Cara Mengaktifkan Shopee PayLater

Bagaimana cara mengaktifkan Shopee PayLater dan apa saja syarat yang dibutuhkan bisa kamu ketahui lewat artikel berikut.

Cara Mengaktifkan Shopee PayLater
Cara Mengaktifkan Shopee PayLater

Berbelanja di toko orange atau Shopee kini semakin mudah dengan adanya PayLater. Shopee PayLater hanya bisa diaktifkan oleh pengguna aplikasi Shopee yang terpilih dan memenuhi persyaratan. Apabila sudah terpilih, pengguna tersebut akan mendapatkan pemberitahuan untuk mengaktifkan Shopee PayLater.

Read More

Sebagai informasi, Shopee PayLater adalah produk layanan pinjaman dari PT Commerce Finance serta pihak lain yang bekerja sama dengannya untuk menyediakan pinjaman bagi pengguna Shopee. Pengguna tidak perlu khawatir karena PT Commerce Finance telah sepenuhnya diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Untuk sistem pembayaran Shopee PayLater tidak jauh berbeda dengan tagihan kartu kredit. Akan tetapi, jumlah bunga yang dibebankan lebih sedikit. Terlebih lagi, syarat untuk mengajukan Shopee PayLater juga lebih mudah.

Dengan mengaktifkan Shopee PlayLater atau yang biasa disingkat menjadi SPayLater, kamu bisa belanja di Shopee dengan membayar secara mencicil sesuai pilihan waktu cicilan yang dipilih ketika transaksi.

Lantas, bagaimana cara mengaktifkan Shopee PayLater, apa saja syarat yang dibutuhkan agar berhasil? Simak informasi yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber terpercaya berikut ini.

Syarat Mengaktifkan Shopee PayLater

Sebelum mengaktifkan SPayLater, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pengguna. Inilah daftar syarat-syarat yang diperlukan untuk mengaktifkan Pay Later Shopee, yaitu:

  • Akun Shopee terdaftar dan telah terverifikasi.
  • Usia akun Shopee berusia minimal tiga bulan.
  • Akun sering digunakan untuk bertransaksi.
  • Aplikasi Shopee telah diperbaharui ke versi paling update.
  • Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).
Terkait:  Cara Mengisi ShopeePay Lewat ATM

Cara Mengaktifkan Shopee PayLater

Shopee PayLater hanya dapat diaktifkan oleh pengguna yang sudah terpilih atau mendapat pemberitahuan untuk mengaktifkannya. Setelah mendapatkan notifikasi untuk mengaktifkan SPayLater, selanjutnya kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Apabila sudah mendapatkan notifikasi, pilih menu Saya pada halaman utama aplikasi Shopee.
  2. Kemudian, pilih SPayLater dan klik AKTIFKAN SEKARANG.
  3. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memasukkan nomor HP. Ketik nomor HP milikmu pada kolom yang tersedia dan klik Lanjut.
  4. Shopee akan mengirimkan kode OTP. Kamu pilih kemana kode tersebut akan dikirimkan, lewat WhatsApp atau SMS. Jika memilih SMS, maka klik opsi Cara Lain.
  5. Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan Shopee, lalu tekan Lanjut.
  6. Kemudian, kamu akan diminta untuk mengupload foto asli KTP dengan mengklik Upload KTP-mu.
  7. Selanjutnya, masukkan informasi tambahan yang diperlukan, seperti siapa nama ibu kandung, berapa gaji bulanan. Apabila minimal gaji yang kamu klik semakin tinggi, maka limit SPayLater yang akan kamu dapatkan juga lebih besar.
  8. Masukkan informasi mengenai Tingkat pendidikan, Industri, Pekerjaan, dan semua informasi data diri yang diperlukan. Jika sudah, klik opsi Lanjut di bagian paling bawah.Cara Mengaktifkan SPayLater

    Cara Mengaktifkan SPayLater

  9. Langkah berikutnya adalah verifikasi wajah. Klik opsi Verifikasi Wajah yang ada di bagian bawah layar. Lalu, arahkan wajah kamu ke dalam bagian bingkai yang ada pada layar. Selain itu, pastikan bahwa tempat kamu mengambil gambar adalah ruangan yang terang.

Cara Mengaktifkan SPayLater

Apabila kamu mengalami kendala saat melakukan verifikasi wajah sehingga muncul notifikasi Sistem Eror karena wajahmu tidak terdeteksi, maka kamu bisa mencobanya kembali dengan beberapa langkah berikut:

  • Memperbarui atau update Layanan Google Play.
  • Kembali mencoba melakukan verifikasi wajah (disarankan paling tidak mencobanya hingga 2 kali).
  • Jika masih gagal, maka kamu tunggu sekitar 10 menit dan pastikan bahwa koneksi internet dalam kondisi baik.
  • Restart HP kamu, lalu kembali ikuti langkah-langkah seperti di atas.

