Cara Usir Lalat Di Rumah

Cara Usir Lalat Di Rumah

Apa saat ini rumah kamu sedang dihinggapi lalat? Apakah saat ini kamu sedang mencari informasi cara usir lalat di rumah? Baca artikel dibawah ini sampai selesai untuk tahu cara usir lalat di rumah menggunakan bahan yang mudah ditemukan. Legooo…

Sebagian besar orang pasti tahu lalat. Hewan kecil ini merupakan jenis serangga ordo Diptera yang memiliki sepasang sayap untuk terbang. Lalat adalah hewan yang sangat suka tempat kotor. Hewan ini seringkali hinggap dimanapun terutama di makanan dan minuman tanpa kita sadari. Meskipun makanan dan minuman hanya dihinggapi sebentar saja, sebaiknya kita tidak mengkonsumsinya ya.

Lalat dapat menyebarkan Salmonella, E.Coli, dan bakteri lainnya pada makanan. Mikroorganisme tersebut bisa menyebabkan berbagai penyakit, terutama pada saluran pencernaan. Para ahli mengungkapkan bahwa lalat lebih menjijikkan dibandingkan dengan kecoa. 1 ekor lalat mampu membawa sebanyak 300 jenis virus, bakteri, bahkan parasit yang menyebabkan penyakit. Oleh karena itu makanan yang sudah dihinggapi lalat sebaiknya tidak dikonsumsi lagi.

Makanan yang dikonsumsi setelah dihinggapi oleh lalat dapat menyebabkan diare, disentri (diare disertai darah), tifus, mulas, kolera, dan hepatitis A. Supaya lalat tidak hadir di sekitar kita, maka kita harus menjaga lingkungan tetap terjaga kebersihannya. Selain itu, selalu tutup makanan dan minumanmu jika tidak sedang dikonsumsi. Kamu juga bisa menggunakan lem anti lalat untuk berjaga-jaga.

Ada banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk menghindari lalat. Lalu, bagaimana jika lalat hadir di rumahmu? Bagaimana cara mengusirnya? Berikut ini beberapa cara usir lalat di rumah yang bisa kamu ikuti. Bahan-bahannya mudah ditemukan dan harganya murah.

Cara Usir Lalat Di Rumah

Cara Usir Lalat Di Rumah
Cara Usir Lalat Di Rumah

Berbagai cara untuk mengusir lalat di rumah dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di dapur. Berikut ini cara usir lalat di rumah dengan mudah menggunakan bahan yang sering ditemukan di dapur:

Terkait:  Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Menggunakan Daun Pandan

Daun pandan sebagai salah satu bahan makanan yang diambil warna dan aromanya ini ternyata bisa digunakan untuk mengusir lalat. Aromanya yang wangi menjadikan lalat tidak suka dengan daun pandan.

Beberapa langkah yang bisa kamu gunakan untuk mengusir lalat menggunakan daun pandan:

  • Siapkan beberapa helai daun pandan.
  • Iris daun pandan hingga benar-benar halus.
  • Letakkan irisan daun pandan diatas piring atau mangkuk.
  • Setelah itu, letakkan piring atau mangkuk yang telah diisi daun pandan tersebut di tempat yang banyak dihinggapi lalat.

Mudah bukan?

Menggunakan Cengkeh

Punya cengkeh di rak bumbu dapurmu? Cengkeh sebagai salah satu rempah asli Indonesia memiliki aroma yang khas dan kuat. Nah, aroma yang kuat ini menjadikan lalat tidak menyukainya. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan cengkeh sebagai pengusir lalat. Caranya cukup mudah dan sederhana.

Lalu bagaimana cara menggunakan cengkeh sebagai pengusir lalat?

  • Ambil beberapa butir cengkeh kering.
  • Rendam biji cengkeh secukupnya kedalam semangkuk air.
  • Letakkan rendaman cengkeh tersebut ke tempat yang banyak lalat.
  • Pastikan campuran cengkeh dan air mengeluarkan wangi ya dear. Kamu bisa menggunakan air hangat agar wangi cengkeh dapat keluar dengan maksimal.

Menggunakan Jeruk Nipis dan Lemon

Jeruk nipis dan lemon seringkali dijumpai di dapur ya dear. Kedua bahan ini ternyata juga bisa mengusir lalat lo. Selain mengandung vitamin C yang tinggi dan baik untuk tubuh, aroma jeruk kuat yang diberikan keduanya mampu mengusir lalat dapur. Bagaimana caranya?

