Cara Cek iPhone iBox

Cara Cek iPhone iBox yang Resmi Agar Tidak Salah Beli Lagi

Siapa yang tidak mau punya HP iPhone? Rata-rata pasti menginginkannya karena ponsel tersebut memiliki banyak fitur unggulan. Tapi masalahnya, beli iPhone harus jeli dan pintar memilih distributor. Salah satu distributor resmi Indonesia adalah iBox. Berikut cara cek iPhone iBox yang harus Kamu ketahui. 

Membeli iPhone iBox sudah pasti aman karena didapatkan dari counter resmi. Terlebih lagi saat ini banyak sekali HP KW atau palsu yang bentuknya sangat mirip dengan asli, bahkan mengatasnamakan iBoX. Jadi, Kamu harus tahu benar bahwa iPhone tersebut memang dijual oleh iBox. 

Ada berbagai cara untuk melihat apakah iPhone yang hendak dibeli tersebut benar-benar didistribusikan oleh iBox ke Indonesia. Selain menjelaskan cara tersebut, akan diterangkan pula apa kelebihan dan kekurangan dari iPhone iBox. Berikut ini penjelasan lengkapnya. 

Apa itu iPhone iBox? 

Tapi sebelum menerangkan cara cek iPhone iBox, Kamu harus paham dulu apa yang dimaksud dengan ponsel tersebut. Kamu perlu mengetahuinya jika ingin beli HP iPhone. Terutama HP bekas yang rawan sekali terkena penipuan dan pemalsuan. 

iBOx merupakan Apple Premium Reseller di Indonesia. Distributor tersebut terdaftar secara resmi sebagai penjual produk Apple di Indonesia. Bukan hanya HP iPhone, tapi produk premium Apple yang lain, seperti iPad, aksesoris lengkap, serta software

Jadi, berdasarkan penjelasan tersebut, iPhone iBox adalah ponsel keluaran Apple yang dijual secara resmi di Indonesia oleh iBox. Distributor tersebut merupakan anak perusahaan dari Erajaya Swasembada. Karenanya jangan heran kalau sering disandingkan dengan TAM yang berada di perusahaan sama. 

Terkait:  Cara Booking Hotel di Traveloka

iPhone iBox tentunya berbeda dengan inter atu ex inter. Kalau iPhone inter yang berasal dari kata internasional itu HP yang masuk ke Indonesia melalui jalur nonresmi. Ponsel second tersebut merupakan produk yang diimpor dalam jumlah banyak. 

iPhone inter atau ex inter masuk ke Indonesia lewat dua jalur. Bisa dibawa secara perorangan atau diimpor tanpa ada transaksi jual beli secara resmi. Kalau melihat dari segi keamanan, pastinya iPhone iBox yang lebih unggul serta asli. Dijamin tidak akan terkena pemalsuan kalau membeli iPhone yang dijual resmi oleh iBox. 

Cara Cek iPhone iBox

Cara Cek iPhone iBox
Cara Cek iPhone iBox

Kamu bisa tahu apakah iPhone yang Kamu pegang saat ini didistribusikan secara resmi oleh iBox atau tidak. Dengan begitu akan tahu bisa atau tidaknya mendapatkan layanan resmi.  Cara cek iPhone iBox sendiri ada tiga metode, yakni dengan melihat nomor model dan IMEI. Berikut ini penjelasan lengkapnya. 

1. Cek iPhone iBox Melalui Pengaturan

Ternyata Kamu dapat mengetahui iPhone iBox dengan sangat mudah, yakni menggunakan nomor model. Dalam nomor tersebut ada kombinasi angka dan huruf yang menunjukkan kode tertentu. Salah satunya yaitu kode regional yang menandakan dari mana iPhone berasal. 

Untuk iPhone iBox, ditandai dengan kode huruf P dan A yang terletak sebelum garis miring (/). Kode tersebut menandakan jika iPhone dijual secara resmi di Indonesia dan sudah melewati serangkaian pemeriksaan serta penyesuaian. Jadi, aman untuk digunakan. 

Cara cek iPhone iBox dengan nomor model bisa Kamu lakukan dan berbagai metode. Pertama lewat menu Pengaturan di HP iPhone. Langkah-langkahnya seperti di bawah ini:

  • Buka menu Pengaturan atau Settings di HP iPhone. 
  • Kemudian arahkan ke menu Umum atau General
  • Selanjutnya, masuk ke bagian Mengenai atau About untuk mengetahui nomor model. 
  • Setelah itu, Kamu bisa cek di bagian Nomor Model.
  • Coba cek nomor tersebut. Jika ada huruf PA sebelum garis miring, tandanya itu iPhone iBox. Contohnya kode MRYG2PA/A.
Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan iPhone 6s

Selain kode PA, bisa dikatakan sebagai iPhone inter atau ex inter. Ponsel tersebut dibawa dari luar Indonesia dengan cara diimpor tanpa melewati perizinan resmi. Atau kalau tidak, iPhone resmi masuk ke Indonesia, tapi didistribusikan oleh perusahaan yang berbeda selain iBox, contohnya kode DGN untuk Digimap. 

