Cara Daftar Gojek Online

Monday, February 24th, 2020 - Daftar, Gojek
Bagikan Ke:

Apakah saat ini kamu telah mengetahui bagaimana cara daftar Gojek online dengan urutan yang benar? Sudah persiapkan data persyaratan jadi driver Gojek belum? Apa saja sih persyaratan menjadi driver Gojek?

Gojek memang sudah sangat populer sejak beberapa tahun belakangan ini. Hal ini dikarenakan Gojek menawarkan kepraktisan dan kemudahan bagi para pelanggan untuk mendapatkan ojek ataupun bagi partner Gojek untuk mendapatkan pelanggan.

Tidak sedikit orang tertarik dengan cara daftar gojek online, mengingat sudah banyak pengguna yang mendapatkan keuntungan dari hasil gojek.

Bagaimana cara mendaftar gojek online?

Cara daftar gojek online sendiri bisa dilakukan dengan cara online ataupun dengan langsung pergi ke kantor Gojek. Anda hanya perlu membawa persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftarkan diri menjadi partner Gojek Online jika pergi ke kantor Gojek secara langsung.

Selain itu, ada beberapa alternatif untuk mendaftar Gojek, seperti mendaftar secara berkelompok atau kolektif dan meminta informasi berdasarkan teman Gojek.

Untuk pendaftaran secara berkelompok ini dengan syarat surat keterangan dari kepolisian yang menyatakan jika Anda beserta pangkalan Anda telah terdaftar dalam POSPOL atau BINMAS, kemudian sertakan pula lampiran foto anggota ojek pangkalan.

Apa bisa daftar gojek langsung ke kantor?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa pendaftaran Gojek Online bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu secara online maupun offline dengan langsung pergi ke kantor Gojek tedekat. Anda cukup membawa dokumen-dokumen yang diperlukan, berupa KTP, SIM, SKCK, dan STNK.

Apa persyaratan daftar gojek?

Berikut persayaratan untuk mendaftarkan Gojek Online, diantaranya :

  1. KTP (asli dan fotokopi).
  2. KTP Pemilik Motor (Jika motor atas nama orang lain)
  3. Surat Izin Mengemudi atau SIM C (asli dan fotokopi).
  4. STNK motor (asli dan fotokopi)
  5. SKCK (asli dan fotokopi).
  6. Smartphone Android atau iOS
  7. Surat keterangan domisili jika tempat tinggal kamu berbeda dari alamat yang terdapat di KTP

Apa itu GKTM gojek?

GKTM Gojek adalah singkatan yang kerap dipakai oleh masyarakat terkait gangguan ketertiban dan keamanan masyarakat. Hal ini dikarenakan semua aktivitas di lingkungan masyarakat berpeluang menyebabkan terjadinya gangguan. Maka dari  itu, kita selaku masyarakat harus menjaga keamanan dan ketertiban bersama.

Terkait:  Cara Daftar Paket Nelpon Telkomsel

GKTM dalam Gojek sendiri adalah Go Ride, yang artinya layanan Ojek Online. Dapat dikatakan bahwa Gojek adalah pionir untuk layanan ojol (ojek online) di tanah air. Sebenarnya ada beberapa perusahaan ojol lainnya selain Gojek, seperti halnya Grab yang merupakan perusahaan dari Malaysia.

Cara Daftar Gojek Online

Cara Daftar Gojek Online

Gojek

Langsung saja, untuk dapat menjadi driver Gojek kita harus melakukan pendaftaran dengan mendatangi kantor Gojek terdekat serta membawa semua persyaratan yang diwajibkan. Namun, jika kita malas untuk mendatangi kantor, pilihan alternatifnya kita juga dapat mendaftar jadi driver Gojek online melalui situs web Gojek dengan langkah-langkah berikut ini.

1. Siapkan Semua Berkas Persyaratan

Tahap awal yang memang harus dilakukan sebelum mendaftar jadi driver Gojek online adalah dengan mempersiapkan terlebih dahulu apa saja berkas persyaratan wajib driver Gojek.

Seperti yang sudah dipaparkan diawal paragraf, persyaratan wajib untuk daftar Gojek online meliputi STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), SIM (Surat Izin Mengemudi), KTP (Kartu Tanda Penduduk), dan yang terakhir adalah SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian).

Kabar baiknya, Gojek tak pernah meminta kita melampirkan Ijazah terakhir saat mendaftar, sehingga memberikan kemudahan untuk menjadi mitra Gojek.

2. Daftar Gojek Online via Web

Setelah semua berkas persyaratan sudah disiapkan, selanjutnya tiba saatnya untuk melakukan pendaftaran secara online melalui website Gojek yang telah tersedia.

Sebelum itu, pastikan semua berkas persyaratan tadi harus difoto terlebih dahulu atau scan sehingga menjadi gambar yang dapat dilampirkan via web nanti. Jika semua sudah difoto, simpan dulu untuk digunakan lampiran saat daftar.

Cara Daftar Gojek Online :

  • Buka website Gojek https://daftar.go-ride.co.id/ melalui smartphone.
  • Isikan semua kolom yang tersedia mulai dari Nama Depan, Nama Belakang, Alamat Email GMAIL, Nomor HP Utama, dan Kota.
  • Centang pada kotak “Saya setuju dengan Syarat dan Ketentuan”.
  • Tekan DAFTAR.

3. Verifikasi Nomor HP

Setelah isi form dan pendaftaran sudah dilakukan, pada tahapan selanjutnya kita hanya perlu untuk menunggu. Menunggu apa? Jodoh yang tak kunjung datang? Bukan!

Kita perlu menunggu untuk menerima SMS yang berisi kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor kita saat pendaftaran tadi. Buka pesan SMS dari Gojek, ambil kode verifikasi yang diberikan, kemudian masukkan pada halaman web daftar Gojek tadi.

4. Mengisi Data Pribadi

Kenapa harus mengisi data pribadi lagi? Bukannya tadi sudah? Tenang lurs, setelah memasukkan kode verifikasi yang dikirim via SMS, memang di halaman web pendaftaran Gojek tadi memunculkan kolom formulir untuk di isi lagi.

Formulir ini mengharuskan kita untuk mengisi data pribadi meliputi Nama (Depan & Belakang), Alamat Email, Nomor HP Utama, No Hp Darurat, Nomor Hp Lainnya, Alamat Tinggal Lengkap, Pilihan Kota, dan Pekerjaan Sebelumnya.

Khusus untuk nomor hp lainnya bisa dikosongkan saja, dan setelah semua kolom formulir pengisian data pribadi terisi dengan benar bisa lanjutkan dengan menekan tombol Lanjutkan.

Terkait:  Cara Daftar Paspor Online

5. Upload Dokumen

Ini yang juga sangat penting untuk dilakukan, setelah semua data pribadi terisi dan dipastikan sudah menekan tombol Lanjutkan, akan langsung muncul tampilan untuk upload/unggah lampiran dokumen.

Pada tahap ini, kita diharuskan untuk mengupload/mengunggah SKCK, KTP, STNK, dan SIM yang sudah kita scan/foto tadi. Pastikan juga gambar/fotonya berkualitas baik agar terlihat jelas dokumennya.

Silahkan lakukan upload/unggah dokumen satu persatu, kemudian jika semua sudah terunggah/upload maka langsung lanjutkan dengan menekan tombol KIRIM.

6. Konfirmasi Pendaftaran

Nah, setelah kita upload semua dokumen persyaratan, tahap selanjutnya ialah melakukan konfirmasi data pendaftaran.

Sebelumnya pastikan semua cara daftar Gojek online sudah dilakukan dengan benar sesuai data yang akurat, lalu tahap terakhir yang harus dilakukan adalah dengan menekan tombol YA.

Lalu secara otomatis data yang kita isikan tadi akan terkirim ke kantor Gojek untuk dilakukan pengecekan.

7. Menunggu Persetujuan

Tetap tenang, dan tunggulah karena semua data yang kita isi dan kirim tadi sedang dicek oleh tim Gojek dikantor. Kita harus menunggu persetujuan dari Gojek yang nantinya akan dikirimkan melalui SMS setelah proses pengecekan data selesai.

Dalam proses ini biasanya memerlukan waktu yang cukup lama bahkan bisa hingga 1-2 hari. Tunggu saja jika sudah disetujui nantinya akan ada SMS masuk yang memberitahukan bahwa akun Gojek kamu sudah aktif.

8. Jika Data Tidak Sesuai

Jika mungkin kita ada kesalahan dalam pengisian data, maka sistem Gojek juga akan memberitahukan kepada kita secara otomatis melalui pesan SMS yang dikirim ke hp kita.

Tetap tenang, karena biasanya dalam pesan SMS tersebut akan terdapat sebuah link url untuk membenahi data yang salah. Klik saja link yang diberikan oleh Gojek melalui SMS.

