Home » Mengatasi » Cara Mengembalikan Kontak WA yang Hilang

Cara Mengembalikan Kontak WA yang Hilang

Apakah kontak pada aplikasi Whatsapp tiba-tiba menghilang? Tak perlu khawatir, karena terdapat cara mengembalikan kontak WA yang hilang dengan mudah. Artikel ini akan membahas mengenai cara mengembalikan kontak WA tanpa perlu root atau menggunakan aplikasi tambahan.

Sebagai salah satu aplikasi perpesanan yang populer, Whatsapp hampir digunakan oleh semua pengguna smartphone. Tentunya pengguna memiliki banyak kerabat dan teman yang tersimpan di kontak Whatsapp.

Penyebab Kontak WA Hilang

Sebelum ke caranya, pembaca perlu mengetahui terlebih dahulu mengapa kontak whatsapp hilang. ada beberapa penyebab yang mengakibatkan kontak Whatsapp hilang dengan tiba-tiba, berikut penyebabnya.

  1. Menghapus kontak telepon

Mungkin banyak pengguna yang melakuka hal ini tanpa disadari. Mereka yakin hanya menghapus kontak telepon biasa saja. Tetapi kebanyakan nomor yang digunakan untuk telepon dan SMS biasanya juga digunakan sebagai WA.

  1. Pemilik akun menghapus kontak miliknya

Penyebab selanjutnya yakni pemilik akun menghapus akunnya. Jika hal tersebut terjadi maka dapat dipastikan nomor kontak Whatsapp orang lain yang disimpan akan hilang dalam daftar kontak pada aplikasi Whatsapp.

Bisa juga mereka mengganti dengan nomor yang baru atau tidak memperpanjang nomor tersebut.

  1. Mengganti Nomor Whatsapp

Jika pemilik akun mengganti nomor whatsapp dari kontak sebelumnya maka sudah pasti pengguna tidak dapat menemukan kontak lama tersebut dan tidak bisa mengirim pesan.

Saat seseorang mengganti nomor biasanya mereka akan memberikan informasi seperti melalu story maupun BC. Tetapi ada juga beberapa yang mendapatkan notifikasi saat membuka kontak yang lama.

Cara Mengembalikan Kontak WA yang Hilang

Cara Mengembalikan Kontak WA yang Hilang

Mengembalikan Kontak WA yang Hilang

Cara Mengatasi Kontak Whatsapp Tidak Muncul

Untuk menyelesaikan hilangnya kontak pada whatsapp, pengguna bisa melihat beberapa penyebab hilang yang sudah dibahas diatas.

Membedakan Kontak Whatsapp dan Bukan Whatsapp

Caranya mengembalikan kontak WA yang hilang pertama, pengguna dapat membuka kontak telepon. Kemudian pilih salah satu kontak yang tersimpan.

Saat sebuah kontak yang tersimpan terdapat nomor telepon dan tulisan whatsapp beserta logonya, dipastikan kontak trsebut terdaftar juga di Wa. Jadi berhati-hati jika ingin menghapus no telepon.

WhatsApp juga bisa untuk cek lokasi seseorang lho, baca panduan mudah mengenai cara mengetahui lokasi seseorang lewat Whatsapp di HP.

Mengatur Daftar Kontak yang Ditampilkan

Sistem operasi perangkat memiliki pengaturan dimana pengguna dapat menentukan kontak mana yang ingin ditampilkan dari beragam media penyimpanan kontak yang dimiliki. Caranya

  • Pilih setelan pada kontak

Caranya, buka aplikasi. Kemudian pilih kontak telepon dan tap tiga titik tiga pada pojok kanan atas. lallu pilih setelan.

  • Atur daftar kontak dan kontak yang ditampilkan

Kemudian pilih opsi atur daftar kontak. Tentukan daftar dengan memilih kontak yang ditampilkan. Pada pisisi ini jika pengguna memilih kontak WA saja maka hanya kontak tersebut uang tampil.

Sementara jika pengguna memilih semua kontak, maka baik kontak google, akun Mi, kartu kontak semua akan muncul.

Memperbarui Kontak Whatsapp

Untuk mengembalikan kontak WA yang hilang selanjutnya yakni memperbarui kontak whatsap. Caranya sangat mudah karena fitur ini sudah terintergrasi dengan aplikasi.

Caranya: buka aplikasi Whatsapp > pilih ikon tiga titik tiga di pojok kanan atas > klik perbarui.

Memberikan Izin Untuk Membaca Daftar Kontak Telepon

Dengan memberikan izin membaca kontak telepon, kontak pada aplikasi akan muncul kembali. Berikut langkahnya

  • Pilih aplikasi terinstal

Pertama, pengguna perlu membuka aplikasi whatsapp, kemudian pilih opsi dan klik aplikasi terinstal.

  • Pilih perizinan aplikasi pada Whatsapp

Selanjutnya, masuk ke pengaturan atau setelan. Pilih aplikasi terinstal dan cari aplikasi Whatsapp. Kemudian tap pada perizinan aplikasi.

Berikan izin agar aplikasi boleh membaca kontak telepon dengan geser ke kanan tombol hingga berwarna hijau.

Aplikasi Whatsapp akan bisa membaca kontak jika diberikan akses membaca kontak telepon. Hal ini karena whatsapp mengenali penggunanya hanya melalui kontak.

Tips Mengatasi Kontak Whatsapp Yang Hilang

Beberapa tips berikut ini akan sangat berguna jika pengguna masih belum jelas dan belum bisa memunculkan kontak yang hilang.

  1. Saat pengguna memiliki kontak seseorang dan ia mempunyai dua nomor kontak yang disimpan dengan satu nama, pengguna mungkin kebingungan kontak WA nya yang mana. Cara mengetahuinya cukup mudah, pengguna hanya perlu melihat kontak mana yang ada logo aplikasi WA nya.
  2. Jika pengguna memiliki teman yang tinggal di luar negeri, pastikan menyimpan kontak tersebut dengan kode internasional negara masing-masing. Jika tidak, kontak tersebut tidak akan dikenali di whatsapp.

Baca Tips Terbaru:

Nah, itu dia beberapa cara mengembalikan kontak WA yang hilang dengan cepat dan mudah. Kini pengguna tidak perlu takut lost contact dengan kerabat atau teman, karena jika kontak mereka hilang, pengguna bisa dengan mudah mengembalikannya. Semoga bermanfaat ya bangs.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *