Biaya Ganti Freon AC Mobil

Di pasaran sekarang, biaya ganti freon AC mobil semakin beragam karena sebagian besar produsen kendaraan yang menyokong produk tersebut selalu menyesuaikan harganya dengan tipe mobil masing-masing.

AC mobil adalah sistem pendingin ruangan atau kabin mobil supaya udara di dalamnya lebih sejuk. Kini, AC dapat disebut sebagai kebutuhan pokok setiap kendaraan roda empar dengan suhu udara cukup panas di iklim tropis seperti di Indonesia.

Oleh karena itu, semua produsen mobil dari negara mana pun menerapkan AC untuk setiap unit kendaraan yang mereka ciptakan. Komponen penting yang menunjang kinerja AC mobil dalam menghasilkan suhu udara lebih dingin dan sejuk adalah refrigerant atau freon.

Freon adalah cairan khusus yang berfungsi menciptakan udara dingin supaya bisa memberi sensasi segar dan sejuk di dalam kabin mobil. Jika AC mobil dihidupkan, freon bakal disirkulasikan ke seluruh komponen AC mobil berwujud gas untuk didistribusikan ke seluruh penumpang.

Freon AC mobil juga tidak sama keseluruhan. Hal ini dikarenakan bahan kimia tersebut terbagi ke dalam dua golongan berbeda satu sama lain punya kinerjanya masing-masing.

Kendati demikian, kamu bisa memilihnya sesuai harga dan kebutuhan masing-masing. Biasanya penyokong refrigerant sering memasarkan model R12 dan R134a. Keduanya memiliki fungsi masing-masing dalam menghasilkan sensasi sejuk saat kalian berkendara di dalam mobil setiap hari.

Biaya Ganti Freon AC Mobil

Biaya Ganti Freon AC Mobil
Biaya Ganti Freon AC Mobil

Bukan rahasia umum kalau semua produsen mobil tidak pernah sembarangan menyokong beberapa freon AC mobil ke setiap unit yang diproduksi. Pasalnya, seandainya refrigerant tidak bisa bekerja dengan baik bahkan kurang serasi dengan mesin pendingin kendaraan bisa menimbulkan kerusakan pada AC mobil.

Walaupun berupa cairan, namun kondisi freon pasti bakal habis dan kamu tidak boleh membiarkan zat kimia tersebut sampai mengering di dalam komponennya.

Untuk memasang freon AC mobil juga bisa dilakukan secara mandiri maupun lewat tenaga ahli dari bengkel resmi. Apabila kamu belum pernah mengisi ulang cairan freon AC mobil, alangkah baiknya kamu kunjungi bengkel terdekat dan pastikan kamu melihat langsung proses pengerjaannya.

Di sisi lain estimasi waktu penggantian freon AC mobil juga tidak terlalu lama karena kamu cukup luangkan waktu selama 30-60 menit untuk mendapatkan AC mobil lebih sejuk dari freon nya.

Biaya Ganti Freon AC Mobil, Berapa Harganya?

Freon AC mobil punya keterkaitan dengan kompresor karena keduanya berguna menghasilkan suhu udara lebih dingin yang disirkulasikan ke seluruh sudut bagian dalam mobil. Apabila komponennya tidak berputar, maka AC mobil tidak bisa menghasilkan udara dingin.

Extra fan bahkan tidak bekerja dengan optimal meski AC sudah dihidupkan berulang kali, salah satunya akibat freon habis. Kamu bakal tahu semua harga freon AC mobil lewat pembahasan sebagai berikut :

Daftar Harga Freon AC Mobil Semua Merek

Tipe FreonHarga
STP A/C Pro R-134A Refrigerant Freon 390 grRp.787,000
STP A/C Pro R-134A Refrigerant Freon 340 grRp.767,000
Freon R134 Kaleng HFC 134A 390 grRp.27,000
Freon R134A INEOS Kaleng 390 grRp.30,000
General Freon ACRp.58,000
Paket Isi Freon R134 Refill ManualRp.267,500
Isi Freon AC Mobil R134 Manifold, Can Tap Valve & Quick CouplerRp.356,000
AC-PRO A/C Refrigerant Freon R134 RefillRp.477,000
Klea R134 Murni Freon KalengRp.28,000
Paket Isi Freon Mobil Paket HFC-134 Freonn R134A Kaleng Sight GlassRp.250,000
STP A/C Pro R-134A Refrigerant Freon Set Bundle 390 gr (6 pcs)Rp.790,000
STP A/C Pro-R134A Refrigerant Freon 390 gr (3pcs) Refill PackRp.870,000
Paket Isi AC Mobil HFC R134A Double ManifoldRp.379,000
STP A/C Pro Refrigerant Freon R-134A with Dispenser 397grRp.450,000
Honeywell Genetron R134A Freon MobilRp.2,100,000
CHEMOURS Freon R134A ChinaRp.1,200,000
CHEMOURS Freon R134A USA (Amerika Serikat)Rp.1,800,000
Klea R134A Freon Murni (Tabung)Rp.1,525,000
Kalton R134A Freon Murni (Tabung)Rp.1,500,000
300Freon HFC R134Rp.65,000

