetahui letak scan atau pemindai bawaan dari Realme. Nah, kamu bisa menemukan fitur ini di aplikasi Pengaturan di hpmu.

Pada menu Pengaturan tersebut terdapat fitur Akun di mana kamu bisa melihat scan barcode di fitur ini. Berikut langkah-langkah scan barcode menggunakan fitur scan bawaan dari Realme.

  • Langkah pertama, Buka aplikasi Pengaturan atau Settings di hp Realme kamu
  • Di dalam menu Pengaturan silakan lihat di bagian atas, terdapat ikon Akun dengan ikon seperti gambar orang
  • Silakan ketuk ikon tersebut dan kamu akan masuk ke menu akun Realme
  • Apabila kamu sudah siap untuk scan barcode, lihat ke pojok kanan atas, terdapat ikon scan
  • Ketuk ikon tersebut dan tampilan scan akan terbuka
  • Arahkan kamera ke barcode yang ingin kamu scan
  • Tunggu hingga barcode kamu terbaca

Kamu sudah berhasil scan barcode menggunakan fitur bawaan Realme. Jika barcode yang kamu scan berupa tautan, silakan klik tautan tersebut untuk mengetahui informasi di dalamnya

Cara Scan Barcode di Realme Menggunakan Google Lens

Cara selanjutnya untuk scan barcode di Realme adalah menggunakan Google Lens. Ini merupakan fitur yang bisa kamu buak melalui aplikasi Google atau Google Chrome.

Setiap hp Realme tentu sudah dibekali dengan aplikasi Google, atau bisa dikatakan aplikasi ini merupakan aplikasi yang sudah tersedia sejak kamu pertama membeli hp kamu.

Terkait:  Cara Menonaktifkan Mode Aman

Berikut langkah-langkah menggunakan Google Lens untuk scan barcode. Kamu bisa menemukannya melalui aplikasi Google atau Google Chrome. Nah, berikut ini yang mimin jelaskan hanya menggunakan Google Chrome.

  • Pertama, Buka aplikasi Google Chrome di hp Realme kamu
  • Pada halaman awal Google, terdapat kolom pencarian yang berada di tengah bagian atas layar
  • Kemudian, pada kolom pencarian tersebut, di pojok kanan terdapat ikon kamera, biasanya di samping kamera terdapat ikon mikrofon
  • Selanjutnya, klik ikon Kamera dan silakan arahkan kamera ke barcode yang ingin kamu scan. Apabila barcode tersebut berupa foto yang terdapat di galeri kamu, silakan untuk menguploadnya ke Google Lens
  • Silakan tunggu beberapa saat hingga Google selesai membaca barcode yang kamu scan
  • Apabila sudah terbaca Google, kamu akan menemukan tautan link dari barcode yang telah kamu scan

Selain menggunakan untuk scan barcode, kamu juga bisa menggunakan Google Lens untuk men-scan foto dan nantinya akan muncul foto yang mirip atau relate.

Cara Scan Barcode di Realme Menggunakan Website Aspose QR Code Reader

Selanjutnya kamu bisa menggunakan website untuk scan barcode, yaitu menggunakan Website Aspose QR Code Reader. Untuk melakukan scan dengan cara ini kamu bisa melakukannya secara online.

Kamu hanya perlu mengaksesnya secara online tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan lagi yang mungkin saja bisa memenuhi memori hp kamu.

Berikut langkah-langkah scan barcode dengan melalui website Aspose QR Code Reader.

  • Silakan Buka aplikasi Browser di hp Realme kamu
  • Kemudian, pada kolom pencarian ketik Aspose QR Code Reader dan klik Cari atau Enter
  • Apabila telah muncul hasil pencariannya, silakan klik situs web yang paling atas
  • Pada tampilan awal website ini, terdapat dua opsi untuk scan barcode, yaitu Upload File dan Camera
  • Apabila barcode yang ingin kamu scan tersimpan di galeri maka pilih opsi Upload File, sedangkan jika barcode yang ingin kamu scan terdapat di luar hp kamu, silakan langsung untuk scan dengan memilih opsi Camera
  • Kemudian silakan upload foto dari galerimu jika menggunakan opsi Upload File atau langsung arahkan kamera belakang ke barcode yang ingin di-scan jika menggunakan opsi Camera
  • Lalu tunggu beberapa saat hingga barcode kamu terbaca dan nantinya akan menampilkan informasi dari barcode yang discan
Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Oppo Realme 2

Silakan klik tautan yang ditampilkan dan kamu bisa melihat data atau informasi yang didapatkan. Kamu tinggal ikuti petunjuk layar apabila yang ditampilkan berupa link tautan.

Cara Scan Barcode di Realme Menggunakan Website Barcode Reader

Selanjutnya kamu bisa juga menggunakan website lain untuk scan barcode, yaitu Barcode Reader. Kamu bisa melakukannya secara online dengan mengakses situs website-nya.

Berikut cara scan barcode di hp Realme dengan menggunakan bantuan website Barcode Reader yang dapat kamu akses secara online.

  • Silakan Buka Browser di hp Realme kamu
  • Selanjutnya, silakan ketik onlinebarcodereader.com pada kolom pencarian dan klik Cari
  • Apabila website tersebut sudah terbuka, silakan pindai atau scan barcode secara langsung dengan cara mengunggah gambar barcode ke website tersebut dengan memilih menu Upload a File 
  • Jika gambar barcode berhasil diunggah, silakan klik opsi Start
  • Tunggu beberapa saat hingga proses scan barcode selesai terbaca

Nantinya kamu akan langsung diarahkan ke link atau tautan yang keluar dari barcode yang kamu scan. Cara ini cukup membantu apabila barcode yang ingin kamu scan berupa foto dan tersimpan di galeri. Sedangkan tidak ada perangkat lain yang bisa digunakan untuk scan, maka kamu tinggal mengunggahnya ke website ini.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara scan barcode di Realme yang telah mimin jelaskan. Kamu bisa menggunakan cara-cara di atas apabila kamu tidak ingin repot mengunduh aplikasi lagi. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Similar Posts