Cara Agar HP Tidak Lag Saat Bermain Game

Cara Agar HP Tidak Lag Saat Bermain Game

Saat sedang asik main game tiba-tiba HP tidak dapat bergerak atau ngelag. Tenang saja, ada cara untuk mengatasinya. Informasi mengenai bagaimana cara agar HP tidak lag saat bermain game bisa kamu ketahui selengkapnya pada artikel berikut.

Cara Agar HP Tidak Lag Saat Bermain Game

Cara Agar HP Tidak Lag Saat Bermain Game
Cara Agar HP Tidak Lag Saat Bermain Game

Hp ngelag di saat sedang serius bermain menyelesaikan challenge itu rasanya menjengkelkan sekali, bukan? Performa permainan bisa jadi turun gara-gara ini.

Smartphone yang ngelag bisa dikarenakan beberapa hal, mungkin saja spesifikasi HP yang kurang mendukung, koneksi internet yang rendah, grafis game terlalu tinggi, memori internal full, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi ini, kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara agar HP tidak lag saat bermain game. Yuk, simak!

Perbarui Sistem Android

Hal pertama yang kamu lakukan adalah dengan memastikan bahwa sistem Android sudah dalam versi paling update. Pasalnya, setiap ada update sistem akan disertai juga dengan perbaikan bug. Untuk mengetahuinya, kamu dapat melihat pada Pengaturan HP. Jika ada pembaharuan, kamu bisa lakukan update terlebih dahulu.

Menghapus Aplikasi/ File yang Tidak Perlu

Salah satu penyebab mengapa HP tiba-tiba ngelag bisa jadi karena memori internal penuh. Akibatnya, sistem tidak dapat bekerja sebagaimana seharusnya. Untuk itu, kamu harus membersihkan file tidak penting atau mencopot aplikasi yang jarang digunakan. 

Aplikasi yang tidak dimanfaatkan atau bahkan jarang dibuka itu akan memakan ruang penyimpanan dan membuat kinerja smartphone menjadi lambat. Uninstall aplikasi yang tidak digunakan akan membantu memori penyimpanan HP menjadi lebih longgar.

Terkait:  Cara Mengetahui Musuh di Free Fire

File sampah seperti cache juga perlu kamu hapus untuk membantu meringankan memori penyimpanan yang mulai penuh. Sebagian dari kamu mungkin tidak pernah atau malas menghapus cache. Padahal ini bisa membantu melonggarkan memori.

Untuk cara membersihkan ruang penyimpanan adalah seperti berikut ini:

  • Buka menu Pengaturan
  • Lalu pilih opsi Penyimpanan
  • Di sana, kamu dapat melihat pilihan Data dalam cache, Gambar, Aplikasi, Video, Audio, serta data Aplikasi. 
  • Selanjutnya, lakukan penghapusan singgahan tersebut.

Setelah ruang penyimpanan HP banyak yang tersisa, mungkin HP tidak akan ngelag lagi saat digunakan untuk bermain atau aktivitas lainnya.

Mematikan Data Latar Belakang

Aplikasi yang berjalan pada latar belakang dapat mengurangi penyimpanan RAM sehingga membuat kecepatan HP melambat. Aplikasi-aplikasi tersebut diantaranya adalah Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainnya. Umumnya, setelah membuka atau mengakses aplikasi ini dan tidak dibersihkan dari latar belakangnya maka bisa membuat HP jadi ngeframe atau lag.

Hal seperti itu dialami oleh beberapa orang. Jadi, sebaiknya kamu matikan atau hapus data dari latar belakang terlebih dahulu sebelum bermain game.

Update Game

Mungkin saja game yang kamu mainkan belum versi terupdate. Nah, ini juga bisa jadi alasan mengapa saat bermain tiba-tiba HP lag.  

Pihak pengembang biasanya melakukan pengoptimalan dan memperbaiki masalah dengan membasmi bug yang membuat keterlambatan. Pastikan bahwa game tersebut sudah paling update atau lakukan update terlebih dahulu sebelum memainkannya.

Mengaktifkan Opsi Pengembang

Cara lain yang dapat kamu coba agar lancar dalam bermain game adalah mengaktifkan opsi pengembang. Cara mengaktifkan opsi pengembang untuk HP Android adalah dengan membuka menu Pengaturan, lalu pilih Tentang Telepon. Pada halaman tersebut, kamu akan menemukan nomor Build, lalu klik 7x di bagian atasnya dan scroll layar ke bawah, kemudian klik Force 4x MSAA. Aktifkan menu tersebut kemudian lakukan reboot.

