Cara Reset Hp Vivo Y12

Cara Reset Hp Vivo Y12
Cara Reset Hp Vivo Y12

Bagaimana cara reset hp Vivo Y12? Apa yang harus dilakukan untuk mereset hp Vivo Y12? Nah pertanyaan tersebut mungkin muncul bagi kamu pengguna hp Vivo Y12 yang akan melakukan reset hp milikmu. Mimin akan menjelaskana cara reset tersebut pada artikel ini. Silakan dibaca dengan seksama dan sampai tuntas.

Vivo merupakan salah satu merek ponsel yang cukup terkenal di Indonesia. Vivo yang merupakan hp keluaran Cina ini cukup mendapat hati di masyarakat. Hingga saat ini Vivo sudah 7 tahun mengepakkan sayapnya di Indonesia dan masih banyak penggunanya.

Read More

Di tengah berkembangnya merek ponsel lainnya, Vivo juga tak kalah dengan merek-merek lain. Ia selalu mengeluarkan tipe-tipe hp baru dengan fitur yang cukup canggih. Salah satu keluarannya adalah tipe Vivo Y12.

Y12 merupakan salah satu tipe keluaran Vivo yang dirilis pada September 2019. Tipe ini dilengkapi dengan kapasitas baterai 5000 mAh, Funtouch OS 9 berbasis Android Pie yang responsif, Triple Camera yang cukup bisa diandalkan, dan lainnya.

Namun, mungkin selama kamu menggunakannya, kamu pernah mengalami sedikit masalah, seperti aplikasi yang keluar sendiri saat sedang digunakan, aplikasi yang tidak merespon saat dibuka, atau hpmu mungkin terasa lemot ketika digunakan, dan masalah lainnya.

Apabila kamu mengalami masalah tersebut, tentu hal itu terkadang membuatmu merasa kesal. Dikarenakan juga kamu akan membutuhkan waktu yang agak lama dari biasanya jika terdapat masalah yang mengganggu tersebut.

Maka dari itu, solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan reset pada hp Vivomu agar kembali ke pengaturan pabrikan atau sama seperti pada saat awal kamu membeli hpmu.

Bagi kamu yang belum mengetahui cara reset hp Vivo Y12, atau mungkin kamu juga merupakan pengguna baru hp merek ini jadi belum tahu caranya. Tenang, karena mimin akan memberikan penjelasan cara-cara untuk mereset hp Vivo Y12 kamu di bawah.

Cara Reset Hp Vivo Y12

Cara Reset Hp Vivo Y12
Cara Reset Hp Vivo Y12

Untuk cara reset hp Vivo Y12 terbilang cukup mudah dan kamu bisa melakukannya sendiri. Namun, sebeum mimin memberitahu cara mereset hp Vivo Y12 miliku, mimin akan sedikit menjelaskan mengenai pengertian dari reset.

Terkait:  Cara Cek Tipe Hp Vivo

Reset adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengembalikan hp ke pengaturan pabrikan atau pengaturan default seperti pada saat kamu pertama kali menggunakan hpmu. Selain itu, mereset juga bertujuan untuk menghapus malware atau virus yang ada di hp kamu.

Cara reset Hp Vivo Y12 Melalui Pengaturan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mereset hp Vivo Y12 kamu adalah dengan menggunakan Menu Pengaturan atau Settings yang terdapat pada daftar aplikasi di hp kamu. Dengan menggunkan cara ini kamu tidak perlu repot mengunduh aplikasi pihak ketiga lagi. Untuk caranya sendiri terbilang cukup mudah. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka Menu Pengaturan atau Settings yang terdapat pada daftar aplikasi di hp Vivo Y12 milikmu
  • Silakan untuk memilih menu Pengaturan Lainnya
  • Kemudian, pilih menu Buat Cadangan dan Setel Ulang
  • Lalu, pilih Hapus Semua Data
  • Klik tanda Centang di bagian Format Penyimpanan Telepon
  • Setelah itu, pilih Bersihkan Sekarang
  • Tunggu beberapa detik dan pilih OK
  • Silakan tunggu beberapa menit hingga proses Reset selesai

Proses reset hp Vivo Y12 kamu sudah selesai. Kamu akan mengetahuinya apabila hpmu menampilkan tampilan awal seperti pertama kali kamu membelinya. Hp kamu pun berhasil disetel ke pengaturan pabrikan atau kembali ke pengaturan default.

Cara reset Hp Vivo Y12 Melalui Kode Reset

Cara selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk mereset hp Vivo Y12 kamu adalah menggunakan Kode Reset atau Kode Rahasia. Kode ini merupakan kode yang digunakan untuk mereset khusus pada hp Vivo kamu. Pada ponsel merek lain juga biasanya memiliki kode reset dan kode reset tiap ponsel berbeda-beda.

Kamu bisa melakukannya pada menu Dial-up atau menu yang biasa kamu lakukan ketika ingin melakukan cek pulsa. Untuk kodenya sendiri, Vivo memiliki kode rahasia reset yang bisa kamu gunakan, yaitu *#*#7780#*#* dan *2767*3855#. Untuk caranya cukup mudah, kamu bisa mengikuti cara di bawah ini.

  • Langkah pertama, buka menu Dial-up atau menu Telepon yang terdapat pada daftar menu aplikasi
  • Kemudian, akan muncul tampilan dengan keypad
  • Silakan ketik kode *#*#7780#*#* atau *2767*3855#
  • Lalu, hp kamu akan mereset secara otomatis
  • Silakan ikuti petunjuk layar dan tunggu sampai proses reset selesai
Terkait:  Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP

Proses resetmu selesai dan berhasil dengan ditandai dengan tampilan awal hp Vivo. Sebelum kamu memulai untuk mereset, alangkah lebih baik jika kamu membuat cadangan salinan data-data di hpmu, karena untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Cara reset Hp Vivo Y12 Melalui Recovery Mode

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mereset hp Vivo Y12 milikmu adalah dengan menggunakan Recovery Mode. Ini merupakan cara yang bisa kamu lakukan apabila hp kamu mati dan tidak bisa diakses. Namun, jika hp kamu masih menyala pun juga bisa menggunakan cara ini.

Jadi, untuk menggunakan cara ini hp kamu harus dalam keadaan mati atau dinonaktifkan. Untuk langkah-langkahnya, silakan ikuti di bawah ini.

  • Sebelum kamu melakukan reset, pastikan beterai pada hp kamu cukup, minimal 70% agar proses reset tidak berhenti di tengah jalan
  • Kemudian, silakan matikan atau nonaktifkan hp kamu
  • Lalu, tekan dan tahan tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan hingga muncul logo Android
  • Setelah muncul logo Android lepaskan tombol yang ditekan sebelumnya
  • Pilih bahasa yang akan digunakah, pilihlah English dan kamu selanjutnya akan diarahkan ke menu Recovery Mode
  • Pada menu Recovery Mode, gunakan tombol Volume sebagai tombol navigasi untuk memilih menu dan tombol Power untuk mengonfirmasi atau OK
  • Selanjutnya, pilih menu Wipe Data menggunakan tombol volume sebagai navigasi dan klik OK menggunakan tombol Power
  • Lalu akan muncul pemberitahuan, klik Wipe Data untuk melanjutkan proses reset
  • Tunggu beberapa saat sampai proses reset selesai
  • Jika sudah selesai, akan muncul pemberitahuan Wipe OK dan klik OK
  • Langkah terakhir silakan lakukan Reboot atau Restart pada hp kamu

Itulah cara reset hp Vivo Y12 yang bisa kamu lakukan untuk mereset hp kamu. Jika kamu ingin menggunakan cara ini, pastikan kamu sudah siap untuk mereset dengan data penting yang sudah dibuat salianan. Terkecuali memang hp kamu sedang tidak bisa diakses, jadi bisa langsung melakukan reset.

Terkait:  Cara Keluar Fastboot Xiaomi

Kesimpulan

Nah, itulan cara reset hp Vivo Y12 yang telah mimin jelaskan. Silakan pilih cara yang menurutmu paling mudah, baik melalui menu Pengaturan, kode reset, atau melalui Recovery Mode. Jangan lupa untuk membuat cadangan salinan data-data dari hp yang akan kamu reset, terutama data-data yang menurutmu penting. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang mengakibatkan hilangnya data di hp milikmu.

Related posts