Cara Mengganti IP Address Android

Ngmongin soal cara mengganti ip address android, mungkin cara ini cukup banyak ditanyakan para pengguna smartphone untuk memenuhi kebutuhan mereka untuk browsing ataupun membuka situs yang ada di Internet, melalui perangkat smartphone mereka. Karena seperti yang kita ketahui saat ini, smartphone sudah menjadi kebutuhan umum yang tak bisa lepas dari para pengguna untuk berkomunikasi ataupun sekedar mendapatkan informasi baik dari situs, blog, portal berita, atau bahkan sosmed.

Namun beberapa tahun lalu, pemerintah dan juga MENKOMINFO sudah resmi memblokir beberapa situs yang masuk dalam kategori terlarang dan berbahaya bagi pengguna. Kendati demikian, kadang ada saja beberapa situs yang sebenarnya tidak berbahaya, namun ikut terkena blokir oleh kominfo sehingga kita tidak bisa mengaksessnya lagi. Alhasil, banyak cara yang ditempuh para pengguna smartphone untuk tetap bisa mengunjungi situs tersebut.

Cara Mengganti IP Address Android

Cara Mengganti IP Address Android
Cara Mengganti IP Address Android

Nah, salah satu cara yang paling mudah menurut mimin dalam membuka situs yang terblokir tadi ialah dengan cara mengganti ip address android yang mereka miliki. Karena dengan begitu, akses menuju situs yang terblokir tadi akan terbypass dan tetap bisa dikunjungi dari smartphone android.

Dan tentu saja, di sini ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk melakukan perubahan ip, terutama pada smartphone android tentunya, seperti.

Cara Mengganti IP Address Android lewat APN

Langkah pertama adalah kamu bisa melakukan perubahan IP adress lewat fitur APN atau Access Point Network yang mana memang menjadi salah satu gateway atau penghubung antara jaringan dan juga ip Adress agar masing-masingnya dapat terhubung dan memberikan jaringan uplink ataupun downlink yang biasa digunakan para pengguna utuk download, ataupun mendapatkan jaringan.

Terkait:  Cara Sign Out Gmail di Android

Nah, di sini kita bisa melakukan pengubahan APN untuk mengubah IP address pada android, caranya

  1. Masuk ke bagian pengaturan atau settings dari masing-masing ponsel android kalian
  2. Setelah itu pada menu settings atau pengaturan, kamu bisa cari menu netowrk/jaringan
  3. Di dalam menu jaringan nanti, kamu bisa memilih SIM Card aktif yang menajadi mobile data kamu
  4. Klik pada nama sim card atau mobile data tadi
  5. Kemudian scroll ke paling bawah sampai kamu menemukan opsi Access Point Network atau APN
  6. Lalu, kamu bisa klik pada icon untuk menambahkan APN baru
  7. Atau kamu juga bisa mengubah APN lama yang digunakan agar mendapatkan jaringan yang baru dan IP yang berbeda tentunya
  8. Jika sudah selesai, silakan simpan pengaturan APN tadi, dan kamu bisa restart perangkat.

Penting untuk diketahui, walaupun di sini kita hanya mengubah APN dengan langkah yang mudah, pengisian APN ini tidak boleh sembarangan loh. Karena jika kamu salah-salah smemasukkan value ke dalam APN di Mobile data, maka kemungkinan kamu tidak akan mendapatkan jaringan internet, atau tidak terhubung dengan jaringan internet yang aktif. Untuk itu, pastikan kamu menggunakan APN yang tepat ya.

Cara Mengganti IP Address Android lewat VPN Indonesia

Kemudian untuk cara yang kedua juga sebenarnya masih sama karena di sini kita akan menggunakan VPN untuk mengubah IP. Hanya saja, VPN yang kita gunakan ini merupakan VPN Indonesia yang masih memiliki IP disekitar Jakarta, Bekasi, Surabaya, dan lain sebagainya. Dan untuk caranya juga mudah banget kok

