Cara Membuat Rekening BCA Online

Melakukan transaksi perbankan secara online kini bukan suatu hal yang mustahil. Cara membuat rekening BCA online pun sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan syarat dokumen yang diperlukan. Kemudahan dalam membuat rekening BCA ini dapat dilakukan melalui aplikasi BCA Mobile.

Lantas, bagaimana cara membuat rekening BCA online, apa saja syarat buka rekening BCA online, dan berapa biaya buka rekening BCA online? Simak ulasan selengkapnya lewat artikel di bawah ini.

Cara Membuat Rekening BCA Online

Cara Membuat Rekening BCA Online
Cara Membuat Rekening BCA Online

BCA (Bank Central Asia) adalah salah satu bank ternama yang memiliki banyak sekali nasabah di Indonesia. Cara membuka rekening yang mudah ini tentunya akan lebih efektif bagi para calon nasabah. Selain itu, BCA menyediakan berbagai jenis tabungan dengan masing-masing kelebihan. Nasabah bisa menentukan jenis tabungan mana yang cocok dan sesuai dengan kebutuhannya.

Dikutip dari laman resmi BCA, disebutkan bahwa para calon nasabah bisa membuat rekening tanpa perlu datang ke kantor melainkan lewat aplikasi BCA Mobile yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store maupun App Store. 

Perlu diketahui bahwa rekening tabungan yang dapat dibuat secara online melalui BCA Mobile adalah Tahapan BCA, Tahapan Xpresi, dan Tahapan Gold.

Selain kemudahan dalam membuat rekening, aplikasi BCA Mobile juga dapat digunakan untuk transaksi tarik tunai tanpa kartu. Jadi, kamu tidak perlu khawatir saat tidak membawa kartu atau kartu tertelan di mesin ATM.

Syarat Membuat Rekening BCA secara Online

Ada perbedaan syarat pembuatan rekening antara Tahapan BCA dan Tahapan Xpresi dengan BCA Tahapan Gold. Untuk detail lengkapnya, berikut syarat dan ketentuan pembuatan rekening BCA secara online.

Tahapan BCA dan Tahapan Xpresi

Berikut syarat membuat rekening Tahapan BCA dan Tahapan Xpresi, antara lain:

  • Calon nasabah merupakan perorangan bukan instansi. 
  • Memiliki kartu identitas (Kartu Tanda Penduduk).
  • Mengisi dan melengkapi formulir permohonan pembukaan rekening. 
  • Tidak ada biaya materai yang dikenakan untuk membuka rekening.
  • Melengkapi semua dokumen yang diperlukan.
Terkait:  Biaya Buat Rumah

Tahapan Gold

Sementara syarat membuat rekening BCA Tahapan Gold diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Calon nasabah merupakan perorangan atau yayasan.
  • Memiliki kartu identitas bagi nasabah perorangan (WNI & WNA).
  • Mengisi dan melengkapi formulir permohonan pembukaan rekening. 
  • Tidak ada biaya materai yang dikenakan untuk membuka rekening.
  • Melengkapi semua dokumen yang diperlukan.

Tata Cara Membuat Rekening BCA Online

Setelah mengetahui dan menyiapkan syarat pembukaan rekening, berikut langkah-langkah cara membuat rekening BCA online, antara lain:

Download aplikasi BCA Mobile

Pertama, download aplikasi BCA Mobile di Play Store atau App Store di smartphone milikmu. Pastikan bahwa nomor telepon yang akan kamu gunakan untuk membuka rekening belum digunakan sebelumnya untuk mendaftar BCA Mobile. Pasalnya, nomor telepon yang digunakan untuk proses registrasi ini harus yang terpasang pada handphone calon nasabah.

Membuat rekening BCA Mobile

Apabila aplikasi sudah berhasil terpasang di smartphone, buka aplikasi BCA Mobile. Pada halaman utama aplikasi, pilih menu buka rekening.

Agar dapat membuka rekening secara online lewat aplikasi BCA Mobile, siapkan dokumen yang dibutuhkan, seperti e-KTP, tanda tangan, NPWP (jika ada), dan data diri.

Memilih jenis tabungan 

Langkah selanjutnya adalah memilih jenis tabungan sesuai kebutuhan kamu, apakah Tahapan BCA, Tahapan Xpresi, atau Tahapan Gold.

