Cara Agar Pulsa Telkomsel Tidak Tersedot

Cara Agar Pulsa Telkomsel Tidak Tersedot dan Pastikan Tetap Aman

Apakah pulsamu pernah habis sendiri padahal tidak digunakan apa-apa? Permasalahan tersebut memang sering dialami pelanggan kartu Telkomsel. Karena itulah, di sini akan dibahas bagaimana cara agar pulsa Telkomsel tidak tersedot. 

Ada banyak sebab kenapa tiba-tiba pulsa habis tanpa dipakai. Bisa saja Kamu tidak sengaja berlangganan SMS premium ataupun nada sambung. Ada juga sebab lain yang mungkin tanpa disadari mengonsumsi banyak pulsa. 

Agar itu tidak terjadi lagi, Kamu harus tahu tips ini. Kenali pula apa saja sebabnya agar berikutnya bisa lebih hati-hati dan pulsa Telkomsel tidak tersedot. Lihat penjelasan lengkapnya di bawah. 

Penyebab Pulsa Telkomsel Tersedot

Seperti yang disebutkan, bahwa faktor dari permasalahan ini beragam. Waktunya pun tidak bisa ditebak. Karena setelah isi pulsa tiba-tiba hilang padahal tidak digunakan sama sekali. Jadi, sebelum mengetahui cara agar pulsa Telkomsel tidak tersedot, cari tahu penyebabnya di bawah:

1. Berlangganan NSP

Dulu memang biasa membeli dan berlangganan Nada Sambung Pribadi (NSP). Jadi, saat orang lain menelepon nomormu, akan tersambung dulu ke NSP sebelum diangkat. Inilah yang paling sering ambil pulsa tanpa diketahui. 

Biasanya Kamu menghubungi nomor di buku telepon yang memiliki NSP. Secara tidak sengaja, Kamu menekan nomor yang ternyata malah membuatmu berlangganan. Jika tidak dihentikan, maka pulsa akan tersedot setiap bulannya. 

2. Menggunakan Kartu Telkomsel Sebagai Metode Pembayaran

Sebab selanjutnya yaitu memakai kartu Telkomsel untuk membayar. Contohnya berlangganan aplikasi premium, seperti YouTube dan WeTV. Kalau Kamu tidak menonaktifkan perpanjangan otomatis, pulsa akan dipakai berlangganan.

Terkait:  Bagaimana Cara Mengecek Kuota Telkomsel: 8 Metode Terbaru

3. Berlangganan Paket Internet

Konsep dari faktor ketiga ini sama seperti sebelumnya. Jadi, Kamu membeli paket internet yang ternyata diperpanjang secara otomatis. Tanpa kamu memaketkannya ulang, pulsa akan terpotong untuk pembayaran saat masa paket internet sudah habis. 

4. GPRS Masih Aktif

Sebab inilah yang paling sering terjadi. Kamu tidak menyadari jika kuota internet sudah habis. Tapi perangkat tetap dibiarkan tersambung ke jaringan internet. Akibatnya, untuk akses internet harus menggunakan pulsa Telkomsel. 

Hal ini juga terjadi walaupun Kamu tidak membuka program tertentu. Karena aplikasi yang berjalan di belakang layar tetap terjadi proses transfer data. Walaupun merasa tidak mengakses apa pun, tetap saja pulsa terpotong. 

5. Berlangganan SMS Premium

Penyebab kenapa pulsa Telkomsel bisa tersedot adalah berlangganan SMS Premium. Contohnya seperti SMS yang berisi informasi zodiak, berita kegiatan artis, dan lainnya. Setiap kali pesan tersebut masuk, akan mengambil pulsa. 

Cara Agar Pulsa Telkomsel Tidak Tersedot

Cara Agar Pulsa Telkomsel Tidak Tersedot
Cara Agar Pulsa Telkomsel Tidak Tersedot

Kalau itu terus-menerus terjadi, pasti akan sangat merugikan. Karena pulsa yang baru saja Kamu beli akan tersedot tanpa disadari. Karena itulah, lihat beberapa cara berikut ini untuk menjaga pulsa Telkomsel:

1. Menggunakan Fitur Jaga Pulsa

Provider Telkomsel secara khusus menyediakan fitur untuk menjaga pulsa bagi pelanggan Telkomsel Prabayar. Fitur tersebut terdapat dalam aplikasi MyTelkomsel. Fungsinya tentu menghindari pemakaian pulsa untuk mengakses internet ketika kuota habis.

Keuntungan lainnya menggunakan fitur Jaga Pulsa yaitu secara otomatis perangkat tidak akan terkoneksi ke internet ketika tidak ada paket data yang aktif. Karenanya tidak perlu khawatir kalau Kamu lupa kuota sudah habis. Sebab pulsa tetap aman dan tidak akan terpakai. 

Asal Kamu pelanggan Telkomsel Prabayar, bisa menggunakan fitur Jaga Pulsa. Tapi syaratnya, untuk pengguna android minimal memakai aplikasi versi 6.9.0. Sedangkan di iOS versi 6.9.1 ke atas. Cara mengaktifkan fitur Jaga Pulsa yaitu:

  • Unduh MyTelkomsel versi paling baru. Jika masih di bawah minimal versi yang disebutkan, pastikan untuk meng-ugrade dulu. 
  • Selanjutnya masuk ke bagian Menu yang ada di dashboard
  • Cari dan pilih fitur Jaga Pulsa.
  • Berikutnya Kamu akan mendapatkan informasi dan opsi aktivasi. Ikuti saja prosesnya sesuai instruksi. 
Terkait:  Cara Menonaktifkan Kartu Halo: 3 Langkah Mudah dan Benar

2. Mematikan Jaringan Internet

Cara agar pulsa Telkomsel tidak tersedot kedua yaitu dengan mematikan jaringan internet. Dengan cara ini tidak akan ada proses transfer data di belakang layar. Sebaiknya rutin cek sisa kuota agar tidak sampai kebablasan dan buat pulsa tetap aman. 

Jika sudah mendapatkan notifikasi kuota habis, matikan data seluler sementara. Cara mematikannya di perangkat android yaitu:

  • Buka menu Setting
  • Lalu masuk ke bagian SIM Cards & Mobile Network. 
  • Ubah bagian Mobile Data menjadi off
  • Kamu juga bisa mematikannya dari panel kontrol. 

Untuk HP iPhone juga sama. Kamu bisa memutus sambungan internet dari panel notifikasi ataupun pengaturan. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Masuk menu Setting
  • Lalu cari opsi Cellular
  • Ketuk pilihan Cellular Data untuk mematikannya. 

3. Melakukan Unreg Paket

Cara agar pulsa Telkomsel tidak tersedot ketiga yaitu dengan melakukan unreg paket internet. Lakukan ini saat kuota sudah habis, tapi Kamu tidak ingin berlangganan. Dengan unreg paket tidak akan berlangganan otomatis juga.

Cara unreg bisa lewat aplikasi MyTelkomsel dan kode dial. Jika lewat MyTelkomsel, ikuti panduan berikut:

  • Jalankan aplikasi MyTelkomsel
  • Buka bagian informasi yang menunjukkan paket internet aktif. 
  • Selanjutnya pilih Berhenti agar tidak berlangganan dan ambil pulsa. 

Selain itu, Kamu juga bisa unreg dari kode dial. Ada kode tertentu untuk cara ini yaitu:

  • Buka aplikasi Telepon dan masukkan nomor *363#.
  • Tulis balasan yang menunjukkan nomor Paket Lainnya. 
  • Pilih Berhenti/S&K.
  • Lalu masukkan lagi perintah Berhenti untuk unreg

4. Menghentikan Langganan NSP

Lantas bagaimana jika tidak sengaja berlangganan NSP karena salah pencet? Kamu bisa menghentikannya dengan mengirim permohonan lewat SMS. Lihat panduannya berikut ini:

  • Buka aplikasi SMS atau Pesan di ponselmu. 
  • Masukkan format pesan STOP
  • Setelah itu kirimkan SMS ke nomor 1212.
Terkait:  Cara Cek Masa Aktif Voucher Telkomsel: Jangan Sampai Kadaluarsa!

Tunggu balasan dari Telkomsel yang menginformasikan jika langganan NSP sudah dihentikan. 

5. Menghentikan Layanan Berbayar

Cara agar pulsa Telkomsel tidak tersedot berikutnya adalah menghentikan layanan berbayar. Ini mungkin saja aktif secara tidak sengaja yang membuat pulsamu habis, padahal baru diisi. Kamu dapat menghentikan layanan tersebut lewat SMS dengan cara berikut:

  • Buka aplikasi Pesan
  • Kemudian kirim SMS dengan format STOP
  • Kirimkan pesan tersebut ke nomor 726.
  • Selanjutnya nantikan balasan penghentian layanan berbayar. 

Selain lewat SMS, bisa juga menghentikannya dengan kode UMB. Lihat panduannya di bawah:

  • Buka aplikasi Telepon dan masukkan kode UMB *726# dari papan ketik. 
  • Tekan OK atau tombol untuk memanggil. 
  • Akan ada pop up yang menampilkan permintaan menghentikan layanan berbayar. 
  • Masukkan angka 1 untuk perintah STOP
  • Berikutnya akan ada pesan masuk yang berisi informasi permintaan berhasil. 

6. Menghubungi Customer Service

Inilah cara agar pulsa Telkomsel tidak tersedot yang terakhir. Jika semua cara yang sudah disebutkan tidak work, Kamu bisa lakukan pilihan ini. Hubungi customer service Telkomsel untuk melaporkan kendala yang dialami. 

Biasanya, CS bukan hanya bantu menghentikan layanan yang membuat pulsa terpotong. Tapi juga mengganti pulsa yang hilang. Inilah beberapa CS Telkomsel yang bisa dihubungi:

Itulah beberapa cara agar pulsa Telkomsel tidak tersedot. Kamu harus cari tahu apa yang menjadi penyebab pulsa hilang sendiri. Hentikan paket dan layanan premium agar tidak berlangganan. 

Similar Posts