Cara Agar TV Jernih Tanpa Booster

Cara Agar TV Jernih Tanpa Booster yang Harus Kamu Pahami

Booster sering diandalkan jika televisi di rumah sudah mulai muncul semut dan gambarnya tidak jelas. Padahal, ada cara agar TV jernih tanpa booster yang bisa dicoba. Kamu tinggal mengandalkan antena dalam atau luar yang sudah terpasang. 

Penggunaan booster memang diyakini dapat menguatkan sinyal yang diterima oleh antena untuk ditransmisikan ke televisi. Tapi harga perangkat ini ternyata tidak murah. Terlebih lagi kalau dijual terpisah dengan pembelian antena. 

Jadi, Kamu bisa coba cara lain untuk mendapatkan sinyal yang lebih maksimal dan siaran TV jernih kembali. Mulai dari memperhatikan bagian antena hingga kabelnya. Pahami juga apa yang membuat suara dan gambar televisi tidak jernih. 

Penyebab TV Tidak Jernih

Sebelum membahas bagaimana cara agar TV jernih tanpa booster, Kamu harus tahu dulu apa penyebabnya. Karena bisa saja munculnya semut di televisi itu disebabkan oleh kabel yang rusak atau posisi antena yang tidak tepat. Berikut ini beberapa faktor yang membuat TV tidak jernih:

  • Posisi antena salah. Penyebab pertama adalah kesalahan dalam memposisikan antena. Kamu tentu sudah paham kalau antena harus dipasang tinggi agar bisa menangkap sinyal dengan maksimal. Jadi, kalau posisinya terlalu rendah, suara dan gambar menjadi buram. 
  • Arah antena belum tepat. Bukan hanya posisinya saja yang dapat mempengaruhi sinyal. Tapi juga arahnya. Faktor yang paling umum yaitu mengarahkan antena berkebalikan dengan arah pemancar yang menjadi tujuan. Kamu harus tahu bahwa arah pemancar itu berbeda-beda. 
  • Salah pilih model antena. Sebab selanjutnya adalah salah memilih model antena. Jenis antena indoor dan outdoor itu beragam dan penggunaannya di setiap daerah tidak sama. Coba untuk lihat milik tetangga agar mendapatkan rekomendasi antena yang tepat. 
  • Antena sudah lama digunakan. Usia penggunaan juga ikut mempengaruhi kualitas siaran. Antena yang usianya terlalu tua tidak dapat menangkap sinyal dengan maksimal. Terlebih lagi pada siaran digital. 
  • Kesalahan pemasangan kabel coaxial. Kesalahan berikutnya yang ikut mempengaruhi hasil penayangan televisi ada pada kabel antena atau coaxial. Kamu harus cek seluruh bagian kabel. Yang paling sering terjadi biasanya antara serabut dan jalur tembaga saling bersentuhan. 
  • Kabel coaxial rusak. Penyebab TV tidak bisa menghasilkan gambar yang jernih selanjutnya adalah kabel rusak. Umumnya dikarenakan kondisi lingkungan, seperti kemasukan air, pemuaian, dan panas. 
Terkait:  Cara Extract File Zip

Cara Agar TV Jernih Tanpa Booster

Cara Agar TV Jernih Tanpa Booster
Cara Agar TV Jernih Tanpa Booster

Kamu tidak perlu memasang booster jika ingin mendapatkan siaran yang jernih. Ada banyak cara untuk Kamu coba supaya sinyal yang ditangkap bisa maksimal. Beberapa di antaranya yaitu:

1. Membersihkan Antena

Entah menggunakan antena dalam atau luar, Kamu harus memperhatikan cara ini. Karena antena bisa terkena kotoran dan mengalami karat. Faktor inilah yang mengakibatkan televisi di rumahmu tidak bisa menampilkan tayangan yang jernih. 

Pengaruh dari kondisi lingkungan yang menjadi penyebab utama. Seperti antena yang diletakkan di tempat lembab, terkena debu, hujan, dan panas. Adanya kotoran dan karat akan menghalangi proses penerimaan sinyal. 

Cara membersihkan antena dengan menurunkannya terlebih dahulu. Kemudian bersihkan menggunakan amplas yang halus. Terutama di bagian terminal konektor yang sering berkarat. 

Sekalian membersihkan, Kamu juga dapat membetulkan struktur yang bergeser dari saat pertama kali beli. Kencangkan baut dan kalau perlu ikat elemen pada antena. Tujuannya supaya tidak ada yang goyang saat terkena angin. 

2. Menjauhkan Antena dari Logam

Cara agar TV jernih tanpa booster selanjutnya adalah menjauhkannya dari barang-barang berbahan logam. Bahan tersebut bisa mengganggu antena dalam menerima sinyal. Paling sering ini terjadi pada antena yang diletakkan di dalam rumah. 

Salah satu contoh yang kurang diperhatikan yaitu pemasangan antena di bawah atap seng. Ternyata, hal tersebut menghalangi sinyal dan membuat televisi banyak semutnya. Sebaiknya jauhkan dari logam paling tidak dengan jarak dua meter. 

3. Mengganti Kabel Coaxial

Cara agar TV jernih tanpa booster ketiga yaitu mengganti kabel coaxial yang sudah rusak. Kabel merupakan komponen yang sangat penting. Tugasnya mentransmisikan sinyal dari antena ke penerima, yakni televisi. Jika rusak, tentunya proses penyaluran ini akan terhambat. 

Terkait:  Cara Agar TV Jernih dengan Antena Luar: 6 Tips Anti Gagal

Kamu bisa ganti kabel putus atau rapuh dengan yang baru. Pilih kabel coaxial berkualitas dengan serabut dari tembaga dan mempunyai body lebih besar. Sebaiknya tidak menyambung kabel karena akan meningkatkan nilai hambatan, sehingga kurang bagus menerima sinyal. 

Tapi jika permasalahannya kabel yang longgar, Kamu tidak perlu mengganti. Kuatkan saja sambungan kabel di terminal konektor antena. Setelah itu coba cek apakah gambar televisi sudah jernih lagi. 

4. Melapisi Antena dengan Aluminium Foil

Tanpa booster, Kamu dapat membuat TV jernih lagi dengan cara ini. Gunakan aluminium foil atau timah untuk melapisi antena. Lembaran yang termasuk logam tersebut akan meningkatkan daya penerimaan sinyal karena permukaan antena lebih luas. 

Penggunaan aluminium foil juga membuat area resonansi sinyal lebih sempit. Karena itulah, sinyal yang tidak diinginkan bisa terhalangi. Jadi, cobalah cara ini pada antena dalam maupun luar agar Kamu bisa menonton televisi dengan nyaman. 

5. Memasang Antena di Luar

Jika kualitas siaran terus saja buruk saat menggunakan antena dalam, sebaiknya beralih ke antena outdoor. Karena antena luar lebih kuat dalam menangkap sinyal. Walaupun untuk proses instalasi lebih sulit disebabkan ukurannya yang besar. 

Sebenarnya tidak ada yang salah memakai antena dalam. Tapi akan sulit menerima gelombang TV, terlebih lagi jauh dari tempat pemancar. Selain itu banyak gangguan yang muncul dan sinyal tidak bisa menembus perabotan rumah tangga serta tembok. 

6. Memakai Antena Tambahan

Kamu tidak perlu buru-buru membeli perangkat penguat sinyal. Karena ini ada cara agar TV jernih tanpa booster yang perlu Kamu lakukan. Cobalah memasangkan antena tambahan untuk menangkap lebih banyak channel

Seperti yang diketahui, kalau tempat pemancar tidak sama. Jika Kamu arahkan ke satu pemancar, bisa saja channel yang lain akan hilang. Sebab inilah, gunakan dua atau lebih antena. 

Terkait:  Cara Kerja Boiler

7. Menggunakan Tiang yang Tinggi

Cara agar TV jernih tanpa booster ketujuh yaitu menambahkan tiang pada antena. Semakin tinggi antena, semakin baik juga sinyal yang ditangkap dari pemancar. Karena itulah, Kamu dapat menyangganya dengan besi atau bambu. 

Membuat posisi antena lebih tinggi sesuai dengan karakteristik dari transmisi sinyal televisi terrestrial. Rambatan sinyal tersebut langsung ke antena dengan mengikuti kelengkungan bumi. Tapi yang perlu diwaspadai jika membuat antena tinggi yaitu angin kencang dan sambaran petir. 

8. Mengubah Arah Antena

Untuk membuat siaran televisi lebih jernih sebenarnya tidak harus menyambungkan booster. Kamu dapat memutar antena sesuai dengan arah datangnya sinyal dari pemancar terdekat yang ingin dituju. Lebih baik lagi jika tidak banyak pohon atau bukit yang menghalangi. 

Cara ini dapat Kamu terapkan pada antena indoor dan outdoor. Jenis antena luar directional bisa dimaksimalkan penerimaan sinyal dari satu arah dengan mengubah arahnya. Sedangkan saat ini sudah ada antena dalam yang bisa diputar 90 derajat. 

Itulah beberapa cara agar TV jernih tanpa booster. Kamu tidak perlu buru-buru membeli perangkat tersebut. Coba saja untuk memperbaiki antena dan kabelnya yang sudah mulai rapuh. 

Similar Posts