Cara Mengatasi WiFi IndiHome Lemot (7 Langkah) Mudah

Cara Mengatasi WiFi IndiHome Lemot
Cara Mengatasi WiFi IndiHome Lemot

PindahLubang.com | Bagaimana cara mengatasi WiFi IndiHome lemot agar ngebut lagi? Jika kamu menggunakan WiFi di rumah, kemudian koneksinya lag pasti sangat mengganggu, bukan? Apalagi kalau kamu memakainya untuk bekerja sampai main game online, tentu saja menyebalkan lho.

Kondisi ini ternyata tidak serta merta terjadi begitu saja. Pasalnya, koneksi internet pada WiFi IndiHome yang semakin jelek rupanya diakibatkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah FUP alias batas pemakaian maksimum sudah melampaui jumlah data yang sudah ditetapkan.

Read More

Cara atasi WiFi IndiHome lemot pun dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Kamu bahkan tidak butuh waktu lama untuk mengembalikan kualitas jaringannya agar normal lagi. Pengguna WiFi IndiHome cukup mengakses browser, kemudian login ke IP Address masing-masing. Jika ingin tahu lebih lengkapnya, simak pembahasan artikel kami ini.

Penyebab WiFi IndiHome Lemot

WiFi IndiHome semakin lemot ternyata disebabkan oleh beberapa faktor yang jarang bahkan tidak pernah disadari, lho. Berikut hal-hal yang menyebabkan WiFi IndiHome lemot dan lelet untuk kalian tahu, di antaranya:

  • Perangkat Error
    Penyebab pertama WiFi IndiHome lemot adalah perangkat bermasalah, error bahkan rusak. Kerusakan pada router sampai kabel optic yang terpasang pun dapat mengakibatkan koneksi internet bermasalah, bahkan lebih lambat. Kamu harus pastikan setiap perangkat berfungsi dengan baik demi mencegah kerusakannya semakin parah.
  • FUP Sudah Melampaui Batas
    Jika kamu menggunakan layanan internet unlimited, tidak menutup kemungkinan kalau WiFi IndiHome bisa lebih lemot dari biasanya. Kondisi ini disebabkan oleh penggunaannya sudah melampaui batas FUP yang berlaku. Oleh sebab itu, kualitas jaringan internet pun dapat berkurang dan semakin lambat.
  • Jumlah Pengguna yang Banyak
    Tak bisa dimungkiri bahwa jumlah pengguna koneksi internet pada router yang sama pun dapat mengakibatkan kualitas WiFi IndiHome menurun. Maka dari itu, kamu harus mengatasi masalah ini dengan menggunakan username dan password yang aman. Gunanya agar koneksi internet tidak diakses sembarang orang.
  • Under Maintenance
    WiFi IndiHome kurang bagus bahkan lebih lambat dari biasanya mungkin disebabkan oleh sistemnya sedang dalam perbaikan. Alhasil, kamu tidak dapat mengakses internet dengan cepat dan stabil. Kondisi tersebut jarang terjadi dalam waktu lama, biasanya beberapa menit atau jam saja.
  • Posisi Router Salah
    Kecepatan jaringan WiFi di rumah ternyata didasari oleh penempatan router, lho. Jika posisinya tidak tepat, apalagi salah maka bisa memberikan kualitas sinyal internet yang sangat buruk. Kami anjurkan jangan meletakkan router di tempat tertutup, terlalu rendah atau tinggi karena kecepatan jaringannya tidak akan normal.
Terkait:  4 Cara Bayar Indihome Pertama Kali [Lewat Online atau Offline]🧡

Cara Mengatasi WiFi IndiHome Lemot

Cara Mengatasi WiFi IndiHome Lemot
Cara Mengatasi WiFi IndiHome Lemot

Cara atasi WiFi IndiHome lemot supaya bisa kencang lagi ternyata sangat mudah dilakukan. Bagi kamu yang gagal menangani masalah ini, sebaiknya dan ikuti pembahasan artikel kami sampai akhir. Kami sudah menyiapkan tutorialnya agar jaringan internetnya dapat ngebut kembali.

Seperti kamu tahu kalau WiFi IndiHome sudah menjadi salah satu perangkat yang paling banyak dipakai saat ini. Jika kamu tidak bisa menyimpan, bahkan mengelolanya dengan baik kemungkinan besar kualitas sinyalnya pun dapat menurun secara drastis.

Langkah 1: Buka Browser

Cara Mengatasi WiFi IndiHome Lemot
Cara Atasi WiFi IndiHome Lemot

Cara mengatasi WiFi IndiHome lemot yang pertama adalah membuka peramban browser, yakni Google Chrome melalui HP kamu. Jika sudah dibuka, ketik IP Address sesuai dengan router yang digunakan pada address bar di bagian atas, misalnya 192.168.1.1 dan klik Enter.

Langkah 2: Masukkan Username dan Password

Cara Mengatasi WiFi IndiHome Lemot
Cara Atasi WiFi IndiHome Lemot

Jika kamu sudah diarahkan ke halaman masuk akun router WiFi, maka bisa memasukkan username dan password dari perangkat yang digunakan. Bagi kamu yang baru pertama kali menggunakan WiFi IndiHome, username dan password biasanya user-user atau admin-admin. Kemudian, tekan tombol Login.

