Cara Membuat Petisi Online

Cara Membuat Petisi Online Secara Gratis 2 Metode Terjamin!

Bagaimana cara membuat petisi online? Seperti yang kita tahu, saat ini petisi online sudah banyak digunakan untuk tujuan tertentu. Lalu, apa itu petisi online? Petisi online merupakan sebuah pertanyaan yang disampaikan kepada pemerintah yang bertujuan agar pemerintah bisa mengambil tindakan terhadap hal yang menjadi topik di petisi online tersebut. Petisi ini disebut petisi online karena diterbitkan secara online atau daring melalui akses internet.

Bagi sebagian orang, petisi online dianggap jauh lebih efektif daripada unjuk rasa. Karena hanya perlu membagikan link petisi tersebut kepada orang-orang dan bagi orang yang setuju dengan petisi tersebut bisa menandatangani atau mengisi petisi tersebut. Jadi, bisa dikatakan lebih mudah. Lalu, bagaimana sih cara membuat petisi online tersebut yang mudah? Kamu bisa simak artikel di bawah ini untuk mengetahui caranya.

Cara Membuat Petisi Online

Cara Membuat Petisi Online
Cara Membuat Petisi Online

Dengan kemajuan teknologi saat ini, bisa dikatakan sangatlah mudah cara membuat petisi online tersebut. Mengingat tujuan dari petisi online itu sendiri, bagi sebagain orang hadirnya petisi ini sangatlah membantu. Apalagi penyebarluasan petisi ini sangatlah mudah dengan diiringi pekembangan berbagai macam media sosial sehingga tidak perlu repot membagikannya.

Terkait:  Cara Buat Link Grup WhatsApp Untuk Mengundang Peserta

Namun, mungkin bagi kamu yang baru pertama kali akan membuat petisi online masih belum mengetahui cara membuatnya dan di mana. Nah, tepat sekali! Pada kesempatan kali ini mimin akan membagikan situs yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat petisi online. 

Membuat Petisi Online Melalui Situs Change.org

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membuat petisi online ini adalah melalui situs change.org. Situs ini cukup terkenal dan banyak dimanfaatkan oleh mereka yang ingin membuat petisi online. Kemudahan dalam membuat petisi di situs ini juga menjadi daya tarik sehingga banyak yang menggunakannya. Untuk caranya sendiri sangat mudah. Silakan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah 1: Buka Browser di Perangkat Kamu

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah membuka aplikasi Browser di perangkat yang kamu gunakan, baik itu menggunakan PC/laptop atau menggunakan ponsel. Kamu juga bebas mengguankan aplikasi Browser apa saja, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan lain sebagainya.

Langkah 2: Buka Situs www.change.org

Kemudian, silakan ketik www.change.org di kolom pencarian Browser yang kamu gunakan. Lalu, klik Enter atau Cari. Silakan tunggu hingga kamu beralih ke halaman web dari change.org. Di halaman awal, kamu akan melihat beberapa petisi dari orang lain yang bisa kamu isi.

Langkah 3: Lakukan Pendaftaran

Selanjutnya, silakan lakukan pendaftaran jika kamu belum memiliki akun di situs change.org. Caranya dengan klik Masuk. Kamu akan diminta memasukkan beberapa data dan silakan masukkan data tersebut dengan benar.

Langkah 4: Klik “Mulai Petisi”

Apabila kamu telah berhasil melakukan pendaftaran, kamu bisa klik Mulai Petisi untuk memulai membuat petisi yang kamu inginkan

Langkah 5: Pilih Topik Petisi dan Tulis Judul Petisi

Selanjutnya, silakan pilih topik petisi terlebih dahulu. Kamu bisa memilih topik yang telah disediakan. Kemudian, tulis judul petisi. Tulis judul yang sesuai dengan tujuan petisi yang akan kamu buat tersebut. Untuk membuat judul yang tepat ini, di bawah kolom penulisan judul terdapat tips membuat judul petisi yang bisa kamu ikuti.

Terkait:  Cara Buat Link WhatsApp dengan Teks: Gunakan Rumus Ini!

Langkah 6: Sampaikan Permasalahan

Lalu, kamu akan diminya menyampaikan permasalahan atau menyampaikan ceritamu. Kamu wajib menyampaikan permasalahan yang sesuai dengan judul yang dibuat. Jangan lupa untuk menuliskan alasan mengapa kamu begitu peduli dengan permasalahan tersebut. Selanjutnya, tunjukkan dampak masalah tersebut bagi kamu, keluarga, atau mungkin bagi komunitas tertentu

Usahakan tidak menyampaikan permasalahan secara subjektif atau yang berbau bullying, baik berupa ujaran kebencian, ucapan yang mengancam, atau memberikan informasi palsu. Apalbila sudah, silakan klik Lanjutkan.