Setelah sudah muncul pemberitahuan seperti berikut, artinya permohonan untuk mengaktifkan SPayLater telah berhasil.

Cara Mengaktifkan SPayLater
Cara Mengaktifkan SPayLater

Silakan tunggu konfirmasi dari Shopee selama 2 hari.

Apabila limit yang kamu dapat tidak sampai Rp3 juta maka kamu harus sering-sering berbelanja di Shopee dengan dompet Shopee Pay. Sebab, untuk mendapatkan limit SPLater yang besar harus melakukan belanja minimal 5 kali di marketplace Shopee.

Kelebihan Menggunakan Shopee PayLater

Shopee PayLater memiliki beberapa kelebihan bagi yang senang berbelanja dengan sistem cicilan atau kredit. Dibandingkan metode pembayaran dengan kartu kredit, SPayLater cenderung lebih praktis. Berikut beberapa kelebihannya:

  • Pinjaman dana transaksi belanja instan dengan bunga minim sebesar 2.95%.
  • Memiliki limit kredit sesuai dengan transaksi belanja di aplikasi Shopee, yakni mulai dari Rp750.000 – Rp1.800.000.
  • Dapat mengatur cicilan pembayaran sesuai kebutuhan.

Bunga Shopee PayLater

Pada dasarnya, Shopee Pay Later merupakan pinjaman yang bisa digunakan pengguna untuk beli dulu bayarnya nanti. Nah, setiap melakukan pinjaman tersebut ada bunga yang harus dibayar. Pihak S PayLater membebankan bunga sebesar 2.95% per bulannya.

Pengguna juga dapat memilih metode pembayaran cicilan dimana bisa dicicil selama 3 bulan, 6 bulan, ataupun 12 bulan.

Cara Menggunakan Shopee PayLater

Jika Shopee PayLater kamu sudah aktif, kamu bisa segera menggunakannya. Untuk yang belum tahu bagaimana caranya, silakan ikuti panduan berikut:

  • Pilih produk yang kamu inginkan di aplikasi Shopee.
  • Lalu, klik beli dan isi detail pesanan termasuk alamat tujuan pengiriman.
  • Pada Metode Pembayaran, kamu klik Shopee PayLater.
  • Atur cicilan sesuai keinginan, mulai dari¬† 2X, 3X hingga 6X.
  • Periksa kembali pesanan kamu. Apabila ada kode promo bisa kamu cantumkan juga.
  • Selanjutnya, masukan kode OTP atau kata sandi akun ShopeePay milikmu.
  • Setelah itu, pesanan akan secara otomatis dibayar dan kamu hanya perlu menunggu paket pesanan datang sesuai alamat pengiriman.

Jika sudah konfirmasi pesanan selesai, kamu sudah bisa mulai mencicil tagihan Shopee PayLater kamu.

Perlu diketahui bahwa jika kamu memilih metode pembayaran Shopee Pay later, maka ada biaya penanganan sebesar 1% setiap transaksi. Juga, rincian tagihan Pay Later akan muncul pada tanggal berikut:

  • Tanggal 1: Harus dibayar paling lambat pada tanggal 11.
  • Tanggal 15: Harus dibayar paling lambat pada tanggal 25.
  • Tanggal 25:Harus dibayar paling lambat pada tanggal 5.

FAQ Mengenai Cara Mengaktifkan Shopee PayLater

Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan terkait pinjaman Shopee PayLater, antara lain:

Kenapa saya tidak bisa mengaktifkan Shopee Pay Later?

Penyebab tidak bisa mengaktifkan SPayLater salah satunya karena memiliki tunggakan tagihan. Ketika pengguna masih memiliki tunggakan, maka pihak Shopee akan menangguhkan limit SPayLater. Untuk tanggal tagihan setiap pelanggan berbeda-beda setiap bulannya.

SPayLater minimal berapa?

Limit bisa berubah-ubah sesuai dengan kebijakan dari pihak PT Commerce Finance sebagai penyedia layanan Pay Later di Shopee. Selain itu, pengguna juga harus membayar tagihan tepat waktu supaya memiliki riwayat pembayaran yang baik.

Dikutip dari laman https://help.shopee.co.id, minimal transaksi pembayaran adalah Rp1 dan minimum transaksi pembayaran menggunakan sistem cicilan sebesar Rp50 ribu. Kamu tetap bisa belanja di Shopee dengan SPayLater selama limit masih tersedia dan tidak memiliki tunggakan pembayaran tagihan transaksi lainnya di aplikasi Shopee.

Setelah mengikuti cara mengaktifkan Shopee PayLater ini, apakah kamu sudah berhasil melakukannya?

Rate this post

Related posts