Home » Biaya » Biaya Bangun Rumah Type 36

Biaya Bangun Rumah Type 36

Banyak orang selalu berpikir biaya bangun rumah type 36 membutuhkan budget yang banyak. Walaupun membangun hunian idaman tidak butuh dana sedikit, namun kami pastikan kalian bakal merasa yakin untuk mempunyai rumah pribadi type 36 pada ulasan ini.

Pasalnya, kami akan memberitahu rincian anggaran pembangunan rumah type 36 secara jelas dan lengkap. Kami pastikan detail pembiayaannya sesuai prediksi kalian, serta kamu mampu menyisihkan budget untuk mewujudkannya.

Seperti kalian tahu bahwa pembangunan rumah type 36 dihitung berdasarkan harga per meter persegi, sedangkan type 36 berarti luas rumahnya. Berapa luas tanahnya? Kamu bisa mencari tanah kosong yang harus dibeli terlebih dahulu.

Apabila rumah type 36 sudah siap dibangun, maka kami sarankan kamu bisa membeli tanah kosong seluas 74 meter persegi.  Secara umum rumus perhitungannya adalah 6 x 6 = 36 (luas bangunan) dan 6 x 12,33 m = 74 (luas tanah). Jumlah ini akan diakumulasikan dengan perhitungan lain selama proses pengerjaan bangunan sedang berlangsung.

Apabila kamu belum paham bahkan baru pertama kali membangun rumah pribadi, silakan tanya informasi soal rencana pembangunannya kepada developer atau kontraktor terpercaya untuk menggali detailnya lebih lanjut.

Kami menyarankan kamu perlu memperhatikan aspek lainnya mulai dari bahan baku sampai jasa tukang bangunan yang digunakan. Hal ini dikarenakan objek terkecil sekalipun akan memberi dampak serius terhadap proses perancangan dan pembangunannya.

Biaya Bangun Rumah Type 36

Biaya Bangun Rumah Type 36

Biaya Bangun Rumah Type 36

Apa saja model dan tipe rumah yang bakal kalian bangun, maka kamu tidak bisa mengabaikan rincian perhitungannya. Bagaimana tidak, semua orang yang sedang merencanakan pembangunan rumah harus mempunyai rincian anggaran yang sudah dihitung dengan benar dan matang.

Apabila kamu tidak melakukan perhitungan sama sekali, mungkin saja budget yang kalian siapkan masih minim bahkan jauh dari ekspektasi dalam merancang rumah type 36. Hal ini dikarenakan persiapan budget yang matang bisa memberi kemudahan dalam merancang progres pembangunan yang minim dana tambahan.

Di samping itu pula perhitungan anggaran pembangunan rumah type 36 tidak bisa dilakukan seorang diri. Biasanya calon pemilik rumah harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan jasa kontraktor berpengalaman. Mereka akan membantu kalian dalam menguraikan detail anggaran berdasarkan bahan baku dan jasa tukang yang dilibatkan.

Kamu juga bisa bertanya kepada jasa tukang bagunan yang sudah dipercaya, serta dilibatkan dalam rencana pembangunannya. Jangan sungkan bertanya soal budget yang harus disiapkan mulai dari eksterior sampai interior untuk hunian idamanmu nanti.

Biaya Bangun Rumah Type 36 Akurat dan Terupdate

Kamu akan tahu solusi mengenai jumlah biaya pembangunan rumah type 36 dengan benar dan lengkap pada pembahasan kali ini. Kami sudah merangkumnya secara jelas dan terupdate agar kamu dapat menyisihkan budget dari sekarang. Kendati demikian, setiap wilayah memiliki harga tanah berbeda, namun kami memberikan nilai bayangan yang bisa diantisipasi pada masa mendatang. Beberapa informasi akurat yang harus diketahui adalah :

Perhitungan Luas Bangunan dan Tanah

Langkah pertama dalam menganalisa anggaran biaya membangun rumah type 36 adalah melakukan perhitungan terhadap luas bangunan dan tanah. Kamu bisa mencari referensi secara akurat dan lengkap via internet. Kami bakal memberi ilustrasi berupa membangun rumah type 30/70. Apabila harga tanah per meter persegi senilai Rp.4,000,000 maka bisa menggunakan rumus berikut :

  • Harga Tanah x Luas Tanah
  • 4,000,000 x 70 meter persegi = Rp.280,000,000.

Di sisi lain pun kamu bisa menghitung biaya pasarannya juga. Andaikan rumah type 36 di wilayah kalian mencapai nominal Rp.1,500,000 maka bisa melakukan perhitungan seperti di bawah ini :

  • Biaya Pasaran x Luas Bangunan
  • 1,500,000 x 36 meter persegi = Rp.54,000,000.

