Cara Cek Samsung SEIN

Cara Cek Samsung SEIN Semua Tipe, Lengkap dan Valid!

PindahLubang.com – Bagaimana cara cek Samsung SEIN asli dengan benar? Seperti kamu tahu kalau popularitas Samsung semakin meroket saat ini. Di Indonesia, brand ini sudah menjadi merk HP Android paling fenomenal, bahkan belum dapat dikalahkan vendor mana pun.

Jangan heran sebagian besar masyarakat masih terbius dengan pesonanya. Jika kamu ingin menggunakannya, pastikan produk yang digunakan adalah Samsung SEIN (Samsung Elektronik Indonesia), di mana garansi dan keasliannya tidak perlu diragukan lagi.

Produk Samsung SEIN sudah pasti mendapatkan garansi resmi dari Indonesia. Maka dari itu, pengguna yang ingin mengklaim garansi akibat kerusakan atau hal lainnya, pengajuan tersebut hanya dapat dilakukan di Indonesia saja. Berbeda dengan Samsung Global, di mana perakitannya dari luar negeri dan garansinya bersifat internasional.

Apa itu Samsung SEIN?

Samsung SEIN adalah produk smartphone yang dibuat dan diluncurkan di Indonesia, sedangkan karakter maupun hardware nya berbeda kalau dibandingkan dengan Samsung Global (Ex Inter). Selain itu, perbedaannya terletak pada spesifikasinya seperti perangkat keras yang disematkan.

Secara umum frekuensi jaringan akan menyesuaikan dengan negara masing-masing. Frekuensi yang akan didapatkan akan berbeda, tergantung kualitas jaringan perangkat yang didapatkan. Tak menutup kemungkinan sinyalnya ada yang bagus, bahkan jelek lho.

Cara Cek Samsung SEIN

Cara Cek Samsung SEIN
Cara Cek Samsung SEIN

Barangkali kamu ingin tahu lebih lanjut tentang Samsung SEIN, pembahasannya bisa diketahui dan ditemukan lewat artikel ini. Mengingat jumlah pencinta HP Samsung semakin membludak, tidak menutup kemungkinan banyak orang ingin mendapatkan produk bergaransi resmi dari Indonesia.

Terkait:  Cara Cek Garansi HP Samsung Lewat Online, IMEI dan CS

Kami sudah menyiapkan beberapa panduan, supaya kamu bisa mendapatkan Samsung original alias bukan barang replika. Kamu hanya perlu memeriksa seluruh komponen eksternal dan internal, guna mencegah pemakaian HP Samsung palsu.

Cara Cek Samsung SEIN dengan IMEI

IMEI sudah menjadi bagian penting yang berguna untuk mengetahui identitas asli sebuah HP. Bagi kamu yang ingin memastikan kalau Samsung SEIN benar-benar asli, periksa nomor tersebut dengan mengikuti tutorial di bawah ini:

Langkah 1: Buka Aplikasi Pengaturan

Pertama, buka aplikasi Pengaturan atau Setting di HP Samsung kamu. Nomor IMEI bisa diketahui melalui setelan perangkat, jika kamu ingin memeriksa keasliannya lebih cepat dan praktis.

Langkah 2: Ketuk Opsi Umum

Kamu bisa mencari menu Umum atau General. Opsi tersebut adalah menu yang akan menampilkan semua informasi tentang perangkat yang digunakan, mulai dari spesifikasi hingga IMEI dan software HP Samsung kamu.

Langkah 3: Pilih Menu Tentang Ponsel

Untuk mengetahui nomor IMEI perangkat yang digunakan, maka bisa menekan tombol Tentang Ponsel atau About Phone. Kamu akan langsung diarahkan ke halaman selanjutnya yang menampilkan data spesifikasi ponselmu.

Langkah 4: Salin Nomor IMEI

Pada halaman berikutnya, kamu akan melihat semua informasi tentang HP Samsung secara detail dan jelas. Kalau IMEI sudah ketemu, jangan lupa untuk menyalinnya sehingga identitas perangkat dapat diperiksa secara online.

Langkah 5: Akses Website imei.info

Kalau IMEI sudah disalin, kamu harus segera mengakses situs resmi IMEI.info via www.imei.info pada peramban browser favoritmu, misalnya Google Chrome atau Firefox.

Langkah 6: Masukkan Nomor IMEI

Kamu bisa langsung memasukkan nomor IMEI dengan menekan, sekaligus menahan kolom kosong sampai muncul opsi Tempel atau Paste. Jika opsinya sudah muncul, tekan tombol tersebut dan nomor IMEI akan dimasukkan secara otomatis.

Terkait:  Bagaimana Cara Mengecek Nomor Telkomsel? Mudah Banget (5 Metode)

Langkah 7: Isi Kode Captcha

Jangan lupa untuk mengisi kode captcha yang terdiri dari gabungan angka dan huruf dengan benar. Kode ini berfungsi sebagai validasi data, bahwa kamu adalah manusia asli (bukan bot). Kemudian, tekan tombol Check.

Langkah 8: Cek Status Perangkat

Sistem akan langsung memuat semua informasi tentang status perangkat yang diperiksa. Cek semua datanya, pastikan sama seperti keterangan pada dusbook yang berarti Samsung SEIN adalah barang asli.

Cara Cek Samsung SEIN dengan Garansi

Kamu akan mengetahui kalau Samsung SEIN adalah produk asli, khususnya melalui garansinya. Jangan lupa menghubungi kode rahasia secara gratis, seperti panduan di bawah ini:

  • Buka aplikasi Telepon atau Phone di HP kamu terlebih dulu.
  • Ketik #12580369#.
  • Klik Panggil atau Call.
  • Layar akan menampilkan halaman baru yang terdiri dari kode berupa angka dan huruf acak.
  • Cek tulisan RF CAL, di mana angka tersebut menampilkan waktu produksi smartphone yang kamu gunakan (contoh: RF CAL kamu adalah 20220330, angka tersebut mengartikan bahwa HP Samsung kamu diproduksi pada tanggal 30 Maret 2022.
  • Garansi akan berlaku sampai 2 tahun sesudah masa produksinya.

Cara Mengecek Samsung SEIN dengan Live Chat Samsung

Jika kamu ingin mendapatkan informasi lebih aktual dan valid, maka bisa menghubungi CS Samsung resmi melalui website nya. Daripada penasaran, ikuti panduannya dengan baik dan benar di bawah ini:

  • Kunjungi situs resmi Samsung Indonesia via samsung.com/id.
  • Pilih menu Live Chat untuk memulai obrolan langsung dengan CS Samsung.
  • Berikan pertanyaan tentang waktu produksi, hingga masa garansi perangkat smartphone yang sedang digunakan.
  • CS Samsung akan langsung memberikan jawabannya secara akurat dan cepat, di mana informasi yang diberikan sangat valid.
Terkait:  Cara Cek Mbps IndiHome Kita (9 Metode) Terbaru Dijamin Berhasil

Cara Mengecek Samsung SEIN dengan Kartu SIM

Samsung SEIN adalah barang asli yang diproduksi di Indonesia, sedangkan semua penggunanya bisa memasukkan dua kartu SIM secara bersamaan. Jika kamu hanya bisa menggunakan satu kartu saja, berarti perangkatnya adalah HP Ex Inter.

Tak bisa dimungkiri ada beberapa seri HP Samsung masih mengusung satu kartu SIM saja, khususnya modelnya yang lawas. Kendati demikian, mayoritas model terbarunya sudah menerapkan konsep Dual SIM, supaya penggunanya bisa komunikasi lebih intens setiap hari.

Cara Mengecek Samsung SEIN dengan Dusbook

Jangan pernah membuang dusbook atau kardus pembelian HP ketika kamu sudah membeli smartphone baru. Pasalnya, kamu akan tahu keaslian perangkat Samsung melalui benda tersebut.

Box tersebut biasanya menyematkan beberapa informasi penting seperti IMEI, negara produksi, sampai nomor seri. Jika kamu menemukan kalau negara produksinya di Indonesia, maka bisa dipastikan kalau produk tersebut adalah HP Samsung SEIN. Kamu dapat mengecek kelengkapan aksesoris yang ada di dalamnya.

Cara Mengecek Samsung SEIN dengan Nomor Seri

Serial number alias nomor seri terdiri dari 11 kombinasi angka dan huruf acak. Jika ingin memeriksa Samsung SEIN dengan SN, umumnya dallam dua digit huruf awalnya adalah RR. Bagi kamu yang menemukan kodenya bukan huruf tersebut, dipastikan perangkat tidak menerima garansi SEIN. Kamu dapat menghubungi *#06# untuk tahu nomor IMEI dari nomor seri yang dimiliki.

Cara Mengecek Samsung SEIN dengan Segel

Waspadalah ketika kamu akan membeli HP Samsung second. Pasalnya, banyak orang menawarkan produk tersebut dengan harga cukup terjangkau, bahkan nyaris diluar nalar lho. Jangan lupa memeriksa segel dan stikernya. Jika kamu menemukannya, kemungkinan besar perangkat sudah dibuka oleh teknisi lain, bahkan produk replika yang berbeda jauh dengan barang aslinya.

Demikian informasi lengkap tentang cara cek Samsung SEIN untuk mengetahui keaslian produk dari Indonesia. Kamu akan paham semuanya lewat panduan di atas, sehingga layak mendapatkan HP Samsung bergaransi asli di Tanah Air. Semoga membantu!

Similar Posts