Cara Mengunci Jaringan 4G

Cara Mengunci Jaringan 4G
Cara Mengunci Jaringan 4G

Bagaimana cara mengunci jaringan 4G? Apa yang harus dilakukan untuk mengunci jaringan 4G? Mengapa kamu perlu mengunci jaringan 4G di hp kamu? Jaringan 4G saat ini sudah tidak asing lagi didengar. Jaringan 4G sudah diperkenalkan selama beberapa tahun yang lalu sebagai pembaruan dari jaringan sebelumnya, yaitu 3G. Hingga sekarang, jaringan 4G masih tetap digunakna oleh para pengguna smartphone agar bisa melalukan penjelajahan internet dengansinyal yang lebih stabil.

Meskipun sekarang sudah ada pembaruan jaringan lagi, yaitu jaringan 5G yang tentunya juga memiliki jaringan yang lebih baik. Namun, hingga saat ini jaringan 4G masih tetap eksis dan masih digunakan karena memang jaringannya masih cepat untuk internetan. Misalnya, untuk mengakses browser, membuka situs, mengunduh file atau dokumen, untuk mengakses media sosial, atau untuk digunakan untuk kegiatan yang lainnya.

Read More

Cara Mengunci Jaringan 4G

Cara Mengunci Jaringan 4G
Cara Mengunci Jaringan 4G

Memang, tidak semua pengguna ponsel mengerti cara mengunci jaringan 4G. Namun, pada kesempatan kali ini mimin akan memberikan informasi mengenai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengunci jaringan 4G. Mengapa jaringan 4G perlu dilakukan penguncian? Jaringan 4G kamu perlu dikunci agar jaringan 4G kamu lebih stabil lagi dan tentunya kamu bisa internetan dengan lancar. Nah, untuk lebih jelasnya, kamu bisa membaca informasi di bawah ini untuk mengetahui cara mengunci jaringan 4G.

Cara Mengunci Jaringan 4G Melalui Settings

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengunci jaringan 4G di hp kamu adalah melalui Settings atau Pengaturan. Kamu bisa melakukannya langsung melalui aplikasi Pengaturan atau Settings di hp yang kamu gunakan. Mengunci jaringan 4G dengan cara ini terbilang cukup mudah, berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, pastikan kamu sudah terhubung dengan jaringan 4G dari provider yang kamu gunakan
  • Selanjutnya, silakan buka aplikasi Pengaturan atau Settings di ponsel kamu dan cari menu jaringan seluler
  • Jika sudah ketemu, kamu bisa pilih opsi lainnya atau lainnya jaringan seluler
  • Setelah itu, kamu bisa masuk ke bagian jaringan seluler prioritas atau pilih pada prioritas jaringan
  • Kemudian kamu bisa memilih jaringan yang tersedia yakni 4G LTE atau 4G LTE only
  • Lalu, apabila sudah, silakan lakukan restart hp kamu seperti biasa
Perlu kamu ketahui, bahwa cara ini mungkin saja berbeda di tiap jenis dan merek hp yang kamu gunakan. Apabila kamu tidak menemukan opsi Jaringan Seluler Prioritas atau Prioritas Jaringan, kamu bisa mencoba mencarinya di menu lain untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa hp kamu sudah terhubung ke jaringan 4G sebelum kamu mencoba mengunci jaringan 4G tersebut.

Cara Mengunci Jaringan 4G Melalui Testing Mode

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengunci jaringan 4G adalah dengan masuk ke dalam testing mode atau yang biasa digunakan oleh pengguna untuuk mengubah jaringan prioritas pada ponsel mereka. Testing mode juga berguna untuk kamu yang ingin mengetahui status dari SIM card dan jaringan mobile kamu. Berikut langkah-langkah mengunci jaringan 4G melalui testing mode.

  • Langkah pertama, silakan buka aplikasi Panggilan atau Telepon di hp kamu
  • Selanjutnya, silakan ketik kode *#*#4636#*#*, lalu tekan Call atau Panggil
  • Silakan tunggu beberapa saat hingga kamu diarahkan ke testing mode
  • Kemudian, kamu bisa memilih opsi Network Signal atau Network preferences
  • Silakan ubah mode jaringan tersebut menjadi LTE Only atau 4G LTE atau menjadi LTE/Auto/GSM/RPL
  • Apabila sudah, kamu bisa langsung restart hp yang kamu gunakan tersebut dan tunggu hingga hp kamu kembali aktif
Terkait:  Cara Mengunci WA di HP Oppo Semua Tipe dengan Benar
Apabila kamu menggunakan cara ini, kamu tidak hanya mengunci atau mengubah jaringan 4G saja, tapi kamu juga bisa kok mengubah jaringan prioritas yang ingin digunakan agar mendapatkan jaringan atau sinyal yang lebih stabil lagi di hp kamu.

