Cara Agar Pesan WhatsApp Tidak Masuk

Cara Agar Pesan WhatsApp Tidak Masuk dan Tetap Centang Satu

Apakah Kamu ingin membatasi komunikasi di WA dengan membuat chat dari pengirim seolah-olah belum diterima? Berikut ada cara agar pesan WhatsApp tidak masuk dan membuatnya tetap centang satu. Kamu harus mencobanya agar tidak dihubungi pengganggu. 

Kamu dapat menyiasatinya dengan banyak cara. Mulai dari tidak menyalakan sambungan internet, menggunakan mode hemat daya, hingga sekalian menghapus aplikasinya. Kamu bisa pilih beberapa tips yang akan dijelaskan di bawah ini. 

Cara Agar Pesan WhatsApp Tidak Masuk

Cara Agar Pesan WhatsApp Tidak Masuk
Cara Agar Pesan WhatsApp Tidak Masuk

1. Mematikan Data Seluler

Cara yang pertama yaitu dengan mematikan data seluler. Dengan membuat WhatsApp tidak tersambung lagi ke jaringan internet, otomatis pesan tidak akan masuk. Pada tampilan pengiriman pun tetap akan jadi centang satu, yang menandakan pesan belum diterima. 

Tapi cara ini ada kekurangannya. Sebab bisa saja Kamu melewatkan pesan penting. Terlebih lagi jika seluruh pekerjaan terpusat pada WhatsApp. Jadi, sebaiknya lakukan tips ini saat benar-benar ingin istirahat main WA dan menghindari spam chat. 

Kamu dapat mematikan data seluler dari menu Pengaturan ponsel. Langkah-langkahnya seperti di bawah:

  • Buka menu Pengaturan
  • Kemudian cari menu Kartu SIM & jaringan seluler. 
  • Lalu geser panel di menu Data Seluler menjadi off
  • Selain itu, Kamu dapat mematikan dari panel kontrol dengan mengusap layar. 

2. Mengaktifkan Mode Pesawat

Cara agar pesan WhatsApp tidak masuk kedua yaitu dengan mengaktifkan mode pesawat. Tips ini sebenarnya tidak jauh beda dengan yang pertama. Karena sama-sama memutus koneksi internet, sehingga WA benar-benar tidak online

Terkait:  Cara Transfer WhatsApp Android ke iPhone dengan Aplikasi

Namun bedanya, dengan mengaktifkan mode pesawat membuatmu tidak bisa mengakses lainnya. Contohnya jika ingin membuka media sosial maupun situs web. Begitu pula tidak dapat menerima panggilan dan pesan biasa. 

Seperti mematikan data seluler, sebaiknya aktifkan airplane mode saat Kamu ingin rehat. Hindari pengganggu yang suka chat dengan cara berpikir:

  • Buka fiturnya dari Pengaturan
  • Lalu pilih Koneksi & Berbagi. 
  • Geser toggle yang ada di menu Mode Pesawat. 
  • Kamu juga bisa mengaktifkannya dari control panel. 

3. Menonaktifkan Background Data

Tips selanjutnya adalah mematikan background data. Fitur ini akan membuat aplikasi WA tidak bisa berjalan di belakang layar. Ketika Kamu menutup aplikasinya, otomatis tidak terjadi lagi proses transfer data. 

Lain hal jika Kamu menggunakan background data, lalu minimize aplikasi. Meskipun tidak dibuka, aplikasi tetap berjalan dan terjadi transfer data. Karenanya saat belum ditutup sepenuhnya, kuota internet bisa jadi lebih boros. 

Tapi untuk Kamu yang ingin terhindar dari pengganggu di WhatsApp, sebaiknya menonaktifkan fitur ini. Dengan begitu pesan tidak akan masuk dan tetap dalam kondisi centang satu. Langkah-langkah menonaktifkan background data yaitu:

  • Masuk ke menu Pengaturan
  • Lalu cari Penggunaan Data atau Data Usage. 
  • Buka opsi Cellular Data Usage dan Wi-Fi. 
  • Selanjutnya cari dan ketuk aplikasi WhatsApp
  • Geser background data menjadi off

4. Menggunakan Mode Hemat Baterai

Cara agar pesan WhatsApp tidak masuk keempat yaitu mengatur HP ke mode hemat baterai. Seperti cara sebelumnya, fitur ini jika diaktifkan juga membatasi kerja aplikasi di belakang layar. Karenanya saat ada pesan baru, tidak bisa masuk ke ponselmu. 

Pesan baru hanya akan muncul jika Kamu membuka aplikasinya. Jadi, saat posisi WhatsApp tertutup, aktivitas di belakang layar otomatis akan dihentikan. Sebab tujuan dari mode ini untuk menghemat konsumsi daya yang berlebihan.

Terkait:  Cara Mengganti Nama di Whatsapp

Kamu bisa menggunakan mode ini dari panel kontrol. Usap layar ke bawah dan aktifkan Penghemat Baterai. Selain itu, dapat atur dengan cara berikut:

  • Buka menu Setelan di HP. 
  • Navigasikan ke fitur Baterai & performa. 
  • Kamu bisa menggeser toggle di menu Penghemat baterai ultra. 

5. Membatasi Penggunaan Kuota

Kamu juga dapat mencoba tips ini supaya tidak ada pesan WhatsApp yang masuk. Caranya yaitu dengan membatasi penggunaan kuota dari aplikasi WA. Data seluler atau jaringan WiFi tetap menyala, tapi dinonaktifkan untuk WhatsApp. 

Karena tidak ada koneksi internet, secara otomatis WhatsApp akan offline. Dalam kondisi ini pesan tidak masuk ke nomormu. Begitu pula tidak menerima update story yang dibuat oleh nomor dalam daftar kontak yang Kamu simpan. 

Tentunya cara ini akan membuatmu lebih hemat kuota. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka Pengaturan atau Setelan yang ada di HP. 
  • Setelah itu arahkan ke menu Koneksi & berbagi. 
  • Ketuk opsi Penggunaan Kuota. 
  • Berikutnya cari dan klik aplikasi WhatsApp dari daftar yang ditampilkan
  • Baru Kamu geser panel yang terdapat di samping Matikan data seluler, data latar belakang, dan WiFi

6. Melakukan Force Stop pada Aplikasi WhatsApp

Cara agar pesan WhatsApp tidak masuk berikutnya dengan melakukan force stop. Tips ini dapat Kamu coba jika sayang untuk uninstal aplikasi. Selain itu, menghentikan paksa aplikasi yang berjalan tidak akan membuatmu kehilangan data. 

Force stop juga jadi pilihan yang tepat apabila Kamu benar-benar ingin rehat main WhatsApp. Pengirim pesan akan mengira kalau akunmu sudah tidak aktif lagi. Karena saat dihentikan paksa, chat tidak akan masuk dan tetap centang satu. 

Langkah-langkah menghentikan paksa aplikasi sangatlah mudah. Kamu dapat melakukan force stop dari menu Pengaturan dengan menyimak panduan berikut ini:

  • Buka menu Pengaturan yang ada di HP atau klik ikon roda gerigi. 
  • Berikutnya masuk ke menu Kelola Aplikasi. 
  • Cari aplikasi WhatsApp dari daftar yang ditampilkan. 
  • Setelah pengaturan WA Kamu buka, klik tombol Berhenti Paksa. Nantinya shortcut akan hilang dari halaman depan. 
Terkait:  Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Hilang

7. Melakukan Uninstal Aplikasi WhatsApp

Cara yang ketujuh ini bukan hanya membuat pesan WhatsApp tidak bisa masuk. Tapi juga tidak menjalankannya untuk sementara. Dengan melakukan uninstal berarti menghapus aplikasinya dari perangkat, berikut data yang ada di dalamnya. 

Kamu bisa saja melakukan uninstal, asal benar-benar tidak memerlukan WhatsApp lagi. Atau kalau tidak, lakukan ini untuk sementara waktu agar terhindar dari orang yang sering mengirim pesan. Setelah dihapus, akunmu akan offline 100%.

Tapi jika ingin uninstal, sebaiknya lakukan backup untuk mencadangkan pesan penting. Jadi kalau sewaktu-waktu membutuhkannya lagi, tidak perlu membuat akun baru dan cukup memulihkan pencadangan. Backup chat ke cloud storage di menu Setelan WhatsApp. 

Apabila sudah mencadangkannya, bisa uninstal langsung dari halaman depan. Tekan dan tahan shortcut WhatsApp hingga muncul menu Uninstal. Kamu juga dapat melakukannya dari Pengaturan dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Buka Pengaturan HP. 
  • Kemudian cari menu Kelola Aplikasi.
  • Buka dan ketuk WhatsApp
  • Klik aplikasi tersebut dan tekan Uninstal di bawah. 

8. Menggunakan WhatsApp Modifikasi

Cara agar pesan WhatsApp tidak masuk yang selanjutnya yaitu menggunakan WhatsApp Mod. Tips ini lebih baik digunakan sebagai opsi terakhir. Karena memakai aplikasi ilegal tidak disarankan dan berbahaya bagi keamanan. 

Tapi WA Mod banyak dipilih karena menyediakan fitur tambahan yang tidak tersedia di versi asli. Dari aplikasi ini Kamu bisa mengatur akun tetap dalam kondisi centang satu, sehingga pengirim mengira pesan belum diterima. 

Itulah beberapa cara agar pesan WhatsApp tidak masuk. Kamu dapat membuatnya tetap centang satu dengan mematikan koneksi internet dan background data. Jika ingin sekalian offline sementara, bisa uninstal aplikasi. 

Similar Posts