Home » Android » Cara Melacak Handphone dengan IMEI

Cara Melacak Handphone dengan IMEI

Kini cara melacak handphone dengan IMEI bisa menjadi solusi paling efektif. Berbicara tentang ponsel memang tidak pernah ada habisnya, mengingat ponsel adalah perangkat yang kini sangat dibutuhkan dan tak dapat dipidahkan dari kehidupan manusia.

Hal ini dikarenakan, ponsel bisa mendukung semua aktivitas dengan mudah, mulai dari aktivitas transaksi perbankan hingga menggunakan transportasi online.

Sebagai mana kita tau, saat ini sudah banyak Cara Melacak Handphone yang Hilang, baik dengan menggunakan Nomor HP, Email, Find My Devices, dan lain sebagainya. Namun tak sedikit pengguna yang masih terlalu panik ketika kehilangan hp nya. Padahal, ada cara yang bisa dilakukan untuk melacak handphone mereka.

Karena itu kita bisa menggunakan cara melacak handphone dengan IMEI bahkan beberapa aplikasi yang bisa membantu kita menemukan ponsel yang hilang.

Bagaimana cara melacak handphone yang hilang?

Untuk melacak ponsel yang hilang, sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan. Kita bisa memakai akun Gmail untuk melacak keberadaan ponsel yang hilang lewat email.

Adapun fitur yang bisa digunakan untuk melacak ponsel adalah find your phone. Jika cara ini tidak bisa dilakukan, kita bisa mencoba cara lainnya untuk menemukan ponsel kesayangan.

Hp Oppo hilang apa bisa dilacak?

Semua jenis smartphone saat ini memang sudah terintegrasi dengan fitur pelacak ponsel. Kita bisa mendapatkannya dari aplikasi bawaan, aplikasi tambahan, Gmail, bahkan menggunakan IMEI. Tak terkecuali oppo yang sudah terinstall Find My Devices, sehingga kamu bisa dengan mudah melacak Handphone Oppo yang Hilang.

Apakah HP bisa dilacak lewat IMEI?

Tentu saja bisa, sudah dijelaskan sebelumnya bahwa IMEI (International Mobile Equipment Identity) memiliki 15 digit angka yang unik dan dimiliki oleh setiap ponsel GSM. Seperti Xiaomi misalnya, kamu bisa dengan mudah mengecek IMEI Xiaomi untuk melakukan pelacakan HP dengan mudah.

Selain itu, tiap-tiap jenis HP memiliki IMEI berbeda sehingga tidak akan mudah tertukar. Kamu akan memerlukan surat keterangan yang ditulis oleh pihak berwenang agar bisa melacak lokasi ponsel yang hilang memakai nomor IMEI. Hal ini, dikarenakan nomor tersebut telah terhubung oleh database SIM Card.

Bagaimana cara melacak hp dengan imei?

Untuk cara melacak handphone dengan IMEI Sendiri sebenarnya sangat mudah, asalkan tadi kita harus mempunyai surat keterangan.

Selanjutnya Kamu bisa mengikuti langkah-langkah tutorial berikutnya untuk melakukan pelacakan nomor ponsel menggunakan nomor IMEI. Ingin tahu lebih lengkapnya? berikut ulasannya!

Cara Melacak Handphone dengan IMEI

Cara Melacak Handphone dengan IMEI

Melacak Handphone dengan IMEI

Cara untuk dapat melacak handphone yang hilang bisa dilakukan menggunakan nomor IMEI ponsel yang berada dibagian belakang bodi. Biasanya juga nomor IMEI terletak dibagian dusbook ponsel saat pertama kali pembelian. Adapun tahapan untuk melacak handphone dengan IMEI adalah sebagai berikut.

1. Cek dan Ketahui Nomor IMEI

Sebelum dapat melacak handphone dengan sebuah IMEI, langkah dan tahapan awal yang harus dilakukan tentunya harus tau terlebih dahulu berapa nomor IMEI ponsel yang kita gunakan. Ada beberapa cara untuk dapat mengetahui dan mengecek nomor IMEI ponsel kita, diantaranya:

  • Cari di kotak dus hp, biasanya ada semacam barcode beserta IMEI.
  • Dial *#06# dan nomor IMEI akan muncul di layar.
  • Buka baterai hp, lihat bagian dalamnya, dan cari 15 atau 16 digit angka IMEI.
  • Buka menu Settings » About Phone » Status » IMEI information (Android)
  • Buka menu Settings » General » About, lalu cari nomor IMEI (iPhone)

2. Melacak Handphone dengan IMEI

Nah, setelah kita mengetahui berapa nomor IMEI handphone yang kita gunakan maka kita bisa mulai melacak handphone yang hilang dengan memakai IMEI ponsel. Metode yang bisa dilakukan juga bisa dengan:

Menghubungi Operator Seluler

Metode utama yang bisa dipakai untuk melacak handphone dengan IMEI adalah menghubungi operator. Hubungi service center operator jaringan seluler kamu dan sampaikan bahwa kamu hendak mencari handphone yang hilang.

