Cara Setting Kamera Vivo Y30

Cara Setting Kamera Vivo Y30

Bagaimana cara setting kamera vivo y30? Apa saja yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan kamera Vivo Y30? Tweaking apa saja yang perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal dari Vivo Y30?

Bicara tentang Vivo, tentu kita tak lagi asing dengan merk smartphone yang satu ini. Salah satu merk smartphone asal Tiongkok ini memang menjadi salah satu gawai yang banyak digunakan masyarakat Indonesia sebagai gadget penting yang tak bisa lepas dari mereka. Banyak dari orang-orang yang menggunakan ponsel Vivo untuk beragam kebuuthan, mulai dari sekedar berkirim pesan chat, melakukan panggilan suara, video call, atau bahkan yang lainnya.

Hal ini juga tak lepas dari bagaimana orang orang meggunakan smartphone untuk memenuhi kebutuhan mereka untuk hal entertain, salah satunya adalah menggunakan sosial media, atau sekedar mengunggah video atau foto ke kanal TikTok maupun Instagram. Dan tentu saja hal ini menjadi hal yang saat ini menjadi keseharian orang-orang di era digital saat ini.

Cara Setting Kamera Vivo Y30

Cara Setting Kamera Vivo Y30
Cara Setting Kamera Vivo Y30

Namun dibalik itu semua, mengapa banyak pengguna milih ponsel Vivo ialah karena ponsel ini dikatakan memiliki fitur kamera yang bagus, dan sangat berguna untuk para pengguna yang senang berselfie atau mengabadikan moment baik ketika berlibur, atau sekedar berkunjung ke suatu tempat wista.

Karena hal inilah tak sedikit dari pengguna ponsel vivo yang mencari cara setting kamera vivo y30, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari foto ataupun video yang mereka ambil. Dengan begitu, para pengguna bisa membagikan ulang hasil dari foto ataupun video mereka ke beragam sosial media dan lain sebagainya.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y95

Lantas, apa saja sih pengaturan atau setting yang bisa dilakukan dengan kamera bawaan vivo ini?

Aktifkan Fitur Wide Lens

Fitur pertama yang bisa kamu setting pada kamera bawaan vivo adalah mengaktifkan Wide Lens atau Lensa Wide, untuk pengambilan foto yang lebih luas lain. Fitur Wide Lens ini sendiri memungkinkan kam untuk mengambil foto atau gambar secara melebar, daripada lensa standar bawaan kamera Vivo pada umumnya.

Dan tentu saja, fitur ini sangat membantu para pengguna Vivo yang mungkin ingin berfoto dengan grup atau kelompok dengan jumlah yang cukup banyak. Dan untuk mengaktifkan fitur Wide Lens ini, kamu bisa masuk ke bagian pengaturan setelah membuka kamera, lalu aktifkan fitur Wide Lens.

Nantinya, kamu akan menemukan opsi atau menu Wide Lens ini di atas tombol shutter atau tombol untuk mengambil foto di kamera Vivo.

Aktifkan Fitur Smart Bokeh

Selanjutnya ada fitur smart bokeh, yang biasanya digunakan mereka yang ingin berfoto dengan latar belakang yang blur, sedangkan foto tetap fokus pada objek yang ada di depan kamera.

Nah, sebenarnya fitur bokeh ini memang sudah ada di beberapa jenis smartphone terbaru dari Vivo. Namun untuk smart bokeh ini, memungkinkan kamu untuk melakukanĀ Selfie Bokeh, baik secara sendiri ataupun selfie dengan teman atau pasangan, menggunakan kamera depan.

Untuk pengaturan dari smart bokeh sendiri sebenarnya sudah menjadi fitur bawaan yang bisa kamu temukan tanpa harus men-setting nya lagi. Dan untuk mengaktifkannya juga kamu hanya perlu berpindah mode dari mode kamera, ke mode smart bokeh dengan menggeser menu yang ada di bagian atas tombol pengambilan gambar.

Tapi perlu diperhatikan ya, untuk menggunakan fitur smart bokeh ini sendiri, pastikan kamu memfoto objek dengan pencahayaan yang cukup. Karena jika cahayanya kurang, kadang kamera tidak dapat mendeteksi objek dengan baik sehingga tidak menimbulkan efek bokeh.