  1. Buka google play store di smartphone android kalian
  2. Setelah itu kamu bisa mencari kata kunci VPN indonesia di kolom pencarian
  3. Jika sudah ketemu, silakan klik pada tombol Install dan tunggu sampai proses installasinya selesai
  4. Kemudian kamu bisa klik pada tombol Open untuk langsung membuka aplikasi VPN Indonesia atau kamu juga bisa membukanya dari daftar aplikasi di Android kalian
  5. Jika sudah, kamu bisa memilih lokasi dengan mengklik pada icon maps di pojok kanan atas untuk mengubah lokasi
  6. Atau kamu juga bisa mengklik pada tombol Connect to VPN Indonesia untuk langsung  terhubung ke IP Indonesia yang berbeda dengan lokasimu
  7. Selesai.
Terkait:  Cara Membuat 2 Layar di Hp Samsung

Walaupun aplikasi ini menjadi favorit para pengguna yang ingin menggunakan IP Indonesia di smartphone android mereka, namun aplikasi VPN Indonesia ini masih memiliki kekurangan di mana para pengguna yang statusnya belum premium, hanya akan mendapatkan batasan koneksi sekitar 1 jam saja. Tapi untuk menambah durasinya, kamu bisa disconnect sebelum 1 jam, dan kemudian mengkoneksikan ulang jaringan VPN Indonesia tadi, ataupun menonton iklan untuk ekstenesi waktu koneksi.

Cara Mengganti IP Address Android lewat FlyVPN

Selanjutnya di cara ketiga kamu juga bisa menggunakan bantuan dari aplikasi VPN yang bernama FlyVPN. Selain memang aplikasi ini sering digunakan untuk mengakses situs yang terblokir, FlyVPN juga bisa membantu kamu untuk melakukan pengubahan IP Addres sesuai dengan lokasi atau negara yang kamu pilih. Dan caranya juga mudah banget kok

  1. Silakan instal laplikasi FlyVPN dari Google Play Store dengan mengetikkan kata kunci FlyVPN di kolom pencarian
  2. Setelah itu kamu bisa klik pada tombol open ketika installasinya selesai
  3. Jika muncul perizinan, berikan saja izin yang dibutuhkan oleh aplikasi FlyVPN agar aplikasi bisa berjalan dengan lancar
  4. Kemudian jika sudah terbuka, kamu bisa langsung klik pada icon negara untuk berpindah IP dari lokasimu, ke lokasi yang terpilih tadi
  5. Terakhir, klik pad tombol connect dan tunggu sampai FlyVPN berhasil terhubung dengan baik dan coba untuk membuka situs yang terlokir tadi.

Walaupun aplikasi ini mungkin tidak menyediakan IP Address Indonesia seperti VPN Indonesia sebelumnya, namun FlyVPN tidak memberikan batasan waktu untuk pengguna bisa terhubung ke jaringan yang mereka pilih sesuai dengan lokasi, jadi kamu bisa memanfaatkan koneksi ini dengan baik ketika membuka situs yang terblokir.

Terkait:  Cara Membuka HP yang Terkunci dengan Kode Pengaman

Cara Mengganti IP Address Android lewat Opera Mini

Dan kemudian untuk cara yang terakhir, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi browser Opera Mini yang mana memang dikenal memiliki fitur dan fasilitas berupa penggantian IP untuk para pengguna yang mungkin ingin melakukan perubaha IP address untuk mengunjungi beberapa situs yang terblokir oleh provider internet atau jaringan yang mereka gunakan.

Dan caranya juga sangat mudah kok.

  1. Download Aplikasi Opera Mini dari Google Play Store
  2. Kemudian kamu bisa membuka aplikasi Opera Mini setelah selesai terinstall
  3. Jika sudah, kamu bisa masuk ke bagian pengaturan lalu pilih pada Opera VPN
  4. Di dalam menu Opera VPN ikamu bisa klik pada opsi ON. Karena, di fitur ini kamu bisa menghidupkan fitur VPN bawaan dari Opera untuk mengubah IP sesuai kebutuhan
  5. Tunggu beberapa saat, dan kamu bisa langsung mengunjungi situs yang terblokir tadi dan IP kamu sudah berubah.

Selain mengubah IP dari opera VPN, kamu juga bisa kok menggunakan fitur bawaan private browsing dari Opera yang berguna agar tiap history yang kamu cari tidak tercatat di history penggunaan Opera Mini agar lebih private tentunya.

Dan itulah tadi beberapa cara mengganti ip address android yang bisa kamu coba. Silakan sesuaikan dengan cara yang menurutmu paling mudah. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

4.7/5 - (4 votes)

Related posts