Langkah 3: Pilih Menu Network

Cara Mengatasi WiFi IndiHome Lemot
Cara Atasi WiFi IndiHome Lemot

Cara mengatasi WiFi IndiHome lemot selanjutnya adalah memilih menu Network pada halaman utamanya. Kamu akan melihat beberapa informasi mengenai router yang sedang digunakan, lalu ketuk opsi Mode untuk mengatur setelannya.

Langkah 4: Atur Mode

Cara Mengatasi WiFi IndiHome Lemot
Cara Atasi WiFi IndiHome Lemot

Bagi kamu yang pertama kali menggunakan WiFi IndiHome, biasanya mode yang digunakan adalah Mixed. Akan tetapi, kamu bisa mengatur setelannya dengan mengganti modenya ke IEE. Contohnya, kamu dapat memilih mode IEE 802.11n Only.

Langkah 5: Atur Band Witch

Cara Mengatasi WiFi IndiHome Lemot
Cara Atasi WiFi IndiHome Lemot

Langkah selanjutnya adalah mengatur Band Witch perangkat WiFi IndiHome. Jika kamu menggunakan jaringan internetnya secara personal, sebaiknya ketuk opsi 40MHZ. Namun, WiFi yang dinikmati oleh seluruh anggota keluarga maka bisa menggunakan Band Witch Auto.

Terkait:  Cara Hubungi IndiHome Update Januari 2024

Langkah 6: Atur Transmitting Power

Cara Mengatasi WiFi IndiHome Lemot
Cara Atasi WiFi IndiHome Lemot

Cara mengatasi WiFi IndiHome lemot berikutnya adalah mengatur Transmitting Power. Kami sarankan kamu menggunakan skala 60% sebagai uji coba terlebih dulu. Meski begitu, kamu pun dapat menaikkan angkanya menjadi 100% atau sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Langkah 7: Klik Submit

Cara Mengatasi WiFi IndiHome Lemot
Cara Atasi WiFi IndiHome Lemot

Jika semua setelannya sudah diatur, cara mengatasi WiFi IndiHome lemot yang terakhir adalah menekan tombol Submit. Kemudian, segera periksa sambungan nirkabelnya dengan mengakses internet seperti biasa, koneksinya pun akan semakin kencang dan tidak lambat lagi.

Cara Mengatasi WiFi IndiHome Lemot dengan Restart Modem atau Router

WiFi IndiHome yang lemot ternyata dapat diatasi dengan melakukan restart pada modem atau routernya, lho. Seperti kamu tahu bahwa modem atau router punya andil besar sebagai perantara yang menghubungkan jaringan internet ke setiap perangkat.

Jika kamu restart pada router, maka bisa meminimalisir masalah yang terjadi. Selain itu, performa internetnya pun semakin kencang dan ngebut. Bagi kamu yang merasa koneksi internet bermasalah, sebaiknya lakukan langkah sederhana ini terlebih dulu.

Cara Mengatasi WiFi IndiHome Lemot dengan Hapus Cache di Browser

Cache alias file sampah merupakan salah satu alasan mengapa suatu perangkat bisa lemot dan tidak stabil. Siapa sangka kalau data tersebut bukan hanya menurunkan performa gadget saja, namun juga WiFi di rumah.

Cara mengatasi WiFi IndiHome lemot yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus semua file sampah pada browser. Kamu dapat membersihkannya sekaligus menghilangkan semua riwayat pencarian sekaligus penggunaan internet pada Chrome, dsb. Jika sudah dihapus, performanya pasti kencang kembali.

Cara Mengatasi WiFi IndiHome Lemot dengan Laporan ke CS

Cara mengatasi WiFi IndiHome lemot yang terakhir adalah dengan melaporkan masalah tersebut ke customer service IndiHome. Kamu dapat terhubung dengan mereka melalui aplikasi MyIndiHome yang bisa diunduh secara gratis. Simak langkah-langkah mudahnya di bawah ini:

  • Download aplikasi MyIndiHome melalui Google Play Store (Android) atau App Store (iPhone).
  • Klik Install.
  • Jalankan dan buka aplikasi tersebut.
  • Login dengan menggunakan akun yang terdaftar.
  • Pilih menu Bantuan atau Help.
  • Klik Indita.
  • Kemudian, tunggu beberapa saat sampai muncul laman obrolan dengan Indita (CS IndiHome).
  • Beritahu semua masalahmu berkaitan dengan WiFi IndiHome kepada Indita.
  • Terakhir, Indita akan menerima sekaligus merespon keluhanmu agar masalahnya dapat segera ditangani saat itu juga.
Terkait:  Cara Mengatasi Kamera Gagal dengan Benar

Demikian panduan tentang cara mengatasi WiFi IndiHome lemot beserta penyebabnya yang wajib kamu tahu. Bagi pengguna WiFi IndiHome yang merasa kualitas jaringan internetnya menurun, periksa salah satu sumber masalahnya dan ikuti tutorial kami di atas untuk mengatasinya dengan mudah. Semoga membantu!

Related posts