Cara Mengganti Oli Gardan Beat

Cara Mengganti Oli Gardan Beat

Untuk pengguna motor matic, cara mengganti oli gardan beat merupakan kegiatan rutin yang harus dilakukan secara rutin dan juga berkala.

Hal ini bertujuan agar mesin pada motor matic tetap bekerja dengan semestinya, dan juga tidak mengalami kerusakan yang lebih dalam.

Sebagaimana kita tau, cara kerja motor matic sendiri menggunakan gaya sentrifugal yang memanfaatkan pully belakang, pully depan, roller, dan juga karet cvt atau karet v – belt.

Pully belakang inilah yang nantinya akan terhubung dengan pully depan lewat karet cvt, untuk menggerakkan pully depan yang memilik roller didalamnya.

Semakin besar putaran roda belakang ketika pengguna matic menarik gas, maka otomatis gaya yang dikeluarkan pun akan semakin besar.

Maka dari itulah kadang kala pully belakang kerap mengalmi aus yang menyebabkan akselerasi motor jadi menurun.

Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka tarikan motor akan berkurang, dan bahkan akan terdengar bunyi yang mengganggu di bagian belakang CVT.

Oleh karena itu, untuk menghindari aus pada mesin, pengguna motor matic harus rutin mengganti oli mesin dan juga oli gardan.

Berbeda dengan motor gigi atau manual yang mana menggunakan gear dan juga rantai, motor matic lebih mengandalkan kekuatan mesin pada pully belakang dan juga kampas ganda.

Umumnya, pengguna motor matic sudah memiliki jadwal rutin untuk mengganti oli, baik itu oli mesin ataupun oli gardan.

Adapun rentang waktu yang disarankan adalah

  • Oli Mesin : 1 Bulan sekali (jika penggunaan motor adalah jarak jauh dan setiap hari, maka disarankan 2 minggu sekali)
  • Oli Gardan : 2 bulan sekali

Maka dari itu, peran oli gardan juga sangat penting dalam motor matic. Sebab, oli gardan akan membuat pully belakang tetap terlumasi dan tidak cepat aus.

Terkait:  Cara Bersihkan Mesin Mobil

Tapi perlu diingat sob, ketika mungkin motor matic kalian terendam banjir melebihi batas CVT, segera buka penutup air di bagian bawah CVT dan tunggu hingga air keluar semua.

Dan setelah motor kembali normal, panaskan mesin terlebih dahulu dan jangan lupa untuk langsung mengganti oli gardan.

Itulah mengapa pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara mengganti oli gardan beat, walaupun bisa dilakukan dibengkel, tapi cara ini bisa menjadi alternatif ketika ingin melakukannya sendiri dirumah.

Cara Mengganti Oli Gardan Beat

Cara Mengganti Oli Gardan Beat
Mengganti Oli Gardan Beat

Buka Baut Oli Gardan

Buat yang mungkin belum tau, posisi tangki untuk mengganti oli gardan tepatnya ada di bagian belakang cvt, dekat shok belakang motor beat.

Letaknya ada dibagian paling belakang dan hanya memiliki 2 baut yang tidak sejajar, ada di bagian atas untuk memasukkan oli gardan, dan bagian agak bawah sedikit untuk membuang sisa oli gardan.

Gunakan kunci T atau kunci pas dengan ukuran 10 atau 12 untuk membuka kedua baut oli gardan tersebut.

  • Buka baut oli gardan dibagian atas terlebih dulu
  • Siapkan tatakan atau semacam wadah untuk menampung oli garda
  • Buka baut oli gardan dibagian bawah untuk membuang sisa oli gardan

Setelah itu, kalian tinggal menunggu sampai oli gardan kelar dan benar benar habis. Langkah selanjutnya yakni

Bersihkan Penyimpanan Oli Gardan di CVT

Jika kita melakukan servis motor di bengkel, mungkin kamu udah gak asing lagi kalau lihat yang namanya kompressor.

Biasanya, alat ini digunakan untuk membersihkan bagian bagian motor yang kotor, ataupun membersihkan tangki bensin, oli, dan juga oli gardan.

Terkait:  Biaya Ganti Oli Kompresor AC Mobil

Tetapi, jika kamu tidak memiliki alat ini dirumah, kamu bisa kok mebersihkan penyimpanan oli gardan di CVT dengan cara yang sederhana.

Yakni dengan membiarkan oli gardan keluar dengan sendirinya sampai benar benar habis ataupun tak lagi keluar.

Biasanya, waktu yang dibutuhkan memang agak lama. Semisal, jika kamu melakukan pembukaan oli gardan pada pukul 9 pagi, maka kamu bisa membiarkannya hingga sekitar pukul 12 ataupun 2 siang.

Walaupun agak lama, tapi setidaknya kamu bisa memberikan rentang waktu yang cukup agar oli gardan yang sudah cair atau kotor untuk keluar secara keseluruhan.

Tapi perlu dicatat ya sob. Kalau misalnya motormu habis menerjang banjir hingga merendam CVT mu, maka kamu perlu menggunakan bensin, solar, ataupun membeli oli gardan hingga 2 pcs.

Kenapa harus 2 pcs? Karena 1 pcs pertama digunakan untuk membersihkan sisa kotoran yang masih menempel pada bagian tangki oli gardan, agar tidak mengganggu kinerja mesin.

Barulah 1 pcs lainnya digunakan setelah mesin di bagian pully belakang sudah benar benar bersih.

Tutup Baut Oli Gardan

Setelah oli gardan lama sudah keluar dengan sempurna, langkah selanjutnya adalah menutup baut oli gardan bagian bawah.

Pada proses ini, pastikan kalian tida ktertukar antara baut bagian atas dengan baut bagian bawah. Sebab jika hal ini terjadi, maka ada kemungkinan baut menjadi slek atau rusak.

Tutup baut bagian bawah saja ya sob, untuk bagian atas, biarkan tetap terbuka saja.

Masukkan Oli Gardan

Setelah menutup baut bagian bawah dan membiarkan baut bagian atas terbuka, kita tinggal memasukkan oli gardan yang sudah kita beli di bengkel ataupun toko lain.

Oh iya, jangan sampai salah ketika membeli oli gardan ya. Mungkin kamu akan menemukan banyak sekali jenis dan merk oli gardan untuk matic.

Terkait:  Cara Menyambungkan Bluetooth ke Mobil Xenia

Tapi, usahakan kamu sudah membeli oli gardan dengan merk dan kualitas yang bagus, atau kamu juga bisa kok mendatangi dealer resmi dari vendor motor mu.

Nah, karena pembahasan kali ini tentang motor beat, maka dari itu kalian bisa mendatangi dealer resmi Honda AHM terdekat untuk membeli oli gardan.

Untuk memasukkan oli gardan juga terbilang mudah kok. Kamu hanya perlu memotong bagian ujung oli gardan, lalu memasukkannya ke dalam lubang baut atas oli gardan di CVT.

Penting untuk dicatat ya sob. Pada saat memasukkan oli gardan, pastikan kamu agak sedikit memiringkan motormu kearah kanan, dan menekan botol oli gardan sampai benar benar keseluruhan isi nya keluar.

Hati hati sob, jangan sampai jatuh ya, hehe.

Tutup Semua Batu Oli Gardan dan Nyalakan Mesin secara Manual

Setelah selesai melakukan semua poin penting diatas, langkah terakhir yang kalian lakukan adalah menutup semua baut oli gardan dengan kencang. Tapi hati hati, jangan sampai terjadi doll pada baut ya.

Lalu, untuk menyalakan mesin motor, usahakan dengan cara manual seperti di engkel atau di sela. Hal ini bertujuan agar mesin bisa terkalibrasi dengan sempurna, dan oli gardan dapat melumasi semua bagian mesin pada pully belakang.

Engkel atau sela motor sebanyak 5 – 10 kali dalam kondisi kontak masih off, lalu kemudian baru nyalakan kontak dan sela seperti biasa hingga mesin menyala.

Biarkan mesin tetap hidup untuk beberapa saat sebelum kamu menggunakannya seperti biasa.

Kesimpulan

Cara mengganti oli gardan beat terbilang cukup mudah untuk dilakukan, terlebih jika kamu memiliki kompressor sendiri dirumah. Tapi jika tidak ada, kamu bisa kok membiarkan oli gardan keluar dengan sendirinya sampai benar benar habis.

Sekian informasi dan pembahasan untuk kali ini, semoga bermanfaat.

Similar Posts