Terkait:  Cara Download Call Of Duty Mobile

Nonaktifkan Mode Hemat Daya

Saat mode hemat daya diaktifkan, maka kerja CPU akan terbatas dan dapat mengurangi daya pemrosesan sehingga baterai lebih awet. Akan tetapi, mengaktifkan mode tersebut saat kamu bermain game bisa menyebabkan masalah. Pasalnya, game memerlukan kinerja pemrosesan sistem yang lebih banyak. Saat bermain game, sebaiknya tidak mengaktifkan mode hemat daya supaya sistem bekerja secara optimal.

Instal Aplikasi Versi Lite

Cara agar HP tidak lag saat bermain game lainnya adalah dengan menginstal aplikasi game versi lite. Beberapa pengembang aplikasi biasanya menyediakan dalam versi lite. Apabila game yang sering kamu mainkan menyediakan versi lite, ini bisa jadi opsi agar tidak terjadi lag kembali. Hal tersebut dikarenakan aplikasi dalam versi lite memiliki ukuran yang lebih kecil sehingga membuat ruang penyimpanan lebih lega.

Instal Aplikasi Booster

Ada berbagai jenis aplikasi yang tersedia di Play Store dan App Store untuk meningkatkan kecepatan ketika kamu memainkan game tertentu.

Setelah menginstal aplikasi ini, biasanya kinerja game baik offline maupun online menjadi lebih cepat dan kualitas grafis menjadi lebih baik. Beberapa aplikasi booster game yang bisa kamu coba diantaranya adalah DU Speed Booster, Game Booster, Swift Gamer, Systweak Android Cleaner, dan lain sebagainya.

Namun, kamu juga harus hati-hati dalam memilih aplikasi booster ini karena bisa juga membuat penyimpanan HP menjadi penuh atau malah eror. Pastikan memilih yang ringan dan memiliki banyak review positif dari para pengguna. 

Menurunkan Grafis Game

Visual grafis game yang memukau membuat permainan menjadi lebih seru dan menyenangkan. Namun, hal ini bisa memengaruhi kinerja HP terutama jika spesifikasinya standar dan grafis game diatur dalam level tinggi sehingga membuat lag.

Terkait:  Cara Agar HP Tidak Ngelag saat Bermain Game

Untuk mengatasinya, kamu dapat menurunkan kualitas grafis game agar dapat bermain dengan lancar. Kualitas gambar game dapat diubah pada menu pengaturan aplikasi. Pilih saja kualitas medium atau standar apabila spesifikasi HP kamu biasa saja.

Menjaga Suhu HP Jangan Terlalu Panas

Suhu HP yang terlalu panas juga bisa jadi penyebab lag saat sedang bermain game. Tingginya aktivitas pada RAM, Prosesor dan GPU dapat membuat HP menjadi overheating. Sehingga membuat respon dari tiga bagian utama dalam ponsel ini menjadi lambat.

Agar HP tidak overheating, terdapat dua cara yang bisa kamu lakukan. Cara pertama, lepas softcase yang menempel dan berikan pendingin. Softcase yang menempel dapat membuat panas yang dihasilkan oleh smartphone menjadi terperangkap. Untuk pendingin bisa menggunakan kipas seperti layaknya kipas pad laptop atau komputer.

Cara kedua apabila HP lag karena overheating adalah dengan mengehntikan permainan sebentar ketika merasa sudah terlalu panas. Suhu normal HP berkisar antara 25 – 30 derajat celcius dan saat digunakan mencapai 50 – 60 derajat celcius. Apabila suhu HP mencapai 80 derajat lebih maka harus segera diistirahatkan.

Ganti Paket Internet

Mungkin saja provider internet kamu yang bermasalah atau sinyalnya kurang kuat sehingga membuat HP lag saat bermain game. Karena saat jaringan buruk, aktivitas yang menggunakan internet termasuk bermain game akan terhenti atau tersendat-sendat. Selain itu, kamu juga harus memeriksa jumlah data internet apakah masih mencukupi atau akan habis.

Segera ganti provider internet jika sinyalnya kurang baik di daerah tempat kamu tinggal atau lakukan isi ulang paket data jika sudah mau habis agar kembali lancar dalam bermain game. 

Demikian beberapa cara agar HP tidak lag saat bermain game yang dapat kamu coba. 

Semoga bermanfaat!

Similar Posts