Cara Cek Masa Tenggang Telkomsel

Awas Hangus! Ini 5 Cara Cek Masa Tenggang Telkomsel

Mengetahui bagaimana cara cek masa tenggang Telkomsel adalah hal yang sangat penting. Jika kamu ingin terus menggunakan kartu ini, maka harus melakukan pengecekan masa aktif secara berkala terutama untuk yang jarang isi pulsa atau membeli paket data. Pasalnya, setelah masa tenggang kartu sudah habis, kartu kamu tidak akan bisa digunakan lagi. Untuk menghindari hal ini, silakan ikuti beberapa tutorial cara cek masa aktif kartu hingga bagaimana cara mengaktifkan masa tenggang Telkomsel berikut ini.

Cara Cek Masa Tenggang Telkomsel

Cara Cek Masa Tenggang Telkomsel
Cara Cek Masa Tenggang Telkomsel

Siapa sih yang tidak tahu operator Telkomsel. Jika diamati seksama, di lingkungan atau circle kamu pasti ada yang menggunakan provider ini karena memang saking banyaknya pengguna Telkomsel. Operator yang terkenal dengan sinyal merata dan kencang ini memang merupakan salah satu provider telekomunikasi terbesar di Indonesia.

Setiap kartu Telkomsel memiliki masa berlaku dan masa tenggang yang perlu diketahui oleh pengguna. Penting untuk mengetahui informasi masa tenggang agar dapat segera memperpanjangnya. Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk memeriksa masa tenggang kartu Telkomsel, antara lain:

Cara Cek Masa Tenggang Kartu Telkomsel Melalui Kode UMB

Cara mengecek masa tenggang kartu Telkomsel bisa lewat kode UMB. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Panggilan atau Phone, lalu tekan kode *888#.
  • Tekan tombol Dial/Call/Panggil dan tunggu beberapa saat. 
  • Pada layar akan ditampilkan informasi sisa saldo pulsa serta masa aktif kartu Telkomsel kamu.
Terkait:  Cara Cek Aktivasi Kartu Telkomsel (3 Metode), Cepat dan Mudah!

Cara Cek Masa Tenggang Kartu Telkomsel Lewat Aplikasi MyTelkomsel

Cara mengecek masa tenggang Telkomsel selanjutnya adalah lewat aplikasi MyTelkomsel. MyTelkomsel adalah aplikasi yang dapat memudahkan pelanggan dalam mengakses berbagai layanan yang disediakan oleh Telkomsel.  Kamu bisa mengunduh dan menginstal aplikasinya secara gratis di Play Store atau App Store.

Selain informasi masa aktif atau masa tenggang kartu, pelanggan juga dapat melihat informasi sisa saldo, paket yang sedang digunakan, dan banyak lainnya dengan MyTelkomsel.

Berikut adalah tutorial cara cek masa aktif kartu Telkomsel apakah sudah memasuki masa tenggang atau belum melalui aplikasi MyTelkomsel. 

Sebelum itu, pastikan bahwa kamu telah menginstall aplikasi ini. Jika sudah menginstal aplikasi MyTelkomsel. Pilih tombol Sign Up dan masukkan nomor Telkomsel. Masukkan kode verifikasi yang dikirim via SMS ke nomor Telkomsel yang didaftarkan. Kemudian, tekan tombol Verify.

Setelah berhasil menginstal dan mendaftar aplikasi MyTelkomsel, silakan ikuti langka-langkah selanjutnya:

  • Buka aplikasi MyTelkomsel yang ada di ponsel.
  • Login dengan memasukkan nomor yang sebelumnya telah didaftarkan.
  • Klik menu Informasi pada halaman utama aplikasi.
  • Pada layar akan muncul semua informasi tentang jumlah pulsa, masa aktif sampai nomor Telkomsel akan ditampilkan pada layar.

Cara Cek Masa Aktif Kartu Telkomsel Lewat Asisten Virtual Telkomsel

Masa aktif dan tenggang kartu Telkomsel kamu juga dapat diketahui dengan cara mengakses layanan Asisten Virtual. Telkomsel menyediakan fitur Asisten Virtual yang dapat membantu para pelanggan, seperti mengecek masa aktif. Untuk mengakses layanan ini, kamu bisa mengikuti panduan berikut:

  • Kunjungi laman telkomsel.com, lalu scroll layar hingga melihat menu Asisten Virtual Telkomsel.
  • Selanjutnya, ketik Hai pada kolom chat Asisten Virtual.
  • Ketikkan juga Cek Pulsa pada kolom chat tersebut.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul informasi tentang sisa saldo pulsa serta masa aktif kartu Telkomsel milikmu pada layar.
Terkait:  Cara Perpanjang Masa Aktif Telkomsel