Beberapa langkah mudah yang perlu kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  • Potong jeruk nipis dan lemon menjadi 4 bagian atau sesuai selera kamu.
  • Letakkan potongan jeruk nipis dan lemon di bagian rumah yang sering didatangi lalat.
Terkait:  4+ Cara Membuat Foto Menjadi Video Tanpa Aplikasi, Mudah!

Kamu juga bisa menambahkan butiran cengkeh yang ditancapkan kedalam potongan jeruk nipis. Hal ini dapat menambah aroma dari jeruk bersatu dengan cengkeh sehingga lalat semakin tidak suka.

Menggunakan Campuran Bawang Putih, Kayu Manis dan Cabai

Masih dengan bahan dapur, kamu bisa memanfaatkan bawang putih, kayu manis, dan cabai sebagai bahan dasar untuk mengusir lalat. Langkah mudah yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  • Haluskan bawang putih, kayu manis, dan cabai.
  • Campurkan semua bahan.
  • Tambahkan air dan aduk hingga merata.
  • Setelah tercampur rata, saring air campuran tersebut dari sisa bahan yang telah dihaluskan.
  • Masukkan air saringan kedalam botol semprot.
  • Air ajaib pengusir lalat siap digunakan.

Menggunakan Daun Kemangi

Orang sunda yang suka lalaban tentu tahu daun ini. Ya, daun kemangi. Aroma khas yang dimiliki kemangi seringkali menjadikannya bahan tambahan pada berbagai menu makanan agar cita rasanya bertambah.

Mendapatkan daun kemangi sangatlah mudah. Kamu bisa menanamnya sendiri di rumah atau beli di tukang sayur. Harganya pun tak seberapa, tidak sampai Rp2.000 per ikat.

Ternyata, lalat juga tidak terlalu suka dengan aroma daun kemangi. Kamu bisa mengambil beberapa tangkai daun kemangi kemudian dicelupkan kedalam gelas yang telah berisi air. Agar kemangi mengeluarkan aroma yang kuat, kamu bisa sedikit meremas daun kemangi sebelum dimasukkan kedalam gelas.

Letakkan campuran kemangi dan air di tempat yang sering dikunjungi oleh lalat. Jangan lupa untuk mengganti campuran kemangi dan air ya. Pasalnya, lama-lama campuran air dan kemangi ini akan membusuk. Jika ini terjadi, bisa-bisa justru lalat malah senang untuk datang mendekat.

Menggunakan Jahe

Jahe adalah salah satu rempah yang memiliki banyak khasiat kesehatan dan sering dijadikan minuman obat. Rempah yang satu ini memiliki aroma cukup tajam dan disukai oleh lalat. Campurkan satu ruas jahe kering ke dalam air. Aduk hingga tercampur. Terakhir, masukkan jahe dan air ke dalam botol semprotan.

Terkait:  Cara Mengatasi HP Vivo Lemot Melalui 6 Metode Mudah

Gunakan semprotan air jahe ini untuk mengusir lalat ya dear.

Menggunakan Campuran Garam dan Kunyit

Campuran garam dan kunyit bisa kamu gunakan untuk mengusir lalat buah yang seringkali masuk ke rumah. Campurkan garam dan kunyit, aduk rata, kemudian taburkan disekitar makanan atau ruangan yang sering didatangi lalat. Selesai.

Selain menggunakan bahan-bahan alami yang sudah disebutkan sebelumnya, ada beberapa cara sederhana untuk mengusir lalat, diantaranya:

Menggunakan Lilin

Makanan di meja digerumuti lalat? Segera ambil lilin dan nyalakan! Cara ini cukup ampuh untuk mengusir lalat dan sering dipakai oleh rumah makan dan restoran demi menangkal lalat yang beterbangan di atas makanan.

Nyalakan lilin, kemudian letakkan ditengah-tengah meja makan yang berisi makanan dan minuman.

Menggunakan Kipas Angin

Jika semua cara diatas tidak mempan membasmi lalat yang datang bergerombol, kamu bisa menggunakan cara terakhir ini. Menggunakan kipas elektrik. Hembusan angin yang besar akan membuat lalat kesusahan terbang.

Ternyata dengan bahan alami yang mudah ditemukan di rumah kita sudah bisa mengusir lalat. Selalu perhatikan kesehatan dan hindari makanan yang sudah dihinggapi oleh lalat dalam waktu lama. Makanan yag dihinggapi lalat dalam waktu lama ada kemungkinan meninggalkan telur-telur lalat dalam jumlah banyak. Telur-telur inilah yang menyebabkan gangguan percernaan.

Demikian cara usir lalat di rumah yang bisa kamu gunakan. Selamat mencoba dan jangan lupa share. Bye bye..

 

Similar Posts