Terkait:  Cara Mengatasi HP Panas

Aktifkan Mode Pro

Selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan atau mengaktifkan mode pro yang mana mode ini menjadi favorit para pengguna ponsel Vivo ketika mereka harus menggunakan kamera bawaan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Fitur mode pro ini memang diperuntukkan bagi para pengguna yang ingin melakukan setting atau pengaturan pada kamera secara manual, dengan mengatur brightness, exposure, ISO, shutter speed, f/stop, dan lain sebagainya.

Mode ini sendiri bisa kamu akses dari tampilan menu kamera vivo ketika kamu membukanya, dan akan terlihat di bagian atas tombol shutter atau tombol untuk mengambil foto atau video. Dan untukĀ switch atau berpindah dari mode biasa ke mode pro, kamu bisa menggesernya ke menu Pro.

Selain itu, dalam mode pro ini pengguna akan dibebaskan mengatur apa-apa saja yang digunakan untuk memaksimalkan hasil foto yang dibuat, dengan tidak adanya mode HDR dau auto brightness dan auto fokus serta auto yang lainnya.

Dengan begitu, pengguna bisa lebih bereksplorasi lebih untuk hasil foto yang didapat.

Aktifkan Mode HDR

Kemudian kamu juga bisa menggunakan mode HDR atau High Defitinition Resolution, yang mana menjadi salah satu hal penting bagi para pengguna ponsel Vivo yang senang memotret pemandangan, ataupun alam sekitar.

Tentunya hal ini bukan tanpa alasan, melainkan memang mode HDR sendiri mampu membuat hasil foto yang ditampilkan menjadi lebih berwarna, detail, dan jauh lebih bagus daripada tanpa menggunakan mode HDR.

Untuk fitur HDR nya sendiri, kamu bisa menemukannya di bagian pengaturan atau settings dari kamera ponsel kamu, lalu aktifkan mode HDR. Atau, kamu juga bisa melihat di bagian atas ketika membuka kamera, akan ada icon HDR dengan tulisan kuning. Tekan pada opsi tersebut sampai fitur HDR hidup.

Terkait:  Cara Membersihkan Cache di HP Xiaomi

Kemudian, kamu bisa mulai untuk mengambil foto dengan kualitas atau resolusi HD di smartphone kalian masing-masing. Tapi perlu diperhatikan ya, karena mode HDR ini akan memerlukan waktu untuk processing, maka usahakan foto yang kamu ambil tetap stail agar tidak terjadi blur pada foto.

Aktifkan Mode Enhance

Kemudian kamu juga bisa menggunakan mode enhance pada kamera bawan Vivo, yang mana fitur ini sebenarnya menjadi satu dengan mode HDR yang tadi. Hanya saja, memang tidak semua jenis atau merk ponsel Vivo sudah mendapatkan fitur HDR Enhance ini.

Tapi tak masalah, baik kamu menggunakan mode HDR biasa ataupun HDR Enhance, keduanya sama sama meningkatkan kualitas foto agar terlihat jauh lebih maksimal daripada sebelumnya.

Sedangkan untuk mengaktifkan layanan dari HDR Enhance ini, kamu bisa melihatnya pada saat mengaktifkan mode HDR sebelumnya, untuk mode enhance ini sendiri biasanya tertulis dengan tampilanĀ HDR+ Enhance.

Dan tentu saja, karena enhance ini merupakan fitur tambahan dari mode HDR, maka proses optimalisasinya akan jauh lebih lama daripada mode HDR biasa.

Aktifkan Mode Night Sight

Kemudian yang terakhir adalah kamu bisa mengaktifkan mode night sight yang mana merupakan mode untuk para pengguna ponsel Vivo yang senang memfoto ketika malam hari. Fitur ini mampu meningkatkan hasil foto tanpa noise, dengan mengambil cahaya disekitar dan merapatkan depth of pixel gambar, sehingga jauh lebih baik.

Untuk fitr ini sendiri bisa kamu temukan dengan mengubah mode dari kamera, ke mode malam yang bisa kamu temukan di menu pada bagian atas shutter atau tombol untuk mengambil gambar.

Kesimpulan

Dari beberapa cara di atas tadi, tentu masing-masingnya memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk itu, cara setting kamera vivo y30 tadi bisa kamu gunakan sebagai alternatif untuk mendapati gambar yang jauh lebih baik, daripada penggunaan kamera bawaan biasa tanpa pengaturan.

Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Similar Posts