Home » Mandiri » Cara Membuka Rekening Mandiri

Cara Membuka Rekening Mandiri

Apakah kamu tengah bingung dan mencari cara membuka rekening mandiri untuk segera mendapatkan kartu ATM Mandiri saat ini? Baca ulasan ini hingga akhir, maka kamu pasti bisa melakukannya.

Bank Mandiri merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia. mandiri telah memiliki banyak nasabah dan kantor cabang di seluruh penjuru indonesia.

Selain itu, Bank Mandiri juga memiliki banyak prestasi di dunia perbankan. Pada 2006 misalnya, Bank Mandiri dinobatkan sebagai bank pertama di Indonesia yang mempunyai aset sebanyak 1000 triliyun.

Jika kamu tertarik menjadi nasabah Bank Mandiri, cara membuka rekening mandiri berikut ini pasti akan membantu kamu.

Persiapkan persyaratan membuka rekening baru seperti kartu identitas, NPWP, dan setoran awal. Besarnya setoran awal tergantung dari jenis tabungan rekening yang kamu pilih.

Jika sudah, kamu bisa mengunjungi kantor cabang Bank Mandiri terdekat di kotamu. Setelah sampai, utarakan niatmu kepada satpam yang berada di pintu masuk untuk membuka rekening baru. Nantinya kamu akan diarahkan dan diberi nomor antrean.

Pembukaan rekening mandiri berapa?

Produk tabungan Mandiri yang beragam akan membuat kamu leluasa memilih yang cocok dengan kebutuhan dan finansial. Ada yang ditujukan untuk menabung biasa, ada yang khusus untuk ibadah haji, dan masih banyak lagi.

Masing-masing jenis tabungan memiliki ketentuan yang berbeda baik dari setoran awal dan biaya lainnya. Pembukaan rekening mandiri dengan setoran awal paling murah yakni mandiri TabunganKu yakni Rp. 20.000

Berapa biaya administrasi bank mandiri?

Biaya administrasi merupakan potongan bulanan yang dibebankan kepada nasabah atas biaya pemeliharaan rekening.

Besarnya administrasi berbeda-beda sesuai dengan jenis produk tabungan. Untuk jenis rekening TabunganKu, nasabah tidak dikenakan biaya administrasi bulanan.

Apakah bisa membuka rekening mandiri di luar kota?

Cara membuat rekening mandiri bisa kamu lakukan saat kamu tidak berada di kota domisili KTP. Karena sekarang ini sudah berlaku e-KTP, dimana data kamu sudah bisa diakses secara nasional.

Kamu hanya tinggal datang ke cabang Bank Mandiri terdekat dari tempat kamu tinggal.

Bagaimana cara membuat rekening mandiri?

Cara membuat rekening mandiri cukup mudah dan praktis. Persiapkan berkas yang akan digunakan sebagai syarat pendaftaran seperti KTP/SIM, NPWP dan setoran awal.

Kemudian datanglah ke kantor cabang Mandiri terdekat di kotamu. Utarakan tujuanmu kepada penjaga keamanan di pintu masuk bahwa kamu akan membuat rekening baru, nantinya kamu akan ditanya jenis tabungan apa yang dipilih. Tunggulah hingga nomor antrean kamu dipanggil.

Cara Membuka Rekening Mandiri

Cara Membuka Rekening Mandiri

Prosedur Pembuatan Rekening Mandiri

Cara untuk dapat membuka rekening Mandiri baru bisa dilakukan melalui dua tahapan metode yakni via online maupun offline.

Membuka Rekening Mandiri via Online

Sekarang, kita tidak perlu keluar rumah hanya untuk membuka rekening Bank Mandiri. Hanya dari rumah pun kita dapat membuka dan membuat rekening baru Bank Mandiri. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Langkah1: Download & Install Mandiri Online

Mandiri Online merupakan salah satu aplikasi untuk smartphone yang begitu berguna untuk segala jenis transaksi perbankan. Sebelum memulai untuk pembukaan rekening baru Bank Mandiri, kita harus memiliki aplikasi Mandiri Online terlebih dahulu di smartphone kita.

