Cara Live Streaming TikTok

Cara Live Streaming TikTok

Cara live streaming tiktok, merupakan sebuah cara di mana para pengguna tiktok bisa melakukan siaran langsung untuk mempromosikan diri mereka sendiri, ataupun mereka ingin mempromosikan sebuah produk yang memang menjadi salah satu penghasilan tambahan mereka untuk mencari pundi-pundi rupiah lewat platform berbagi video yang saat ini sedang tenar dan banyak digunakan para pengguna ponsel untuk sekedar melihat video-video terbaru dari pengguna TikTok yang mereka follow atau ikuti.

Bicara soal TikTok, siapa yang gak tau tentang aplikasi ini? Aplikasi yang hampir bisa di temui di berbagai jenis smartphone seperti Android dan juga iPhone ini, memang menjadi sebuah aplikasi yang cukup banyak diminati. Bayangkan saja, berawal dari sebuah platform untuk membagikan video dengan durasi yang lebih panjang dari instagram, kini para pengguna akun tersebut sudah bisa melakukan banyak hal di aplikasi tiktok.

Mulai dari mengunggah video dengan tarian atau joget yang sedang trend, dan juga melakukan siaran langsung atau live streaming di tiktok dengan mudah, untuk bisa berinteraksi kepada audiens atau followers yang mereka miliki.

Cara Live Streaming TikTok

Cara Live Streaming TikTok
Cara Live Streaming TikTok

Tentu saja, dengan adanya trend live streaming atau siaran langsung ini, tak sedikit dari mereka para pengguna tiktok yang mulai mencari cara live streaming tiktok untuk bisa berinteraksi dan juga mengobrol ataupun mendapatkan pundi-pundi gift dari followers yang masuk dalam live streaming mereka.

Karena memang untuk melakukan live streaming atau siaran langsung di tiktok ini, caranya terbilang cukup mudah kok.

Terkait:  Cara Salin Link TikTok di HP dan Laptop, Mudah Banget!

Langkah 1: Download Aplikasi TikTok

Langkah pertama adalah jelas, kamu harus terlebih dahulu memiliki aplikasi TikTok, untuk itu kamu bisa mengunduh aplikasi TikTok ini di beragam perangkat smartphone seperti Android, ataupun iPhone. Dan tentu saja, tiap smartphone pasti berbeda.

Jika kamu menggunakan perangkat android, kamu bisa menemukannya di Play Store, sedangkan untuk perangkat Apple atau iPhone, kamu bisa menggunakan App Store untuk mencari aplikasi TikTok.

  1. Klik pada tombol Get/Install di pencarian dari Aplikasi TikTok
  2. Tunggu sampai proses installasinya selesai
  3. Setelah itu kamu bisa klik pada tombol Open atau Buka untuk menjalankan Aplikasi

Nantinya secara otomatis, aplikasi TikTok akan muncul di homescreen atau daftar aplikasi di smartphone kalian masing-masing.

Langkah 2: Buat Akun TikTok

Kemudian jika aplikasi TikTok sudah terbuka, kamu bisa langsung melakukan pendaftaran untuk membuat akun TikTok pertama kamu. Di sini, ada beragam metode pendaftaran yang bisa kamu coba, mulai dari

  • Daftar Menggunakan Google
  • Daftar Menggunakan Facebook
  • Daftar Menggunakan Nomor Telpon
  • Daftar Menggunakan Twitter, dan
  • Daftar Menggunakan Email

Baik dari beberapa metode pendaftaran yang kamu gunakan, masing-masingnya tentu memiliki cara dan metode verifikasinya masing-masing, jadi silakan sesuaikan dengan kebutuhanmu ya.

Nah, setelah melakukan pendaftaran kamu bisa langsung masuk ke dalam aplikasi TikTok untuk melengkapi profile kamu, seperti

  • Mengisi Nama pengguna dan juga Username
  • Mengganti Foto Profile
  • Mengisi Biodata Profile
  • Dan memilih kategori video yang disukai.

Pastikan dalam proses pelengkapan profile ini, kamu menggunakan data diri yang sesuai dengan diri kamu. Hal ini bertujuan jika suatu saat ada pihak atau produk atau brand yang ingin berkolaborasi dengan kamu, mereka bisa dengan mudah menghubungi kamu di bagian profile akun TikTok.

Terkait:  Cara Live di TikTok Tanpa 1000 Followers

Selain itu, pemilihan foto profile yang bagus juga bisa menjadi nilai tambah dari pihak TikTok untuk menjadikan profile kamu sering masuk FYP atau For Your Page tiktok. Kamu juga bisa mulai untuk menambahkan beberapa list pengguna yang ingin kamu follow atau ikuti, dan nantinya mereka bisa mengikutikamu bali atau melakukan follow back ke akun TikTok kalian.

Langkah 3: Buat Video dan Upload ke TikTok

Setelah berhasil memiliki akun tiktok dan memfollow beberapa akun hingga memiliki beberapa followers, maka langkah selanjutnya adalah kamu bisa membuat video untuk di upload ke platform atau akun TikTok yang kamu miliki. Dalam hal ini, ada beberapa aspek penting yang harus diperhatikan, seperti

  • Video yang dibuat harus memiliki kualitas HD
  • Video yang dibuat bisa ditambahkan dengan sound yang sedang viral atau ramai digunakan pengguna TikTok
  • Caption yang digunakan, bisa tidak terlalu panjang
  • Penggunaan Hashtag bisa disesuaikan dengan hashtag yang sedang ramai
  • Tambahkan Cover video yang dibuat dari photoshop atau canva agar lebih menarik
  • Gunakan durasi sekitar 15 – 30 detik dalam tiap video

Dengan memperhatikan hal hal tersebut, tentunya cara ini bisa membuat kamu lebih mudah masuk dalam laman FYP, dan juga mendapatkan banyak followers lantaran video kamu masu ke dalam FYP pengguna tiktok lain, semakin sering kamu menjaga konsistensi dalam upload video, kamu juga bisa mendapatkan hingga 1000 followers dalam waktu beberapa bulan saja.

Kunci dari mendapatkan followers dengan cepat di TikTok sendiri ialah bagaimana videomu sering muncul di laman FYP pengguna tiktok lain, tapi gak cuma itu aja. Kamu juga bisa berinteraksi dengan pengguna lain, di mana ketika mereka meninggalkan komentar, kamu bisa membalas komentar tersebut agar ada interaksi kepada pengguna lain, dan membuat mereka ingin memfollow kamu, agar tidak ketinggalan video yang kamu unggah setiap harinya.

Terkait:  Cara Menambahkan Link di Bio Tiktok

Langkah 4: Siapkan Materi Live Streaming

Jika sudah mencapai angka 1000 followers, itu berarti kamu sudah bisa melakukan live streaming atau siaran langsung TikTok, namun untuk memperbagus live tiktok kamu, ada baiknya kamu menyiapkan materi live streaming yang hendak kamu lakukan di tiktok. Kamu bisa memikirkan terlebih dahulu topik apa yang sekiranya akan kamu bahas, dan kamu bisa melakukan testing dengan menggunakan kamera tiktok, untuk mengetahui apakah lighting yang kamu gunakan sudah bagus, atau belum.

Usahakan juga sebelum melakukan live streaming, kamu mengunggah satu video sekitar 1 jam sebelum live streaming dilakukan. Karena ketika videomu masuk di FYP, ini akan membuat pengguna tiktok lain melihat dan mengetahui jika kamu sedang melakukan siaran langsung atau live streaming di tiktok.

Langkah 5: Lakukan Live Streaming

Setelah semuanya sudah disiapkan, baru kamu bisa langsung melakukan live streaming TikTok pertama kamu. Untuk melakukan live streaming sendiri juga cukup mudah kok

  1. Buka aplikasi tiktok kamu dan pastikan kamu sudah login ke dalam aplikasi TikTok
  2. Kemudian, kamu bisa klik pada icon [+] untuk membuka kamera TikTok
  3. Di bagian bawah atau dekat tombol shutter kamera TikTok, kamu bisa menggeser menu tersebut dari kamera, menjadi Live/Siaran Langsung
  4. Nantinya kamu akan diarahkan untuk mengisi data Live Streaming TikTok kamu, seperti
    – Judul Live
    – Background
    – Dan juga Deskripsi Live
  5. Setelah itu, kamu bisa langsung memulai live dengan mengklik pada icon Start Live
  6. Pastikan semuanya sudah beres, dan kamu tinggal menunggu followers TikTok kamu masuk ke dalam live atau siaran langsung kamu
  7. Selesai.

Dan itulah tadi beberapa cara live streaming tiktok yang bisa kamu coba, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Similar Posts