Cara Ganti Password WiFi IndiHome ZTE dengan Benar 🙄

Cara Ganti Password WiFi IndiHome ZTE
Cara Ganti Password WiFi IndiHome ZTE

Pindahlubang.com | Sudahkah Kamu tahu bagaimana cara ganti password WiFi IndiHome ZTE itu? IndiHome sendiri menjadi provider internet di Indonesia yang populer dan kualitas sinyal bagus. Tidak heran kalau saat Kamu memasangnya, ada saja perangkat asing yang ingin merasakan internet gratis. 

Para pembobol seperti itu dapat diatasi dengan membuat kata sandi WiFi yang baru. Bahkan ini perlu Kamu lakukan untuk meningkatkan keamanan jaringan internet. Bukan hanya satu atau dua kali, tapi mengganti password satu bulan sekali dinilai lebih efektif. 

Read More

Tapi bagaimana cara menggantinya? Apa saja yang harus dipersiapkan? Kenapa harus mengubahnya satu bulan sekali? Semua akan diterangkan dalam penjelasan berikut ini:

Apa yang Dibutuhkan Untuk Ganti Password WiFi IndiHome ZTE? 

Inilah hal penting yang wajib Kamu perhatikan sebelum memahami cara ganti password WiFi IndiHome ZTE. Untuk mengubah kata sandi itu ada dua komponen yang harus diketahui. Pertama adalah alamat IP dari router ZTE. Kemudian ada username dan password untuk login ke halaman konfigurasi. 

Apa itu halaman konfigurasi? Halaman khusus yang digunakan untuk membuat berbagai pengaturan pada jaringan WiFi lewat router yang dipasang. Di halaman tersebut, Kamu bisa mengubah password, nama WiFi, memblokir pengguna asing, dan lainnya. 

Biasanya alamat IP, username, dan password itu diberitahukan oleh teknisi IndiHome setelah instalasi. Kalau tidak, ada di bagian belakang router dan dicantumkan dalam stiker. Jika kesulitan menemukannya, bisa cek cara mendapatkannya berikut ini:

Terkait:  Cara Mengganti Nama Akun Google

1. Mengetahui Alamat IP WiFi IndiHome ZTE

Hal penting pertama adalah menyiapkan dulu alamat IP dari router ZTE. Alamat ini berupa deretan angka unik, yang ketika diakses akan mengarahkanmu ke halaman konfigurasi. Setiap router punya IP address berbeda-beda, seperti halnya ZTE ini. 

Sebagai pelanggan IndiHome, Kamu wajib tahu berapa alamat IP dari router ZTE yang digunakan. Terlebih jika ingin ganti password seperti sekarang ini. Untuk menemukan IP address, bisa lewat laptop atau PC Windows dengan membuka Command Prompt seperti berikut ini:

  • Tekan kombinasi tombol Windows + R untuk membuka kotak Run
  • Lalu ketik perintah “cmd” dan tekan OK
  • Ketik lagi perintah baru “ipconfig” dan tekan Enter
  • Selanjutnya lihat alamat IP ZTE pada bagian Default Gateway. Biasanya WiFi IndiHome ZTE punya alamat IP 192.168.1.1.
  • Selain lewat Command Prompt, ada cara lain yang juga sama-sama mudahnya. Masih menggunakan PC atau laptop Windows, bisa Kamu lakukan melalui Network Connection. Kamu bisa cek langkah-langkahnya di bawah ini:
  • Tekan tombol Windows + R. 
  • Tulis perintah ncpa.cpl dan Enter
  • Jika perintah Network Connection sudah ditampilkan, klik kanan nama WiFi. 
  • Selanjutnya klik tombol Status
  • Pilih Details dan lihat IP address ZTE di bagian IPv4 Default Gateway. 

2. Mengetahui Username dan Password WiFi IndiHome ZTE

Untuk login ke halaman konfigurasi router itu butuh username dan password. Ada beberapa username dan password default ZTE yang bisa Kamu gunakan. Contohnya seperti di bawah ini:

Username Password
admin Telkomdso123
support support
user user
admin Pq@54r!e8ow&q#u
admin Dj9@t!n03g4r6#f
support theworldinyourhand

Atau yang paling mudah, dengan melihat stiker di belakang router. Dalam stiker tersebut dicantumkan informasi yang jelas mengenai akun untuk masuk ke halaman konfigurasi. Biasanya juga diberi tahu oleh teknisi IndiHome. Tapi kemungkinan ada yang lupa juga. 