Kita dapat mengunduh dan install aplikasinya melalui Google Play (untuk pengguna android) maupun App Store (untuk pengguna iPhone). Atau, kamu bisa klik link dibawah ini untuk mendownload & install aplikasi Mandiri Online.

  • Mandiri Online (Android) Google Play Store : Download
  • Mandiri Online (iPhone) App Store : Download

Langkah2: Daftar/Registrasi Mandiri Online

Apa yang harus kita lakukan setelah memiliki aplikasi Mandiri Online di smartphone ? Kita harus melakukan registrasi pendaftaran akun Mandiri Online. Caranya cukup mudah, simak panduannya berikut ini:

  • Masukkan data mandiri kartu debit. Masukkan nomor mandiri kartu debit kamu, beserta expiry date, dan tanggal lahir kamu.
  • Verikasi Nomor Ponsel melalui SMS. Kirim SMS untuk melakukan verifikasi nomor ponsel kamu, lalu kembali ke aplikasi Mandiri Online.
  • Tentukan User ID dan Password akun. Setelah nomor kamu berhasil terverifikasi, tentukan user ID dan password yang diinginkan.
  • Lengkapi Data Tambahan. Masukkan alamat Email kamu. Tambahkan gambar profil (tidak wajib), lalu klik Buat Akun untuk melakukan perubahan data.
  • Masukkan MPIN. Masukkan MPIN yang telah kamu buat dan aktivasi mandiri online di cabang Bank Mandiri.
  • Registrasi Selesai. Aktifasi Mandiri Online kamu telah selesai. Silakan masuk dengan menggunakan user ID dan password kamu.

Langkah3: Login Mandiri Online

Setelah memiliki akun di Mandiri Online, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah buka aplikasi Mandiri Online. Kemudian Login dengan Username dan Password yang telah kamu buat.

Langkah4: Pembukaan Rekening Baru

Dibagian PEMBUKAAN REKENING BARU, kita bisa tekan tombol Pembukaan Rekening Baru untuk membuka rekening Bank Mandiri.

Langkah5: Pilih “Mandiri Tabungan Rencana”

Setelahnya, kita dapat langsung pilih dan tekan Mandiri Tabungan Rencana.

Langkah6: Tekan “Buka Rekening”

Berikutnya akan muncul informasi tambahan mengenai segala keuntungan menggunakan rekening Mandiri. Pahami informasi produk MTR yang muncul lalu tekan Buka Rekening.

Langkah7: Pilih Rekening Sumber

Baru setelah itu kita bisa pilih “Sumber Rekening” dan isi form “Pembukaan MTR”. Isikan dengan lengkap form Pembukaan MTR sesuai dengan data diri kamu yang berlaku saat ini.

Langkah8: Konfirmasi Pembukaan Rekening Mandiri

Tahap akhir, kita bisa centang “Syarat dan Ketentuan” kemudian dilanjutkan dengan konfirmasi pembukaan MTR. Pahami terlebih dahulu lalu berikan centang pada Syarat dan Ketentuan lalu tekan Lanjut. Pastikan informasi sesuai lalu Konfirmasi dan masukkan MPIN.

Catatan:

Form Pembukaan MTR yang harus dilengkapi pada Mandiri Online meliputi:

  • Tujuan Pembukaan Rekening
  • Jangka Waktu
  • Setoran Iuran Bulanan
  • Penerima Manfaat

Membuka Rekening Mandiri via Offline

Metode selanjutnya, terkhusus bagi kamu yang “belum mengerti” cara membuka rekening Mandiri via online bisa juga langsung datangi kantor cabang Bank Mandiri terdekat untuk membuka rekening baru Bank Mandiri. Namun sebelumnya, kamu bisa simak panduan langkah-langkah yang harus dilakukan dibawah ini.

