Cara Daftar Grab Food

Thursday, February 27th, 2020 - Daftar, Grab, Grab Food
Bagikan Ke:

Bagaimana alur dan tahapan cara daftar Grab Food yang mudah dan lengkap? Kita tentu sudah familiar dengan aplikasi pesan makanan online. Salah satu aplikasi pesan makanan paling populer saat ini di Indonesia ialah GrabFood.

Perusahaan ini menawarkan layanan yang memungkinkan para penggunanya membeli makanan di warung atau restoran yang bekerja sama dengan GrabFood, sehingga tidak perlu khawatir ataupun repot meninggalkan pekerjaan di kantor maupun di rumah.

Kita juga bisa mengikuti cara daftar Grab Food di aplikasi Grab untuk menikmati layanan ataupun menjadi partner kerja Grab.

Berapa Persen Grab Food?

Bagi kamu yang sedang menjalankan usaha makanan, bisa bekerja sama dengan GrabFood. Setelah bekerja sama dan bermitra dengan aplikator GrabFood ini, kita harus menyepakati sistem bagi hasi. Adapun besaran bagi hasilnya bervariasi, mulai dari 20-30% setiap kali terjadi transaksi.

Berapa Lama Pengajuan GrabFood?

Cara daftar Grab Food sendiri bisa dilakukan dengan melakukan registrasi di aplikasi Grab untuk menjadi partner Grabfood, selanjutnya tim dari GrabFood langsung menghubungi kita melalui nomor telepon dan email yang telah didaftarkan, dengan alur sebagai berikut  :

  • Verifikasi Email

Tim GrabFood selanjutnya akan mengirimkan verifikasi ke akun email yang telah kita daftarkan. Selanjutnya klik link untuk verifikasi dengan batas waktu selama 72 jam. JIka gagal mengklik link tersebut dalam waktu selama 72 jam tadi, maka status kita gagal diverifikasi. Jadi, harus mendaftar ulang di situs resmi Grab kembali.

  • Upload Informasi Toko

Tim Grabfood langsung menghubungi untuk menjelaskan tahapan selanjutnya. Selain itu, kita juga akan mendapatkan email berisi dokumen dan data yang emsti dilengkapi.

  • Penandatanganan Kontrak

Kita akan menerima email yang berisi kontrak kerja bersama GrabFood.

  • Email Verifikasi Outlet

Selanjutnya kita akan mendapatkan link verifikasi outlet di pesan masuk email yang sudah didaftarkan. Kita harus mengklik link verifikasi tersebut selama 72 jam. Setelah cara daftar Grab Food selesai, selanjutnya kita akan memasuki tahapan proses tim OVO.

Apa Itu Grab Merchant?

Yang dimaksud dengan Grab Merchant tim GrabFood ialah restoran yang telah bekerja sama dengan tim GrabFood. Dengan fitur-fitur GrabFood Merchant di aplikasi, kamu bisa mengatur informasi tentang restoranmu.

Terkait:  Cara Daftar Wifi Id

Cara Daftar Grab Food

Cara Daftar Grab Food

Daftar Grab Food

Bagi kamu owner Resto atau ingin mendaftarkan Resto orang tua ke GrabFood, bisa melakukan beberapa langkah yang akan diuraikan berikut ini. Pastikan pahami dan teliti setiap point yang diuraikan agar dapat memahami betul tahapan mudah mendaftar Grab Food.

1. Daftar Grab Food Melalui Website

Tahap awal yang harus kita lakukan sebelum bisa bergabung menjadi mitra Grab Food, adalah dengan melakukan pendaftaran melalui website Grab yang disediakan untuk daftar Grab Food.

Cara bergabung dengan Grab Food tidak dapat dilakukan melalui aplikasi, melainkan harus daftar melalui link website yang disediakan untuk daftar Grab Food. Kunjungi atau buka website pendaftaran Grab Food disini: https://www.grab.com/id/merchant/food/.

Kamu bisa membuka website tersebut melalui browser smartphone atau komputer milikmu untuk daftar GrabFood.

2. Isi Formulir Pendaftaran Online

Tahap selanjutnya yang harus dilakukan ialah mengisi semua formulir online yang tersedia di website tersebut.

