Cara Agar WhatsApp Terlihat Offline

Cara Agar WhatsApp Terlihat Offline di HP Android dan iPhone

Kamu bisa membuat WhatsApp seperti tidak aktif padahal Kamu sedang online. Dengan cara ini pengguna lain tidak akan tahu dan mengira Kamu tidak aktif lagi. Ini ada beberapa cara agar WhatsApp terlihat offline walaupun kenyataannya sedang online

Diaturnya WA agar offline terus karena beberapa faktor. Seperti ingin menjaga privasi dari pengguna WhatsApp, fokus bekerja, atau alasan penting lain. Mungkin di kondisi tertentu Kamu juga perlu membuat WA terlihat tidak aktif. 

Kenapa Membuat WhatsApp Terlihat Offline

Sebelum menjelaskan cara agar WhatsApp terlihat offline padahal sedang online, cari tahu dulu kenapa menyembunyikannya. Dalam keadaan tertentu, Kamu memang perlu melakukan cara ini. Karena bisa menjaga privasi maupun menghindari para pengganggu. Beberapa alasannya sebagai berikut:

Tidak Ada Waktu Bermain WhatsApp

Alasan pertama yaitu memiliki jadwal yang cukup padat. Karena hal itulah, mungkin saja membuatmu tidak punya waktu lagi untuk bermain WhatsApp. Seperti halnya tidak sempat membalas pesan WA, terlebih jika isinya tidak penting. 

Untuk alasan ini tujuannya lebih mengutamakan prioritas. Kamu tidak akan dituntut untuk membalas pesan WA dengan segera. Karena jika terlihat offline, maka si pengirim bisa mengira kalau Kamu belum membuka chat, meskipun kenyataannya sudah mengetahuinya. 

Ingin Mendapatkan Privasi

Alasan yang paling banyak dari tidak menampilkan status online di WhatsApp dan membuatnya terlihat offline adalah menjaga privasi. Kamu pasti punya hal yang tidak dapat dibagikan orang lain. Dengan mengaturnya offline, maka orang lain mengira Kamu tidak aktif lagi. 

Terkait:  3+ Cara di WhatsApp Agar Tidak Terlihat Online yang Aman🏡

Masing-masing orang mempunyai privasi yang sendiri. Kamu tidak boleh mengira bahwa orang yang menyembunyikan status aktif WA itu negatif. Karena bisa saja digunakan untuk membatasi diri dari urusan pribadi dan kepentingan umum.

Menjaga Etika Chatting di WhatsApp

Membuat WhatsApp tampak offline ternyata bisa dijadikan solusi untuk menjaga etika dalam chatting di platform digital. Apa alasannya? Karena Kamu mencoba untuk membatasi diri dari urusan orang lain dan memahami privasinya. 

Selain itu, bisa juga untuk menghargai orang lain. Karena kebanyakan pengguna akan kecewa ketika chat tidak dibalas atau bahkan tidak dibaca, padahal Kamu saat itu sedang terlihat online. Jika memang belum sempat membalas pesan, sebaiknya buat terlihat offline untuk menghargainya. 

Agar Tidak Mendapatkan Banyak Notifikasi

Alasan berikutnya agar tidak menerima banyak notifikasi. Sebab saat WhatsApp-mu terlihat aktif, orang-orang akan mengirim pesan. Jika terjadi di waktu bersamaan, membuatmu tidak bisa fokus bekerja atau aktivitas lainnya.

Karena itulah, mematikan status online jadi pilihan tepat. Buat pengguna lain di daftar kontak agar mengira Kamu offline. Selanjutnya akan lebih fokus dan menghindari percakapan yang tidak penting. 

Melampiaskan Sakit Hati

Alasan terakhir adalah melampiaskan sakit hati. Bisa jadi dengan tidak menampilkan status online menjadi solusi agar tidak lagi kecewa. Contohnya seperti chat yang terlalu lama dibalas atau tidak pernah dibaca sama sekali. 

Jadi, Kamu pun tidak akan berpikiran negatif kalau ada orang lain yang menyembunyikan status online-nya. Karena dalam kondisi tertentu ini menjadi pilihan yang tepat. Terlebih lagi privasi dan kepentingan orang untuk bermain WA itu tidak sama. 

Cara Agar WhatsApp Terlihat Offline

Cara Agar WhatsApp Terlihat Offline
Cara Agar WhatsApp Terlihat Offline

Berikutnya akan dijelaskan apa saja yang bisa Kamu lakukan untuk mengatur WA terlihat offline. Ada cara yang membuatmu online, tapi orang lain tidak akan tahu. Simak penjelasannya berikut ini. 

