Cara Bersihkan Layar TV LED

Cara Bersihkan Layar TV LED yang Baik dan Benar, Simak Tahapannya!

Kamu punya TV LED di rumah, tapi layarnya kotor karena terkena debu? Berikut ini akan dijelaskan cara bersihkan layar TV LED yang ternyata sangat mudah. Dijamin dengan panduan yang diberikan ini, tampilan televisi lebih jernih lagi dan aktivis menonton tidak terganggu. 

Mungkin saat ini intensitas menonton siaran televisi tidak sesering dulu. Sebab banyak orang lebih suka menggunakan ponsel, baik untuk melihat film maupun channel televisi. Tapi di kondisi tertentu, mungkin Kamu memilih nonton TV, seperti ketika berkumpul dengan keluarga. 

Walaupun mudah, untuk membersihkan layar televisi LED itu ada tips penting. Kamu tidak boleh melakukannya sembarangan, agar tidak timbul kerusakan baru. Sebab itulah, berikut ini dijelaskan cara membersihkannya dengan langkah yang benar dan aman. 

Cara Bersihkan Layar TV LED

Cara Bersihkan Layar TV LED
Cara Bersihkan Layar TV LED

Panduan yang ada pada penjelasan ini bisa Kamu praktikkan saat layar TV LED kotor karena debu maupun noda lain. Contohnya saja bekas yang ditimbulkan oleh sidik jari dan banyaknya kotoran. Agar tidak salah lagi, simak bagaimana cara membersihkannya yang baik berikut ini:

1. Mencabut Kabel Televisi dari Stopkontak

Cara bersihkan layar TV LED yang pertama kali yaitu dengan mencabut kabelnya dari stopkontak. Mungkin banyak yang menganggap bahwa langkah ini tidak penting. Padahal, mencabut kabel sebelum membersihkannya akan membuatmu lebih aman.

Sering kali membersihkan layar televisi LED itu tidak cukup dengan dilap atau diusap dengan kain kering. Namun butuh cairan juga agar lebih mudah untuk dibersihkan. Permasalahannya, jika kondisi TV masih tersambung ke listrik, lalu Kamu menggunakan cairan tersebut, risiko kesetrum sangat tinggi. 

Terkait:  Cara Membersihkan Ruang Penyimpanan

Itulah manfaatnya jika mencabut kabel TV terlebih dahulu. Tujuan utamanya supaya Kamu tidak tersengat arus listrik. Selain itu juga mencegah kerusakan lebih lanjut pada barang-barang elektronik. 

Manfaat lainnya pada saat Kamu membersihkan layarnya. Saat kabel dicabut, maka televisi mati dan layarnya berubah hitam saja. Permukaan yang gelap tersebut memudahkanmu untuk melihat debu maupun kotoran lain yang tidak terlihat dalam kondisi layar terlalu terang. 

2. Mendiamkan Televisi Beberapa Saat

Langkah kedua dari cara bersihkan layar TV LED yaitu dengan mendiamkannya. Tahapan yang sering dianggap sepele ini ternyata memberikan manfaat juga. Tentunya bertujuan untuk memudahkanmu dalam membersihkannya, sebab layar televisi tidak panas lagi setelah pemakaian yang lama. 

Selain agar tidak panas, manfaat lainnya adalah mengurangi risiko kerusakan. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya. Layar TV yang terhubung ke arus listrik saja saat terkena cairan pembersih bisa mengalami kerusakan. Terlebih lagi saat layarnya panas, karena bertemunya kedua suhu berbeda. 

Untuk mendiamkan televisi tidak perlu waktu lama. Karena untuk TV LED keluaran baru saat ini banyak yang dilengkapi fitur anti overheating. Jadi, jika didiamkan beberapa saat akan lebih cepat mendingin dan bisa langsung dibersihkan. 

3. Menyiapkan Alat dan Bahan

Tahapan penting berikutnya sebelum mulai membersihkan layar televisi adalah menyiapkan alat dan bahan. Tidak perlu keluar banyak uang untuk melakukan tips ini. Sebab peralatannya tidak sulit ditemukan dan harganya juga murah. Beberapa peralatan dan bahannya yaitu:

  • Kain bersih yang permukaannya lembut, dalam kondisi kering, dan bukan jenis kain berserat. Disarankan untuk menggunakan kain microfiber. Harganya di online shop mulai dari Rp30.000 sampai Rp100 ribuan. 
  • Cairan yang khusus digunakan untuk membersihkan layar televisi. Kamu bisa membeli screen cleaner dari toko yang menjual monitor TV maupun secara online. Harganya sangat murah, cairan jenis spray ini dijual mulai dari Rp10.000 sampai Rp20.000 untuk ukuran kecil. 
  • Jika Kamu tidak mau membeli cairan pembersih layar, bisa menggunakan minyak kayu putih yang ada di rumah. 
Terkait:  Cara Membersihkan Sampah di HP Oppo Agar Tetap Ngebut

4. Membersihkan Frame TV LED

Sebelum berlanjut ke cara bersihkan layar TV LED yang inti, terlebih dahulu usap frame-nya. Bagian ini yang terdapat di sekeliling layar. Bukan hanya layarnya saja, tapi bingkai tersebut yang mungkin saja debunya lebih banyak dan susah dihilangkan. 

Walaupun susah, jangan mengusapnya dengan kuat. Tetap lakukan secara perlahan dan hati-hati supaya tidak menggores dan menggeser komponen pada televisi. Kamu juga bisa meniup-niup debu untuk membantu menghilangkannya. 

Pastikan membersihkan frame TV LED dengan kain sesuai spesifikasi yang sudah disebutkan. Gunakan kain microfiber yang kering dahulu. Selain cara manual, Kamu juga dapat menggunakan blower. Tidak disarankan memakai hair dryer yang bisa merusak layar televisi. 

5. Menuangkan Cairan Pembersih ke Kain 

Inilah cara bersihkan layar TV LED yang paling penting. Mungkin saja Kamu bisa mengelap layarnya dengan kain microfiber dan langsung bersih. Tapi kalau masih ada kotoran yang menempel, maka solusi satu-satunya adalah menggunakan cairan pembersih layar. 

Kamu juga bisa menuangkan minyak kayu putih yang memang dikenal mampu membersihkan layar dengan sangat baik. Cara menuangkannya jangan sembarangan. Tuang atau semprotkan sedikit saja pada kain microfiber yang bersih dan kering. 

Selain yang sudah disebutkan, ada beberapa peringatan yang harus Kamu perhatikan. Berikut ini beberapa hal penting saat menggunakan pembersih untuk layar TV LED:

  • Jangan menggunakan cairan berupa wax dan bahan kimia yang tidak disebutkan dalam panduan. 
  • Tidak disarankan memakai air. Kecuali kalau memang disebutkan dalam petunjuk khusus di televisi. Kalaupun diperbolehkan menggunakan air, tuangkan sesuai dengan takaran yang terdapat di buku panduan. 
  • Dilarang menggunakan cairan pembersih untuk jendela, sabun, serta bubuk gosok. 
  • Tidak diperbolehkan juga memakai pembersih yang mengandung pelarut. Contohnya seperti alkohol, bensin, ammonia, dan thinner cat. 
  • Jangan pakai kertas ampelas, tisu, dan handuk. Karena bahan-bahan ini bisa membuat layar tergores atau bahkan menghilangkan lapisan antiglare, sehingga membuat kerusakan permanen. 
  • Jangan menyemprotkan screen cleaner langsung ke layar, karena bisa menimbulkan kerusakan lain. 
Terkait:  Cara Menghilangkan Baret Mobil

6. Mengusapkan Cairan Pembersih ke Layar

Langkah selanjutnya dari cara bersihkan layar TV LED adalah mengusapkan kain yang disemprot cairan pembersih ke layar. Panduan penting untuk langkah ini yaitu mengusapkan dengan gerakan satu arah. Kalau tidak beraturan, bisa menimbulkan bekas pada layar. 

Cek juga bagaimana kondisi layarnya. Kalau ada yang rusak atau lecet, lakukan dengan lebih hati-hati. Jangan menekannya terlalu keras, sebab bisa merusak komponen layar dan membuatnya tergores. Usap merata ke semua bagian layar hingga ke sudutnya. 

7. Menunggu Kering

Terakhir, Kamu cukup tunggu layar mengering sendiri. Tapi kalau mau hasil yang lebih maksimal, usap lagi menggunakan kain microfiber lain yang masih kering. Cara ini akan menghilangkan sisa noda yang tertinggal. 

Lakukan ini satu kali saja, sekira bersih merata. Jika sudah kering benar, Kamu bisa menyambungkan kabel lagi dan coba cek lagi. Pastikan tidak menempatkannya pada ruangan yang mudah terkena debu. 

Itulah cara bersihkan layar TV LED yang baik dan benar. Sebenarnya Kamu dapat membersihkan sendiri, karena memang caranya sangat mudah. Tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya Kamu tidak merusak bagian televisi lainnya. 

Jangan pernah membersihkan layar televisi dengan kain yang permukaannya kasar. Karena tindakan tersebut akan meninggalkan bekas goresan pada layar. Jika goresannya cukup lebar bukan layar televisi yang bersih, melainkan Kamu semakin terganggu untuk menonton tayangan favorit. 

Similar Posts