Virtual Assistant (VA) Telkomsel juga dapat diakses di berbagai platform media sosial. Pelanggan Telkomsel dapat menghubungi mereka ketika menemukan kendala dalam penggunaan kartu atau layanan lain. Berikut adalah daftar Virtual Asisten resmi Telkomsel yang ada di berbagai media sosial, antara lain:

  • WhatsApp: tsel.me/wa2
  • Telegram: tsel.me/telegramVA2
  • Facebook Messenger: tsel.me/fbV2
  • LINE: tsel.me/lineVA2

Cara Cek Kartu Telkomsel Lewat Website

Selain lewat Asisten Virtual Telkomsel, website Telkomsel juga dapat diakses untuk mendapatkan informasi masa berlaku dan masa tenggang kartu dengan login. Adapun langkah-langkah lebih detailnya adalah sebagai berikut:

  • Buka browser dan kunjungi laman telkomsel.com di handphone.
  • Lakukan login dengan memasukkan nomor Telkomsel pada kolom tersedia di beranda website.
  • Tekan tombol Masuk untuk proses selanjutnya.
  • Seluruh informasi mengenai nomor Telkomsel milikmu akan ditampilkan pada layar.

Cara Memperpanjang Masa Aktif Telkomsel

Setelah dicek dan ternyata masa aktif kartu sudah habis bahkan sudah memasuki masa tenggang, segera lakukan isi ulang pulsa untuk memperpanjangnya. Jika kamu tidak segera melakukan perpanjangan masa aktif, maka nomor tersebut akan dinonaktifkan oleh Telkomsel.

Selain membeli pulsa untuk menambahkan masa aktif, kamu juga bisa mengaktifkan paket perpanjang masa aktif Telkomsel. Cara ini bisa jadi alternatif untuk pengguna yang memiliki banyak pulsa tapi masa aktifnya sudah habis.

Dikutip dari laman Telkomsel, berikut adalah daftar harga dan jenis paket perpanjangan masa aktif kartu Telkomsel.

  • Paket perpanjang masa aktif Telkomsel 5 hari sebesar Rp2.500.
  • Membeli masa aktif Telkomsel 10 hari adalah sebesar Rp4.000.
  • Memperpanjang masa aktif selama 15 hari adalah sebesar Rp6.000.
  • Paket masa aktif Telkomsel selama 1 bulan (30 hari) adalah sebesar Rp14.000.
  • Menambahkan paket masa aktif selama 90 hari adalah sebesar Rp33.000.
  • Perpanjangan masa aktif 180 hari (6 bulan) adalah sebesar Rp62.000.
  • Membeli paket masa aktif Telkomsel selama 1 tahun adalah sebesar Rp115.000.
Terkait:  Cara Diskon di Shopee

FAQ

Apa yg dimaksud masa tenggang kartu Telkomsel?

Masa tenggang kartu Telkomsel mengacu pada periode tambahan setelah masa aktif kartu habis di mana kartu masih dapat diperpanjang atau diaktifkan kembali sebelum layanan dinonaktifkan atau dihapus sepenuhnya oleh Telkomsel. Dalam konteks kartu prabayar (prepaid) Telkomsel, masa tenggang ini memberi pengguna waktu tambahan setelah masa aktif kartu habis untuk melakukan pengisian ulang pulsa atau memperpanjang masa aktif kartu.

Setelah masa aktif kartu Telkomsel habis atau berada dalam masa tenggang, kartu tidak dapat lagi digunakan untuk melakukan panggilan, mengirim pesan teks, menggunakan paket data, atau menggunakan layanan lainnya. Namun, dengan adanya masa tenggang, pengguna masih memiliki kesempatan untuk memperpanjang masa aktif kartu dengan melakukan pengisian ulang pulsa.

Apa perbedaan masa aktif dan masa tenggang Telkomsel?

Masa aktif dan masa tenggang adalah dua konsep yang berbeda dalam konteks penggunaan kartu prabayar Telkomsel.

Masa aktif merujuk pada periode di mana kartu prabayar Telkomsel tetap aktif dan dapat digunakan untuk melakukan panggilan, mengirim pesan teks, dan menggunakan layanan data. Masa aktif akan selalu bertambah mengikuti jumlah isi ulang yang dilakukan. Sedangkan masa tenggang adalah periode waktu setelah masa aktif telah habis.

Berapa lama waktu masa tenggang kartu Telkomsel?

Kartu Telkomsel memiliki masa tenggang sama seperti operator seluler lainnya, yakni selama 30 hari.

* 888 * 89 untuk apa?

*888*89# adalah format kode UMB yang digunakan untuk mengaktifkan kembali kartu Telkomsel yang telah hangus secara mandiri. Pastikan bahwa kamu sebelumnya telah menyiapkan KTP, KK, dan kartu SIM fisik yang ingin diaktifkan jika ingin mengakses layanan ini.

Bagaimana, cara cek masa tenggang Telkomsel sangat mudah, bukan?

Similar Posts