Home » iOS » Cara Menghemat Baterai iPhone

Cara Menghemat Baterai iPhone

Cara menghemat baterai iPhone adalah sebuah ulasan yang akan jadi topik bahasan kami saat ini. Bagi kamu yang mungkin sering kali boros dalam penggunaan baterai iPhone bisa simak artikel ini hingga akhir agar senantiasa bisa menghemat konsumsi baterai iPhone kamu.

Seperti yang kita tahu, Iphone merupakan salah satu produk yang dikeluarkan oleh perusahaan Apple. Siapa sih yang nggak mau menggunakan produk Apple ini?

Khususnya di Indonesia, siapa pun orang yang menggunakan merk ini dianggap keren dan orang yang kaya. Mulai dari laptop hingga hanphone, produk ini selalu menggiurkan.

Dilihat dari berbagai fitur dan desain handphone yang menawan, pasti bisa membuat siapa saja meliriknya. Nah, sebelum kita membahas tentang cara menghemat baterai iPhone, ada beberapa hal yang perlu kita bahas bersama, yaitu tentang baterainya. Baterai pada iPhone memiliki kapasitas yang tergolong kecil.

Yaitu sebesar 1000 sampai dengan 3000 mAh. Jika kamu merupakan seseorang yang hobi travelling atau biasa bekerja diluar ruangan dalam waktu yang lama, tentu kapasitas sebesar itu sangat sedikit.

Sehingga perlu membawa powerbank jika iPhone mu mati secara mendadak, terutama disaat kamu sedang diluar ruangan.

Baterai iPhone

Berdasar pengalaman para pengguna iPhone, ternyata baterai yang iPhone yang miliki ini lebih boros dibandingkan ponsel-ponsel lainnya.

Biasanya iPhone harus diisi ulang dayanya selama beberapa jam sekali. Tentu sangat merepotkan, bukan?

Jadi kamu perlu mengetahui cara menghemat baterai iPhone, stay terus di artikel ini sampai akhir, nanti kita bakal bahas bersama, ya!

Namun, entah itu iPhone atau Android, yang namanya baterai isi ulang merupakan suatu komponen yang habis pakai.

Baterai juga memiliki umur yang terbatas, karena semakin lamanya umur baterai maka kinerja dan kapasitas baterai juga akan menurun. Tentu hal tersebut sangat berpengaruh pada kinerja iPhone  mu, ya.

Jenis Baterai Produk iPhone

iPhone dari masa kemasa selalu menampilkan produk yang lebih baik dari sebelumnya. Seperti halnya pada baterai.

Pada iPhone generasi lama, tentu memiliki kekurangan pada baterainya yang boros, tapi tidak jika kamu memakai Iphone keluaran terbaru, mereka menggunakan baterai jenis litium ion.

Baterai jenis litium ion ini akan mengisi daya lebih cepat dan bisa bertahan lebih lama. Baterai ini juga memiliki kerapatan daya yang lebih tinggi dengan kemasan yang lebih ringan.

Biasanya pada kemasan handphone, baterai ini terdapat tulisan “masa pakai baterai“, apakah kalian tahu apa artinya?

Artinya adalah, jumlah waktu yang perlu dijalankan perangkat sebelum melakukan pengisian daya. Berbeda dengan “umur baterai” yang berarti usia atau lamanya waktu yang dimiliki baterai untuk bertahan sampai saatnya perlu diganti dengan yang baru. Hal yang sangat berpengaruh pada kinerja baterai adalah aktivitasmu dalam memakai handphonemu.

Untuk masa pakai baterai, biasanya berkaitan erat dengan usia kimianya. Hal ini berkaitan dengan berbagai faktor seperti cara merawat baterai dan jumlah siklus pengisian daya.

Jadi kamu juga harus memperhatikan baterai Iphonemu, rugi kan kalau harus beli baru sebelum umur baterainya habis. Setelah ini kita akan bahas bersama tentang cara menghemat baterai Iphone, disimak baik-baik ya!

Cara Menghemat Baterai iPhone

Cara Menghemat Baterai iPhone

Menghemat Baterai iPhone

Bagi kamu yang sering pakai iPhone, mungkin boros baterai seringkali jadi permasalahan yang tengah dihadapi. Adapun cara menghemat baterai iPhone bisa dilakukan dengan beragam metode yang diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Cara Menghemat Baterai iPhone Agar Tak Cepat Habis

Pertama, ada beberapa cara menghemat baterai iPhone agar tidak cepat habis.

1. Uninstall/Hapus Aplikasi Facebook

Aplikasi Facebook sekarang ini sangatlah berat dan sering kali cepat membuat memori penyimpanan penuh. Prosesnya, juga sedikit berpengaruh pada konsumsi baterai yang tinggi.

Untuk itu, ada baiknya kamu hapus atau uninstall saja aplikasi Facebook yang telah terinstal di iPhone kamu. Sebagai gantinya, kamu bisa install dan pakai aplikasi Facebook Lite versi ringan dan hemat baterai.

2. Persingkat Auto-Lock

Sudah tau apa itu auto-lock bukan? Benar, auto-lock yaitu waktu tunggu sebelum smartphone standby. Mempersingkat waktu auto-lock juga dapat membuat baterai iPhone tahan lama dan terbilang irit lho.

Saran kami, pilih saja waktu auto-lock sesingkat mungkin yaitu 30 detik. Jika iPhone tak dipakai lagi dalam waktu 30 detik akan otomatis mengunci sehingga baterai akan lebih hemat.

Normalnya, batas waktu auto-lock yang cukup nyaman yakni kurang dari 2 menit. Jadi kamu bisa atur sendiri sesuai keinginan.

3. Maksimalkan Battery Health

Selanjutnya, sering-seringlah periksa kesehatan baterai. Caranya, buka menu Pengaturan/Settings » Battery » Battery Health. Kemudian akan ditampilkan informasi Maximum Capacity.

Jika prosentase baterai lebih dari 80% maka dapat dipastikan sangat sehat. Jangan lupa untuk manfaatkan juga pilihan Optimized Battery Charging agar saat pengisian baterai bisa maksimal.

4. Nonaktifkan AirDrop

Salah satu fitur dari iPhone yang sangat memerlukan koneksi Bluetooth untuk transfer file ke perangkat iPhone lain dinamai dengan AirDrop.

Selain banyak kegunaannya, ternyata AirDrop di iPhone ini sangat berpengaruh terhadap konsumsi baterai yang tinggi lho. Saran kami agar baterai iPhone awet dan tahan lama, sebaiknya matikan saja fitur AirDrop saat tak lagi digunakan.

5. Nonaktifkan Raise to Wake

Salah satu fitur yang memungkinkan iPhone menyala otomatis saat diangkat terkenal dengan sebutan Raise to Wake. Dengan adanya fitur ini, pengguna tak perlu tekan tombol apapun untuk menghidupkan iPhone.

Fitur ini juga sangat memudahkan untuk mengecek jam atau pemberitahuan di iPhone. Namun adanya fitur Raise to Wake ini justru lebih disayangkan karena hanya akan menambah tingkat konsumsi baterai yang hasilnya bisa boros baterai.

Untuk itu, sangat disarankan untuk menonaktifkan saja fitur Raise to Wake agar baterai iPhone lebih hemat dan tahan lama. Bagaimana cara nonaktifkan Raise to Wake? Masuk ke Settings » Display & Brightness. Scroll ke bawah, lalu geser tombol Raise to Wake ke kanan.

6. Nonaktifkan Aplikasi Latar Belakang

Agar lebih hemat baterai iPhone, sebaiknya disarankan juga untuk menonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Aplikasi yang berjalan di latar belakang sering kali disebut dengan Background App Refresh. Nah, cara menonaktifkan Background App Refresh adalah dengan masuk ke menu Settings » General » Background App Refresh.

Setelahnya, pilih satu atau beberapa aplikasi yang tidak penting kemudian nonaktifkan agar tak berjalan di latar belakang dan menguras baterai.

7. Nonaktifkan Notifikasi di Kunci Layar

Cara untuk dapat menghemat baterai iPhone yang selanjutnya adalah dengan menonaktifkan notifikasi/pemberitahuan pada kunci layar.

Makin sedikit jumlah aplikasi yang diberikan izin, waktu layar aktif juga dapat berkurang yang mengakibatkan konsumsi baterai minim, lebih hemat dan tahan lama.

Bagi mungkin yang belum tau cara menonaktifkan notifikasi di kunci layar, masuk saja ke menu Settings » Notifications. Kemudian pilih aplikasi dan matikan opsi Show on Lock Screen.