Jika dijumlahkan keseluruhan, maka bisa menghitung biaya luas tanah dan bangunannya seperti berikut :

  • Total Harga Tanah x Total Biaya Pasaran
  • 280,000,000 x Rp.54,000,000 = Rp.334,000,000.

Biaya Bahan Material Bangunan

Kami tegaskan harga bahan baku selalu mengalami perubahan secara berkala. Biasa jasa tukang bangunan bakal membutuhkan material seperti baja ringan, genteng, kayu, keramik dan lainnya.

Maka dari itu, kalian bisa mengambil anggaran bayangan andaikan semua bahan bangunan dijual seharga Rp.3,000,000 per meternya. Selain itu, kamu pasti butuh material lebih banyak seperti bata merah, plafon, saniter, dll. Biasanya kamu harus menyiapkan budget hingga Rp.5,000,000 per meternya.

Upah Jasa Tukang Bangunan

  • Mandor Bangunan : Rp.200,000 per hari.
  • Asisten Tukang Bangunan : Rp.100,000 per hari.
  • Tukang Gali : Rp.80,000 per hari.
  • Jasa Tukang Kayu : Rp.100,000 per hari.
  • Tukang Cat / Pelitur : Rp.110,000 per hari.
  • Jasa Tukang Listrik : Rp.120,000 per hari.
  • Tukang Besi Profil : Rp.125,000 per hari.
  • Jasa Tukang Besi Beton : Rp.140,000 per hari.
  • Tukang Batu : Rp.115,000 per hari.
  • Jasa Tukang Ledeng : Rp.115,000 per hari.

Bagaimana Uraian Setiap Pekerjaan RAB Rumah Type 36?

  • Bidang Beton : Rp.16,500,000.
  • Pekerjaan Pondasi : Rp.8,200,000.
  • Bidang Dinding : Rp.9,800,000.
  • Pekerjaan Plafon : Rp.3,500,000.
  • Bidang Acian dan Plasteran : Rp.5,850,000.
  • Pekerjaan Atap dan Kap : Rp.5,300,000.
  • Bidang Jendela dan Pintu : Rp.3,000,000.
  • Pekerjaan Lantai : Rp.4,400,000.
  • Bidang Septic Tank : Rp.1,200,000.
  • Pekerjaan Instalasi dan Sanitasi : Rp.1,900,000.
  • Bidang Pengecetan : Rp.2,500,000.

Jumlah Keseluruhan = Rp.62,150,000.

Bagaimana Cara Mengatur Anggaran RAB Rumah Type 36?

Kamu harus merencanakan pembangunan rumah type 36 dengan detail dan jelas. Apabila kalian sudah mengetahui ukuran bangunan dan lainnya, maka kamu bisa membuat anggarannya secara lengkap. Anggaran tersebut bakal digunakan sebagai patokan utama dalam membayar biaya pembangunan secara keseluruhan.

Kami juga menyarankan kalian harus menggunakan desain rumah type 36 bergaya minimalis. Hal ini dikarenakan konsep minimalis bakal meninggalkan kesan nyaman, serta multifungsi terhadap setiap sudut ruangan. Tak bisa dipungkiri bahwa konsep minimalis mampu menekan biaya pembangunan rumah type 36 yang akan kalian bangun.

Jangan lupa memilih bahan-bahan bangunan lokal dan berkualitas. Kamu bisa mencarinya di pasaran, sedangkan harga yang ditawarkan juga berbeda satu sama lain. Kualitasnya tidak perlu diragukan lagi dan standarnya sama seperti bahan material internasional. Kamu bisa menghemat anggaran bila memilihnya dengan cermat.

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah menggunakan jasa tukang bangunan dengan sistem borongan. Biasanya tukang borongan mampu memperkirakan jumlah biaya pengerjaan secara akurat. Tak hanya itu, tukang bangunan bersistem borongan juga bekerja lebih cepat dan mampu menghemat biaya pembangunannya.

Apakah Bangun Rumah Type 36 Bisa Beri Keuntungan?

Secara umum rumah type 36 bergaya minimalis masih menjadi primadona sebagian besar masyarakat. Pasalnya, budget yang dibutuhkan tidak terlalu besar, sedangkan prospek propertinya memberikan nilai untung agak besar. Kamu bisa memperoleh harga jual cukup tinggi yang menyesuaikan dengan lokasi dan struktur bangunan dengan nominal hingga ratusan juta rupiah.

Demikian pembahasan lengkap seputar biaya bangun rumah type 36 akurat dan terupdate. Jangan pernah melewatkan salah satu poin yang sudah kami sampaikan di atas, lantaran satu sama lain mempunyai keterkaitan terhadap pelaksanaan pembangunannya. Kamu juga bisa membuat surat rumah kepada notaris agar rumah type 36 kalian dapat bertahan tanpa berstatus sebagai bangunan ilegal.