Cara Aktivasi Kartu ATM Mandiri Tanpa ke ATM, Bebas Ribet!

Cara Aktivasi Kartu ATM Mandiri
Cara Aktivasi Kartu ATM Mandiri

PindahLubang.com | Bagaimana cara aktivasi kartu ATM Mandiri? Beberapa orang bahkan kamu sendiri mungkin masih belum tahu tentang hal tersebut. Nasabah sebenarnya tidak perlu membuang waktu untuk mengaktifkan kartu ATM Mandiri kembali.

Jika kamu sebelumnya sudah menutupnya dengan cara blokir kartu ATM Mandiri, maka sekarang bisa aktivasi secara offline atau online. Bagi kamu yang tidak punya aktivitas cukup padat, sebaiknya kunjungi kantor cabang Bank Mandiri terdekat di wilayah domisili masing-masing.

Cara aktifkan kartu ATM Mandiri tidak berbeda dengan bank mana pun, sedangkan kamu harus melampirkan data diri dan Buku Tabungan Bank Mandiri sebagai bukti kepemilikannya saja. Dalam proses aktivasinya, banyak nasabah panik karena transaksi gagal. Padahal, kamu tidak perlu khawatir karena solusinya dapat ditemukan lewat artikel ini.

Penyebab Gagal Aktivasi Kartu ATM Mandiri

Jika kamu merasa proses aktivasi kartu ATM Mandiri selalu gagal dan tak kunjung berhasil, kemungkinan besar masalah tersebut disebabkan oleh hal-hal di bawah ini:

  • Nomor HP Belum Terdaftar
    Penyebab pertama yang mengakibatkan registrasi kartu ATM Mandiri gagal adalah nomor ponsel belum terdaftar. Kamu harus pastikan bahwa nomor HP harus aktif dan sudah terhubung dengan aplikasi internet maupun mobile banking untuk memudahkan prosesnya.
  • Kartu SIM Bermasalah
    Jika nomor HP sudah terdaftar dan proses aktivasi tetap gagal, bisa saja kartu SIM mengalami masalah bahkan error. Kondisi ini biasanya diakibatkan oleh jaringan sedang gangguan dan kendala internal lainnya. Kamu dapat menggunakannya jika provider sudah atasi masalahnya.
  • Ganti Perangkat
    Nasabah Mandiri yang berencana ingin mengaktifkan kartu ATM kembali tidak dianjurkan mengganti gadget dengan perangkat baru. Secara umum smartphone yang sebelumnya kamu pakai akan terdaftar pada data kartunya, sehingga akan sulit didaftarkan pada HP yang baru.
  • Setelan SMS Premium Belum Aktif
    Kartu ATM Mandiri yang akan diaktifkan kembali biasanya akan menerima konfirmasi melalui SMS, sedangkan sifatnya premium alias berbayar. Jika kamu belum mengaktifkannya, maka bisa mengalami kendala saat proses aktivasinya dan kamu harus menunggu waktu lebih lama.
  • Pulsa Tidak Cukup
    Penyebab berikutnya yang sering dianggap sepele adalah jumlah pulsa pada HP. Jika pulsanya tidak cukup bahkan habis, kamu akan sulit menerima SMS premium untuk konfirmasi sekaligus verifikasi dalam proses aktivasi kartu ATM Mandiri yang akan digunakan kembali.
  • Pengiriman SMS Berbeda dengan Nomor HP
    Alasan terakhir mengapa kamu gagal mengaktifkan kartu ATM Mandiri adalah pengiriman SMS tidak sama dengan nomor HP yang terdaftar sebelumnya. Oleh karena itu, kamu wajib memeriksa nomor ponsel yang digunakan sebelum proses aktivasi kartu ATM akan dilakukan.
Terkait:  Cara Daftar Mobile Banking Mandiri

Cara Mengatasi Aktivasi Kartu ATM Mandiri yang Gagal

Jika kamu sudah tahu semua penyebab gagalnya aktivasi kartu ATM Mandiri, maka sekarang bisa mencoba cara mengatasi masalah tersebut dengan benar dan mudah. Simak langkah-langkahnya yang perlu kamu tahu di bawah ini:

  • Pertama, buka aplikasi Telepon atau Phone dari HP kamu.
  • Ketik 1400 (call center Mandiri).
  • Tekan tombol Panggil atau Call.
  • Jika nomornya sudah dihubungi, masukkan tanggal lahir dan nomor kartu debit Mandiri kamu.
  • Tekan angka 0 untuk menyambungkan dengan petugas Bank Mandiri.
  • Kemudian, beritahu tujuanmu untuk mengaktifkan kartu ATM Mandiri.
  • Pihak Mandiri akan memintamu melampirkan data diri yang valid.
  • Terakhir, ikuti petunjuk selanjutnya sampai prosesnya berhasil.

