Home » Android » Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus

Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus

Cara mengembalikan sms yang terhapus ini mungkin berguna bagi sebagian orang. Meskipun sekarang sudah banyak yang menggunakan aplikasi perpesanan online seperi whatsapp, line, atau lainnya. Nyatanya SMS masih dijadikan andalan untuk mengirim kode penting seperti verifikasi.

Tetapi bagaimana jika SMS tersebut terhapus? Tak perlu khawatir karena terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengembalikan SMS. Seperti SMS recovery misalnya. Untuk melakukan cara ini, pengguna perlu menyiapkan PC / Komputer dan smartphone yang terhubung dengan internet.

Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus

Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus

Mengembalikan SMS yang Terhapus

Cara untuk dapat mengembalikan SMS yang terhapus di android maupun iPhone bisa dilakukan menggunakan beberapa metode pilihan yang mudah. Kami telah merangkum 2 metode mudah yang bisa dicoba, diantaranya:

Mengembalikan SMS yang Terhapus dengan Wondershare dr. Fone

Wondershare mampu mengembalikan beragam file yang hilang dalam perangkat, salah satunya SMS. Aplikasi ini berfungsi sebagai android recovery utility.

Wondershare dapat digunakan untuk mengembalikan file yang hilang pada semua merek dan jenis Android seperti samsung, nokia, xiaomi, asus, dan sebagainya. Cara menggunakannya.

1. Download dan instal aplikasi

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah unduh terlebih dahulu aplikasi Wondershare dr. Fone di PC atau laptop pengguna. Jika sudah selesai, instal aplikasi seperti biasanya.

2. Aktifkan UDB Debugging

Kemudian bukalah pengaturan pada android. Setelahnya pilih developer options dan aktifkan USB Debugging. Masing-masing merek hp mungkin memiliki letak developer options yang berbeda.

Jika pengguna tidak menemukannya, cobalah buka “About phone”. Selanjutnya lakukan tap beberapa kali pada build number sampai muncul pop up “you are now a developer”

3. Hubungkan dengan Android

Selanjutnya, buka aplikasi wondershare pada PC. Kemudian hubungkan dengan hp menggunakan USB. Tunggu sampai aplikasi selesai mendeteksi android pengguna.

4. Klik allow

Setelahnya, klik allow jika muncul pesan pop up pada perangkat

5. Tunggu proses scanning

Untuk memulai proses scanning data yang terhapus, klik tombol next. Proses ini mungkin akan memakan waktu yang lama tergantung dari banyaknya file yang ada pada android.

6. Selesai

Setelah proses scanning selesai, pilih tab messaging. Kemudian carilah pesan yang terhapus. Centang pada check box pesan yang ingin dikembalikan. Sebelum mencentang, pengguna dapat mempreview pesan tersebut.

7. Klik Recover

jika sudah menentukan pesan yang akan dikembalikan, klik tab recover yang terdapat pada sisi kanan bawah layar. Lalu SMS yang terhapus akan muncul kembali.

Mengembalikan SMS yang Terhapus dengan MyJad Android Recovery

Cara mengembalikan SMS yang terhapus selanjutnya adalah menggunakan aplikasi MyJad Android Recovery. Selain merecovery sms di android, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk iOS. Caranya

1. Download aplikasi MyJad Android Recovery

Untuk melakukan cara ini, pengguna perlu mengunduh aplikasi MyJad Android Recovery pada PC atau laptop. Jika sudah, instal aplikasi seperti biasanya.

2. Hubungkan dengan android dan aktifkan USB Debugging

Jika sudah terinstal, jalankan aplikasi tersebut. Kemudian hubungkan menggunakan kabel data. Selanjutnya aktifkan USB debugging pada developer option. Pengguna juga bisa menemukannya di “about phone”. Lakukan tap beberapa kali hingga muncul pesan “you are now a developer”

3. Tunggu proses scanning

Selanjutnya tunggu hingga aplikasi selesai mendeteksi perangkat. Jika sudah terdeteksi maka aplikasi akan melakukan proses scanning secara otomatis terhadap data yang terdapat pada perangkat.

4. Pilih pesan yang akan dikembalikan

Setelah proses scanning selesai. Buka tab message, kemudian pilihlah pesan mana yang akan dikembalikan denga cara mencentang pada check box.

5. Klik recover

Jika sudah mencentang pesan mana saja yang ingin dikembalikan, klik recover yang berada pada sisi kanan bawah layar. Secara otomatis pesan akan kembali.

Note: Apabila kamu ingin mengembalikan file lain sekaligus seperti foto, musik atau lainnya, pengguna bisa menggunakan aplikasi Wondershare dr. Fone. Namun jika kamu hanya ingin mengembalikan SMS saja, maka aplikasi MyJad Android akan sangat berguna.

Menggunakan Aplikasi SMS Backup & Restore

Metode lain yang dapat digunakan untuk mengembalikan SMS yang terhapus adalah dengan aplikasi bantuan yang bisa didownload gratis di Google Play. Aplikasi ini bernama SMS Backup & Restore, dibuat oleh SyncTech Pty Ltd dan telah mendapatkan unduhan sebanyak lebih dari 10 juta pengguna android. Cara Penggunaan:

  • Download dan install aplikasi SMS Backup & Restore melalui Google Play, atau bisa klik disini.
  • Setelah terinstall, buka dan jalankan aplikasinya.
  • Lakukan backup terlebih dahulu (sebelum SMS terhapus), dengan pilih menu Set Up Backup.
  • Untuk mengembalikan SMS yang terhapus, pilih menu Restore.
  • Sesuaikan saja penggunaan setiap menu yang ada dengan keperluanmu.

Nah, itu dia beberapa cara mengembalikan SMS yang terhapus di android. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk share/bagikan artikel ini ke teman-teman kamu setelah ini ya bangs.