Home » Melacak » Cara Melacak Handphone Xiaomi yang Hilang

Cara Melacak Handphone Xiaomi yang Hilang

Bagaimana cara melacak handphone  Xiaomi yang hilang? Tidak jarang kita ceroboh atau lupa menyimpan smartphone terakhir kali. Lalu akhirnya kita panik sendiri karena sulit menemukannya. Namun bagi para pengguna ponsel Xiaomi kini tidak perlu khawatir.

Sebab Xiaomi menawarkan fitur menarik untuk melacak ponsel Xiaomi itu sendiri. Inilah yang memudahkan pengguna smartphone asal negeri China ini untuk mencari lokasi ponsel Xiaomi, baik itu hilang, dicuri, ataupun melacak HP Xiaomi yang Hilang dalam keadaan mati sekalipun.

Mi Cloud ialah salah satu aplikasi yang paling diandalkan bagi semua tipe smartphone yang diluncurkan perusahaan Xiaomi, selain menawarkan banyak fitur juga sangat mudah digunakan. Salah satunya adalah untuk sinkronasi dengan Gmail. Jadi, kamu bisa melacak hp lewat email dengan mudah, karena sudah tersinkron dengan HP xiaomi mu.

Adapun salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Mi Cloud ini ialah dapat melacak lokasi keberadaan ponsel Xiaomi yang dicuri atau hilang. Namun sebelumnya,  mari kita simak beberapa fitur lainnya yang terdapat pada aplikasi andalan Xiaomi ini!

1. Lost Mode

Fitur yang satu ini dimanfaatkan apabila ponsel Anda benar-benar telah dicuri. Smartphone Xiaomi sebenarnya tidak akan dapat dibuka apabila fitur ini diaktifkan kecuali jika pemegang ponsel bisa masuk menggunakan akun Mi Cloud.

Lalu jika si pencuri ponsel tersebut mengganti kartu SIM, maka Anda akan menerima notifikasi jika Hp Xiaomi telah diganti kartu SIM-nya.

2. Noise

Meskipun ponsel Anda dalam kondisi silent atau mode diam, namun dengan fitur ini ponsel secara otomatis dapat mengaktifkan suara.

3. Wipe Device

Fitur selanjutnya ialah Wipe Device, fitur ini berguna untuk menghapus data dan file pada ponsel Xiaomi yang telah hilang. Jadi, apabila ada data atau file penting yang tersimpan di ponsel Xiaomi Anda, dengan mengaktifkan Wipe Device ini semua data penting Anda akan aman.

Semua jenis ponsel Xiaomi bisa melakukan cara melacak handphone Xiaomi yang hilang ini selama masih mempunyai akun Mi Cloud.

Apabila ponsel Anda dicuri, lalu Anda sudah mengetahui lokasinya secara detail, sebaiknya langsung menuju lokasi keberadaan ponsel Anda. Adapun untuk bisa menemukan lokasi ponsel Xiaomi Anda yang hilang, berikut langkah-langkahnya!

Cara Melacak Handphone Xiaomi yang Hilang

Cara Melacak Handphone Xiaomi yang Hilang

Melacak Handphone Xiaomi yang Hilang

Kami telah merangkum beberapa cara untuk melacak handphone Xiaomi yang hilang dengan metode pilihan yang mudah. Diantaranya:

Melacak Handphone Xiaomi yang Hilang Menggunakan MI Cloud

Langkah utama yang paling sering dipakai oleh banyak orang adalah cara melacak handphone Xiaomi yang hilang dengan menggunakan Mi Cloud account. Bagaimana cara melakukannya? Simak panduannya berikut ini.

  • Sebagai langkah awal, pinjamlah handphone teman atau saudara kamu. Jika mungkin dirumah ada laptop atau komputer atau punya ponsel lebih dari satu maka dapat kamu pakai tanpa perlu pinjam.
  • Setelah perangkat disiapkan (boleh handphone atau laptop), langsung hidupkan perangkat untuk mulai menggunakan.
  • Untuk mengawali proses, buka dan jalankan browser Google Chrome dan sejenisnya.
  • Langsung kunjungi situs web https://i.mi.com dari perangkat yang kamu pakai saat ini.
  • Login menggunakan akun MI Cloud kamu, klik Sign in with Mi Account.
  • Setelah masuk, akan ada beragam perintah menu sesuai fungsinya masing-masing.
  • Pilih dan klik Find Device atau dalam bahasa indonesia Cari Perangkat.
  • Tunggu hingga website tersebut melakukan tugasnya yaitu melacak keberadaan HP Xiaomi yang hilang dalam keadaan mati.
  • Lalu, ada beberapa perintah menu baru yang bisa dipakai seperti Located, Sound, Lost Mode, Erase Data. Pilih saja sesuai kebutuhan.
    Located : untuk mengetahui keberadaan HP Xiaomi kita.
    Sound : untuk membunyikan HP kita meskipun dalam keadaan senyap.
    Lost Mode : untuk mengunci HP kita.
    Erase Data : untuk menghapus semua data yang ada pada kita.
  • Jika bingung, coba saja salah satu menu dari mulai Located hingga Erase Data. Nanti akan tau kegunaan masing-masing.
  • Selesai.