9. Perbaiki Kesalahan Berkas

Usai meng-klik link url yang diberikan, kita diharuskan untuk Login ulang dengan cara memasukan nomor handphone yang telah didaftarkan.

Kemudian sistem Gojek akan otomatis mengirimkan kode verifikasi, masukkan 4 digit kode yang diberikan ke kolom yang tersedia, lalu tekan Kirim.

10. Re-Upload Berkas

Jika sudah login ulang, tahap selanjutnya adalah melakukan perubahan data lampiran berkas foto. Jika terdapat salah satu berkas foto yang kurang baik, akan ditandai dengan simbol tanda seru warna merah. Klik Ubah pada salah satu dokumen yang harus dirubah maka akan langsung mengharuskan kita upload ulang dokumen.

Ingat, sebelum mengupload ulang, kita harus perbaiki dulu dokumen tersebut dengan melakukan scan/foto ulang berkas tersebut hingga kualitasnya baik dan terlihat jelas.

Jika semua dokumen yang kurang baik sudah dirubah, langsung saja tekan tombol YA.

Terkait:  Cara Daftar BRI Mobile

11. Dapat Undangan Rekrutmen

Nah, setelah semua data pendaftaran tadi dirubah sesuai syarat dan ketentuan. Maka kita akan mendapatkan SMS pemberitahuan bahwa kita telah diundang ke kantor Gojek terdekat untuk melakukan pengaktifan akun Gojek. Yang nantinya dipakai Login ke aplikasi Gojek Driver.

Jika sudah terima SMS, langsung saja datangi kantor operasional Gojek terdekat sesuai lokasi yang kita pilih tadi. Pastikan datang tepat waktu sesuai tanggal dan jam yang tertulis di SMS.

Sebelum mendatangi kantor, pastikan juga kita persiapkan berkas-berkas persyaratan yang harus dibawa ke kantor nanti.

Dokumen yang harus dibawa : 

  • KTP asli.
  • SIM asli.
  • STNK asli.
  • SKCK asli.

Oya, untuk berjaga-jaga siapkan juga berkas tersebut dalam bentuk fotokopian jika suatu saat tiba-tiba diperlukan.

12. Datangi Kantor Gojek

Sudah siap menjadi driver Gojek sepenuhnya? Langsung saja yuk datangi kantor Gojek terdekat untuk melakukan aktivasi akun. Harap diingat, kita harus berpakaian rapi dan bersepatu saat mendatangi kantor Gojek.

Langsung saja datangi Receptionist/Siapa saja yang bertugas disitu, jangan lupa tunjukkan SMS dari Gojek agar selanjutnya kita dibantu dengan arahan untuk melanjutkan proses cara daftar gojek online yang sebelumnya sudah dilakukan.

13. Berapa Biaya Daftar Gojek?

Perlu kita ketahui bahwa cara daftar Gojek online di atas tidak akan dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Namun, kita diharuskan untuk membeli atribut seperti jaket dan helm yang dapat dicicil dengan sistem potong saldo. Untuk pengisian saldonya adalah minimal Rp. 100.000.

14. Download dan Install Aplikasi Gojek Driver

Setelah berhasil bergabung dan positif menjadi driver Gojek, selanjutnya kita diwajibkan untuk mendownload dan install aplikasi Gojek Driver yang nantinya dipakai untuk bekerja. Download dan install aplikasi Gojek Driver bisa melalui Google Play. Atau download di link berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.gojek.driver.bike.

Aplikasi tersebut bisa dijalankan secara lancar pada smartphone Android dengan Ram minimal 1GB, jadi lebih baik kita siapkan smartphone dengan spesifikasi mumpuni yang nantinya digunakan untuk menerima orderan.

Catatan Tambahan:

  • Informasi cara daftar Gojek online di atas dapat berubah sewaktu-waktu.
  • Tidak menutup kemungkinan cara daftar Gojek di setiap wilayah berbeda-beda.

Mungkin cukup itu saja ulasan penting mengenai cara daftar Gojek online dengan urutan yang benar di tahun ini. Cara diatas hanya akan berlaku untuk pendaftaran calon mitra Go-RIDE. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman yang ingin daftar Gojek ya!

Apa Pendapatmu?
Latest posts by Myta Mellinda (see all)
Bagikan Ke:
Cara Daftar Gojek Online | Myta Mellinda | 4.5

Tulung ojo di copy ya lur...