Cara Format Kartu SD di HP Samsung

Bagaimana cara format kartu SD di HP Samsung? Kartu SD atau lebih dikenal dengan microSD merupakan suatu ruang penyimpanan eksternal yang cukup penting lho. Bagaimana tidak, siapapun pasti membutuhkannya jika memori internal ponselnya sudah penuh.

Jika kamu sering mengunduh dan menyimpan file-file berukuran besar, kemungkinan besar akan membutuhkannya. Meski begitu, mayoritas smartphone Samsung sekarang sudah dibekali RAM yang jumbo, namun setidaknya penggunaan microSD cukup diperhitungkan hingga saat ini.

Seseorang biasanya memutuskan untuk format microSD karena tidak terbaca pada perangkat yang sedang digunakan. Selain itu, beberapa data yang sulit terhapus menjadi alasan kartunya harus diformat. Kamu bisa mengetahuinya lewat cara format kartu SD di HP Samsung yang akan kami bahas melalui artikel ini.

Cara Format Kartu SD di HP Samsung
Cara Format Kartu SD di HP Samsung

Pengertian Kartu SD

Kartu SD (Secure Digital) merupakan alat tambahan yang bisa dimasukkan ke dalam perangkat lain, misalnya smartphone. Penggunaannya cukup krusial karena dapat menambah ruang penyimpanan jika memori internal perangkatnya sudah hampir habis, bahkan penuh.

Kartu SD hadir dengan berbagai macam merk ukuran yang dijual melalui toko offline atau online. Selain itu, harganya beragam dan cukup terjangkau lho. Kamu bisa membelinya untuk menambah memori di HP Samsung, sehingga dapat menyimpan data dan file lebih banyak.

Manfaat Format Kartu SD di HP Samsung

Jika kamu memutuskan untuk format kartu SD pada smartphone Samsung, kamu akan mendapatkan berbagai macam manfaat yang disadari atau tidak. Pasalnya, format kartu SD mampu mengatur ulang tata letak dari sektor yang berada di dalam memori penyimpanan perangkat.

Terkait: Cara Kloning WA di Samsung

Kamu mungkin sering menghapus atau menyalin file, sampai menyimpan berkas. Kondisi terssebut mengakibatkan beberapa space atau ruang yang sulit ditata dengan baik. Maka dari itu, solusinya adalah dengan format kartu SD agar tata ruangnya dapat kembali lebih optimal saat dipakai kembali.

Ciri-ciri Kartu SD Harus Dilakukan Format

Kamu tidak bisa sembarangan melakukan format kartu SD pada HP Samsung. Pasalnya, microSD yang wajib kamu format harus mempunyai salah satu bahkan semua ciri-ciri di bawah ini:

  • Kartu SD terkena malware dan virus yang susah dibersihkan secara internal.
  • Beberapa data seperti aplikasi, file, gambar dan lainnya tidak bisa dihapus, bahkan secara manual.
  • File tersembunyi susah dihilangkan dari kartu SD.
  • Data yang tersimpan di dalam kartu SD tidak bisa terdeteksi secara menyeluruh.
  • Kartu SD akan dijual ke orang lain.

Cara Format Kartu SD di HP Samsung

Cara format kartu SD di HP Samsung terkadang masih dianggap sulit oleh banyak orang, padahal siapapun bisa melakukannya dengan cepat dan mudah. Semuanya tergantung model atau tipe ponsel yang digunakan, di mana satu sama lain biasanya punya setelan berbeda.

Jika kamu masih belum tahu prosedurnya, maka bisa menyimak pembahasan artikel ini. Kami sudah menyiapkan tutorialnya sehingga kamu dapat mengatur ulang kartu memori tersebut. Jadi, microSD pun bisa dipakai untuk menyimpan data dan file apa saja seperti biasa.

Langkah 1: Buka Aplikasi Pengaturan

Cara format kartu SD di HP Samsung J2 Prime yang pertama adalah membuka aplikasi Pengaturan atau Setting. Kamu bisa menemukannya dengan lambang roda gerigi yang berada pada home screen alias halaman utamanya.

Langkah 2: Pilih Menu Pemeliharaan Perangkat

Pada halaman Pengaturan, kamu harus menekan tombol Pemeliharaan Perangkat atau Device Care yang berada di bagian bawah. Opsi ini bertujuan untuk mengatur dan mengelola sistem perawatan perangkat masing-masing.