Atau, kalau misal ternyata HP Xiaomi kalian masih aktif, coba untuk melacak hp lewat nomor whatsapp yang ada di HP Xiaomi yang hilang, karena dari situ posisi HP mu bisa diketahui dengan jelas.

Menggunakan Android Device Manager

Metode selanjutnya untuk dapat melacak handphone Xiaomi yang hilang adalah dengan memanfaatkan android device manager. Cara melakukannya pun mudah, simak langkah-langkah berikut ini.

  • Siapkan perangkatmu, boleh komputer atau smartphone.
  • Buka browser lalu kunjungi website https://www.google.com/android/devicemanager/
  • Login menggunakan akun Google kamu yang terhubung di HP Xiaomi yang hilang.
  • Setelahnya kamu akan melihat dan mengetahui dimana keberadaan HP Xiaomi kamu saat ini.

Fitur ini tersedia di hampir semua HP Xiaomi keluaran terbaru, seperti Xiaomi Pocophone F1, Xiaomi Redmi 7, dan Xiaomi Redmi 5 Plus.

Menggunakan Google Maps

Cara selanjutnya yang juga bisa dipakai untuk melacak dan mengetahui keberadaan handphone Xiaomi yang hilang adalah dengan menggunakan aplikasi Google Maps. Bagaimana cara melakukannya? Simak panduannya dibawah ini.

  • Siapkan terlebih dahulu smartphone atau laptop atau komputer.
  • Buka browser di perangkat yang kamu pakai saat ini.
  • Kunjungi situs website https://www.google.com/android/find/.
  • Login menggunakan akun Google yang terhubung di HP Xiaomi yang hilang.
  • Setelah login, secara otomatis website tersebut akan langsung menampilkan keberadaan HP Xiaomi kita yang hilang. Kamu bisa lacak posisinya atau datangi langsung tempat tersebut jika diperlukan.
  • Ada juga beberapa fitur penting di website yang akan berguna untuk beberapa hal, diantaranya:
    Putar Suara : untuk membunyikan HP Xiaomi selama 5 menit meski dalam keadaan diam.
    Amankan Perangkat : untuk mengunci android kita.
    Hapus Perangkat : untuk menghapus semua data yang ada di HP kita. Fitur ini dapat kita gunakan apabila HP kita sudah tidak mungkin untuk kembali.
  • Pilih saja salah satu fitur tersebut sesuai kebutuhan.
  • Selesai.

Perlu diingat lur, pastikan saat melacak hp dengan Google maps, konektivitas GPS mu sudah aktif ya.

Menggunakan Google Temukan Perangkat Saya

Next, tahapan selanjutnya kita bisa memakai aplikasi buatan Google sendiri bernama Google Temukan Perangkat Saya. Aplikasi ini tersedia di Gppgle Play dan dapat diunduh secara gratis. Cara penggunaannya mudah, cek langkahnya berikut ini.

  • Download dan install aplikasi Google Temukan Perangkat Saya di android kamu yang lain (yang digunakan saat ini). Jika hanya punya satu ponsel, pinjamlah dari teman atau keluarga.
  • Setelah terinstal, kamu bisa langsung buka dan jalankan aplikasi tersebut.
  • Login menggunakan akun Google di HP Xiaomi yang hilang.
  • Tunggu beberapa saat hingga aplikasi berjalan sesuai tugasnya.
  • Setelahnya, aplikasi Google Temukan Perangkat Saya akan langsung menampilkan titik lokasi keberadaan HP Samsung kamu yang hilang.
  • Setelahnya kamu bisa langsung cek dan ketahui lokasi keberadaan HP Xiaomi milikmu.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai cara melacak Handphone Xiaomi yang hilang dengan banyak metode pilihan yang mudah. Semoga bermanfaat, jangan lupa bagikan/share ke teman-teman jika kamu berhasil menemukan ponselmu.