Pastikan semua form terisi mulai dari Nama Bisnis/Resto, Alamat Bisnis/Resto, Kota, Nama Depan, Nama Belakang, Nomor Handphone, Alamat Email, dan Jumlah Pembeli Setiap Hari.

Isikan catatan atau pertanyaan tambahan jika ada. Klik kotak captcha yang menyatakan kamu bukan robot. Lanjutkan dengan meng-klik tombol DAFTAR.

3. Buka Inbox (Kotak Masuk) Email untuk Registrasi

Setelah kamu mengisi semua form online yang disediakan oleh website Grab, selanjutnya Grab akan mengirimkan kamu sebuah email yang digunakan untuk registrasi dan melanjutkan proses pendaftaran.

Buka saja Email kamu, cek bagian kotak masuk dari Grab Food. Buka email tersebut, baca dan temukan link verifikasi yang disediakan kemudian klik.

Lalu, kamu akan diarahkan ke halaman pengisian formulir tahap lanjut.

4. Upload Informasi Toko

Untuk menjadi Partner GrabFood, ada beberapa dokumen yang harus kamu persiapkan dan lengkapi. Berikut merupakan dokumen dan informasi yang harus dipersiapkan sebelum mendaftar menjadi partner GrabFood:

  • Informasi Restoran
    Nama restoran: Sesuaikan dengan nama restoran di Banner restoran.
  • Alamat restoran (disertai nomor titik koordinat di peta):

Pastikan tertera nama dan nomor jalan yang jelas, disertai dengan patokan terdekat, seperti : (di sebelah Kantor Pos Tebet, di depan Rumah Sakit Jakarta, dll.)
Sertakan Kecamatan, Kelurahan, RT/RW, dan kode pos.
Apabila restoran terletak di dalam mall, sertakan nomor lantai dan unit.

  • Nomor telepon restoran.
  • Email restoran.
    Gunakan domain @gmail.com
  • Foto Tampak Luar Restoran

Pastikan terdapat tulisan nama Resto kamu (di spanduk, stiker, atau kertas).
Foto gerobak/pedagang kecil/menggunakan sepeda motor tetap tidak diizinkan kecuali terdapat tenda atau kursi untuk makan di tempat dan tempat memang sudah pasti ditentukan.
Untuk home industri/toko rumahan, harus melampirkan foto owner dengan Banner yang ada di depan rumah.
Jika rumah pemilik resto, dapat melampirkan nama resto di atas kertas dan diletakan di depan rumah, tidak boleh hasil edit.mceclip4.png

  • Foto Tampak Dalam Restoran

Pastikan terlihat kasir, atau meja makan, atau dapur.
Tidak wajib memperlihatkan aktivitas di dalam restoran.Inside_Pict.PNG
Untuk home industri/toko rumahan wajib memperlihatkan foto owner dengan produk makanan yang dijual di dalam dapur. Dengan ketentuan wajah harus sama dengan foto di KTP, dan pastikan wajah owner serta produk makanan menghadap ke kamera dan terlihat jelas.
Terdapat 3 kriteria home industri/toko rumahan, yaitu menjual produk makanan hanya di dalam rumah, hanya melayani take away dan tidak memiliki fasilitas untuk pelanggan dine-in, serta tidak memiliki etalase/gerobak/kios yang dapat menampilkan produk makanan yang dijual.

  • Foto Logo Restoran (Jika ada).
  • Informasi Pemilik
  • Foto KTP (yang masih berlaku)

Pastikan nama dan nomor KTP jelas dan lengkap.
Dapat mempergunakan Non E-KTP dan pastikan belum expired.
Tidak dapat mempergunakan resi sebagai pengganti KTP.
KTP harus jelas, tidak rusak (jika KTP cacat/rusak, silakan menguasakan kepemilikan kepada keluarga atau kerabat).
KTP tidak boleh terpotong.
KTP tidak boleh hasil fotokopian atau scan.
Pastikan informasi personal di KTP harus jelas dan lengkap, tidak tertutup apapun.
Foto KTP dapat diterima apabila telah terdeteksi di https://lindungihakpilihmu.kpu.go.id/.
Untuk WNA, dapat menggunakan passport, dan pastikan tidak dalam bentuk fotokopi atau hasil scan.

  • Foto Selfie dengan KTP (foto diri Anda dengan memegang KTP)

Foto selfie dengan KTP asli dan pastikan jelas.
KTP harus terbaca secara jelas dan tulisan tidak terbalik.
KTP tidak boleh menutupi sebagian wajah, wajah harus terlihat secara jelas tanpa tertutup apapun.
Merchant yang berbentuk badan hukum (PT) tidak perlu melampirkan foto selfie.
Selfie dengan membelakangi cahaya masih dapat diterima asalkan nomor KTP terlihat jelas.
Untuk WNA lakukan foto selfie dengan passport asli.

  • Foto NPWP
    NPWP boleh dalam bentuk fotokopi.
  • Informasi Bank
  • Foto Buku Tabungan atau Tampilan E-Banking

Pastikan nomor rekening kamu terlihat jelas.
Jika pemilik Tabungan atau Rekening berbeda dengan Penanggung. Jawab Utama, kamu harus melampirkan Surat Kuasa, yang bisa di unduh di link : https://ufile.io/h5zd0

  • Informasi Menu
  • Foto Daftar Menu
    Lengkap dengan Harga yang akan ditampilkan di aplikasi Grab.
  • Foto Makanan

Sesuai dengan menu.
Foto makanan bisa lebih dari satu.
Makin banyak foto makanan makin menarik bagi pemesan.

5. Tanda Tangan Kontrak

Setelah semua formulir persyaratan GrabFood dipastikan terisi, tahap selanjutnya adalah melakukan proses penandatanganan kontrak kerjasama.

Terkait:  Cara Daftar Mobile Banking BCA

Buka inbox email, dan temukan email dengan subject (Tanda tanganilah perjanjian kerjasama GrabFood). Buka email tersebut, lalu tandatanganilah sesuai petunjuk yang diberikan.

6. Verifikasi Outlet

Setelh menandatangani kontrak kerjasama, buka email lagi untuk melanjutkan proses verifikasi Outlet. Buka inbox email lagi, dan temukan email dengan subject (GrabFood – Verifikasi Email Anda).

Klik link verifikasi yang diberikan dalam waktu 72 jam. Jika kamu gagal untuk meng-klik link verifikasi dalam 72 jam, status kamu akan gagal diverifikasi, dan dianjurkan untuk menghubungi tim telesales GrabFood untuk mengirimkan email verifikasi outlet lagi.

7. Proses Verifikasi OVO

Ovo dipakai untuk transaksi penjualan, Setelah semua data telah lengkap dan berhasil diverifikasi, kamu akan memasuki tahap proses oleh tim OVO.

Tim OVO akan menghubungi kamu untuk verifikasi informasi. Setelah semua data berhasil divalidasi, kamu akan mendapatkan notifikasi dari Tim OVO.

Tim OVO akan meminta verifikasi nama kamu, restoran kamu, dan alamat restoran kamu. Setelah semua data berhasil divalidasi, kamu akan mendapatkan notifikasi dari Tim OVO.

8. Aktivasi Grab Food + Training

Setelah semua data lengkap dan berhasil divalidasi oleh tim Grab Food, maka email berisikan bahan training tentang berjualan menggunakan aplikasi GrabFood dan tautan aplikasi GrabFood akan dikirimkan ke kamu.

Kemudian kamu juga dapat mendownloadnya untuk dipelajari mendalam. Kamu pun akan mendapatkan informasi tentang pengaktifan akun GrabFood Merchant.

Setelah proses aktivasi selesai, Kamu bisa langsung berjualan lewat aplikasi GrabFood Merchant. Selamat Berjualan lur! Baca juga tips mengenai cara daftar GoFood online, cara daftar go resto, cara daftar go clean, dan cara daftar go massage.

Cukup itu saja langkah dan tahapan cara daftar Grab Food dengan mudah dan cepat. Jika masih ada pertanyaan yang mengganjal, silahkan bertanya melalui form komentar dibawah ini ya. Dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman/rekan bisnis kamu agar mereka dapat mendaftarkan Resto mereka ke GrabFood! 😉

Apa Pendapatmu?

Topik Terkait:

  • bagaimana menjadi rekan grab food
  • box makanan grab food
  • interestugw
Terkait:  Cara Daftar Gojek Online
Bagikan Ke:
Cara Daftar Grab Food | Myta Mellinda | 4.5

Tulung ojo di copy ya lur...