Untuk lebih jelasnya, sebenarnya Kamu harus tahu apa saja kode regional HP iPhone. Agar aman, belilah iPhone yang dijual resmi oleh distributor Indonesia, baik iBox atau lainnya.

2. Cek iPhone iBox Lewat Dusbook

Sebenarnya cara cek iPhone iBox yang kedua ini sama dengan pertama, yakni melihat kode negara asal. Tapi bedanya, kode pada nomor model tersebut dicek dalam stiker yang terdapat di dusbook. Jadi, ini lebih mudah kalau Kamu ingin beli produk baru tanpa membuka ponselnya. 

Jika ternyata dalam stiker tersebut tertera nomor model yang mengandung kode PA, tandanya adalah iPhone iBox. Sedangkan kalau nomornya MN8X2AH/AH, berarti iPhone inter yang berasal dari Bahrain atau Kuwait. Sebenarnya sama-sama iPhone asli, tapi proses masuk ke Indonesia tidak sama. 

Selain cek nomor modelnya, lewat stiker di kardus pembungkus juga dapat melihat informasi lain. Contohnya seperti tipe iPhone, model, dan nomor IMEI yang dituliskan besertaan dengan barcode. Jadi, bisa sekaligus cek spesifikasi lengkapnya. 

Sedangkan kalau beli iPhone bekas, Kamu harus lebih waspada. Sekarang banyak sekali penjual nakal yang mengubah serial regional menggunakan software. Jadi, saat Kamu cek mungkin kodenya PA untuk iBox, tapi nyatanya adalah iPhone inter. 

3. Cek iPhone iBox dengan Nomor IMEI

Berikutnya Kamu bisa melihat apakah ponsel tersebut resmi didistribusikan oleh perusahaan Indonesia dengan memakai nomor IMEI. Setiap ponsel yang dipasarkan di Indonesia harus didaftarkan di Kemenperin. Pendaftaran tersebut memakai Kode IMEI. 

Terkait:  Cara Keluarkan Air dari iPhone

Mungkin cara yang satu ini tidak menunjukkan secara langsung kalau HP dijual oleh distributor iBox. Tapi Kamu bisa memastikan bahwa iPhone dijual resmi di Indonesia dan terdaftar. Berikut ini cara cek iPhone iBox dengan nomor IMEI:

  • Ketik kode *#06# pada keypad
  • Catat nomor IMEI yang ditampilkan. 
  • Kemudian masuk ke situs Kemenperin
  • Tulis kode IMEI-nya dan lihat ponsel terdaftar atau tidak. Karena kalau iPhone inter, masuk melalui regulasi tidak resmi dan mungkin saja mengalami pemblokiran IMEI. 

Kelebihan dan Kekurangan iPhone iBox

Kamu sudah tahu cara untuk melihat iPhone iBox sebelum membelinya. Sekarang, akan dijelaskan apa saja kelebihan dan kekurangan iPhone yang dijual oleh distributor satu ini. Beberapa kelebihannya yaitu:

  • Dijamin asli. iPhone yang dijual oleh iBox sudah pasti asli dan kualitas terjamin. Seperti yang dikatakan bahwa iBox adalah Apple Premium Reseller di Indonesia. 
  • Bergaransi. Kamu mendapatkan garansi resmi dari service center yang authorized Apple di Indonesia. Selain itu juga mudah melakukan klaim garansi di semua iBox Indonesia. 
  • Dapat menggunakan semua SIM card. iPhone iBox sudah diatur agar dapat menggunakan kartu apa saja di Indonesia. Sedangkan iPhone inter tidak diatur secara default dan tidak ada jaminan bisa pakai provider Indonesia. 

Tapi di samping kelebihan tersebut, ternyata iPhone iBox memiliki kekurangan. Ponsel tersebut tentunya dijual dengan harga jauh lebih mahal. Selain itu untuk ketersediaan produknya juga cukup lama dan tidak sebanyak iPhone ex inter. 

Demikian penjelasan cara cek iPhone iBox. Kamu bisa mengetahuinya dengan mudah lewat nomor model. Selain itu juga dapat memastikannya dengan melihat IMEI terdaftar di Kemenperin atau tidak. 

Similar Posts