Cara Agar TV Jernih dengan Antena Dalam

Cara Agar TV Jernih dengan Antena Dalam yang Jitu dan Mudah

Penggunaan antena untuk televisi tidak hanya yang dipasangkan di luar. Ada juga yang diletakkan di dalam rumah. Masalahnya, jenis antena indoor lebih susah menangkap sinyal dan buat televisi buram. Tapi tenang saja, berikut akan dijelaskan cara agar TV jernih dengan antena dalam. 

Sebenarnya tidak masalah jika Kamu ingin menggunakan antena dalam. Karena memang instalasinya lebih praktis daripada antena luar. Tapi yang jadi persoalan saat antena indoor tersebut tidak bisa menangkap sinyal secara maksimal disebabkan rumahmu berada di area terpencil. 

Apabila Kamu mengalami permasalahan ini, bisa lihat penjelasan di bawah. Akan dijelaskan bagaimana cara menggunakan antena dalam agar mendapatkan siaran TV yang jernih. Selain itu akan direkomendasikan beberapa merek antena indoor terbaik. 

Cara Agar TV Jernih dengan Antena Dalam

Cara Agar TV Jernih dengan Antena Dalam
Cara Agar TV Jernih dengan Antena Dalam

Ada banyak cara yang bisa Kamu coba untuk mengatasi televisi bersemut. Tapi cari tahu dulu apa yang membuat antena dalam tersebut tidak bisa menghasilkan siaran yang jernih. Mungkin beberapa cara di bawah menjadi solusi dari permasalahan ini. 

1. Pakai Antena yang Sesuai

Cara agar TV jernih dengan antena dalam pertama yaitu menggunakan produk yang sesuai. Seperti yang diketahui, bahwa jenis  antena indoor itu tidak hanya satu. Kamu harus pilih sesuai dengan jenis televisi yang digunakan, apakah analog atau digital. 

Jika kamu memakai televisi digital, maka jangan memasang antena analog. Karena tidak akan ada sinyal yang dapat ditangkap. Sebaiknya cari rekomendasi antena indoor yang bagus. Lihat masing-masing spesifikasi atau bertanya langsung pada penjualnya. 

Terkait:  Cara Format Kartu SD

2. Cari Posisi yang Tepat Saat Pemasangan

Inilah cara agar TV jernih dengan antena dalam yang tidak boleh Kamu lewatkan. Bukan hanya antena luar yang perlu diposisikan dengan tepat. Tapi juga antena dalam yang lebih sulit menangkap sinyal dari pemancar siaran. 

Lokasi penerimaan sinyal dari antena dalam itu tidak sebanyak yang dipasangkan di luar. Kamu harus membuat posisi yang lebih tinggi. Jika diletakkan di atas televisi atau rak buku masih belum jernih, maka carilah tempat paling tinggi di rumah, paling tidak 5—10 meter. 

Sebenarnya instalasi antena dalam itu lebih mudah. Terlebih lagi kalau rumahmu dekat dengan lokasi pemancar TV. Biasanya diletakkan di mana saja bisa menghasilkan suara dan gambar yang jernih. 

Jika sudah mendapatkan posisi yang tepat, sebaiknya gunakan perekat pada bagian bawah. Hal ini untuk mencegah antena berubah. Sebab perubahan sedikit saja akan mempengaruhi kualitas tayangan televisi. 

3. Pilih Kabel Coaxial yang Berkualitas

Kamu harus tahu bahwa kabel jadi komponen penting yang berfungsi untuk mentransmisikan sinyal dari antena ke penerima TV. Jika kabel coaxial bermasalah, sudah pasti televisi tidak dapat menerimanya sinyal. Jadi, Kamu harus cek apakah ada bagian yang longgar dan rusak. 

Jika longgar, kencangkan sambungan yang terdapat di terminal konektor. Tapi kalau putus, sebaiknya ganti dengan kabel coaxial baru. Karena menurut pengalaman, menyambung kabel membuat penerimaan sinyal kurang bagus disebabkan adanya nilai hambatan pada kabel. 

Carilah kabel coaxial yang berkualitas. Apabila kabel bawaannya kurang bagus dan sering lost signal, beli yang kuat dan bahannya lebih tebal. Tidak masalah kalau harus membeli dengan harga mahal. Karena setelahnya Kamu mendapatkan hasil memuaskan. 

Terkait:  Cara Agar TV Jernih Tanpa Booster yang Harus Kamu Pahami

4. Bersihkan Antena

Cara agar TV jernih dengan antena dalam yang keempat yaitu membersihkannya. Jenis antena indoor memang lebih minim terpengaruh oleh kondisi lingkungan sebab diletakkan di dalam. Tapi tidak menutup kemungkinan ada debu yang menempel pada elemen logam dan membuatnya kotor. 

