Home » Android » Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Cara mengembalikan file yang terhapus di Android ini akan sangat berguna bagi pembaca yang memiliki file yang sangat banyak. Karena kapasitas penyimpanan penuh biasanya pengguna akan menghapus beberapa file.

Beberapa orang juga mungkin mengalami file terhapus dengan tidak sengaja karena kurang teliti saat memilih file yang akan dihapus. Tak perlu khawatir, karena artikel ini akan membahas cara mengembalikan file yang terhapus.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Sebenarnya, ada beberapa cara mudah untuk mengembalikan file yang terhapus di android. Kami menyarankan padamu untuk menggunakan aplikasi bantuan tambahan, dikarenakan ini akan lebih efisien dalam pengembalian file yang tak sengaja terhapus di android. Ada 4 aplikasi yang direkomendasikan, beberapa diantaranya:

Dengan Bantuan Undeleter Recover Files & Data

Cara mengembalikan file yang terhapus pertama yakni dengan bantuan aplikasi undeleter files & data. Tetapi syarat utamanya adalah menggunakan hp android yang sudah di root. Jika belum, maka aplikasi ini tidak bisa bekerja dengan maksimal dan terbatas pemindaiannya.

Jika kebetulan ponsel pengguna sudah di root, berikut caranya:

1. Unduh Aplikasi

Pertama, download aplikasi undeleter recover file & data di google play. Atau klik disini untuk mengarah langsung ke Playstore. Kemudian akan ada permintaan untuk mendapatkan izin mengakses root.

2. Cari Folder yang Terhapus

Kemudian carilah folder yang terhapus. Selanjutnya pengguna akan diberikan dua pilihan yakni journal scan dan deep scan. Masing masing memiliki fungsi yang berbeda.

Journal scan akan melakukan scan pada semua file mulai dari foto, video, sms dan sebagainya. sementara deep scan, pengguna bisa menentukan file apa saja yang akan di scan.

3. Tunggu Prosesnya dan Selesai

Jika sudah menentukan pilihan scan, tunggu prosesnya hingga selesai. Nantinya pengguna akan disuguhkan beberapa file yang mucul, pilih file mana saja yang ingin dikembalikan.

Menggunakan Aplikasi DiskDigger

Cara mengembalikan file yang terhapus di android selanjutnya adalah dengan bantuan aplikasi diskdigger. Tetapi aplikasi ini juga mengharuskan android sudah di root untuk mendapatkan akses dan kinerja yang maksimal.

Cara menggunakannya:

1. Lakukan Pengunduhan Aplikasi

Pengguna harus mengunduh aplikasi DiskDigger di play store atau melalui bantuan website pihak ketiga. Kamu bisa download disini melalui Google Play Store, atau download disana melalui web lain.

2. Ijinkan Akses Root

Selanjutnya, aplikasi akan meminta ijin akses root, klik ijinkan. Saat ada peringatan “upgrade to pro” abaikan dengan memilih “No thanks”

3. Cari Folder Tempat file Terhapus

Setelah itu, carilah folder yang berisi file yang terhapus baik di memori internal maupun eksternal.

4. Scan Dimulai

Jika sudah menemukan file yang ditentukan, klik OK. Kemudian aplikasi akan melakukan scan file.

5. Selesai

Jika proses scan sudah selesai, pengguna akan menemukan beberapa file, pilih file mana yang akan dikembalikan. Simpan dan selesai.

Dengan Aplikasi Photo Recovery

Cara mengembalikan file yang terhapus di Android selanjutnya adalah melalui bantuan aplikasi photo recovery. Aplikasi ini dapat memulihkan foto yang terhapus baik dari memori internal maupun eksternal seperti SD card.

Cara menggunakannya:

1. Unduh Aplikasi

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mendownload aplikasi Photo Recovery di google play store smartphone pengguna.

2. Lakukan Pemindahan

Setelah diunduh, buka aplikasi. Kemudian lakukan pemindaian direktori serta sub direktori pada smartphone. Waktu pemindaian mungkin akan lama, tergantung dari besarnya pernyimpanan yang terdapat pada ponsel pengguna.

3. Selesai

Jika pemindaian sudah selesai, maka foto yang terhapus akan kembali. Tetapi penting untuk diketahui, aplikasi ini hanya mendukung kenis file jpg, png dan jpeg saja.

Gunakan Recover Deleted Photos By Dumper

Cara mengembalikan foto yang terhapus selanjutnya adalah dengan aplikasi recover delete photos by dumper. Aplikasi ini diklaim merupakan nomor 1 dengan kategoru recycle bin dengan total unduhan sebanyak 40 juta lebih pengguna.

Cara menggunakannya:

1. Unduh Aplikasi

Pengguna perlu melakukan unduhan aplikasi recover deleted photos by dumper di Google Play store.

2. Mulai Gunakan

Selanjutnya, buka aplikasi. Lakukan pengamanan file. File yang terhapus secara otomatis nantinya akan tersimpan dalam aplikasi ini.

Nah itu dia beberapa cara mengembalikan file yang terhapus di Android baik berupa file maupun foto atau video yang terhapus. Semoga informasi diatas bisa membantu pengguna mengembalikan data penting yang hilang.

Jangan lupa untuk bagikan/share artikel ini ke semua akun sosial mediamu ya bangs, agar kita semangat update tiap hari sajikan tips bersmartphone menarik untukmu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *