Biaya Buat Sumur Bor

Biaya Buat Sumur Bor

Pasokan air bersih untuk kebutuhan rumah tangga bukan hanya memanfaatkan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) maupun Perusahaan Air Minum (PAM) saja. Pasalnya, seseorang bisa memanfaatkan sumur bor.

Selain itu, biaya buat sumur bor pasti berbeda di setiap wilayah, sedangkan acuannya bergantung pada tingkat kedalaman dan kesulitan pengerjaannya. Kamu bahkan mampu menghabiskan anggaran pembuatan sumur bor mencapai puluhan juta rupiah.

Sumur bor belakangan ini dianggap sebagai alternatif bagi siapa saja yang mempunyai debit air rendah terhadap kebutuhan rumah tangganya. Akan tetapi, kalian harus memeriksa kondisi dataran di tempat tinggal kalian sebelum membangun sumur bor.

Hal ini dikarenakan kondisi geografis mempunyai peran penting terhadap kedalaman air tanah yang berhak dikonsumsi. Apabila dataran di sekitar rumah tidak mendukung, kalian tidak dianjurkan buat sumur bor.

Di sisi lain ternyata pembuatan sumur bor memberikan manfaat beragam bagi kalian. Bagaimana tidak, kalian bakal memperoleh kualitas air lebih bagus daripada mengonsumsi air dari PDAM maupun PAM.

Walaupun anggaran yang dibutuhkan cukup tinggi, tetapi kamu tidak akan kecewa terhadap kualitas air yang didapatkan. Pasalnya, airnya sangat bersih dan jernih sehingga dapat dikonsumsi untuk seluruh anggota keluarga. Kondisi ini pun disebabkan dataran sekitar rumah tergolong bagus.

Biaya Buat Sumur Bor

Biaya Buat Sumur Bor
Biaya Buat Sumur Bor

Bagi kamu yang berencana membangun sumur bor, kalian bisa memilih sistem kerja biasa maupun borongan. Di samping itu, setiap pengerjaan mempunyai harga berbeda sesuai kemampuan dan kualitasnya masing-masing.

Terkait:  Cara Buat Ringtone iPhone Lewat GarageBand dan iTunes

Tak sedikit orang mengklaim pembuatan sumur bor secara borongan dianggap menghasilkan air lebih berkualitas. Namun, semuanya bergantung pada kondisi dataran dan kemampuan finansial kalian dalam membuat sumur bor dengan kedalaman berbeda.

Untuk mengetahui harga pembuatan sumur bor tidak hanya memperhatikan situasi dataran dan tingkat kedalaman saja. Biasanya para pekerja akan menganalisa berbagai macam hal dalam merancang sumur bor sebelum dibangun. Mereka tidak pernah memasang harga sembarangan sebelum menganalisa alat kerja dan lokasi dekat rumahmu.

Tujuannya agar kalian dapat tahu harga final tanpa mengeluarkan anggaran tambahan. Pastikan kedalamannya sesuai dengan budget yang sudah kalian siapkana supaya kamu bisa menutup biaya tak terduga selama pembuatan sumur bor berlangsung.

Biaya Buat Sumur Bor, Berikut Manfaat dan Tarifnya

Seperti kalian ketahui pembuatan sumur bor mempunyai tarif berbeda pada setiap wilayah. Di sisi lain faktor yang menentukan harganya semakin mahal atau murah adalah tingkat kedalaman dan lokasi dataran sekitar rumah kalian.

Meski begitu, kalian tidak selalu mengeluarkan budget lebih dari puluhan juta rupiah lantaran semuanya menyesuaikan dengan keinginan pemiliknya masing-masing. Beberapa hal penting yang harus kamu tahu adalah :

Apa Itu Sumur Bor?

Sumur adalah sebuah bangunan yang berguna sebagai sumber air dalam memenuhi kebutuhan rumah. Akan tetapi, sumur bor cenderung dipakai untuk bangunan berskala besar seperti rumah makan, hotel, sekolah dan lainnya.

Biasanya pembuatan sumur bor memakan kedalam hingga 30 meter, namun beberapa orang sering membuatnya hingga berkedalaman 200 meter lebih untuk bangunan besar. Pembuatannya harus dilakukan pada dataran tinggi karena punya kualitas air lebih baik.

Biaya Buat Sumur Bor Terbaru

  • 20 s/d 30 meter (kontur tanah liat) : Rp.9,000,000 (mesin pompa, pipa PVC 4 inci).
  • 30 meter (kontur tanah pasir) : Rp.10,000,000 (mesin pompa, pipa PVC 4 inci).
  • 30 meter (kontur bebatuan) : Rp.17,000,000 (mesin pompa, pipa PVC 4 inci).
  • 50 s/d 60 meter (kontur tanah liat) : Rp.15,500,000 (mesin pompa, pipa PVC 4 inci).
  • 40 s/d 50 meter (kontur tanah pasir) : Rp.16,500,000 (mesin pompa, pipa PVC 4 inci).
Terkait:  Biaya Langganan Mola TV

Biaya Buat Sumur Bor di Jabodetabek

  • 4 inci : Rp.200,000 per meter dengan pengeboran jet pump.
  • 5 inci : Rp.350,000 per meter untuk pengeboran sumur dalam.
  • 6 inci : Rp.525,000 per meter untuk pengeboran sumur dalam.

Biaya Buat Sumur Bor di Wilayah Lain

  • 4 inci : Rp.500,000 (sebelumnya) dan Rp.600,000 (sekarang).
  • 5 inci : Rp.600,000 (sebelumnya) dan Rp.675,000 (sekarang).
  • 6 inci : Rp.900,000 (sebelumnya) dan Rp.825,000 (sekarang).

Manfaat Buat Sumur Bor

Kalian akan menikmati beragam manfaat bila membangun sumur bor di rumah. Hal ini dikarenakan air selalu bersih dan risiko pencemaran pun lebih rendah. Kamu bahkan bisa melihat air selalu melimpah dan tidak perlu khawatir kehabisan air seandainya sedang musim kemarau.

Apabila sumur bor semakin berumur, maka kualitas air yang kalian miliki bisa lebih bagus. Sumur bor pun tidak akan menghabiskan lahan karena ukurannya lebih kecil daripada sumur konvensional.

Di samping itu, seseorang yang punya rumah berukuran kecil juga bisa mempunyai jarak ideal dari septic tank. Jumlah air yang kalian butuhkan juga bisa dihitung serta disesuaikan dengan kapasitas sumur bor yang bakal dibuat.

Lokasinya tidak bakal menganggu bahkan mengurangi debit air sumur, serta mampu dibangun pada semua lokasi. Satu sumur bor juga bisa dipakai untuk memenuhi seluruh kebutuhan rumah tangga dan digunakan bersama demi keperluan lainnya.

Hal yang Mempengaruhi Biaya Buat Sumur Bor

Untuk mengetahui harga pembuatan sumur bor ternyata kalian perlu memperhatikan dua aspek berbeda. Pertama, lihat wilayah sekitar pembangunan terlebih dahulu. Secara umum setiap daerah mempunyai kontur tanah dengan permukaan berbeda.

Oleh karena itu, satu sama lain memiliki tingkat kedalaman berbeda dimana sebagian besar terdapat bebatuan. Di sisi lain pun terdapat beberapa titik yang berlapis pasir bahkan laisan lempung bahkan homogen.

Terkait:  Biaya Kirim Paket ke Luar Negeri

Kedua, peralatan yang digunakan juga memberikan dampak terhadap harga buat sumur bor. Seandainya diameter sumur yang kalian inginkan cukup luas, maka peralayan yang bakal digunakan juga berukuran lebih besar.

Pekerja akan menentukan peralatan seperti PVC atau besi galvanis yang satu sama lain memiliki budget berbeda. Situasi seperti ini akan berdampak besar terhadap budget yang harus dikeluarkan setiap konsumen dalam bikin sumur bor.

Berapa Biaya Buat Sumur Bor Tertinggi?

Berdasarkan informasi yang beredar ternyata seseorang mampu menguras kantong cukup dalam mencapai Rp.50 juta untuk bikin sumur bor, sedangkan jumlah tersebut berlaku untuk per 100 meternya. Angka ini terbilang standar bagi wilayah perkotaan, terutama Jakarta yang punya harga bikin sumur bor lebih tinggi sampai sekarang.

Secara umum harga standar pembuatan sumur bor per meternya tidak pernah lebih dari Rp.100,000 hingga Rp.350,000. Tarif ini menyesuaikan lagi dengan kondisi dataran wilayah kalian, serta ukuran diameter sumur bor yang akan dirancang para pekerjanya.

Demikian ulasan soal biaya buat sumur bor beserta manfaatnya. Jika kalian selalu mengikuti semua informasi kami sejak awal, maka kamu tidak asing dengan pembahasan bikin sumur bor. Bukan rahasia umum pembuatannya memiliki harga berbeda sesuai domisili kalian masing-masing.

Seseorang bisa punya debit air berkualitas untuk kebutuhan rumah setiap hari dengan membuat sumur bor. Budgetnya tidak terlalu tinggi selama tingkat kedalaman dan diameternya tidak terlalu besar. Kamu bisa membuat sumur bor dengan kedalaman 20 meter untuk menekan anggaran dalam perencanaan pembuatannya.

Similar Posts