Bukan itu saja. Usia antena dalam yang cukup lama juga memunculkan karat di beberapa titik. Terutama di bagian terminal konektor dan batang elemen. Faktor inilah yang menghalangi penerimaan sinyal dan membuat televisi banyak semutnya. 

Kamu harus membersihkan elemen yang kotor dan berkarat tersebut. Gunakan amplas halus untuk membersihkannya. Pastikan tidak menempatkan antena di tempat yang mudah terkena panas dan hujan, maupun tempat yang lembab. 

5. Perbaiki Pengaturan Tuner

Cara selanjutnya yang dapat Kamu coba untuk mendapatkan siaran televisi lebih jernih yaitu memperbaiki pengaturan tuner. Terlebih jika Kamu menggunakan tuner digital. Pengaturan ulang bisa membuat kualitas gambar dan suara lebih bagus. 

Biasanya, televisi yang buram itu disebabkan oleh ketidakmampuan tuner dalam menangkap sinyal secara sempurna. Apalagi komponen ini memiliki fungsi yang krusial. Kegunaan tuner adalah mengubah sinyal dari menara pemancar menjadi format digital. Jadi, kalau bermasalah cobalah untuk mengaturnya ulang. 

6. Jauhkan dari Logam

Cara agar TV jernih dengan antena dalam berikutnya yang harus Kamu lakukan adalah menjauhkannya dari barang-barang bertahan logam. Pastinya banyak perabotan rumah yang terbuat dari logam dan besi. Jika berada di dekatnya, antena tidak akan bisa terima sinyal dengan baik. 

Seperti yang disebutkan, posisikan antena indoor di tempat yang tinggi. Selain untuk memaksimalkan penerimaan sinyal, cara ini juga menjauhkannya dari barang logam. Kamu bisa atur jarak paling tidak dua meter agar televisi kembali jernih dan tidak muncul semutnya lagi. 

Terkait:  Cara Hutang Pulsa Im3

7. Sambung dengan Booster

Sepertinya ini adalah cara yang tidak boleh Kamu lewatkan. Antena dalam itu tidak seperti penggunaan luar yang bisa menangkap sinyal dengan lebih kuat. Karena itulah, Kamu butuh booster untuk memaksimalkan kinerja antena dalam menerima sinyal. 

Alat ini berfungsi untuk melakukan boosting atau memperkuat penerimaan sinyal oleh antena. Booster dapat disambungkan dengan mudah. Kamu cukup menghubungkan kabel dari alat tersebut ke soket yang disediakan oleh televisi. 

Ada banyak merek booster berkualitas yang dijual di pasaran. Kamu bisa lihat dulu bagaimana spesifikasi dan kemampuannya. Tapi terkadang ada juga booster yang dijual sepaket dengan antena, jadi kamu tidak perlu membelinya secara terpisah. 

8. Lapisi Antena dengan Aluminium Foil

Cara agar TV jernih dengan antena dalam ini mungkin terdengar sedikit aneh. Apa mungkin melapisi antena dengan aluminium foil atau timah bisa buat televisi tidak buram lagi? Sedangkan lembaran termasuk dalam bahan logam. 

Meskipun Kamu meragukannya, tapi cara ini sudah dibuktikan. Lapisan aluminium foil membuat penampang logam lebih besar, sehingga maksimal pula sinyal yang diterima. Lembaran tersebut juga membuat area resonansi sinyal lebih sempit, sehingga televisi akan jernih lagi. 

Rekomendasi Antena Dalam

Apabila menggunakan antena dalam, Kamu harus pintar-pintar mencari produk yang berkualitas. Pasalnya, ada banyak merek yang dijual di pasaran. Berikut ini rekomendasi antena indoor yang bisa membuat televisi di rumahmu jernih lagi. 

  • PF HD 14. Antena ini terbuat dari logam dengan dudukan plastik. Ukurannya lumayan kecil, sehingga mudah Kamu bawa saat pindah rumah. 
  • Toyosaki TYS-468 AW. Antena indoor yang menawarkan satu paket dengan booster. Dapat diputar 90 derajat dan sudah dilengkapi fitur anti petir. 
  • PX HDA-5000. Antena model hybrid, bisa digunakan outdoor dan indoor. Bisa memperkuat sinyal karena dilengkapi fitur low noise amplifier. 

Itulah beberapa cara agar TV jernih dengan antena dalam. Kamu harus mencari tahu apa yang membuat televisi banyak semutnya. Penambahan booster sepertinya jadi pilihan yang tepat untuk antena indoor

Similar Posts