Langkah 7: Tambahkan Foto

Kemudian, silakan tambahkan foto sesuai dengan arahan dari situs tersebut. Fungsi dari foto ini adalah untuk membuat petisi lebih kuat. Maka dari itu, usahakan untuk mengunggah foto yang sesuai atau berkaitan dengan petisi.

Langkah 8: Kamu Bisa Mengedit Ulang Petisi

Kamu akan diberi kesempatan untuk mengedit ulang petisi sebelum mempublikasikannya. Silakan cek dengan teliti agar tidak terjadi kesalahan.

Langkah 9: Terbitkan Petisi

Apabila isi dari petisi tersbeut sudah tepat dan sesuai, kamu bisa klik Terbitkan Petisi.

Langkah 10: Bagikan Petisi

Silakan bagikan link petisi agar banyak orang yang menandatangani petisi tersebut.

Membuat Petisi Online Melalui Situs Petisionline.com

Cara kedua yang bisa kamu lakukan selain lewat situ change.org adalah melalui situs petisionline.com. Situs ini merupakan situs buatan Indonesia yang mulai digunakan pada tahun 2011. Cara membuat petisi di situs ini juga sangat mudah. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah 1: Buka Browser di Perangkat Kamu

Pertama, silakan buka aplikasi Browser di perangkat yang kamu gunakan. Penggunaan aplikasi browser bisa kamu sesuaikan dengan kenyamanan kamu dalam menggunakannya.

Langkah 2: Buka Situs www.petisionline.com

Kemudian, silakan ketik www.petisionline.com di kolom pencarian Browser yang kamu gunakan. Lalu, klik Enter atau Cari. Silakan tunggu hingga kamu masuk ke halaman awal web petisi online yang berisi cara membuat petisi.

Terkait:  Biaya Buat Rekening BNI

Langkah 3: Lakukan Pendaftaran

Selanjutnya, silakan lakukan pendaftaran jika kamu belum memiliki akun di situs petisionline.com.

Langkah 4: Klik “Mulai Petisi”

Jika sudah memiliki akun, silakan klik Mulai Petisi untuk memulai membuat petisimu.

Langkah 5: Tulis Nama Petisi

Mulailah dengan menulis nama petisi pada kolom yang telah disediakan.  Pada kolom tersebut terdapat keterangan berupa “Pernyataan spesifik, yang memberi tahu orang lain secara pasti apa yang Anda ingin agar mereka dukung”

Langkah 6: Tulis Teks Petisi

Silakan dilanjutkan dengan menulis teks petisi pada kolom yang telah disediakan. Petunjuk penulisannya adalah “Anda meminta orang-orang menyetujui teks ini dan menanda tangani. Pastikan Anda menyampaikan sudut pandang Anda dalam bahasa yang jelas (apa yang Anda tidak setujui/untuk apa, apa yang harus dilakukan dan mengapa)”

Langkah 7: Tulis Nama Pembuat Petisi

Pada kolom ini, kamu diharuskan menuliskan nama orang yang dihubungi (dan kemungkinan nama organisasi dan/atau departemen).

Langkah 8: Konfirmasi Email dan Sandi Kamu

Sebelum kamu mempublish petisi tersebut, silakan konfirmasi akun kamu dengan mengisi email dan kata sandi pada kolom yang tersedia. Tujuannya adalah agar petisi tersebut legal secara aturan. Sebelum kamu mengonfirmasi email dan kata sandi, terdapat opsi “Setelah Lebih Lanjut” di mana kamu bisa mengkostumisasi apa yang diminta dari para penanda tangan, mengganti bahasa formulir tanda tangan dan mengganti url petisi.

Langkah 9: Klik “Publikasikan Petisi”

Apabila dirasa petisi yang kamu buat sudah benar dan sesuai, kamu bisa langsung mengklik opsi Publikasikan Petisi. Di bawah opsi tersebut terdapat keterangan yang berisi “Anda bisa mengubah petisi Anda kapan saja bahkan setelah dipublikasikan. Alamat email Anda tidak akan dibuka kepada pihak lain”

Langkah 10: Bagikan Link Petisi

Silakan bagikan link petisi agar banyak yang menandatangani petisi yang kamu buat apabila mereka setuju dengan isi petisi tersebut.

Nah, itulah dua cara membuat petisi online, yaitu melalui situs change.org dan petisionline.com. Silakan pilih situs yang menurutmu nyaman untuk digunakan. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba.

Similar Posts