Membuat Rekening Mandiri

1. Persiapkan Berkas Persyaratan

Sebelum kita mendatangi kantor bank Mandiri, kita harus mempersiapkan terlebih dahulu apa saja berkas persyaratan yang diperlukan untuk membuka rekening Mandiri. Adapun berkas-berkas persyaratan wajib yang harus dibawa meliputi:

  • Kartu Identitas : KTP, Kartu Pelajar dan surat izin orang tua bagi pelajar.
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Jika belum punya, kamu harus mengisi formulir surat pernyataan bahwa kamu belum memilikinya.
  • Nomor Telepon yang Dapat Dihubungi.
  • Uang Setoran Awal minimal Rp. 500.000

2. Datangi Kantor Cabang Mandiri Terdekat

Tahap lanjut, kita bisa langsung mendatangi kantor cabang Bank Mandiri yang terdekat dari lokasi kita saat ini. Pastikan juga kamu sudah membawa semua berkas persyaratan wajib untuk membuka rekening Mandiri.

Agar, jika dimintai berkas persyaratan pembuatan ATM BRI di kantor kamu bisa langsung menyerahkan kepada petugas.

3. Ambil Nomor Antrian

Jika sudah sampai di kantor cabang Bank BRI terdekat dari rumahmu, bergegaslah untuk memarkir kendaraanmu terlebih dahulu, lalu langsung saja masuk ke Bank BRI.

Sesampainya depan pintu, kamu bakalan disambut oleh satpam yang sedang bertugas disana dan ditanyai apa keperluan kamu. Sampaikanlah bahwa kamu ingin membuat Rekening Mandiri baru. Maka, petugas (satpam) akan langsung memberikanmu nomor antrian beserta formulir pendaftaran yang harus diisi.

Sembari menunggu nomor antrian kamu dipanggil, kamu bisa mulai mengisi formulir pendaftaran membuat Rekening Mandiri sebisa-nya. Jika tidak tahu bagian tertentu pada formulir, kosongkan saja kemudian nanti tanyakan pada customer service agar dibantu olehnya.

Baca ulasan terbaru:

4. Hampiri Customer Service

Setelah nomor antrianmu dipanggil, bersiaplah kamu datangi CS dan disambut dengan ramah oleh customer service yang cantik dan ganteng disana. Mereka akan menanyakan apa keperluan kamu saat ini, kemudian sampaikanlah kamu hendak membuka rekening Mandiri baru.

Petugas (Customer Service Mandiri) bakalan membantu keperluanmu untuk membuat rekening Mandiri baru. Kemudian ikuti saja arahan yang diberikan olehnya.

5. Mendapat Kartu Rekening Mandiri Siap Pakai

Setelah semua prosesnya selesai dilakukan, maka selanjutnya customer service akan memberikanmu buku tabungan rekening Mandiri beserta kartu ATM Mandiri yang dapat digunakan untuk bertransaksi.

Belum selesai sampai disitu, masih ada tahap akhir yaitu kita diharuskan untuk melakukan perubahan PIN ATM untuk dapat mulai digunakan.

Tenang, saat proses pergantian PIN biasanya kita masih dapat bantuan dan dipandu oleh customer service. Sekalian mengajari cara menggunakan mesin ATM kepadamu.

Proses pembuatan rekening Mandiri baru telah selesai. Kamu bisa langsung pulang atau mencoba datang ke mesin ATM Mandiri untuk mencoba kartu ATM Mandiri yang baru kamu punyai. Baik itu cek saldo, atau coba transfer ke rekening teman/keluarga. Bisa juga, kamu coba mengambil uang di ATM Mandiri.

Kami rasa cukup itu saja panduan lengkap cara membuka rekening Mandiri baru dengan dua metode beserta tahap langkah yang urut dan mudah dipahami. Sehingga, diharapkan setelah ini kamu akan dapat mengikuti dan segera mendapatkan rekening Mandiri baru. Jangan lupa jika bermanfaat kamu bisa share/bagikan artikel ini ke semua teman di sosial media kamu ya bangs.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *