Cara Ganti Polaris TV LCD yang Rusak dengan Benar 😼

Cara Ganti Polaris TV LCD
Cara Ganti Polaris TV LCD

Pindahlubang.com | Kamu panik saat layar televisi di rumah hanya berwarna putih dan tidak muncul gambar? Mungkin saja bagian polaris atau polarizer yang rusak. Kalau itu yang terjadi, perbaiki dengan cara ganti polaris TV LCD dengan benar. 

Mengganti polaris memang bisa dilakukan sendiri. Tapi tetap memerlukan pengetahuan bagaimana cara memasang yang benar. Jangan sampai asal pasang, lalu bagian penting lainnya malah rusak. Cek penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

Apa Itu Polaris TV LCD? 

Tapi sebelum menerangkan cara ganti polaris TV LCD, Kamu simak dulu uraian berikut ini. Mungkin masih banyak yang belum tahu apa itu polaris atau polarizer. Lalu, di manakah letak komponen tersebut, sehingga harus segera diganti kalau mengalami kerusakan?

Polaris atau yang juga disebut dengan polarizer merupakan lapisan yang terdapat pada layar televisi LCD. Fungsi lapisan tersebut untuk meneruskan dan mengatur cahaya yang terpolarisasi yang melewatinya. Setelah melewati polarizer, Kamu bisa melihat warna pada layar televisi. 

Jadi, Kamu harus tahu juga mengenai jenis-jenis televisi, yang mana ada TV LCD dan LED. Kalau TV LCD, itu bagian belakangnya diterangi oleh lampu fluorescent. Lebih seringnya disebut dengan lampu neon, meskipun bukan itu yang sebenarnya. 

Ini berbeda dengan TV LED, yang penerangannya dilakukan oleh LED. Penggunaan lampu tersebut menghasilkan perbedaan pula dalam sisi pembuangan panas. Ternyata, TV LCD lebih cepat panas dibandingkan TV LED. 

Terkait:  Cara Download Tema LINE Gratis

Lampu fluorescent yang digunakan pada TV LCD itu menghasilkan panas lebih banyak ketimbang LED. Hal itulah yang sering mengakibatkan layar televisi tampak seperti mengelupas. Sebenarnya buka layarnya langsung, melainkan lapisan polarizer yang mengelupas. 

Ciri-Ciri Polaris TV LCD Rusak

Kapan waktunya polaris diganti? Tentunya saat timbul kerusakan dan membuatmu tidak bisa menonton tayangan televisi lagi. Karena bagian inilah yang tak kalah penting agar Kamu dapat menikmati tayangan di TV LCD dengan nyaman. 

Ketika polaris TV LCD rusak, Kamu akan menemukan beberapa tanda. Jika ini semua dialami, segeralah menggantinya agar tidak ketinggalan tayangan favorit. Di bawah ini merupakan beberapa ciri-ciri polarizer rusak dan waktunya diganti:

1. Layar TV LCD Terlihat Putih

Polarizer itu berguna mengatur cahaya dan menampilkan gambar pada layar televisi. Kalau tidak ada polaris, maka yang terlihat pada televisi hanyalah layar putih polos. Tidak ada gambar yang bisa ditampilkan oleh perangkat tersebut. 

Ini merupakan ciri paling umum. Contohnya layar bagian atas normal, tapi yang bawah berwarna putih polos karena polarisnya rusak. Kerusakan pada bagian ini kebanyakan disebabkan oleh panas berlebih. 

2. Gambar Berkabut dan Seperti Berjamur

Tanda selanjutnya ini juga bisa Kamu lihat secara langsung. Layar memang tidak menjadi putih polos, melainkan tampilan gambarnya seperti ada kabut. Jika dibiarkan, akan mengganggu kenyamanan saat menonton televisi karena gambarnya buram. 

Di samping itu, seperti ada jamur pada bagian layar. Penyebab utamanya masih karena penerangan lampu LCD di bagian belakang menghasilkan panas berlebih. Hingga akhirnya timbul kerusakan pada polarizer bagian luar dan dalam. 

3. Permukaan Layar TV Kasar dan Mengelupas

Ciri-ciri yang ketiga yaitu layar TV LCD akan terlihat kasar. Jika diperhatikan benar, tampak seperti ada goretan atau garis luka pada layar. Meskipun saat disentuh terasa halus seperti layar pada umumnya. 

Terkait:  Cara Ganti Jaringan 3G ke 4G Telkomsel dan Persiapannya😈

Selain itu, terlihat dari polarizer yang mengalami degradasi, sehingga mengerut. Teksturnya menjadi kasar, bahkan saking parahnya ada yang mengelupas. Ini biasa terjadi karena terkena paparan sinar dari backlight yang terletak di bagian belakang layar. 

4. Timbul Bau Menyengat Pada Layar Televisi

Polarizer yang terdapat di layar televisi itu memiliki perekat pada permukaannya. Fungsinya untuk menempelkannya ke permukaan televisi. Jika ada kerusakan, bisa dirasakan pada polarizer yang mulai berbau kecut seperti lem. 

Karena terkena sinar berlebih, akan timbul bau yang cukup menyengat. Bau tersebut disebabkan oleh uap yang tidak bisa keluar. Hingga akhirnya merusak permukaan polaris. 

Cara Ganti Polaris TV LCD

Cara Ganti Polaris TV LCD
Cara Ganti Polaris TV LCD

Jika Kamu menemukan tanda-tanda di atas, sebaiknya segera mengganti polarizer. Karena kalau tidak, otomatis tidak bisa menonton tayangan favorit. Tenang saja, karena akan diberikan panduan cara ganti polaris TV LCD dengan lengkap. Lihat tahapan-tahapan di bawah ini:

1. Matikan Televisi Terlebih Dahulu

Cara ganti polaris TV LCD yang pertama yaitu dengan mematikan perangkat terlebih dahulu. Jangan hanya mematikan dengan menekan tombol ON/OFF pada remot saja. Tapi cabut langsung kabelnya dari stopkontak. 

Mengganti polarizer itu harus membongkar bagian televisi. Yang paling aman tentunya dengan mencabut kabel dan memastikan tidak ada arus listrik yang teraliri. Setelah itu, tunggu televisi dingin terlebih dahulu agar bisa membongkarnya. 

2. Bongkar Bagian Belakang Televisi

Kemudian tahapan yang kedua yaitu melepaskan bagian belakang televisi. Gunakan obeng yang sesuai dengan ukuran baut dari televisi milikmu. Lakukan ini secara hati-hati supaya tidak menyenggol bagian lain dan malah menimbulkan kerusakan baru. 

Jika bagian belakang sudah terbuka, selanjutnya identifikasi lokasi polarizer pada motherboard televisi. Lihat bagian mana yang harus dibongkar dan dibiarkan saja. Sebaiknya lakukan ini dengan mendirikan televisi, kemudian letakkan dengan bagian layar menghadap ke atas. 

Terkait:  Cara Mengganti Nama Youtube

Langkah berikutnya yaitu melepaskan baut yang melindungi casing atau frame pada layar. Lakukan ini dengan hati-hati juga. Tapi ada yang menyarankan kalau casing dicopot setelah melepaskan polarizer untuk menghindari kerusakan. Namun jika Kamu yakin, bisa melepasnya di awal. 

3. Lepas Polaris TV LCD

Langkah ketiga dari cara ganti polaris TV LCD yaitu melepaskannya dari panel. Agar lebih mudah, triknya yaitu dengan melepaskannya menjadi beberapa bagian. Caranya sebagai berikut:

  • Gunakan cutter yang baru. 
  • Buat empat sayatan di tiap sisi panel. 
  • Posisikan cutter secara miring, bukan tegak lurus. 
  • Bagi menjadi beberapa bagian.
  • Lalu lepas polarizer satu per satu. 

4. Bersihkan Bekas Polaris

Setelah dilepas, pasti ada sisa polaris pada layar. Selanjutnya bersihkan bekasnya menggunakan cutter yang baru. Caranya dengan kerop lapisan polaris hingga bersih. Ini seperti membersihkan stiker yang menempel pada kaca. 

Agar lebih mudah, gunakan tiner dan tuangkan sedikit saja. Nantinya lem yang menempel akan lebih mudah dilepas. Dorong cutter ke belakang hingga mengelupas. 

5. Pasang Polaris yang Baru

Siapkanlah polaris baru yang sesuai dengan ukuran panel. Kamu bisa membelinya dari toko elektronik atau e-commerce. Cara memasang polaris itu seperti halnya stiker riben pada kendaraan. Untuk lebih jelas, lihat panduan pemasangan berikut ini:

  • Lepas plastik pelindung lem di bawah polaris. 
  • Gunakan sabun atau pembersih kaca agar lebih mudah memasangnya. Ini juga bisa menghilangkan bau bekas lem. 
  • Kemudian tempelkan polaris ke layar secara perlahan dari ujung kanan atas ke bawah. Pastikan tidak miring dan tidak ada gelombang. 

Demikian penjelasan cara ganti polaris TV LCD. Memasangnya memang hampir mirip stiker riben pada kendaraan. Tapi sebaiknya bawa ke ahlinya agar tidak timbul kerusakan lain.

Related posts