Cara Cek Keaslian iPhone

Cara Cek Keaslian iPhone yang Penting Untuk Diketahui: Jangan Tertipu!

iPhone merupakan HP high-end yang versi terbarunya selalu ditunggu-tunggu. Karena permintaan yang terlalu besar, banyak produsen nakal yang membuat iPhone KW. Agar Kamu tidak tertipu, cari tahu bagaimana cara cek keaslian iPhone. Bandingkan antara produk yang asli dan palsu. 

iPhone KW sendiri sebenarnya ada dua macam. Pertama yaitu produk supercopy, yang mana dibuat sangat mirip dengan aslinya. Bahkan kalau tidak jeli tidak akan melihat perbedaannya. Lalu ada juga rekondisi atau refurbish, yaitu iPhone gagal produksi yang dipoles ulang, sehingga seperti baru. 

Supaya Kamu tidak salah beli kedua produk tersebut, berhati-hatilah dan pastikan tahu mana yang asli dan palsu. Berikut ini akan diberikan cara untuk mengecek keasliannya. Pastikan Kamu teliti memeriksa semua bagiannya. 

Cara Cek Keaslian iPhone

Cara Cek Keaslian iPhone
Cara Cek Keaslian iPhone

1. Cek Material iPhone

Cara pertama yaitu mengecek material yang digunakan untuk membuat iPhone. Seperti yang Kamu ketahui, bahwa iPhone merupakan HP premium yang dibuat dengan material berkualitas. Pastinya ada karakteristik yang tidak bisa ditiru oleh barang-barang KW.

Selain tipe 5c, iPhone dibuat dari material logam dan kaca berkualitas tinggi. Sudah pasti akan menghasilkan struktur yang kuat dan kokoh ketika berada dalam genggaman. Lain hal dengan iPhone palsu, yang mana strukturnya ringkih sebab terbuat dari bahan tidak berkualitas. 

2. Cek Teknologi Retina Display

Cara cek keaslian iPhone yang selanjutnya yaitu dengan melihat retina display. Teknologi tersebut digunakan untuk memberikan tampilan layar yang jernih dan halus. Semua seri iPhone pasti dilengkapi dengan retina display. 

Terkait:  Cara Factory Reset Iphone

Dengan retina display, matriks kecil pada layar hanya terlihat dalam jarak dekat saja. Bahkan memerlukan kaca pembesar untuk melihatnya. Teknologi inilah yang membuat iPhone memiliki resolusi tinggi. Sedangkan produk supercopy resolusinya rendah dan matriks piksel terlihat jelas. 

Retina display merupakan bagian dari produk Apple yang tidak digunakan oleh vendor lain. Itulah kenapa kalau ada teknologi ini, bisa dipastikan kalau produk tersebut asli. Kamu bisa cek bagian ini untuk membuktikannya. 

3. Cek Sambungan iTunes

iTunes merupakan aplikasi yang digunakan untuk memasukkan lagu, video, dan file ke dalam iPhone. Aplikasi tersebut ternyata juga bisa dipakai untuk mendeteksi keaslian iPhone. Kamu dapat mengeceknya dengan sangat mudah. 

Tapi untuk melihat iPhone asli atau palsu di iTunes, harus menggunakan bantuan komputer. Kamu bisa lihat panduannya di bawah ini:

  • Download dulu iTunes versi terbaru. 
  • Install software tersebut di komputer yang Kamu gunakan. 
  • Setelah itu, buka aplikasi iTunes di komputer. 
  • Kemudian sambungkan iPhone ke komputer dengan kabel data. Kamu juga bisa mengoperasikannya lewat WiFi atau Bluetooth. 
  • Jika sudah tersambung, coba cek apakah iTunes dapat mendeteksi iPhone tersebut. Jika terbaca, maka iPhone tersebut asli. Karena iTunes ini hanya dapat membaca iPhone yang asli saja. 

4. Cek Ketersediaan App Store

Lalu cara cek keaslian iPhone yang keempat yaitu dengan memastikan keberadaan App Store. Ini merupakan toko aplikasi resmi dari Apple. Jika Kamu ingin mencari aplikasi untuk iPhone, maka lewat App Store. 

Coba cek di iPhone yang Kamu gunakan saat ini. Kalau ada App Store, besar kemungkinan bahwa itu produk yang asli. Sebab App Store hanya digunakan untuk merek dagang Apple, baik iPhone, iPod, maupun iPad. 

Terkait:  Cara Cek Layar iPhone Untuk Membuktikan Asli atau Palsu

Tapi Kamu patut curiga jika di dalamnya tidak ada aplikasi ini. Terlebih lagi kalau di dalamnya ada Google Play Store dan Windows Phone Store. Apabila Kamu menemukan kedua aplikasi tersebut, sudah pasti itu barang palsu. 

5. Cek Nomor Seri

Langkah selanjutnya yaitu melihat nomor seri dari iPhone. Untuk cek keaslian, Kamu bisa mencocokkan nomor tersebut ke dalam sistem resmi Apple. Lihat dulu berapa nomor seri ponselmu dengan cara berikut ini:

  • Buka menu Settings di iPhone. 
  • Kemudian masuk ke menu General
  • Arahkan ke bagian About
  • Selanjutnya lihat string alfanumerik yang terdaftar sebagai nomor seri iPhone. 

Sebenarnya Kamu juga bisa lihat nomor seri ini pada dusbooknya. Kalau sudah mendapatkannya, jangan lupa dicatat. Kemudian cocokkan di situs resmi Apple dengan cara seperti di bawah ini:

  • Buka halaman Layanan dan Dukungan Apple. 
  • Kemudian masukkan nomor seri yang sudah Kamu catat. 
  • Tekan tombol Lanjutkan
  • Jika produk tersebut asli, maka akan muncul informasi perangkat secara lengkap. Mulai dari model, masa garansi, serta status dukungan telepon. 

6. Cek Label Kotak

Setiap kali membeli iPhone pasti akan mendapatkan kotak pembungkus atau dusbook. Dari kotak tersebut, Kamu juga bisa melihat asli tidaknya iPhone yang digunakan. Caranya yaitu dengan membaca informasi yang tertera dalam dusbook. 

Baik beli bekas maupun baru, pastikan melihat informasi di belakang kotak. Cek nomor seri dan kode IMEI-nya. Kemudian, cocokkan kedua nomor tersebut dengan Pengaturan. Biasanya iPhone asli juga terdapat teks di belakang, contohnya “Dirancang oleh Apple di California, Dirakit di Cina.”

7. Cek Nomor IMEI

Selain nomor seri, Kamu juga wajib mencocokkan IMEI-nya. Seperti yang dijelaskan di cara sebelumnya, lihat kode IMEI yang tertera dalam kotak pembungkus. Kamu juga bisa cek di Setting—General—About. Catat atau salin nomor tersebut. Kalau sudah, lanjutkan dengan cara cek keaslian iPhone berikut ini:

  • Buka situs resmi Kemenperin
  • Kemudian masukkan nomor IMEI pada kolom. 
  • Jika terdaftar di Kemenperin, maka iPhone tersebut asli dan masuk secara resmi ke Indonesia. 
Terkait:  Cara Ganti Bahasa di iPhone Lewat Pengaturan (Sangat Mudah)🤩

8. Cek Logo Apple

Cara mengetahui iPhone yang asli ini sangat mudah. Kamu cukup cek logo yang terdapat di bagian belakang perangkat. Logo dari produk asli pasti tidak sama dengan barang palsu yang  biasanya dibuat asal-asalan. 

Untuk mengeceknya, coba sentuh logo di belakang iPhone. Kemudian gosok logo secara perlahan. Jika tidak terasa ada transisi antara logo dan sampul, bisa dipastikan kalau itu adalah produk yang asli. Jadi, coba cek dengan seksama. 

9. Cek Garansi

Cara cek keaslian iPhone yang selanjutnya yaitu dengan melihat masa garansi. Setiap pembelian iPhone baru di counter resminya, pasti akan mendapatkan garansi. Kamu bisa cek keaslian garansi tersebut di situs resmi Apple untuk membuktikannya. Seperti inilah caranya:

  • Catat serial number iPhone yang dibeli. Kamu bisa melihatnya di Pengaturan. 
  • Lalu masuk ke halaman Support Apple
  • Setelah itu, pilih negara
  • Pilih See your Device and Support Coverage pada menu Service and Repair
  • Cek detail status garansi yang ditampilkan pada layar. 
  • Kalau masa garansi hampir habis, padahal Kamu baru membelinya, maka patut curiga jika barang tersebut KW. 

10. Bandingkan Harga

Membandingkan harga dengan spesifikasi merupakan cara cek keaslian iPhone yang mudah lainnya. Setiap iPhone dijual dengan harga yang berbeda-beda, tergantung tipe dan spesifikasi yang dibawa. Coba cek di situs resminya berapa harganya. Kalau dijual dengan selisih sangat jauh, bisa jadi produk tersebut palsu. 

Itulah beberapa cara cek keaslian iPhone. Kamu harus lebih teliti jika ingin beli iPhone, baik baru maupun second. Karena saat ini banyak sekali produk supercopy yang mirip aslinya. 

Similar Posts