Terkait:  Cara Agar Pesan WhatsApp Tidak Masuk dan Tetap Centang Satu

1. Mengganti Status Terakhir Dilihat (Last Seen)

Cara agar WhatsApp terlihat offline yang pertama yaitu dengan mengganti  last seen. Status ini menunjukkan waktu terakhir membuka aplikasi WA. Jadi, jika online, kemudian menutup WhatsApp, pengguna lain akan tahu lewat fitur terakhir dilihat. 

Mengubah status last seen menjadi cara yang efektif agar orang lain menganggapmu sedang offline. Kamu dapat mengatur pengguna yang dapat melihat terakhir dilihat dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Lalu pada tab Chat, tekan titik tiga di kanan atas. 
  • Selanjutnya masuk ke menu Setelan
  • Pilih opsi Privasi
  • Kemudian buka fitur Terakhir dilihat & online. 
  • Ubah pengaturan last seen yang awalnya semua orang menjadi Kontak Saya atau Tidak Ada. 

2. Menonaktifkan Status Online

Cara agar WhatsApp terlihat offline berikutnya dengan menonaktifkan status online. Kamu tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan. Karena dapat mengaturnya langsung di aplikasi WA. 

Dengan mematikan informasi online ini akan membuat orang di kontak mengira Kamu sedang offline, sebab tidak ada tanda-tanda aktif. Inilah cara untuk menyembunyikannya:

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Selanjutnya tekan titik tiga di sudut kanan atas. 
  • Berikutnya masuk ke menu Setelan
  • Ketuk pengaturan Privasi
  • Klik opsi Terakhir dilihat & Online. 
  • Pada opsi online, jika awalnya Semua orang ganti menjadi sama seperti terakhir dilihat. 

Tapi yang harus dipahami, menonaktifkan informasi ini juga membuatmu tidak dapat melihat status online orang lain. Biasanya status tersebut ada di bawah nama kontak ketika membuka chat room. Aturan ini sama saat menyembunyikan status terakhir dilihat. 

3. Menonaktifkan Centang Biru

Centang biru adalah tanda kalau chat WA sudah terkirim dan dibaca oleh penerima. Jika mengaktifkan indikator ini, pasti pengguna tahu Kamu sedang online, karena itulah, cara agar WhatsApp terlihat offline yaitu dengan menonaktifkan centang biru. 

Terkait:  Cara Download WhatsApp di PC yang Aman dan Mudah🤫

Mematikan centang biru juga membuatmu tidak dapat melihatnya di pesan orang lain dan story. Meski begitu, cara ini efektif untuk dicoba supaya Kamu dianggap offline. Sebab mereka berpikiran chat yang dikirim belum dibuka. 

Tapi pengaturan ini tidak berlaku pada chat grup. Jadi, kalau di grup tetap bisa melihat laporan terbaca. Apabila Kamu ingin mematikannya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Tekan titik tiga di halaman awal WhatsApp. 
  • Kemudian masuk ke menu Setelan
  • Lakukan pengaturan di menu Privasi
  • Geser panel yang ada di opsi Laporan dibaca ke arah kiri untuk mematikannya. 

4. Mematikan Sambungan Internet

Cara agar Kamu terlihat offline yaitu dengan mematikan sambungan internet. Cara ini secara otomatis akan memutus transfer data pada aplikasi WhatsApp. Sebab itulah, WA tidak akan aktif dan saat di-chat pun hanya menampilkan tanda centang satu. Untuk user iPhone, inilah caranya:

  • Buka menu Settings
  • Kemudian cari menu Cellular
  • Kamu akan melihat opsi Cellular Data. Geser toggle yang ada di sebelahnya agar menjadi OFF

Sedangkan untuk mematikan data di android, bisa lewat kontrol panel. Tapi bisa lewat Pengaturan dengan cara berikut:

  • Buka menu Pengaturan
  • Kemudian cari menu Kartu SIM & Jaringan Seluler. 
  • Matikan panel pada opsi Data Seluler. 

5. Menggunakan WA Mod

Cara agar WhatsApp terlihat offline terakhir menggunakan aplikasi WA Mod. Banyak pilihan yang bisa digunakan, seperti GBWhatsApp, YoWhatsApp, WhatsApp Plus, dan lainnya. Fitur tambahan yang dapat diatur sesuai preferensi yaitu:

  • Menyembunyikan status online dan last seen. 
  • Membuat WA centang satu. 
  • Menonaktifkan centang biru. 
  • Membuat last seen palsu. 

Itulah beberapa cara agar WhatsApp terlihat offline. Kamu dapat melakukan beberapa pengaturan, seperti menonaktifkan status online dan terakhir dilihat. Bisa mengaturnya langsung di WA atau menggunakan aplikasi Mod. 

Similar Posts