Cara Broadcast WhatsApp di iPhone

Cara Broadcast WhatsApp di iPhone dengan 2 Metode Pilihan

WhatsApp memang jadi aplikasi untuk berkomunikasi yang paling populer hingga saat ini. Dengan aplikasi tersebut, Kamu bisa mengirim pesan ke banyak orang dalam satu waktu dengan fitur broadcast. Berikut akan dijelaskan bagaimana cara broadcast WhatsApp di iPhone yang mudah. 

Dengan broadcast, tentu keinginanmu untuk chat banyak kontak lebih mudah. Terutama bagi Kamu yang sedang menjalankan bisnis. Fitur tersebut membantu dalam proses pemasaran dan pengenalan produk baru kepada pelanggan. 

Sebenarnya tidak ada perbedaan jauh antara broadcast di HP iPhone dan perangkat lain. Tapi agar lebih jelas, Kamu dapat menyimaknya pada penjelasan berikut. Selain itu juga dijelaskan manfaat dari adanya fitur broadcast tersebut. 

Apa Itu Broadcast WhatsApp? 

Kamu perlu tahu pengertian ini sebelum menerangkan cara broadcast WhatsApp di iPhone. Broadcast merupakan fitur yang disediakan secara khusus oleh WhatsApp agar penggunanya dapat mengirimkan satu pesan kepada banyak kontak. Karenanya tidak perlu menyalin isi pesan dan mengirim satu per satu. 

Broadcast juga disebut dengan daftar siaran. Jadi, nantinya Kamu dapat memasukkan kontak yang dipilih ke dalam daftar siaran yang dibuat. Melalui daftar tersebut, secara otomatis pesan yang dibuat akan dikirimkan ke semua kontak hanya dengan satu kali klik. 

Jika sudah membuat daftar siaran, Kamu tidak perlu lagi memilih kontak ulang. Namun diperbolehkan mengeditnya dengan menambahkan atau menghapus kontak. Kamu juga bisa hapus broadcast yang sudah dibuat. 

Daftar siaran sering kali digunakan dalam dunia bisnis. Pasalnya, dengan broadcast dapat menjangkau lebih banyak pelanggan untuk mengenalkan produk baru. Itulah kenapa fitur ini bisa menjadi salah satu media marketing yang menjanjikan, mengingat WhatsApp digunakan hampir semua orang. 

Terkait:  Cara Menampilkan Notifikasi Whatsapp

Syarat dan Ketentuan Broadcast WhatsApp

Hal penting selanjutnya yang harus Kamu pahami sebelum membahas cara broadcast WhatsApp di iPhone yaitu syarat dan ketentuan. Pada dasarnya fitur ini gratis dan dapat digunakan oleh semua orang. Tapi ada beberapa ketentuan yang perlu dipahami. 

Karena membuat daftar siaran gratis, pasti ada beberapa pembatasan yang diterapkan oleh pihak WhatsApp. Kamu harus tahu hal ini agar dapat memanfaatkan fitur daftar siaran dengan lebih maksimal. Beberapa syarat dan ketentuannya yaitu:

  • Nomor pengguna yang akan dikirimi pesan harus Kamu simpan di daftar kontak. 
  • Nomormu wajib ada di kontak penerima pesan tersebut. Jika tidak, maka fitur broadcast tidak dapat digunakan. 
  • Batas maksimal kontak yang dapat ditambahkan ke dalam daftar siaran adalah 256 orang. 
  • Kamu dapat membuat daftar siaran lebih dari satu jika ternyata ada banyak kontak yang belum masuk broadcast
  • Tidak ada pembatasan jumlah pesan yang bisa dikirim. Tapi akan lebih bijak jika memberi jeda dan tidak mengirimkannya secara berurutan. Karena kalau terindikasi sebagai spam, bisa-bisa akun WhatsApp milikmu diblokir sementara atau bahkan permanen. 

Cara Broadcast WhatsApp di iPhone

Cara Broadcast WhatsApp di iPhone
Cara Broadcast WhatsApp di iPhone

Seperti yang diketahui kalau tampilan dari WhatsApp di android dan iPhone tidak sama. Mungkin Kamu sudah hafal benar cara broadcast di HP android karena sering menggunakannya. Tapi saat beralih ke iPhone, pasti merasa asing. Tenang saja, berikut ini cara membuat daftar siaran di HP iPhone:

1. Broadcast WhatsApp Messenger dan Business

Fitur broadcast ini dapat Kamu gunakan pada dua jenis aplikasi WhatsApp, yakni Messenger dan Business. WA Messenger diperuntukkan bagi penggunaan pribadi. Sedangkan WA Business ada fitur tambahan yang digunakan untuk mengembangkan bisnis. 

Terkait:  Cara Hapus Semua Kontak di iPhone Update Desember 2023

Cara broadcast WhatsApp di iPhone untuk kedua aplikasi tersebut sama. Pastikan dulu bahwa Kamu memenuhi syarat dan ketentuan yang sudah dijelaskan. Terutama soal penyimpanan nomor. Jika nomormu tidak disimpan oleh tujuan, maka tidak bisa memasukkannya ke dalam daftar siaran. 

Tampilan WA di iPhone yang berbeda mungkin membuatmu bingung mencari di mana letak menu broadcast. Sebab itulah, bisa lihat pada panduan di bawah ini:

  • Buka aplikasi WhatsApp Messenger atau Business yang Kamu gunakan. Jika menggunakan kedua aplikasi tersebut, sebaiknya pakai nomor berbeda untuk memisahkan urusan pribadi dan bisnis. 
  • Selanjutnya, pada halaman Chat di awal, pilih menu Broadcast List yang terdapat di sebelah kiri atas. 
  • Kemudian buat daftar kontak yang akan dikirimi broadcast. Tekan tombol New List untuk membuatnya. Kamu dapat memilih kontak yang relevan dengan isi pesan broadcast
  • Jika daftar siaran sudah dibuat, otomatis Kamu akan dialihkan ke dalam chat room baru.
  • Tuliskan pesan yang akan dijadikan sebagai broadcast
  • Untuk mengirimkannya, tekan ikon Send

Selain membuat daftar siaran biasa, ternyata Kamu juga bisa memakai label. Cara ini digunakan dalam WhatsApp Business untuk mengkategorikan pelanggan. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Ketuk label yang akan dibuatkan broadcast. 
  • Kemudian ketuk titik tiga dalam daftar siaran tersebut. 
  • Pilih menu Kirim Pesan Kepada pelanggan. 
  • Selanjutnya beri ceklis untuk membuat draf dan mengirim pesan. 

Ternyata Kamu juga dapat mengedit daftar siaran yang sudah dibuat, seperti menambahkan informasi penting dan nama. Selain itu bisa menambahkan dan menghapus kontak. Syaratnya tidak melebihi 256 kontak. 

2. Broadcast WhatsApp Business API

Kalau cara broadcast WhatsApp di iPhone yang kedua ini difungsikan secara khusus bagi Kamu yang memiliki usaha berkembang. WhatsApp Business API merupakan cara terbaik untuk menjangkau pelanggan. Bahkan bisa mengirimkan banyak pesan meskipun kontak tidak disimpan. 

Terkait:  Cara Broadcast WhatsApp Business 😋 (Yang Benar) Tercepat

Sebenarnya dalam WA Business API, fitur untuk mengirimkan pesan secara massal disebut dengan blast. Selain penyimpanan kontak, perbedaan lainnya ada pada jumlah chat. Kalau versi gratis hanya bisa broadcast ke 256 kontak, sedangkan versi berbayar ini bisa sampai ribuan pelanggan. 

Walaupun berbayar, fitur yang diberikan memang sebanding. Sebaiknya gunakan WhatsApp Business API jika bisnis yang dijalankan sudah mulai besar. Lantas, bagaimana cara mengirimkan chat ke ribuan pengguna tersebut? Simak tahapannya di bawah ini:

  • Kamu harus buat WhatsApp Business dulu. 
  • Daftarkan nomor ke mitra resmi WhatsApp Business API. 
  • Siapkan dokumen untuk langkah verifikasi bisnis. 
  • Lakukan verifikasi pada Facebook Business Manager. Kamu dapat meminta bantuan mitra tersebut. 
  • Jika sudah diverifikasi, baru fitur dapat digunakan. 
  • Selanjutnya buat konfigurasi dalam platform yang disediakan oleh mitra.
  • Pilih kontak yang akan dikirimi pesan. Selain manual, dapat membuat daftarnya dulu di Excel atau CSV. 
  • Masukkan nama kampanye, pengirim, dan isi pesan sebagai template
  • Tim WhatsApp akan meninjau template-nya. 
  • Jika tidak ada yang melanggar, chat dapat dikirim. 

Kelebihan Broadcast WhatsApp

Fitur ini tentunya disediakan untuk memudahkan aktivitas pengguna WhatsApp. Kamu dapat melakukan komunikasi bersama banyak orang dengan lebih mudah. Beberapa kelebihan dari adanya broadcast WA yaitu:

  • Bagi dunia bisnis, broadcast sangat efektif untuk media pemasaran dan meningkatkan penjualan. 
  • Lebih efisien dan menyingkat waktu, sebab Kamu tidak perlu mengirim pesan yang sama berulang-ulang. 
  • Memungkinkanmu untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan. 
  • Cara broadcast mudah dan murah dibandingkan mempromosikan produk dengan pamflet. 
  • Pesan dikirim seperti WA pada umumnya. Jika dibalas oleh penerima chat, akan diterima secara individual bukan ke semua daftar siaran. 

Demikian adalah cara broadcast WhatsApp di iPhone. Kamu bisa menggunakan fitur ini di WA pribadi maupun bisnis. Pastikan memenuhi syarat dan ketentuan sebelum membuat daftar siaran. 

Similar Posts