Cara Agar Status Online di WhatsApp Tidak Terlihat

Cara Agar Status Online di WhatsApp Tidak Terlihat: Pasti Berhasil

Kamu bisa menjaga privasi di aplikasi WA dengan mematikan status online. Tapi apakah sudah tahu jika ada beberapa cara agar status online di WhatsApp tidak terlihat yang bisa dicoba? Kamu dapat mematikannya langsung lewat setelan aplikasi atau beberapa tips manipulasi. 

Langkah manipulasi yang dimaksud yaitu membuat akun WhatsApp milikmu tampak selalu offline. Lalu pengguna lain akan mengira bahwa tidak ada aktivitas apa pun dari nomormu. Tentunya ini jadi cara jitu untuk menghindari pengganggu. 

Kamu bisa simak penjelasan ini untuk memahami caranya secara lebih lengkap. Selain itu, lihat pula beberapa alasan pengguna WA yang memilih untuk tidak memperlihatkan status online. Berikut keterangannya. 

Alasan Membuat Status Online di WhatsApp Tidak Terlihat

Pasti sering menemukan pengguna dari daftar kontak yang tidak menampilkan status online. Atau mungkin Kamu sendiri juga melakukannya? Hal tersebut dilakukan karena beberapa alasan.

Salah satu alasan paling mendasar kenapa tidak memperlihatkan status online yaitu menjaga privasi. Sebenarnya untuk faktor ini di setiap orang tidak sama. Jadi, jangan selalu mengaitkan dengan hal negatif jika ada pengguna WA yang menyembunyikan kapan terakhir online

Alasan privasi tersebut digunakan untuk membatasi diri dari urusan pribadi orang lain maupun kepentingan umum. Bukannya tidak aware atau peduli dengan orang lain. Tapi memang masing-masing mempunyai batasan dan kenyamanan sendiri. 

Mematikan informasi online ternyata bisa dijadikan sebagai alasan untuk menghargai orang lain. Terutama untuk menjaga privasinya. Selain itu juga menghilangkan anggapan sebagai orang yang sombong saat terlihat aktif, tapi pesan belum dibalas. 

Terkait:  Cara Melacak Nomor WhatsApp

Alasan selanjutnya kenapa status aktif di WA ini disembunyikan karena memiliki jadwal yang sibuk. Pada posisi tersebut pasti Kamu tidak sempat untuk mengurusi sosial media. Apalagi di tengah jadwal dan pekerjaan yang menumpuk. 

Beberapa orang menuntut WhatsApp dibalas dengan cepat. Tapi jika Kamu tidak sempat, sebaiknya lakukan cara ini untuk mematikan informasi online. Ini juga menjadi pilihan yang bijak supaya Kamu tidak dianggap tidak memiliki etika dalam berbalas pesan. 

Cara Agar Status Online di WhatsApp Tidak Terlihat

Cara Agar Status Online di WhatsApp Tidak Terlihat
Cara Agar Status Online di WhatsApp Tidak Terlihat

Sebenarnya Kamu dapat mematikan status aktif langsung dari aplikasinya. Tapi ada beberapa cara mengelabui kontakmu agar mengira bahwa WhatsApp offline. Simak cara-caranya di bawah ini:

1. Mengubah Terakhir Dilihat

Cara yang pertama adalah mengubah status last seen atau terakhir dilihat. Apakah ini berpengaruh? Tentu saja. Karena dengan Kamu mengubahnya menjadi privasi, orang lain tidak akan tahu kalau Kamu baru saja online di WhatsApp. 

Kamu juga lebih leluasa untuk chatting dengan orang yang penting saja atau sekedar ingin melihat story. Karena setelah menutup aplikasinya, pengguna lain tidak akan melihat notif terakhir dilihat di bawah namamu. Cara mengubah status last seen sebagai berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Kemudian di kolom chat, ketuk titik tiga. 
  • Selanjutnya masuk ke Setelan
  • Cari meni Privasi
  • Atur di bagian Terakhir dilihat & online. 
  • Lalu untuk yang paling atas, setting terakhir dilihat menjadi Tidak Ada jika awalnya Kontak Saya atau Semua Orang. 

2. Menyembunyikan Status Online

Cara agar status online di WhatsApp tidak terlihat yang kedua yaitu dengan cara menyembunyikannya. Di WA sendiri sudah ada fitur ini. Jadi, Kamu tinggal atur agar tidak ada yang tahu kalau sedang membuka WhatsApp atau bahkan berbalas pesan dengan orang lain. 

Terkait:  Cara Menghapus Akun Whatsapp

Pengaturan status online juga dapat dilakukan di Setelan, sama seperti last seen. Jika Kamu belum tahu, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Tekan titik tiga yang ada di halaman awal aplikasi WhatsApp. 
  • Setelah itu buka menu Setelan dan cari Privasi
  • Pada halaman tersebut, ketuk opsi Terakhir dilihat & online. 
  • Di sini hanya ada dua pilihan, yakni Semua Orang dan Sama seperti status terakhir dilihat. Jadi, pilih opsi yang kedua agar tidak ada yang tahu Kamu sedang online

Kelebihan dari tips ini memang bisa memberikan privasi. Tapi masalahnya, saat Kamu menyembunyikan status aktif, berarti juga tidak dapat melakukan hal yang sama ke pengguna lain. Kamu pun tidak bisa melihat informasi status terakhir dilihat dan online-nya. 

3. Membalas Chat dari Panel Notifikasi

Cara agar status online di WhatsApp tidak terlihat selanjutnya yang harus Kamu coba adalah tidak langsung membalas chat. Jika biasanya saat ada pesan baru langsung buka WA, mulai sekarang balasan lewat panel notifikasi saja. Karena nantinya tidak akan terdeteksi sedang online

Tapi yang perlu diingat dari cara ini yaitu sudah mengaktifkan pop up notifikasi dari pengaturan. Karena percuma jika belum diatur, maka saat ada chat baru tidak akan muncul di panel. Cara mengaktifkannya seperti berikut:

  • Buka menu Setelan di HP. 
  • Kemudian cari bagian Notifikasi
  • Masuk ke opsi Notifikasi Pop-up.
  • Pilih Selalu Tampilkan Pop-up agar notifikasi dapat muncul. 

Setelah mengaktifkannya, baru bisa membalas pesan penting saja tanpa harus buka aplikasi WhatsApp. Untuk pengguna android, langkah-langkahnya seperti di bawah:

  • Buka panel notifikasi dengan cara mengusap layar ke bawah. 
  • Pilih chat yang akan Kamu balas. 
  • Klik ikon dropdown di samping pesan tersebut. 
  • Ketuk tombol Balas
  • Tulis pesan dan tekan ikon pesawat kertas untuk mengirim. 
Terkait:  Cara Mengganti Nada Dering WA

Jika Kamu pengguna iPhone, caranya hampir sama. Ikuti saja panduan berikut:

  • Buka panel notifikasi dengan cara swipe down layar. 
  • Munculkan kolom balasan  dengan cara menahan bubbles yang ada di panel tersebut. 
  • Tulis balasan dan kirimkan. 

4. Mematikan Data Seluler

Cara agar status online di WhatsApp tidak terlihat selanjutnya dengan mematikan data seluler. Setiap kali Kamu membuka WA dan tersambung ke jaringan internet, pasti akan ditampilkan kalau sedang online. Sebab itulah, sembunyikan status aktif dengan mematikan data seluler. 

Kamu dapat menunggu semua chat masuk sebelum menyeleksi mana yang akan dibalas. Setelah itu, buka aplikasi WhatsApp dengan posisi data seluler mati. Sekarang Kamu bisa leluasa melihat pesan WA tanpa menampilkan status online

Tapi cara ini tidak mematikan centang biru. Seumpama Kamu mendapat pesan seseorang, lalu menutup aplikasi. Saat data seluler dinyalakan, yang awalnya hanya centang dua akan berubah biru, walaupun aplikasinya ditutup. Kecuali memang laporan receipt pesan dimatikan. 

5. Menonaktifkan Background Data

Cara agar status online di WhatsApp tidak terlihat yang kelima ini tidak sampai mematikan data seluler. Karena yang perlu Kamu lakukan adalah menonaktifkan background data. Dengan tips ini, tidak akan terjadi proses transfer data saat aplikasi berjalan di belakang layar. 

Lain hal dengan menggunakan di background. Saat Kamu minimize dan tidak menutup aplikasi sepenuhnya, tetap terlihat online. Karena itulah, nonaktifkan fitur ini dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka Pengaturan di HP yang ditandai dengan ikon roda gerigi. 
  • Kemudian cari menu Penggunaan Data. 
  • Temukan dan ketuk aplikasi WhatsApp
  • Geser toggle yang ada di opsi Data latar belakang. 
  • Selesai. WhatsApp akan tetap offline jika Kamu tidak membukanya. 

Itulah cara agar status online di WhatsApp tidak terlihat yang bisa Kamu coba. Beberapa tipas di atas memang tepat untuk jaga privasi. Membuat WA selalu terlihat offline juga membuatmu terhindar dari spam chat orang jahil. 

Similar Posts