Biasanya, operator seluler akan memintai kita surat keterangan kehilangan dari kepolisian. Untuk itu, sebelum menghubungi operator sebaiknya kamu persiapkan dulu syarat suratnya.

Operator akan men-track lokasi handphone secara lebih akurat jika ponsel tersebut hidup serta ada kartu SIM didalamnya. Kartu SIM otomatis akan terhubung ke tower terdekat (nomor IMEI-nya tercatat), dan provider tentu bisa melacak lokasinya. Dan Operator seluler yang memiliki fitur ini adalah Telkomsel. Sebab, kamu bisa Melacak nomor HP Telkomsel secara Detail untuk mengetahui lokasi Handphonemu.

Jika mungkin ponselmu dicuri, dan kartu SIM nya telah diganti dan ponsel dimatikan mungkin provider hanya dapat melacak lokasi terakhir saat kartu SIM kamu belum dikeluarkan.

Perlu diketahui bahwa cara yang satu ini cukup efektif untuk digunakan, sehingga kami sangat menyarankanmu menghubungi customer service operator jaringan untuk melacak handphone dengan IMEI.

Google Find My Device (untuk Android)

Selain menghubungi operator, melacak handphone dengan IMEI juga bisa dilakukan menggunakan Google Find My Device yang berlaku untuk pengguna android. Bagaimana cara pemakaiannya? Simak panduan urut berikut ini.

  • Download dan Install aplikasi Google Temukan Perangkat Saya terlebih dahulu via Google Play. Klik disini untuk langsung mengarah ke Playstore.
  • Setelah terinstall, buka dan jalankan aplikasinya.
  • Login menggunakan akun Google kamu.
  • Pada halaman Find My Device, pilih salah satu perangkatmu yang hilang.
  • Aplikasi tersebut akan menampilkan peta lokasi dimana keberadaan ponselmu yang hilang.
  • Setelahnya, kamu bisa lacak lokasi akuratnya menggunakan Google Maps.

Find My iPhone (untuk iPhone)

Lalu, bagaimana dengan pengguna iPhone? Apakah bisa juga melacak handphone dengan IMEI? Bisa dong, caranya yakni menggunakan fitur Find My iPhone dari iCloud. Untuk lebih jelasnya, ikuti panduan berikut:

  • Kunjungi situs https://www.icloud.com/find.
  • Login dengan menggunakan Apple ID kamu.
  • Pilih menu Find My iPhone dan secara otomatis aplikasi ini akan melacak keberadaan lokasi iPhone kamu secara akurat (kalau iPhone terhubung ke internet)
  • Apabila iPhone tidak terhubung ke internet, maka kamu bisa mengaktifkan pilihan untuk menerima email tentang lokasi iPhone pada peta, segera setelah iPhone kembali terhubung ke internet.
  • Kamu akan diberi empat pilihan, yaitu menderingkan suara, mengirim pesan, menghapus semua data pribadi, dan juga mengunci iPhone dari jarak jauh.

GMail

Bisa juga, melacak handphone dengan gmail. Syarat utamanya adalah kamu harus menyiapkan satu buah perangkat baik komputer, laptop, atau smartphone.

Jika tak punya, kamu bisa meminjam teman atau saudara kamu. Setelahnya, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menemukan HP kamu yang hilang.

  • Buka aplikasi browser, disarankan menggunakan Google Chrome.
  • Lalu, kunjungi gmail.com. Dan login menggunakan akun Google yang terhubung di ponselmu yang hilang.
  • Tap icon titik sembilan di pojok kanan atas, lalu pilih Akun. Atau, klik gambar profil google kamu kemudian pilih Kelola akun Google anda.
  • Cari dan pilih tab menu Keamanan. Scroll kebawah dan perhatikan bagian kolom Perangkat Anda.
  • Pilih dan tekan Cari perangkat yang hilang.
  • Jika ponselmu lebih dari satu, pilih salah satu merk ponsel yang ada pada daftar (yang telah hilang).
  • Tap/tekan dibagian merk dan tipe ponsel maka kamu akan langsung diarahkan ke Google Maps untuk melacak handphone kamu yang hilang.
  • Login ke Google Maps menggunakan akun Google kamu.
  • Ketahui lokasi keberadaan handphone kamu yang hilang melalui Maps yang ditampilkan.

Pada akhirnya, demikianlah ulasan lengkap mengenai beragam cara melacak handphone dengan IMEI paling mudah yang bisa dicoba. Jangan ragu untuk bagikan/share artikel ini ke teman-teman kamu yang belum tau ya bangs. Agar semakin bermanfaat untuk kita semua.