Cara Menghemat Baterai iPhone iOS 13

Metode selanjutnya, adalah dikhususkan bagi para pengguna iPhone versi terbaru yang memakai iOS 13 atau diatasnya. Bagaimana cara menghemat baterai iPhone iOS 13? Ada 10 tips yang bisa dicoba, diantaranya:

1. Selalu Pastikan Kesehatan Baterai

Seperti yang diketahui, kesehatan baterai sangat berpengaruh terhadap tingkat konsumsi penggunaannya. Jadi, agar lebih hemat baterai sebaiknya kamu sering-sering melakukan pengecekan kesehatan baterai.

Jika mungkin baterai iPhone tiba-tiba panas, coba hentikan sejenak penggunaan iPhone. Lanjutkan lagi setelah baterai kondisi adem (tak lagi panas).

2. Gunakan Dark Mode

Menggunakan tampilan dark mode atau mode gelap juga dapat berpengaruh untuk lebih menghemat penggunaan baterai iPhone.

Dalam beberapa uji kasus, Dark Mode terbukti berpotensi kuat dalam penghematan baterai. Terlebih pada iPhone berlayar OLED.

3. Jangan Tutup Aplikasi

Sedikit berbeda dengan cara menghemat baterai android, menutup aplikasi yang tak lagi digunakan pada iPhone justru akan menjadikan tingkat konsumsi baterai tinggi.

Meski secara logika, aplikasi di latar belakang yang masih berjalan justru akan menyedot penggunaan baterai, ini berbeda dengan realita pada iPhone.

Secara kenyataan, menutup aplikasi hanya akan membuat RAM bekerja dari awal lagi saat aplikasi dibuka. Hal tersebut justru dapat menguras baterai apabila terus-menerus dilakukan.

Bahkan, Apple juga telah mengkonfirmasi bahwa menutup aplikasi di latar belakang tidak akan menambah daya baterai.

4. Hidupkan Low Power Mode

Selanjutnya, kamu bisa menghidupkan fitur Low Power Mode agar penggunaan baterai lebih hemat. Caranya, masuk saja ke menu Settings » Battery. Lalu nyalakan opsi Low Power Mode.

5. Batasi Penggunaan Location Services

Dalam menghemat penggunaan baterai iPhone, sangat disarankan untuk mengelola aplikasi apa saja yang boleh mempergunakan fitur layanan lokasi ini. Bukan berarti mematikan fitur location services ya, hanya batasi beberapa penggunaan aplikasi yang dianggap penting saja.

Caranya, masuk ke menu Settings » Privacy » Locations Services. Scroll dan geser ke bawah, cari satu atau beberapa aplikasi yang ingin diberikan izin untuk mengakses lokasi.

6. Batasi Aplikasi yang Mengakses Bluetooth

Kamu perlu tahu bahwa pada iOS 13, Apple telah menambah kemampuan mengatur setiap aplikasi yang meminta akses Bluetooth.

Jika kita batasi akses Bluetooth, maka sistem dapat bekerja efektif tanpa perlu menyedot daya penggunaan baterai yang begitu banyak.

7. Batasi Background Activity

Agar menghemat penggunaan baterai iPhone, kamu juga bisa membatasi background activity.

8. Batasi Notifikasi

Membatasi jumlah pemberitahuan dari beberapa aplikasi juga dapat menghemat daya konsumsi baterai. Jadi, atur aja notifikasi yang muncul berasal dari aplikasi yang dianggap penting saja.

9. Atur Aplikasi yang Menguras Baterai Terbanyak

Adakah aplikasi yang mungkin menguras penggunaan baterai? Coba cari aplikasi tersebut, jika dirasa paling banyak menguras daya baterai paling banyak maka tutup saja agar baterai tak cepat habis.

10. Nonaktifkan Download Otomatis dan Update Aplikasi

Adanya pengaturan untuk download dan update aplikasi secara otomatis justru akan menguras penggunaan baterai. Sebaiknya, kamu matikan saja fitur tersebut dan jika memang ada aplikasi yang harus diupdate maka lakukan update aplikasi secara manual saja.

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami ulas mengenai cara menghemat baterai iPhone dengan beragam metode paling mudah yang bisa dicoba. Semoga bermanfaat, jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kamu!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *