Biaya Iklan Shopee

Kecanggihan teknologi yang merambah hingga ke segala pelosok daerah di negara Indonesia, menjadikan segalanya terasa semakin mudah. Tidak terkecuali, bagi masyarakat yang malas berpergian keluar rumah untuk membeli sesuatu. Kini, dapat kalian dapatkan hanya dengan mengklik produk di Shopee. Inilah biaya iklan Shopee.

Sudah seperti hal yang menjadi rutinitas bagi kalangan masyarakat menengah keatas, untuk memiliki uang digital. Dompet digital yang difasilitasi oleh pihak pengelola Shopee, dikenal dengan istilah Shopee pay. Bahkan, beberapa voucher cashback ataupun gratis ongkir, baru dapat kalian gunakan jika melakukan pembayaran melalui Shopee pay.

Terlepas dari masalah transaksi jual-beli produk, ada iklan yang disisipkan oleh setiap pemilik toko yang umumnya dicantumkan dalam toko maupun melalui Shopee live. Iklan tersebut, bertujuan untuk meningkatkan rasa konsumtif dalam diri calon pembeli, serta lebih meyakinkan masyarakat terhadap produk yang ditawarkan. Berikut biaya iklan Shopee.

Biaya Iklan Shopee

Biaya iklan shopee
Biaya iklan shopee

Biaya iklan shopee di tv

Televisi merupakan salah satu media elektronik yang masih sering digunakan oleh seluruh masyarakat. Selain itu, setiap tayangan yang ditampilkan, pasti sudah melalui tahap seleksi terlebih dahulu dari pihak KPI atau badan Komisi Penyiaran Indonesia. KPI lah yang nantinya akan memutuskan apakah suatu iklan layak untuk ditayangkan.

Sempat terjadi kasus yang dialami oleh pihak Shopee. Hal tersebut, dikarenakan iklan yang dibintangi oleh girlband yang berasal dari negara ginseng atau Korea Selatan, dianggap tidak memberikan contoh yang baik untuk kalangan remaja di negara Indonesia. Girlband yang dimaksud adalah Blackpink.

Akan tetapi, hanya segelintir orang yang menolak penayangan dari iklan yang terdapat member Blackpink didalamnya. Padahal, style yang mereka gunakan sudah disesuaikan dengan model pakaian yang masih dapat terbilang sopan untuk masyarakat Indonesia. Pada akhirnya, pihak Shopee mengulang kembali pembuatan iklannya.

Padahal, biaya untuk pemasangan iklan Shopee di tv tidaklah murah. Masyarakatpun lebih banyak yang cenderung menolak petisi dari ibu rumah tangga tersebut. Namun, agar kejadian tersebut tidak berkepanjangan, maka pihak Shopee melakukan tindakan mengalah dibandingkan memperkeruh suasana.

1. Biaya iklan Shopee yang dihabiskan di tv

Budget yang dibutuhkan untuk penayangan iklan Shopee ini, sekitar Rp 852.600.000.000.000,- atau senilai 852,6 miliar rupiah. Bukan kisaran ratusan juta lagi, melainkan hitungan miliaran. Karena mencapai angka lebih dari 500 miliar rupiah, e-commerce Shopee menempatkan urutan nomor satu di tahun 2019.

Tepatnya, untuk urusan pengeluaran biaya iklan Shopee di televisi. Sedangkan saat memasuki tahun 2018, ketika Shopee menggandeng pembuatan iklan bersama member Blackpink, diperkirakan biaya yang dihabiskan sekitar 93.250.000.000.000 atau senilai 93,25 miliar rupiah.

2. Cara menghitung biaya iklan Shopee

Kala itu, iklan yang dibuat dengan model iklannya adalah Blackpink, ditujukan untuk memperingati hari 12.12 Shopee Birthday Sale. Perhitungan anggaran tersebut, dilakukan oleh PT SIGI Kaca Pariwara dengan cara memonitoring iklan telebvisi lalu mencatat jumlah volume iklan serta harga iklan yang disesuaikan dengan data yang telah dipublish.

Iklan Shopee yang dibintangi oleh Blackpink ini, mulai ditayangkan di beberapa stasiun lokal mulai tanggal 7 November 2018. Berdasarkan uraian dari Adstensity, iklan akan disorot selama memasuki periode 7 November 2018 hingga 16 Desember 2018. Sebanyak 11 stasiun tv yang terlibat dalam penayangan iklan tersebut.

Biaya iklan shopee per hari

Bagi para penjual yang telah bergabung menjadi partner dalam e-commerce Shopee tidak akan dikenakan biaya sepeserpun untuk pemasangan iklannya. Biaya mulai dibebankan ketika pembeli melakukan klik pada iklan yang disisipkan oleh pihak Shopee.

Adapun harga minimum yang diberikan untuk persoalan biaya per klik iklan dalam Shopee ini, senilai Rp 150,- untuk iklan yang menggunakan keywords. Lalu, dilanjut dengan nilai Rp 100,- bagi Anda yang melakukan pemasangan untuk produk serupa. Kemudian, Rp 200,- bagi pemasang iklan toko.

Namun, semenjak memasuki tanggal 25 Mei 2021, ditetapkan peraturan biaya minimum terbaru. Biaya per klik tersebut, dimulai dari angka terendahnya, yakni Rp 200,- bagi iklan dengan kategori keywords. Lalu, Rp 150,- untuk iklan dengan produk yang sama. Serta yang terakhir biaya iklan Shopee untuk iklan toko sebesar Rp 200,-.

Piha Ads Shopee sendiri, merekomendasikan kepada para pemasang iklan tahap pemula, untuk menanam modal kurang lebih sekitar Rp 50.000,-. Berlaku untuk produk-produk yang diiklankan. Pembayaran iklan Shopee ini, diketahui menggunakan sistem prabayar. Oleh karena itu, Anda perlu mengisi saldo iklan terlebih dahulu.

Bila tidak memiliki saldo sepeserpun alias 0 rupiah, maka iklan tetap dapat dipasang, tapi tidak akan ditayangkan. Cara pengisian saldo iklan Shopee, dapat Anda pelajari di biaya iklan di Shopee. Tempatkan modal untuk produk yang dianggap oleh pemilik toko sebagai produk andalan atau prioritas.

Maksudnya, gunakan saldo penayangan iklan untuk produk-produk terlaris yang sudah memiliki banyak pelanggan. Bisa juga digunakan ketika ada produk yang sedang ramai digunakan kemudian Anda menjualnya dengan harga yang kompetitif dibandingkan dengan toko online lain.

Iklan yang masih terbilang baru, disarankan untuk ditayangkan dalam periode paling sedikitnya selama 2 minggu. Hal ini, sangat membantu pemilik toko untuk dapat melakukan monitoring performa iklan yang berlangsung. Adapun modal iklan Shopee per harinya, kurang lebih menghabiskan biaya sebesar Rp 2.500,-.

Nominal Rp 2.500,- per hari tersebut, berlaku untuk penayangan satu iklan yang mendeskripsikan satu produk. Cara memonitoring performa dari iklan yang telah ditayangkan, dapat Anda lihat dalam metrik performa iklan Shopee. Peninjauan yang paling efektif, jika iklan telah diaktifkan kurang lebih selama 1 hingga 2 minggu lamanya.

Setelah Anda merasa memiliki data yang cukup untuk melakukan analisa, data dapat disimpan dengan cara mendownload metrik secara berkala. Hal tersebut dikarenakan pemilik iklan dapat melakukan akses data paling lamanya setelah melewati waktu selama 90 hari.

Data sebelumnya, yang dapat dikatakan melebihi durasi waktu 90 hari tersebut, tidak dapat diakses kembali oleh pemilik pemasang iklan. Oleh karena itu, disarankan untuk rajin menyimpan data metrik untuk mendapatkan hasil analisa yang tepat demi mengambil langkah terbaik untuk penayangan iklan berikutnya.

Efekivitas penayangan iklan atau jumlah omzet, dapat terlihat dari hasil pemantauan peringkat iklan setelah satu minggu masa pengaktifan. Bila terlihat peringkat menunjukkan angka lebih dari 1, serta disusul denagn keefektivitasan iklan melebihi nilai 100%, sebaiknya pertahankan keywords yang digunakan.

Namun, jika terjadi hal yang sebaliknya, maka segeralah melakukan pembetulan keywords dengan kata yang populer. Misalnya, peringkat iklan milik Anda menempati urutan 3 dan efektivitas iklannya mencapai angka 150%. Data tersebut, berarti mewakili keberhasilan pemilihan kata yang dipakai untuk iklan.

Shopee Ads, pada dasarnya merupakan fitur yang disediakan oleh pihak pengelola Shopee guna memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada para partnership, untuk keperluan promosi produk. Tujuan lainnya, yaitu demi meningkatkan exposure produk serta jangkauan pembelinya lebih meluas lagi.

Sekian informasi yang dapat disampaikan mengenai biaya iklan Shopee, biaya iklan Shopee di tv, dan biaya iklan Shopee per hari. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu mentaati protokol kesehatan setiap kali Anda berpergian keluar rumah. See ya!