Cara Melihat Nomor CVV di Kartu ATM Mandiri

Tak bisa dimungkiri bahwa banyak orang masih belum tahu tentang cara melihat nomor CVV di kartu ATM Mandiri, bahkan termasuk kamu sendiri. Kamu akan melihat nomornya dengan membalikkan kartunya, kemudian perhatikan tiga digit angka terakhir di bagian kanan. Angka itu merupakan kode CVV sama untuk semua jenis kartu, salah satunya kartu kredit.

Cara Aktivasi Kartu ATM Mandiri

Cara Aktivasi Kartu ATM Mandiri
Cara Aktivasi Kartu ATM Mandiri

Secara umum cara aktifkan kartu ATM Mandiri sangat mudah dan praktis, sedangkan kamu dapat melakukannya secara offline atau online. Selain itu, prosesnya tidak butuh waktu lama karena hanya dalam 30 menit biasanya kartu debit dapat digunakan kembali.

Kartu ATM yang sempat diblokir memang membuat siapapun akan sulit bertransaksi setiap hari. Maka dari itu, kamu perlu mengaktifkannya lagi, supaya kamu bisa setor atau tarik tunai di mesin ATM Mandiri yang berada di seluruh Indonesia.

Langkah 1: Download Aplikasi Livin’ By Mandiri

Cara aktivasi kartu ATM Mandiri yang pertama adalah mengunduh aplikasi Livin’ By Mandiri melalui Google Play Store (Android) atau App Store (iPhone). Jika sudah dipasang, login dengan menggunakan username dan password akun m-Banking Mandiri kamu.

Terkait:  Cara Mendaftar Mandiri Online

Langkah 2: Pilih Menu Pengaturan

Jika kamu sudah masuk ke halaman utama, cara aktivasi kartu ATM Mandiri berikutnya adalah memilih menu Pengaturan atau Setting. Kemudian, tekan tombol Kartu Debit dan Kartu Kredit untuk memulai proses aktivasinya.

Langkah 3: Klik Aktivasi

Pada halaman selanjutnya, kamu akan melihat berbagai macam kartu debit Mandiri. Kamu bisa memilih salah satu jenisnya sesuai dengan kepemilikanmu. Jika kartunya sudah dipilih, tekan tombol Aktivasi.

Langkah 4: Masukkan Kode CVV

Cara aktivasi kartu ATM Mandiri selanjutnya adalah memasukkan 3 digit kode CVV di balik kartu debit Mandiri kamu ke kolom yang tersedia. Berikutnya, tekan tombol Lanjutkan untuk meneruskan ke tahap berikutnya.

Langkah 5: Buat PIN

Kamu wajib membuat PIN yang terdiri dari 6 digit angka acak, sedangkan kombinasi angka tersebut tidak boleh menggunakan tanggal lahir atau deretan angka yang mudah ditebak. Jika sudah, klik Aktifkan.

Langkah 6: Masukkan PIN Livin’ By Mandiri

Cara aktivasi kartu ATM Mandiri yang terakhir adalah masukkan PIN akun Livin’ By Mandiri kamu. Jika sudah dimasukkan dan terkonfirmasi, tunggu beberapa saat hingga muncul pemberitahuan bahwa kartu ATM berhasil diaktifkan, kamu pun dapat menggunakannya untuk bertransaksi kembali.

Cara Aktivasi Kartu ATM Mandiri Lewat Website

Kamu bisa mengakses situs resmi Bank Mandiri untuk mengaktifkan kartu debit kembali, sehingga dapat digunakan bertransaksi seperti biasa. Berikut cara aktivasi kartu ATM Mandiri via website yang benar, di antaranya:

  • Kunjungi situs resmi Bank Mandiri via bankmandiri.co.id.
  • Pada halaman utama, pilih menu Aktivasi Kartu.
  • Kemudian, masukkan nomor rekening dan NIK (Nomor Induk Keluarga) ke kolom yang tersedia.
  • Klik Selanjutnya.
  • Masukkan OTP yang dikirim oleh Bank Mandiri via SMS.
  • Lakukan verifikasi dengan memasukkan 16 digit nomor kartu ATM dan masa berlakunya.
  • Jika sudah, masukkan tiga digit kode CVV di belakang kartu ATM.
  • Input tanggal lahir dengan benar.
  • Klik Selanjutnya.
  • Buat PIN yang terdiri dari 6 angka acak.
  • Konfirmasi PIN dengan memasukkannya sekali lagi.
  • Centang kolom persetujuan tentang ketentuan dan syarat yang berlaku.
  • Klik Konfirmasi.
  • Terakhir, kartu ATM sudah aktif dan dapat digunakan untuk transaksi kembali.
Terkait:  Cara Aktivasi LinkAja

Cara aktivasi kartu ATM Mandiri melalui aplikasi atau website sangat mudah dan praktis, kan? Kamu tidak perlu ke luar rumah untuk mengaktifkan kartu debit, agar setor dan tarik tunai di ATM dapat berjalan normal kembali. Selamat mencoba!

Related posts