Terkait: Cara SS Samsung A32

Langkah 3: Klik Penyimpanan

Langkah berikutnya yang dapat kamu lakukan adalah mengetuk opsi Penyimpanan atau Storage. Menu ini akan menampilkan informasi tentang jumlah memori internal yang sudah terpakai dan tersisa, termasuk kartu SD yang terpasang pada HP Samsung J2 Prime kamu.

Langkah 4: Pilih Menu Pengaturan Penyimpanan

Cara format kartu SD di HP Samsung J2 Prime selanjutnya adalah memilih menu Pengaturan Penyimpanan atau Storage Setting. Opsi ini bisa kamu temukan di bagian kanan atas pada halaman Penyimpanan.

Langkah 5: Klik Kartu SD

Pada bagian Pengaturan Penyimpanan, kamu harus menekan tombol Kartu SD. Tujuannya untuk mengetahui jumlah ruang yang sudah terpakai maupun tersisa. Selain itu, kamu pun dapat mengetahui kendala yang terdapat pada microSD tersebut.

Langkah 6: Tekan Tombol Format

Cara format kartu SD di HP Samsung J2 Prime yang dapat dilakukan adalah menekan tombol Format. Jika tombolnya sudah ditekan, tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai agar kartunya dapat digunakan kembali.

Langkah 7: Semua File di Kartu SD Terhapus

Cara format kartu SD di HP Samsung J2 Prime yang terakhir adalah melihat semua data dan file di dalam microSD. Jika semuanya sudah terhapus dan tidak ada data sama sekali, proses format sudah berhasil dan kamu bisa menyimpan file apapun lagi di dalamnya.

Cara Format Kartu SD di HP Samsung A12

Bagi kamu yang menggunakan kartu SD pada HP Samsung A12, maka sekarang bisa melakukan format dengan mudah dan praktis. Kamu hanya perlu melakukannya lewat setelannya dengan cara format kartu SD di HP Samsung A12 yang benar adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Pengaturan atau Setting dari HP Samsung A12.
  • Pilih menu Kelola Aplikasi atau Manage Apps.
  • Kemudian, lihat daftar aplikasi yang sudah terpasang pada ponselmu.
  • Jika sudah diperiksa, tekan tombol Kembali atau Back.
  • Pilih menu Penyimpanan atau Setting.
  • Klik Format.
  • Layar akan menampilkan perintah format kartu memori yang wajib diikuti.
  • Cek notifikasi yang ditampilkan (jika ada).
  • Pilih menu Format Kartu SD atau Format SD Card.
  • Ikuti perintah yang muncul pada layar lagi.
  • Terakhir, jika proses format sudah selesai maka semua data yang tersimpan akan terhapus secara menyeluruh.
Terkait: Harga Samsung Galaxy A7 (2018) Terbaru

Cara Format Kartu SD di HP Samsung A50

Jika kamu menggunakan HP Samsung A50, kemudian ingin menghapus semua data dan file pada microSD karena banyak virus, maka bisa mencoba cara format kartu SD di HP Samsung A50 sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Pengaturan atau Setting melalui HP Samsung A50.
  • Pilih menu Pemeliharaan Perangkat atau Device Care di bagian bawah.
  • Klik Penyimpanan atau Storage.
  • Pada halaman Penyimpanan, tekan tombol titik tiga yang berada di samping kanan atas layar ponselmu.
  • Pilih menu Pengaturan Penyimpanan atau Storage Setting.
  • Tekan tombol Kartu SD atau SD Card.
  • Klik Format.
  • Jika muncul jendela pop-up, tekan tombol Format Kartu SD Sekarang atau Format SD Card Now.
  • Terakhir, ikuti petunjuk selanjutnya hingga muncul pemberitahuan bahwa proses format kartu SD sudah selesai.

Cara format kartu SD di HP Samsung J2 Prime, A50 dan tipe lainnya bisa kamu lakukan dengan mudah. Kamu tidak perlu menggunakan aplikasi ketiga, sedangkan prosesnya bermanfaat untuk menghilangkan malware alias virus yang mengakibatkan semua data tidak terbaca. Selamat mencoba!

Related posts