Cara Membatasi Hotspot di HP Samsung Semua Tipe, Ampuh!

Cara Membatasi Hotspot di HP Samsung
Cara Membatasi Hotspot di HP Samsung

PindahLubang.com | Pengguna HP Samsung semua tipe pasti pernah membagikan jaringan internetnya ke orang lain melalui portable hotspot. Sayangnya, orang tersebut justru ‘kebablasan’ yang mengakibatkan paket internetnya habis. Kamu harus mengatasinya dengan cara membatasi hotspot di HP Samsung.

Seperti kamu tahu bahwa seseorang yang tidak punya kuota internet pasti akan meminta hotspot ke orang terdekat. Jika kamu lengah, orang tersebut biasanya akan mengakses aplikasi tertentu yang membuat paket datamu langsung habis seketika.

Cara batasi hotspot di HP Samsung semua tipe bisa kamu lakukan dengan cepat dan mudah, bahkan tanpa aplikasi apapun. Kamu sekarang tidak perlu khawatir lagi kalau kuota internet akan habis karena sudah membatasinya. Semuanya akan kami bahas secara detail dan lengkap melalui artikel ini.

Cara Membatasi Hotspot d HP Samsung

Cara Membatasi Hotspot di HP Samsung
Cara Membatasi Hotspot di HP Samsung

Barangkali kamu sedang mencari cara batasi hotspot di HP Samsung semua tipe, sebaiknya ikuti dan simak ulasan artikel ini. Kami sudah merangkum beberapa panduan agar para pengguna ponsel Samsung dapat membatasi pemakaian portable hotspot ke orang lain.

Kamu pasti pernah diminta membagikan kuota internet gratis lewat fitur tersebut, kan? Oleh karena itu, kamu harus mengakalinya dengan membatasi batas maksimum pemakaian paket data, supaya kuotamu tidak cepat habis.

Terkait:  Cara Screenshot Samsung S20 (4 Langkah) Yang Benar

Langkah 1: Buka Pengaturan

Cara membatasi hotspot di HP Samsung semua tipe yang pertama adalah membuka aplikasi Pengaturan atau Setting. Jika sudah dibuka, geser ke bawah secara perlahan dan temukan opsi Sambungan atau Connections, buka menu tersebut.

Langkah 2: Pilih Menu Mobile Hotspot and Tethering

Pada halaman Connections, kamu harus mencari menu Mobile Hotspot and Tethering. Tujuannya agar kamu dapat membatasi sekaligus mengaktifkan batas maksimum penggunaan hotspot, apalagi saat diakses oleh orang lain.

Langkah 3: Klik Mobile Hotspot

Cara membatasi hotspot di HP Samsung semua tipe berikutnya adalah menekan tombol Mobile Hotspot. Namun, tidak semua model ponsel Samsung dituliskan dengan keterangan tersebut. Jika tidak ada, pilih menu Portable Hotspot yang mempunyai fungsi serupa.

Langkah 4: Pilih Menu Hotspot User atau Device Connected

Kamu bisa langsung mengetuk opsi Hotspot User atau Device Connected. Menu ini berfungsi untuk menampilkan daftar perangkat yang pernah atau sedang terhubung ke portable hotspot di HP Samsung kamu. Jadi, kamu akan tahu perangkat mana saja yang sering menggunakan paket datamu.

Langkah 5: Pilih Perangkat

Jika kamu sudah memilih salah satu menu tersebut, pilih dan tentukan perangkat mana saja yang berhak mengakses paket datamu melalui hotspot. Selain itu, pastikan perangkatnya benar-benar bersifat penting dan sering terhubung dengan ponselmu.

Langkah 6: Klik Tambahkan

Kalau HP Samsung kamu belum pernah terhubung dengan perangkat mana pun via hotspot, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menekan tombol Tambahkan atau Add. Tujuannya agar kamu dapat menambahkan perangkat baru yang akan dihubungkan.

Langkah 7: Pilih Menu More Options

Kamu bisa menekan tombol titik tiga yang berada di samping kanan atas. Tombol ini merupakan navigasi menu More Options atau Pilihan Lainnya, sehingga kamu dapat melihat daftar opsi secara detail.

Terkait:  Cara Bersihkan Cache HP Samsung Semua Tipe, Auto Ngebut Lagi!

Langkah 8: Klik Allowed Device

Cara membatasi hotspot di HP Samsung semua tipe selanjutnya adalah memilih menu Allowed Device atau Perangkat yang Diizinkan. Kamu harus menentukan perangkat mana yang boleh mengakses portable hotspot dari ponselmu.