Cara Mengunci Jaringan 4G Melalui APN (Access Point Network)

Selanjutnya, untuk mengunci jaringan 4G kamu, kamu bisa menggunakan APN atau Access Point Network. Di mana APN ini menjadi salah satu gerbang dari jaringan internet agar bisa mendapatkan sinyal yang lebih stabil lagi di hp kamu. Untuk setting APN ini cukuplah mudah, bahkan kamu tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan lagi. Berikut langkah-langkah mengunci jaringan 4G melalui APN.

  • Langkah pertama, pastikan hp yang kamu gunakan sudah menggunakan SIM Card dengan jaringan 4G
  • Kemudian, silakan buka aplikasi pengaturan atau settings dari hp yang kamu gunakan masing-masing
  • Selanjutnya, kamu bisa pilih opsi Network/Jaringan yang ada di bagian menu
  • Silakan klik pada opsi tersebut dan kamu bisa pilih jaringan sesuai dengan provider yang kamu gunakan untuk masuk ke bagian detail jaringan
  • Pada detail jaringan tersebut, kamu bisa klik pada opsi Access Point Network atau APN
  • Kemudian, kamu akan menemukan daftar APN default yang digunakan
  • Lalu, untuk mengubah atau menambahkan jaringan APN, silakan klik pada tombol +Add APN
  • Selanjutnya, kamu bisa mengisi kolom APN tersebut, sesuai dengan yang kamu temukan di pencarian Google atau kamu juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada call center provider yang kamu gunakan untuk mengetahui APN yang stabil
  • Apabila sudah, klik ikon titik tiga yang berada di bagian pojok kanan atas layar dan kemudian pilih Save APN
  • Setelah itu, kamu bisa memilih APN yang sudah kamu buat tadi, lalu aktifkan mode pesawat sekitar 3 – 5 detik
  • Langkah terakhir, nonaktifkan mode pesawat dan periksa lagi jaringan yang sudah kamu kunci sebelumnya tadi
Terkait:  Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung, Mudah dan Praktis!

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika akan menggunakan cara ini, yaitu ketika kamu menggunakan APN, pastikan APN yang kamu gunakan memang sudah sesuai dengan yang disarnkan oleh pihak provider yang kamu gunakan ataupun yang ada di Google. Karena apabila APN yang kamu masukkan salah, maka jaringan 4G kamu tidak akan terkunci, dan kamu tidak akan terhubung dengan jaringan internet. Jadi pastikan kamu tidak salah menggunakan APN yang akan kamu masukan.

Cara Mengunci Jaringan 4G Melalui Aplikasi Tambahan

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengunci jaringan 4G kamu adalah melalui aplikasi tambahan. Aplikasi ini bernama Force 4G LTE yang memang dikhususkan untuk mengunci jaringan 4G untuk provider apa saja. Beirkut langkah-langkah mengunci jaringan 4G melalui aplikasi Force 4G LTE.

  • Langkah pertama silakan unduh aplikasi Force 4G LTE (4G/5G) di Google Play Store
  • Kemudian jika sudah, silakan klik pada tombol Install untuk memulai proses installasinya dan silakan tunggu hingga proses penginstalan selesai dan tombol install berubah menjadi Open
  • Setelah selesai silakan buka aplikasi Force 4G LTE tadi, dan kamu akan diarahkan ke halaman awal aplikasi
  • Kemudian, kamu bisa pilih method yang mana bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu
    – Metode 1: untuk pengguna Android yang menggunakan OS Android 11 ke bawah
    – Metode 2: untuk pengguna Android yang menggunakan OS Android 11 ke atas
  • Jika sudah memilih metode yang sesuai dengan OS Android kamu, kamu bisa klik pada tombol Set Preffered Network dan pilh pada LTE Only untuk Type nya

Langkah terakhir adalah silakan untuk mengaktifkan mode pesawat sebentar dan dilanjutkan dengan melakukan restart. Silakan tunggu hingga hp kamu kembali aktif.

Terkait:  Cara Kunci Jaringan 4G Samsung

Kesimpulan

Demikian beberapa cara mengunci jaringan 4G yang telah dijelaskan. Silakan untuk memilih cara yang menurutmu mudah untuk kamu ikuti. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Related posts