Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri

Bagaimana cara mengatasi aplikasi keluar sendiri? Apa yang harus dilakukan ketika banyak aplikasi yang sering keluar sendiri ketika dibuka? Dan apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi aplikasi keluar sendiri? Selaku pengguna smartphone yang banyak menggunakan aplikasi di dalamnya, mungkin kita seringkali mengalami masalah yang muncul ketika menggunakan aplikasi itu sendiri.

Mulai dari adanya korup pada aplikasi, kemudian gagal atau error menjalankan aplikasi, dan juga aplikasi yang sering keluar sendiri. Tentu saja hal ini bukan tanpa sebab, melainkan biasanya disebabkan oleh beberapa faktor yang menyebabkan aplikasi mengalami gagal untuk dijalankan pada sebuah smartphone.

Sebab Hal inilah akhirnya banyak pengguna memilih untuk melakukan uninstall pada aplikasi yang mengalami masalah keluar sendiri tadi, karena memang masalah ini cukup mengganggu bagi sebagian pengguna smartphone terlebih ketika mereka ingin menggunakan aplikasi tersebut.

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri
Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri

Karena Hal inilah banyak sekali para pengguna yang mencari cara mengatasi aplikasi keluar sendiri, yang mana Mungkin saja bisa digunakan untuk mengakali error atau masalah ketika mereka menjalankan sebuah aplikasi di Smartphone mereka masing-masing. Karena memang seperti yang kita tahu ada beragam cara yang bisa kamu lakukan ketika mengalami masalah aplikasi yang sering keluar sendiri atau mengalami Crash pada saat dijalankan, dan tentu saja caranya sangat mudah.

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri lewat Google Play Store

Cara pertama yang paling mudah untuk dilakukan adalah melakukan pengecekan dari Google Play Store, yang mana cara ini bisa membantu kamu untuk memeriksa update atau pembaruan pada sebuah aplikasi yang mungkin saja mengalami kerusakan atau sering keluar sendiri ketika dijalankan. Caranya juga mudah banget kok.

  1. Silakan Buka aplikasi Google Play Store yang ada di Smartphone kalian masing-masing
  2. Setelah itu kamu bisa klik pada bagian profile yang ada di pojok kanan atas aplikasi Play Store dan pilih pada my apps and game
  3. Setelah itu kamu akan diarahkan ke daftar atau list dari aplikasi yang kamu install di Smartphone kalian masing-masing
  4. Setelah itu Silakan cari aplikasi yang mengalami masalah keluar sendiri tadi, biasanya jika ada pembaruan atau update dari aplikasi tersebut kamu bisa melihat tombol update yang ada di sebelah kanan
  5. Kemudian kamu bisa klik pada tombol update tadi dan tunggu hingga proses updatenya selesai
Terkait:  Cara Melihat Spesifikasi HP Samsung dengan Benar

Setelah proses update selesai dilakukan, kamu bisa coba lagi untuk membuka aplikasi yang tadi mengalami masalah keluar sendiri. Kemudian jangan lupa untuk mengecek pembaruan aplikasi secara berkala atau kamu juga bisa kok menggunakan sistem auto update dari Play Store.

Untuk menghindari gagal update atau gagal auto update dari Google Play Store, pastikan untuk pengaturan over Network downloadnya kamu sudah menggunakan mobile data atau wi-fi.

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri lewat Clear Cache dan Data

Kemudian untuk cara yang kedua adalah kamu bisa melakukan pembersihan pada cache ataupun data dari aplikasi, yang mengalami masalah suka keluar sendiri ketika dijalankan di smartphone. Dan tentu saja caranya sangat mudah untuk dilakukan, karena kamu tidak membutuhkan aplikasi tambahan apapun untuk membersihkan file cache atau data di aplikasi yang kamu gunakan.

  1. Silakan masuk ke bagian pengaturan atau settings dari ponsel kalian masing-masing
  2. Kemudian jika sudah kamu bisa Scroll ke bagian aplikasi atau manajemen aplikasi yang ada di menu pengaturan tadi
  3. Setelah itu lihat semua daftar aplikasi yang ada dan kamu bisa memilih aplikasi mana yang mengalami masalah keluar sendiri tadi
  4. Jika sudah ketemu kamu bisa langsung klik pada bagian permission and storage
  5. Setelah itu kamu bisa klik pada pilihan clear chace dan juga clear data dan kemudian kamu bisa klik pada bagian force stop atau paksa berhenti
  6. Terakhir silakan restart perangkat kalian seperti biasa dan coba lagi untuk membuka aplikasi yang keluar sendiri tadi

Dengan menggunakan cara ini kamu bisa mendiagnosa kerusakan atau adanya sisa-sisa file cache ataupun data yang bermasalah pada aplikasi, sehingga aplikasi tersebut mengalami masalah keluar sendiri ketika dijalankan di Smartphone kamu.

Terkait:  Cara Merubah Tampilan Android Menjadi iPhone dengan Benar

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri lewat Pengecekan Versi Aplikasi

Kemudian untuk cara yang ketiga adalah kamu bisa melakukan pengecekan versi dari aplikasi yang kamu gunakan. Karena memang biasanya ada beberapa aplikasi di Smartphone, yang tidak kompatibel atau tidak sesuai dengan versi Android yang kamu gunakan sehingga mengalami error atau sering keluar sendiri ketika dijalankan.

Untuk melakukan pengecekan versi ini sendiri kamu bisa melakukannya lewat Google Play Store, atau dari beberapa situs tempat kamu mendownload aplikasi pihak ketiga yang dijalankan di Smartphone kamu.

Pastikan kamu menggunakan versi dari aplikasi yang sudah mendukung dengan versi OS atau versi Android yang ada di Smartphone kamu. Jika dirasa aplikasi yang kamu gunakan memang tidak kompatibel, kamu bisa mencari alternatif lain atau alternatif dari aplikasi yang mungkin memiliki fungsi yang sama dengan aplikasi tersebut.

Dengan begitu nantinya kamu akan lebih mudah mendapatkan aplikasi yang sesuai dan berjalan dengan baik di smartphone Android kamu. Dan pastikan juga kamu sudah memang mendownload aplikasi dari sumber-sumber terpercaya yang mana menghindari masuknya virus atau hal-hal yang tidak diinginkan di Smartphone kalian.

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri lewat System Update

Kemudian untuk cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah melakukan pengecekan sistem update atau pembaruan OS, yang mana memang menjadi salah satu alternatif bagi para pengguna yang mengalami masalah pada aplikasi yang mereka jalankan.

  1. Kamu bisa masuk ke bagian pengaturan atau settings dari ponsel yang kamu gunakan saat ini
  2. Setelah itu kamu bisa Scroll ke bagian paling bawah, dan cari menu system atau about phone
  3. Setelah itu kamu bisa klik pada opsi check for update, untuk memeriksa pembaruan OS yang ada di Smartphone kalian
  4. Tunggu hingga proses checking for updatenya selesai, dan jika ada pembaruan OS kamu bisa langsung klik pada download update
  5. Pastikan dalam melakukan download update ini kamu menggunakan jaringan wi-fi atau mobile data yang stabil
  6. Tunggu hingga prosesnya selesai dan kamu bisa langsung melakukan restart secara otomatis, yang akan langsung mengarahkan kamu ke bagian homescreen dari smartphone kalian
Terkait:  Cara Mengubah Video Menjadi Audio di Android, iPhone dan Laptop

Dengan melakukan pembaruan atau pengecekan sistem update di OS Android yang kamu gunakan, tentunya cara ini bisa memperbaiki beberapa Bugs atau kerusakan pada aplikasi yang mana memang tadinya tidak kompatibel menjadi kompatibel dan bisa digunakan sesuai dengan versi Android yang kamu jalankan saat ini.

Dan itulah tadi beberapa cara mengatasi aplikasi keluar sendiri yang bisa kamu coba di Smartphone kalian masing-masing, dari beberapa cara di atas tadi kamu bisa menyesuaikan dengan cara yang mana menurutmu paling mudah dan berhasil untuk kamu lakukan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Similar Posts