Home » Mengatasi » Penyebab Setir Mobil Goyang

Penyebab Setir Mobil Goyang

Penyebab setir mobil goyang diakibatkan masalah pada beberapa komponen pada kendaraan tersebut, serta mengganggu keamanan dan kenyamanan kamu saat berkendara.

Tak menutup kemungkinan bila kendalanya tidak segera diatasi bakal berisiko kecelakaan beruntun lantaran setir mobilnya selalu bergoyang saat dikendarai.

Kondisi ini jangan pernah diabaikan begitu saja sehingga tidak dapat memperburuk kondisi mobil demi menjaga keamanan bahkan kenyamanan saat mengemudikannya.

Kalian harus mengetahui beberapa penyebab setir mobil bergoyang terus menerus yang paling sering dikelukan para pengemudi kendaraan roda empat saat ini.

Wajar saja bila uraian berikut mengulas faktor-faktor yang selalu dialami mereka, termasuk kamu untuk mencegah kerugian besar bahkan kecelakaan.

Kamu bisa memperbaiki dan menanganinya jika sudah mengetahui salah satu kendala berikut untuk segera menghilangkan goyangan pada setir mobil sebelum berpergergian di kemudian hari.

Penyebab Setir Mobil Goyang

Penyebab Setir Mobil Goyang

Setir Mobil Goyang

Apa Alasan Setir Mobil Selalu Bergoyang Terus Menerus?

Berikut ini merupakan hal-hal yang menyebabkan setir mobil selalu bergoyang terus menerus dan harus ditangani demi menjaga keamanan serta kenyamanan kalian saat berkendara, yaitu :

  1. Velg yang Bengkok atau Rusak

Penyebab setir mobil goyang yang paling umum adalah velg rusak. Hal ini berdampak terhadap ketidaknyamanan kalian saat berkendara.

Kamu perlu mengetahui bahwa faktor utama yang membuat velg bengkok adalah pemakaian mobil terlalu berlebihan pada jalur berlubang sehingga dapat menyebabkan benturan cukup keras.

Velg menjadi salah satu bagian penting dari kendaraan, sedangkan kondisinya yang tidak presisi atau berubah bentuk bisa mengakibatkan kurang keseimbangan pada kendaraan kalian, termasuk setir mobil.

  1. Cross Joint Propeller Shaft Macet

Propeller Shaft berperan meneruskan maupun memindahkan tenaga dari transmisi ke gardan. Umumnya berlaku untuk mobil yang mengandalkan gerakan roda bagian belakang, sedangkan tenaganya selalu berubah ketika kendaraan bergerak sesuai ruas jalurnya.

Tak hanya itu, Cross Joint berfungsi menggerakan ujung propeller dan bila bagian ini rusak atau macet, maka setir mobilnya bakal bergoyang ketika berkendara dan kendala tersebut diakibatkan kekurangan pelumas bahkan komponennya selalu terendam air.

  1. Ban Mobil Membesar atau Bergelembung

Tak bisa dipungkiri bila ban mobil bergelembung merupakan salah satu penyebab setir mobil bergoyang terus menerus.

Kondisi ini mengakibatkan kecepatan berkendara selalu rendah dan kendala utamanya adalah kondisinya yang tidak layak pakai bahkan usia ban terlalu tua sejak pertama kali kalian membeli kendaraannya dan bagian ini harus diperhatikan secara teratur untuk mencegah goyangan pada setir mobilnya demi menghindari kecelakaan saat berkendara.

  1. Cover Clutch dan Kampas Kopling yang Aus

Kopling mempunyai tiga komponen penting untuk diperhatikan kualitasnya, seperti penutup kanvas, flywheel dan kampas kopling. Goyangan yang dihasilkan melalui setir mobil biasanya dari permukaan flywheel yang aus dan tidak rata.

Jangan pernah mengabaikan ketiga komponen tersebut lantaran masing-masing berperan penting terhadap kinerja setir mobilnya untuk tetap berkendara dengan aman dan nyaman tanpa berisiko kecelakaan akibat susah dikemudikan.

  1. Kerusakan pada Link Stabilizer

Suara bergemuruh saat melintasi jalanan berlubang maupun rusak biasanya diakibatkan oleh kerusakan pada link stabilizer. Risikonya adalah setir mobil selalu bergouang dan tidak mampu menahan getaran dari permukaan jalan yang tidak rata.

Kamu harus memeriksa komponen ini terlebih dahulu dengan perhatikanlah posisinya apakah sudah terpasang dengan benar bahkan presisi untuk menghindari suara atau dentuman keras ketika melintasi jalanan yang rusak.

  1. Roda Mobil Belum Spooring dan Balancing

Kamu harus mengetahui bahwa setir mobil yang bergoyang tanpa henti bisa saja diakibatkan oleh roda mobil yang belum pernah melewati proses balancing maupun spooring.

Hal ini bakal menyebabkan kondisi roda tidak mulus dan rentan rusak, serta tidak bisa berjalan lurus sesuai lintasan yang dilewati dimana kedua proses tersebut harus dilakukan secara berkala dengan melibatkan tenaga ahli dari bengkel resmi paling tidak 2 atau 3 bulan sekali.

Tips dan Trik Mencegah Setir Mobil Goyang dengan Tepat

Cara menangani setir mobil goyang dengan baik dan benar itu seperti apa sih? Penyebab setir mobil goyang sudah diuraikan secara rinci melalui beberapa poin di atas.

Kamu harus melakukan beberapa hal untuk mencegah ketidaknyamanan saat berkendara dengan mengganti velg dengan yang baru bila kondisinya sudah rusak atau tidak layak pakai.

Sementara itu, gantilah ban mobil dengan yang baru untuk meningkatkan keselamatan saat berkendara dan setirnya tidak bergoyang terus menerus agar dapat dikendarai sesuai jalan yang ditempuh.

Kamu juga bisa mengganti link stabilizer dengan yang baru dan bisa dibeli sepaket bagian kanan dan kiri dari bengkel resmi, komponen tersebut mempunyai pilihan beragam sesuai jenis-jenis mobil yang beredar di pasaran otomotif untuk membuat kendaraan lebih nyaman dikemudikan dan menghindari setir bergoyang secara terus menerus