Langkah 9: Pilih Menu Allowed Device Only

Langkah berikutnya adalah mengetuk opsi Allowed Device Only. Kalau kamu mengaktifkannya, berarti hanya perangkat tertentu saja yang dapat menggunakan hotspot dari HP Samsung kamu.

Langkah 10: Tekan Tombol Add

Cara batasi hotspot di HP Samsung semua tipe yang terakhir adalah menekan tombol Add lagi. Tujuannya supaya kamu bisa menambahkan MAC Address perangkat secara manual. Alhasil, tidak semua orang sekarang dapat mengakses hotspot dari ponselmu.

Cara Membatasi Hotspot di HP Samsung dengan Jumlah Perangkat Tersambung

Kamu pun dapat mengatur jumlah perangkat yang boleh menggunakan hotspot secara gratis. Berikut cara membatasi hotspot di HP Samsung dengan jumlah perangkat tersambung di bawah ini:

  • Pertama, buka aplikasi Pengaturan atau Setting dari HP Samsung kamu.
  • Pilih menu Mobile Hotspot and Tethering atau Hotspot Seluler dan Penambatan di bagian bawah.
  • Klik Mobile Hotspot.
  • Kemudian, tekan tombol titik tiga yang berada di samping kanan atas.
  • Pilih menu Konfigurasi Hotspot Seluler.
  • Klik lagi Tampilan Opsi Lanjutan.
  • Pilih menu Otomatis atau Authomatic.
  • Pada halaman selanjutnya, atur jumlah perangkat yang dapat tersambung dengan hotspot sesuai dengan keinginanmu.
  • Jika sudah diatur, klik Simpan atau Save.
  • Terakhir, fitur hotspot hanya dapat diakses oleh beberapa perangkat yang sudah kamu pilih sebelumnya.

Cara Membatasi Hotspot di HP Samsung dengan Jangka Waktu Tersambung

Pengguna smartphone Samsung bukan sekadar mengatur hotspot berdasarkan jumlah perangkatnya saja, melainkan jangka waktunya juga. Kamu bisa mengikuti cara membatasi hotspot di HP Samsung sesuai dengan batas waktu terhubung sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Pengaturan atau Setting melalui smartphone Samsung kamu.
  • Pilih menu Koneksi atau Connections.
  • Pada halaman Koneksi, klik Mobile Hotspot and Tethering di bagian bawah.
  • Pilih menu Mobile Hotspot.
  • Kemudian, tekan tombol titik tiga yang berada di bagian atas.
  • Pilih menu Perangkat yang Diizinkan atau Allowed Device.
  • Klik Tambahkan atau Add di bagian kanan atas.
  • Input nama perangkat yang boleh mengakses hotspot beserta alamat MAC nya.
  • Terakhir, tekan tombol Selesai atau Done untuk menyimpan setelan tersebut.
Terkait:  Cara Cek Kesehatan Baterai Samsung Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Cara Membatasi Hotspot di HP Samsung dengan Aplikasi Mobile WiFi Hotspot Manager

Kamu bisa menggunakan aplikasi Mobile WiFi Hotspot Manager – Tethering untuk membatasi dan mengatur penggunaan portable hotspot dari HP Samsung. Aplikasinya dapat digunakan dengan mudah, serta mampu mencegah perangkat asing mengakses internetmu. Simak panduan pemakaian aplikasinya di bawah ini:

  • Download aplikasi Mobile WiFi Hotspot Manager – Tethering via Google Play Store.
  • Klik Install.
  • Jalankan dan buka aplikasinya.
  • Pada halaman utama, pilih menu Hotspot.
  • Jika menemukan kolom Network SSID, masukkan nama hotspot perangkatmu.
  • Pada bagian Security, klik WPA2_PSK.
  • Kemudian, tunggu beberapa saat hingga muncul kata sandi yang dapat kamu isi dengan gabungan password sesuai dengan pilihanmu.
  • Atur jumlah data dengan memasukkan batas maksimum penggunaan kuota internet (MB/GB) ke kolom yang tersedia.
  • Bila perlu, tambahkan juga durasi waktu untuk portable hotspot yang aktif.
  • Kalau setelannya sudah diatur, tekan tombol Turn On Hotspot untuk menghidupkan fitur tersebut.
  • Terakhir, hotspot yang sedang aktif akan berhenti ketika waktu yang diatur sudah habis atau melampaui batas berlaku.

Jika kamu menggunakan HP Samsung, apalagi kalau kuota internet sering diminta orang lain, sebaiknya ikuti cara membatasi hotspot di HP Samsung di atas. Kamu sekarang tidak perlu khawatir lagi kalau paket data sering habis. Atur jumlah perangkat dan waktu pemakaian agar orang lain tidak dapat menghabiskan kuotamu lagi. Semoga membantu!

Related posts