Untuk setoran awal buka rekening BCA itu tidak sama sesuai dengan masing-masing jenis tabungan. Jika memilih Tahapan BCA maka setoran awal untuk membuat rekening sebesar Rp 500 ribu dan setoran berikutnya sebesar Rp 50 ribu. Sedangkan Tahapan Xpresi memiliki setoran awal saat membuat rekening adalah Rp 50 ribu dan setoran berikutnya sebesar Rp 50.000. 

Terakhir ada Tahapan Gold yang dapat digunakan untuk perorangan, yayasan, atau pelaku bisnis dimana setoran awal adalah sebesar Rp 10 juta.

Terkait:  Biaya Bangun Rumah Sederhana

Lakukan verifikasi dan buat kode akses

Jika sudah menentukan jenis tabungan yang ingin digunakan, selanjutnya adalah melakukan verifikasi nomor telepon. Kamu akan mendapatkan SMS yang dikirimkan oleh aplikasi. Untuk proses ini, pastikan bahwa simcard kamu ada pulsanya karena ada biaya SMS yang dikenakan.

Setelah melakukan verifikasi, lalu membuat kode akses. Jangan sampai lupa dengan kode akses yang kamu buat. Sebab, kode akses ini akan digunakan untuk kembali login ke menu Buka Rekening Baru dan m-BCA.

Melengkapi dokumen yang diperlukan

Kemudian, lengkapi dokumen yang diperlukan, seperti foto diri, foto e-KTP, tanda tangan, dan NPWP (jika ada).

Pengambilan gambar setiap dokumen tersebut harus sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh aplikasi Mobile BCA. Pastikan bahwa foto diri terlihat jelas wajahnya tanpa menggunakan kacamata, topi, masker, perban, atau benda lain yang bisa menutupi wajah.

Mengisi informasi pribadi

Langkah berikutnya adalah kamu harus melengkapi informasi pribadi yang diminta, diantaranya adalah informasi tujuan membuka rekening, siapa nama ibu kandung, agama, status pernikahan, dan lain sebagainya. Informasi mengenai pekerjaan juga harus kamu lengkapi.

Menentukan kartu 

Informasi data pribadi sudah diisi lengkap, kini saatnya kamu menentukan kartu yang diinginkan. Masing-masing kartu memiliki fitur beragam seperti limit transfer antar BCA hingga limit nominal tarik tunai dengan biaya administrasi yang berbeda-beda. Silakan memilih  jenis kartu yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Memilih cabang rekening

Setelah itu, masukkan alamat email yang akan digunakan untuk internet banking. Kemudian, pilih alamat kantor cabang BCA terdekat guna mengambil kartu debit.

Untuk pengambilan kartu debit bisa dilakukan di lain hari tidak harus pada hari melakukan pendaftaran. Hal tersebut dikarenakan, nasabah BCA tetap dapat menggunakan layanan, seperti mengambil uang atau transfer tanpa perlu menggunakan kartu debit.

Terkait:  Biaya Cek Saldo M Banking BCA

Melakukan video call untuk verifikasi data

Apabila semua informasi data yang diisi telah dilakukan konfirmasi, langkah selanjutnya adalah video call untuk proses verifikasi data. Proses video call dengan Customer Service BCA akan membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit. Untuk itu, pastikan bahwa koneksi internet di tempat kamu lancar dan stabil.

Layanan tersebut dibuka setiap hari mulai dari pukul 06.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Aktivasi Mobile Banking

Terakhir adalah melakukan aktivasi mobile banking BCA agar bisa mengaktifkan rekening. Kamu akan diminta untuk membuat PIN sebagai aktivasi m-banking maupun internet banking. Jika sudah berhasil membuat PIN enam digit angka, rekening dan m-banking BCA kamu sudah bisa digunakan langsung.

Kini, kamu sudah berhasil membuat rekening BCA online lewat BCA mobile. Untuk mencetak kartu ATM bisa segera datang ke kantor cabang BCA terdekat atau via CS Digital.

Saat mengambil kartu ATM BCA yang didaftarkan secara online, jangan lupa untuk membawa e-KTP asli dan uang untuk biaya cetak. Biaya cetak disesuaikan dengan jenis kartu yang digunakan sehingga kamu juga harus menunjukkan bukti email pemberitahuan pembuatan rekening. 

Demikian cara membuat rekening BCA online lengkap dengan syarat dan ketentuan yang diperlukan.  

Semoga bermanfaat!

Rate this post

Related posts