Terkait:  Cara Bayar Indihome Lewat Mbanking BCA dengan 8 Langkah Praktis

Cara Ganti Password WiFi IndiHome ZTE

Cara Ganti Password WiFi IndiHome ZTE
Cara Ganti Password WiFi IndiHome ZTE

Kalau Kamu sudah mempersiapkan dua hal di atas, sekarang bisa memahami cara ganti password WiFi IndiHome ZTE. Bagi pengguna baru mungkin masih asing dan tidak tahu bagaimana caranya. Ternyata sangat mudah dan tidak ribet sama sekali. 

Penggantian kata sandi WiFi memang dilakukan pada halaman konfigurasi router. Tapi tenang saja, karena halaman tersebut memiliki user interface yang sederhana dan rapi. Jadi meskipun pengguna baru bisa memahami setiap menunya dengan sangat mudah. 

Namun sebelum melakukan cara ganti password WiFi IndiHome ZTE, Kamu hubungkan dulu perangkat ke jaringan dan router tersebut. Perangkat yang dipakai bisa HP maupun PC, asal ada browser di dalamnya. Sambungkan secara wireless atau menggunakan kabel LAN. 

Jika perangkat sudah berhasil tersambung, Kamu bisa langsung membuat password yang baru agar tidak ada pembobol WiFi lagi. Tinggal ikuti saja panduan yang diberikan di bawah ini:

  • Buka browser yang ada di perangkat HP maupun PC yang digunakan untuk ganti password
  • Kemudian masukkan  alamat IP 192.168.1.1 yang sudah Kamu cek sebelumnya. 
  • Tekan Search untuk membuka halaman konfigurasi. 
  • Jika sudah terbuka, masukkan username dan password default. 
  • Lalu tekan tombol Login yang ada di bawahnya. 
  • Setelah berhasil masuk, klik tab menu Network yang ada di atas. 
  • Kemudian pilih menu WLAN yang ada di sisi kiri. 
  • Masuk ke bagian Security untuk membuat kata sandi WiFi yang baru. 
  • Selanjutnya tulis password-nya di kolom WPA Passphrase.

Begitulah cara ganti password WiFi IndiHome ZTE. Aturannya, untuk password yang baru itu memiliki panjang antara 8—63 karakter. Selain itu, pastikan Kamu buat kata sandi yang aman dengan memperhatikan beberapa tips berikut ini:

  • Jangan memasukkan informasi pribadi, seperti tanggal lahir atau nomor telepon. 
  • Buat password yang kuat dengan menggunakan kombinasi angka, huruf, dan simbol tertentu. 
  • Jangan pakai kata sandi yang sama dengan akun media sosial. 
  • Sebaiknya buat password yang panjang, agar tidak mudah ditebak. 
Terkait:  Biaya Deposit Indihome

Kenapa Harus Ganti Password WiFi IndiHome ZTE? 

Mengganti password lama dengan yang harus itu harus Kamu lakukan secara rutin, paling tidak satu bulan sekali. Bukan sekadar untuk membatasi akses para pembobol WiFi, tapi ada alasan penting lainnya. Berikut ini beberapa alasan kenapa disarankan mengubah kata sandi WiFi secara berkala:

1. Menjaga Kecepatan Internet

Semakin banyak pembobol, makin lemot pula koneksi internet WiFi IndiHome. Mengapa demikian? Karena jumlah perangkat yang terhubung melebihi batas seharusnya. 

WiFi IndiHome itu punya berbagai jenis paket dengan ketentuan yang berbeda. Terkadang ada paket yang hanya dapat digunakan pada 3—5 perangkat. Jika pada saat itu ada device yang terhubung lainnya, bisa mengurangi kecepatan dan harus diputuskan segera dengan ganti password

2  Meningkatkan Keamanan Data Pribadi

Kamu harus tahu bahwa hacker atau peretas bekerja dengan sangat pandai. Selalu saja ada celah untuknya mengakses data pribadi target. Salah satunya yaitu dengan terhubung ke jaringan WiFi yang sama. 

Untuk meminimalisir hal tersebut, maka perlu membuat kata sandi baru secara berkala. Dengan sering ganti password, maka akses hacker kepada data yang tersimpan di internet menjadi terbatasi. Risiko yang diakibatkan juga dapat dikurangi. 

3. Menghindari Pembobol Internet

Kalau Kamu mulai resah dengan para pembobol WiFi, secepatnya saja mengganti kata sandi. Keberadaan perangkat asing tersebut akan mengganggu kinerja WiFi. Jika banyak device terhubung, Kamu tidak nyaman akses internet. 

Demikian penjelasan cara ganti password WiFi IndiHome ZTE. Kamu harus mencari tahu dulu alamat IP, username, dan password untuk login ke halaman konfigurasi. Sebab lewat halaman itulah pengaturan terhadap WiFi bisa dilakukan oleh pengguna secara mandiri. 

Related posts