Home » Android » Cara Melacak HP Samsung yang Hilang dengan Gmail

Cara Melacak HP Samsung yang Hilang dengan Gmail

Bagaimana cara melacak HP Samsung yang hilang dengan Gmail? Google sebagai vendor raksasa yang merajai dunia virtual memang menawarkan banyak layanan. Bahkan kini, kita bisa melacak Hp yang hilang menggunakan email milik Google, dalam hal ini Gmail.

Banyak produk Google yang dimanfaatkan oleh para pengguna internet, diantaranya Youtube, Chrome, Gmail, dan masih banyak lagi.

Google tidak hanya dikenal sebagai mesin pencari atau search engine yang populer saja, melainkan juga dapat merekam seluruh aktivitas yang kita lakukan. Salah satunya, adalah melacak hp yang hilang.

Bisa dikatakan, Google berperan sebagai asisten pribadi berbentuk digital. Di sisi lain, saat kita sedang sibuk dengan rutinitas sehari-hari, kita dapat melihat kembali apa saja aktivitas yang sudah dilakukan di Google Drive, seperti mengorganisir file yang terupload, ataupun melihat cadangan chat whatsapp di Google Drive.

Salah satu jenis layanan yang direkam oleh Google itu sendiri ialah aktivitas lokasi, sehingga dimanapun dan kemanapun kita pergi, Google pasti merekamnya.

Baik itu dalam bentuk jarak tepuh, jenis kendaraan, waktu pergi dan waktu ketibaan, waktu tempuh, dan lain sebagainya semua direkam oleh Google. Hal tersebut itulah yang dapat dipergunakan untuk melacak posisi ponsel kita yang hilang dalam kondisi mati sekalipun.

Bagaimana Cara Melacak Hp Samsung yang Hilang Lewat Gmail?

Orang di sekitar kita tentu mempunyai ponsel, sehingga sangat tepat jika kita memakai Hp lagi untuk melakukan pelacakan ponsel yang hilang.

Pelacakan menggunakan HP bisa memberikan kemudahan, berbeda dari komputer atau laptop yang harus mendapatkan koneksi internet, selain itu sistemnya tidak mobile dan juga tidak mempunyai GPS layaknya ponsel pada umumnya.

Saat posisi ponsel yang hilang telah berubah, kita tentu dapat terus melakukan pelacakan dengan cara realtime saat memakai Hp sebagai media pelacaknya.

Kita hanya perlu menyesuaikan posisinya saja sesuai dengan perubahan lokasi. Nah, seketika itu juga pelacakan posisi ponsel dapat terus berlanjut. Untuk lebih detailnya, kalian bisa baca artikel tentang Cara melacak HP lewat satelit, untuk mendapatkan lokasi yang lebih realtime.

Berbicara mengenai Gmail sendiri, produk Google yang satu ini memang menawarkan banyak fitur menarik. Kita bisa menyimpan semua data penting langsung ke Google Drive.

Selain itu juga Gmail memungkinkan kita untuk terhubung dengan Google Maps. Nah, fitur inilah yang dapat membantu kita melacak posisi Hp yang hilang lewat Gmail. Adapun cara melacak Hp Samsung yang hilang lewat Gmail ialah sebagai berikut!

Cara Melacak HP Samsung yang Hilang dengan Gmail

Cara Melacak HP Samsung yang Hilang dengan Gmail

Melacak HP Samsung yang Hilang dengan Gmail

Untuk dapat melacak HP Samsung yang hilang, kita memerlukan sebuah layanan email gratis dari Google yaitu Gmail. Apa bisa Gmail digunakan untuk melacak HP Samsung yang hilang? Banyak yang belum tau bahwa Gmail juga memiliki fitur khusus yang dapat berguna untuk mengetahui keberadaan HP Samsung yang hilang. Adapun cara penggunaannya seperti berikut ini.

Melacak HP Samsung yang Hilang dengan Gmail

Sebelum dapat melacak HP Samsung yang hilang, syarat utamanya adalah kamu harus menyiapkan satu buah perangkat baik komputer, laptop, atau smartphone. Jika tak punya, kamu bisa meminjam teman atau saudara kamu. Setelahnya, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menemukan HP kamu yang hilang.

  • Buka aplikasi browser, disarankan menggunakan Google Chrome.
  • Lalu, kunjungi gmail.com. Dan login menggunakan akun Google yang terhubung di ponselmu yang hilang.
  • Catatan : Pastikan sebelumnya kamu sudah menambahkan akun google yang sama di HP Samsung mu, agar proses singkronisasi dapat berjalan dengan baik.
  • Tap icon titik sembilan di pojok kanan atas, lalu pilih Akun. Atau, klik gambar profil google kamu kemudian pilih Kelola akun Google anda.
  • Cari dan pilih tab menu Keamanan. Scroll kebawah dan perhatikan bagian kolom Perangkat Anda.
  • Pilih dan tekan Cari perangkat yang hilang.
  • Jika ponselmu lebih dari satu, pilih salah satu merk ponsel yang ada pada daftar (yang telah hilang).
  • Tap/tekan dibagian merk dan tipe ponsel maka kamu akan langsung diarahkan ke Google Maps untuk melacak handphone kamu yang hilang.
  • Login ke Google Maps menggunakan akun Google kamu.
  • Ketahui lokasi keberadaan handphone kamu yang hilang melalui Maps yang ditampilkan.

Melacak HP Samsung yang Hilang dengan Find My Mobile

Find My Mobile adalah layanan khusus yang disediakan oleh Samsung untuk melacak keberadaan ponsel yang hilang. Cara penggunaannya sebagai berikut.

  • Awal proses, persiapkan smartphone lain entah itu pinjam ataupun milik sendiri. Jika dirumah ada perangkat laptop/komputer juga dapat digunakan.
  • Langsung saja buka website https://findmymobile.samsung.com
  • Login menggunakan akun Samsung di HP mu yang hilang.
  • Biarkan website bekerja sesuai tugasnya untuk melacak keberadaan HP Samsung milikmu.
  • Lalu, setelah beberapa saat web tersebut akan langsung menampilkan titik lokasi HP Samsung mu berada.
  • Tampilannya sendiri berbentuk Maps atau Peta, jadi kamu harus mengerti dalam membaca peta lokasi agar dapat menemukan HP Samsung mu kembali.

Melacak HP Samsung yang Hilang dengan ADM

Apa itu ADM? ADM merupakan kepanjangan dari Android Device Manager yang mana berfungsi untuk mencari dan menemukan ponsel android yang hilang. ADM juga bisa digunakan untuk melacak keberadaan HP Samsung yang hilang, baik dalam keadaan mati atau hidup. Cara penggunaannya seperti berikut ini:

  • Pinjamlah smartphone android teman/keluarga kamu. Atau, bisa menggunakan laptop/komputer jika dirumah punya.
  • Untuk memulai langkah, buka browser di perangkat yang kamu pakai saat ini. Disarankan buka Google Chrome ya.
  • Lalu, kunjungi website Android Device Manager dengan link url www.google.com/android/devicemanager
  • Login menggunakan akun Google yang tertanam di HP Samsung yang hilang.
  • Setelahnya, website tersebut akan langsung menampilkan lokasi keberadaan HP Samsung kamu yang hilang secara detail dengan peta dan titik lokasi.
  • Klik titik lokasi yang ditunjukkan, kemudian kamu akan dialihkan ke Google Maps untuk mengarahkanmu ke lokasi HP kamu.
  • Jika titik lokasinya masih dirumah kamu sendiri, kemungkinan terselip. Nah, kamu bisa klik PUTAR SUARA di website Android Device Manager untuk membunyikan ponselmu. Perangkatmu akan tetap berdering selama 5 menit meski dalam keadaan mati.
  • Jika khawatir, web Android Device Manager juga memberikan fitur kunci ponsel. Klik saja AMANKAN PERANGKAT agar perangkatmu yang hilang terkunci otomatis dan logout dari semua akun Google kamu.

Memakai Google Temukan Perangkat Saya

  • Download dan install aplikasi Google Temukan Perangkat Saya di android kamu yang lain (yang digunakan saat ini).
  • Setelah terinstal, kamu bisa langsung buka dan jalankan aplikasi tersebut.
  • Login menggunakan akun Google di HP Samsung yang hilang.
  • Tunggu beberapa saat hingga aplikasi berjalan sesuai tugasnya.
  • Setelahnya, aplikasi Google Temukan Perangkat Saya akan langsung menampilkan titik lokasi keberadaan HP Samsung kamu yang hilang.
  • Setelahnya kamu bisa langsung cek dan ketahui lokasi keberadaan HP Samsung milikmu.

Itu saja yang dapat diulas mengenai beragam ccara melacak hp samsung yang hilang lewat Gmail paling lengkap. Jika bermanfaat, kamu bisa membagikan artikel ini ke teman-teman kamu ya bangs. 😉