Cara Cari Channel TV Digital

Cara Cari Channel TV Digital (4 Metode), Manual dan Otomatis

PindahLubang.com – Indonesia sudah resmi menghapus siaran TV analog ke digital. Sayangnya, banyak orang tidak tahu cara cari channel TV digital dengan benar dan mudah. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menegaskan, peralihan ini bertujuan agar masyarakat dapat menikmati siaran lebih jernih.

Masyarakat pun dapat mencari saluran televisi secara manual dan otomatis. Semuanya tergantung merk dan tipe perangkat TV yang digunakan. Selain itu, channel TV pun dapat dicari dengan atau tanpa Set Top Box (STB) lho.

Penggunaan TV digital yang semakin meluas, ternyata membuat masyarakat harus tahu cara mencari dan menemukan salurannya dengan benar. Jika tidak, kamu akan sulit menonton acara kesayangan saat waktu senggang bersama keluarga. Kamu hanya perlu butuh waktu 15-20 menit untuk menemukan channel favoritmu.

Kenapa TV Digital Tidak Ada Sinyal?

TV digital yang tidak ada sinyal biasanya sulit menangkap saluran dengan mudah. Kondisi ini ternyata disebabkan oleh beberapa faktor berikut:

  • Gangguan Sinyal di Wilayah Tempat Tinggal
    Tak menutup kemungkinan TV digital tidak ada sinyal disebabkan oleh gangguan jaringan. Ada beberapa kawasan, baik dataran rendah maupun perkotaan yang memiliki sinyal digital kurang bagus. Kondisi ini mengakibatkan gambar yang dihasilkan tidak terlalu jelas dan jernih.
  • Kabel Antena Rusak
    Faktor berikutnya yang mengakibatkan TV digital tidak ada sinyal adalah kabel antena rusak. Secara umum alat tersebut sangat penting, di mana fungsinya untuk menangkap jaringan TV digital. Jika rusak, siaran apa pun tidak akan muncul dan ditampilkan dari layar televisi.
  • Antena Kurang Bagus
    Jangan menggunakan antena yang kurang bagus, kalau ingin mendapatkan siaran TV digital lebih jernih. Pasalnya, semakin bagus kualitasnya, hasil gambar yang ditampilkan sudah pasti memuaskan. Kamu harus memastikan antenanya sangat direkomendasikan untuk TV digital.
  • Jack TV Bermasalah
    Bukan hanya antena, jack TV yang bermasalah pun berdampak buruk pada saluran televisi yang akan ditampilkan. Jack adalah perangkat yang menyambungkan antena ke STB. Bisa jadi jaringannya tidak muncul karena jack rusak, putus, bahkan penyok karena salah penyimpanan.
  • Arah Antena
    Kamu harus tahu kalau arah antena sangat berpengaruh terhadap hasil tangkapan siaran televisi. Jika arahnya salah, jangan heran kamu sulit menonton acara favorit di rumah. Maka dari itu, pastikan penempatannya dilakukan dengar benar, agar channel TV dapat dijangkau.
Terkait:  Cara Melacak Lokasi No HP Secara Detail

Kelebihan TV Digital

Peralihan TV digital dari analog bukan tanpa alasan. Kamu harus tahu kalau keberadaannya memiliki beragam kelebihan yang menguntungkan sebagai berikut:

  • Siaran Lebih Variatif
    Penggunaan TV digital semakin mendominasi saat ini. Alasannya, masyarakat bisa memilih dan mencari acara terbaik ketika kumpul bersama keluarga di rumah. Kamu tidak akan bosan menghabiskan waktu luang di rumah. Acaranya lebih bagus, edukatif dan lebih berkualitas.
  • Kualitas Gambar Jernih
    Jika dibandingkan TV analog, mayoritas masyarakat memutuskan untuk beralih ke TV digital. Mereka bukan sekadar menikmati jumlah acaranya yang lebih banyak. Hal ini dikarenakan kualitas gambarnya lebih jernih, sehingga kamu tidak akan terganggu saat nonton di rumah.
  • Mendorong Industri Kreatif
    Kominfo menegaskan bahwa siaran TV digital mampu mendorong industri kreatif untuk semakin berkontribusi pada bidang penyiaran. Oleh karena itu, semakin banyak jumlah pengguna TV digital, mereka akan lebih giat memproduksi acara lebih mendidik bagi masyarakat.

Cara Cari Channel TV Digital

Cara Cari Channel TV Digital
Cara Cari Channel TV Digital

Bagi kamu yang baru memiliki televisi digital, segera mencari saluran terbaik untuk ditonton setiap hari. Kami sudah menyiapkan panduan, sehingga kamu dapat cari daftar channel TV digital yang layak dilihat bersama keluarga.

Kamu pun dapat menggunakan STB, hingga receiver untuk melacak saluran televisi yang diinginkan. Biasanya proses pencariannya tidak butuh waktu lama. Semuanya tergantung kondisi cuaca, hingga pemasangan antena di rumah. Pastikan semuanya dipasang dengan benar, agar prosesnya berjalan dengan cepat.

Cara Cari Channel TV Digital Secara Otomatis

Untuk mencari saluran televisi digital, kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana seperti panduan di bawah ini:

Langkah 1: Pastikan TV Sudah Mendukung Saluran Digital

Pastikan TV yang kamu gunakan sudah mendukung saluran digital. Jika tidak, bagaimanapun metode yang akan dilakukan, perangkat tidak akan berhasil menangkap siaran digital. Kamu perlu mengecek spesifikasi produknya terlebih dulu, atau ditanyakan langsung ke pihak penjual TV digital saat dibeli.

Terkait:  Cara Cari Channel TV yang Hilang, Cepat dan Praktis!

Langkah 2: Buka Setelan di Televisi

Kalau TV sudah mendukung saluran digital, maka kamu bisa membuka setelannya dengan remote control. Tombol ini biasanya ditandai dengan simbol gerigi bertuliskan Setelan atau Setting. Kemudian, ketuk opsi Program atau Programs untuk memulai proses pencarian saluran televisi digital.

Langkah 3: Cari Saluran Secara Otomatis

Kamu bisa melakukan pencarian saluran secara otomatis. Caranya dengan menekan tombol Auto Tuning, tepatnya sesudah mengetuk opsi Programs. Kamu bisa klik kalau TV menggunakan antena, tapi bisa tekan tombol Cable atau STB kalau sebaliknya. Lalu, klik Start untuk mencari saluran digitalnya.

Langkah 4: TV Memulai Pencarian Saluran Digital

TV akan memulai proses pencarian salurannya, sedangkan kamu dapat menunggu selama beberapa saat hingga selesai. Jika ada simbol DTV pada layar, berarti jumlah siaran yang bisa ditangkap oleh perangkat televisimu. Kamu pun dapat menonton acara kesayangan bersama keluarga setiap hari.

Cara Cari Channel TV Digital Secara Manual

Bagi kamu yang ingin mencari saluran televisi digital secara manual, maka bisa mengikuti petunjuk dari kami di bawah ini:

  • Hidupkan TV digital terlebih dulu.
  • Pada remote control, tekan tombol Menu dengan mengarahkannya ke layar TV.
  • Atur frekuensi berdasarkan saluran TV.
  • Jika sudah muncul, segera simpan dan kunci saluran tersebut supaya bisa ditonton setiap hari.

Cara Mencari Channel TV Digital Lewat Set Top Box

STB sudah menjadi alat bantu penting untuk pengguna TV digital. Fungsinya sebagai pemancar, sekaligus pencari saluran televisi akan selalu dipakai setiap hari. Kamu bisa mencarinya dengan mengikuti tutorial berikut:

  • Nyalakan TV digital terlebih dulu.
  • Cek dan pastikan kabel AV STB sudah terhubung ke TV.
  • Jika sudah terhubung, pindahkan ke Mode AV.
  • Pastikan STB sudah masuk ke AV.
  • Hidupkan STB.
  • Klik Menu melalui remote STB.
  • Pilih menu Pencarian Saluran atau Channel Searching.
  • Klik Pencarian Otomatis atau Auto Scan.
  • Perangkat akan memulai proses pencarian, tunggu beberapa saat hingga selesai.
  • Terakhir, tekan tombol Save untuk menyimpan dan mengunci saluran TV yang sudah ditemukan.
Terkait:  Cara Melacak Handphone Xiaomi yang Hilang

Cara Mencari Channel TV Android

TV Android semakin diminati masyarakat karena bisa menangkap siaran digital. Bagi yang masih bingung, kamu dapat menemukan salurannya dengan mengikuti panduan di bawah ini:

  • Pertama, hubungkan kabel antena UHF ke TV dengan benar.
  • Hidupkan TV.
  • Pilih menu Pengaturan atau Setting melalui remote control.
  • Klik DTV untuk memperoleh siaran digital.
  • Pilih menu Auto Scan untuk melakukan pencarian secara otomatis.
  • TV akan mencari siarannya sselama beberapa saat.
  • Terakhir, siaran digital sudah ditemukan dan bisa ditonton setiap hari.

Pengguna televisi digital sekarang bisa menemukan saluran terbaik yang diinginkan. Kamu bisa mencoba salah satu cara cari channel TV digital di atas yang sudah terbukti valid. Semoga bermanfaat!

Similar Posts