Harga Isi Freon AC Mobil

Banyak orang bertanya berapa harga pengisian ulang freon AC mobil untuk semua merek atau tipe yang ada saat ini. Meski begitu, nilainya bergantung pada setiap tabung, tipe AC mobil sampai kondisi mobil yang kalian miliki sekarang.

Tak bisa dipungkiri kalian bakal merogoh kocek lebih dalam seandainya pihak bengkel menemukan beberapa hal tertentu yang menurut mereka jadi penyebab pengisian freon AC mobil bakal habiskan waktu lebih lama.

Sementara itu, harga isi freon model single blower cenderung ditaksir mulai dari Rp.150,000, sementara isi freon model double blower dipatok harga mulai dari Rp.250,000. Untuk perbandingannya, nominalnya justru lebih mahal pada tahun lalu.

Hal ini dikarenakan sebagian besar bengkel resmi sempat memasang harga untuk single blower sebesar Rp.300,000 dan double blower menyentuh angka Rp.400,000. Selisih harganya cukup signifikan, sedangkan kamu bisa ganti filter yang harganya mulai dari Rp.100,000 untuk model low MPV maupun city car.

Berapa Lama Pengisian Freon AC Mobil?

Kamu pasti penasaran berapa estimasi waktu pengisian freon AC mobil, bukan? Baiklah. Kami akan memberitahu secara rinci berapa lama durasi isi freon untuk kendaraan roda empat kesayanganmu. Tak sedikit orang menganggap durasi yang dibutuhkan mencapai satu jam ke atas.

Namun, asumsi tersebut tidak benar. Pasalnya, kalian cukup sisihkan waktu selama 30 menit untuk mengganti freon AC mobil dengan yang baru supaya mendapatkan suhu udara lebih dingin.

Biasanya pihak bengkel resmi membutuhkan waktu selama 30 menit yang terbagi dari 10 menit untuk pembuangan freon, 10 menit untuk proses pembuanga udara pada AC serta 110 menit untuk mengisi ulang oli kompresor dan freon.

Walaupun pengisian freon dapat dilakukan secara manual (tanpa bantuan pihak bengkel), tetapi lebih baik kalian mempercayakan pengerjaannya kepada orang bengkel yang lebih berpengalaman dan kompeten di bidangnya.

Sementara itu, kamu harus tahu kalau  harga isi freon AC mobil yang diterapkan semua bengkel AC bisa saja berbeda sesuai tipe mobil maupun AC kalian masing-masing.

Jika kamu ingin tahu lebih lanjut soal freon AC mobil, silakan datangi salah satu bengkel terdekat yang sudah kompeten dalam mengganti freon AC mobil. Bengkel mana pun pasti menerima permintaanmu untuk mengisi ulang freon demi memaksimalkan kinerja AC mobil supaya menghasilkan temperatur lebih sejuk.

Bagaimana Jika Isi Freon AC Mobil Habis?

Apabila kamu menemukan freon AC mobil habis, pastikan tidak ada masalah pada pipa atau saluran yang terhubung dengan komponen AC mobil.

Sebab, selama tidak ada kebocoran terhadap sistem AC yang mengakibatkan mesin pendingin tidak menghasilkan suhu udara lebih sejuk bahkan freon habis, maka freon jangan diganti maupun diisi ulang. Namun, kamu perlu menggantinya kalau menemukan masalah seperti kompresor macet, filter tersumbat dan sejenisnya.

Demikian informasi soal biaya ganti freon AC mobil yang penting untuk diperhatikan dengan seksama. Pastikan kamu meminta bantuan tenaga ahli yang kompeten dari bengkel terdekat untuk mengganti freon.

Meski terlihat mudah dan cepat, namun kamu tidak dianjurkan melakukannya sendiri demi mencegah kerusakan pada komponen mobil lainnya. Apabila kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, kunjungi laman resmi Pindah Lubang di https://www.pindahlubang.com/.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...